PERTAMA KALI ROADTRIP KE JOGJA



Akhirnya, trip yang ditunggu-tunggu selama 2 bulan terakhir, berhasil terlaksana! Minggu lalu, aku, Abenk dan Aura pertama kalinya melakukan perjalanan darat dari Jakarta ke Yogyakarta untuk liburan singkat. Sebelum-sebelumnya kami selalu naik pesawat jika ingin liburan ke Yogyakarta.

Kali ini mendadak aja tercetus ide untuk road trip, salah satu alasannya karena tingginya harga tiket pesawat. Aku pikir, seru juga ya kalau bawa mobil sendiri ke Yogyakarta. Kan bisa ganti-gantian nyetir dengan suami, plus durasinya juga cukup reasonable.

Kami berangkat dari rumah pukul 4.20 dini hari, di Cikampek tentunya lumayan padat karena harus melewati proyek-proyek. Setelah melewati Cikampek, perjalanan lancar banget dan sempat tuh Abenk ngebut banget sampai 140-160 km/jam.

Perasaanku sudah nggak enak tuh, apalagi karena mobil kami belum pernah dibawa keluar kota selama 5 tahun terakhir (hahaha!). Nggak lama, ada suara kencang banget. Bunyinya seperti lemparan batu, eh nggak taunya.. ban kami bocor! Suaranya bikin kaget, akhirnya dengan tenang kami berhenti di pinggir tol untuk mengecek kondisi ban mobil kami.

Eh benar aja, bannya sudah flat! Untungnya kami bisa melipir dengan selamat.

Untungnya aku dan Abenk nggak panik, aku langsung googling nomor call center jasa layanan tol – yang ternyata ditanggapi dengan sigap dan ramah. Pas banget, 5 menit kemudian mobil patrol datang dan 2 orang petugas siap membantu kami. Petugas layanan tol juga membantu membawa ban mobil kami ke bengkel, diisi nitrogen dulu, baru deh dibantuin pasang lagi.



Gercep deh pokoknya! Tapi untuk lebih yakin lagi, aku memutuskan untuk mampir ke Semarang untuk ke bengkel resmi Honda. Siang itu rasanya banyak kejadian yang terjadi, tapi memang mindsetnya ‘harus siap mental’ dan ‘seru-seruan’ jadi ya santai aja. Karena belum sempat makan siang, akhirnya pesan GO-Food dan makan di ruang tunggu bengkel. Lucunya pas di bengkel, salah satu staaf yang bekerja disana ternyata mengenali aku. Eh malah jadi ngobrol, berswafoto dan pulang-pulang dibawain kue lekker!

Sekitar jam 5 sore, akhirnya kami masuk ke Yogyakarta. Duh, macet! Selama perjalanan, Aura anteng aja. Tapi satu jam sebelum sampai di hotel, Aura mulai bosan dan rewel hahaha. Mungkin capek yah duduk terus. Tapi selebihnya, perjalanan darat dari Jakarta-Yogyakarta lewat Tol Cipali-Palimanan.

BERIKUT TIPS UNTUK TEMAN-TEMAN YANG MAU ROAD TRIP KE YOGYAKARTA,

SIAPA TAU BERMANFAAT :)


  • Siapkan Kartu Non-Tunai untuk setiap transaksi di tol. Biaya perjalanan dari Jakarta-Yogyakarta sekitar Rp 350.000,- (sekali jalan) dan sebaiknya langsung isi Rp 1.000.000,- sebelum melakukan perjalanan.
  • Membawa uang tunai untuk belanja, beli makanan, isi bensin selama perjalanan. Sebagian besar rest area tidak menerima pembayaran non-tunai.
  • Sebaiknya bawa cemilan/makanan sendiri kalau memang sedang program makan sehat, karena agak susah cari pilihan makanan sehat.
  • Sediakan uang kecil untuk ke toilet umum.
  • Memakai sandal jepit saat ingin beribadah maupun ke toilet di rest area.
  • Terakhir, drive safe!
Teman-teman punya pengalaman seru saat road trip? Sharing juga yah! :)

6 comments :

  1. Masih sedih kok kita ga berjodoh ketemu padahal itinerary Malo ga jauh-jauh dr kantor plus rumahku haha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ernyyy huhuhu belum jodoh yaa.. kemarin kamunya lagi ke Jakarta kan? Mudah2an dalam waktu dekat aku bisa ke Jogja lagi, udah kangen Jogja soalnya <3

      Delete
  2. Kok Wawa di foto pertama keliatan udah gede amaaat.

    Cerita ban kempes gini yang jadi bumbu seru untuk pengalaman road trip pertama yaa hahaha tapi aku jadi tau lho, ternyata jasa layanan tol itu gercep juga ya, soalnya sepanjang tol itu kan sepi banget, kita pas ke Bali kemarin juga wanti-wanti kalo ada apa-apa. Untung sisa perjalanannya fun yaa Fix deh ini pasti lanjut lagi huahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Jane, gercep atau enggak ternyata tergantung mobil patrolinya lagi lewat atau tidak hihihi. Kemarin kebetulan banget pas lagi lewat. tapi selama perjalanan, aku perhatikan memang mobil patroli tuh beneran patroli terus. Karena memang tolnya gak ada apa-apa kan yahhh :D

      Delete
  3. ada cerita lanjutannya gaa Malo? pengen tau tempat2 lain yang dikunjungin pas di yogyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hello, adaaa hehe nanti aku tulis yahhh. belom kelar ini tulisannya :D

      Delete