HOW I MAKE EXTRA MONEY


Walaupun saya bekerja dan berbisnis ‘rumahan’, mencari uang tambahan tuh selalu jadi sesuatu yang menyenangkan. Banyak sekali opsi yang ditawarkan saat ini di luar sana, tapi mungkin banyak teman-teman yang belum terpikir atau belum mencobanya. Percaya deh, setiap bulannya uang jajan untuk ngopi atau belanja saya dapatkan dari hasil titip sewa mainan anak di Babyloania atau menjual pakaian yang sudah tidak dipakai di Tinkerlust.

Berikut sedikit ‘bocoran’ untuk teman-teman yang mau mengikuti jejak saya.

Titip Sewa Mainan dan Perlengkapan Anak di Babyloania

Sudah sejak 2 tahun terakhir, saya titip sewa mainan dan perlengkapan anak di Babyloania. Menurut saya servis yang ditawarkan Babyloania mulai dari penyewaan perlengkapan anak merupakan solusi, menghemat space rumah dan juga lebih praktis. Nah jasa titip sewa juga menguntungkan bagi pelanggan seperti saya, karena sistem bagi hasilnya jadi bisa modal untuk keperluan lain atau bisa untuk kebutuhan sehari-hari. Lumayan lho, dalam sebulan saya bisa dapat sekitar 300-500ribu!

Menjual Pakaian Layak Pakai di Tinkerlust

Ternyata saya kurang nyaman kalau melihat isi lemari pakaian saya yang terlalu penuh dan berantakan! Berhubung sedang mengurangi berbelanja fast fashion dan belajar untuk memilih pakaian yang berkualitas, akhirnya banyak sekali pakaian, sepatu dan aksesoris yang saya jual di Tinkerlust.

Siapa pun bisa titip jual di Tinkerlust! Yang pasti harus daftar dulu, nanti barang-barang yang mau dititipjual bisa dijemput oleh pihak Tinkerlust (sepertinya sih hanya berlaku untuk yang di Jabodetabek). Untuk hasil penjualan sistemnya komisi, lumayan banget lho. Hasilnya bisa untuk belanja baju baru yang lebih berkualitas, atau bisa ditabung!


Menjual Hasil Kreasi ‘Rumahan’

Saya yakin, banyak ibu-ibu yang kreatif di luar sana yang juga menjadi pembaca blog saya :) Bisa banget lho, kita menjual hasil kreasi ‘rumahan’ seperti makanan, es kopi, bumbu masak instan, lukisan, jasa dekorasi pesta ulang tahun anak dan masih banyak lagi. Apalagi sekarang sudah banyak platform digital dan sosial media, kita bisa dengan mudah mempromosikan hasil kreasi kita.

Menyalurkan Kreativitas Sebagai Content Writer atau Content Creator

Walaupun profesi ini tergolong cukup baru, tapi banyak sekali perusahaan, agensi, media digital maupun bisnis lainnya yang membutuhkan dua profesi di atas. Banyak sekali peluang menarik saat kamu menjadi content writer maupun content creator, seperti menambah wawasan, memperluas networking, bahkan sering traveling gratis seperti saya hehehe!

Menulis, membuat konten dan berpikir kreatif terlihat mudah. Kenyataannya (dari pengalaman saya menjadi content creator selama 3 tahun terakhir) sih, cukup menantang! Tapi tak ada salahnya mencoba :)

***

Masih banyak peluang untuk mencari uang tambahan lainnya, misalnya menjadikan mobil pribadi sebagai media iklan, membuat bisnis jastip atau jasa titip, menjual karya lukisan, dan masih banyak yang lain.

Yuk ibu-ibu, bagikan juga cerita dan pengalamanmu dalam urusan mencari uang tambahan. Pasti seru-seru deh! Dan biasanya kalau habis dapat uang jajan tambahan, dipakai untuk apa? Hihihi, thanks for reading!

 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

19 comments :

  1. Langsung auto buat Tinkerlust account ��

    ReplyDelete
  2. hi andra, cukup menarik perhatian saya untuk menjadi content writer dan content creator. bagaimana caranya untuk bisa menjadi itu? thank u so much!

    ReplyDelete
  3. Hai Andra. Sharing lebih detail lagi dooonk tentang profesi content creator atau content writer...penasaraaaan. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ruri, biasanya aku suka sharing tapi lebih ke offline, seperti workshop atau talkshow. Nanti ikutan aja kalau ada workshop tentang content creator ya!

      Delete
    2. Halo kak Andra, aku mau tanya. Kalo ada talkshow tentang content creator, kk bakal share di IG kk kan ya?

      Delete
  4. aku donk jualan bakmi sekarang! HAHAHA ;) sekian terima pesenan! ;)

    ReplyDelete
  5. Aku sering kepoin tinkerlust malo loh haha. Tapi belom pernah dapet yang pas aku cari. BTW, soal make extra money, aku lebih sering ngandelin dr konten sih. Entah jadi freelance writer or (walau kecil-kecilan) lewat blog juga. Pernah juga terima pesenan makanan krn aku suka masak, tapi kayanya udah ga sanggup tenaganya haha. Tapi berapapun nominalnya, aku bersyukur bisa ngasilin uang ga cuma dari kerjaan kantor hhehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya pada akhirnya balik lagi harus disyukuri rejeki yang datang, jangan dilihat besar kecilnyaaa tapi Alhamdulillah kalau selalu tercukupi :)

      Delete
  6. Kalau ikut kuis-kuis berhadiah gitu gimana, malo? :D

    ReplyDelete
  7. Menjual barang preloved, always the best idea. aku pun juga mencobaaaa, dan mmg paling asik selain gampang transaksi inshallah ada aja yg mau beli krn harga nya mureeeh kalinya.
    but next tima kalo aku udah punya anak sewain aja deh, dr pd numpul barang mendingan uangnya buat jajan hihi

    http://alsheilaaa.blogspot.com/

    ReplyDelete
  8. Yang punya barang preloved banyak memang pas tuh pakai Tinkerlust. Aku pun sudah pernah coba jualan di sana :)

    ReplyDelete
  9. Fishing is not just getting fish, but fishing is also used as a hobby by many people to fill their spare time.

    ReplyDelete
  10. wah mbak malo terimaaksih informasinya

    ReplyDelete
  11. Dapet uang dari ngeblog, karena hasilnya ga tentu jadi buat belanja atau ngasih ortu aja sih soalnya tabungan mah dari nafkah suami hihi

    ReplyDelete
  12. Wah mantap ka tulisannya! Saya baru tau loh kalo kita bisa titip sewa di Babylonia, harus dipelajari dulu nih biar nambah ilmu. Btw tulisan ini cocok buat para millennials yang mau cari tambahan penghasilan. Makasih ka udh sharing2, semoga tulisan yang diposting selalu bermanfaat ya ka. Aamiin

    ReplyDelete
  13. Hai, cukup menarik perhatian saya untuk menjadi content writer dan content creator. bagaimana caranya untuk bisa menjadi itu?
    Terima kasih by mutiara.store

    ReplyDelete