TAIPEI “HAPPY TUMMY” STREET FOOD



Akhirnya disela-sela keriwehan minggu ini, saya punya waktu luang untuk menulis blog walaupun dibantuin oleh Indah! Hehehe.. Walaupun harus curi-curi waktu ketika Aura lagi tidur atau sekolah, tapi senang banget bisa meluangkan waktu untuk nulis dan sharing ke teman-teman.

Kali ini saya akan membahas perjalanan saya selama di Taipei, Taiwan. Kemarin kedua kalinya saya pergi ke Taiwan, tapi baru pertama kali mengunjungi Taipei. YOU KNOW WHATTTT? SESERU itu sampai pas pulang badan rasanya pegel-pegel semua, padahal selama disana ngga kerasa apa-apa, hahaha!

Nah partner saya selama di sana, Ucita, yang makin bikin menyenangkan lagi adalah MAKANANNYA! Saya ngga paham lagi ya, di Taipei makanan dan minumannya semua ENAK dan MURAH. Ibu-ibu biasanya paling happy kalau bisa ketemu makanan yang enak dan murah, hihihi. Pokonya trip saya ke Taipei kemarin judulnya adalah HAPPY TUMMY!

Saya juga jatuh cinta dengan kotanya, gedung-gedung tuanya yang terawat, keramahan orang-orang lokal, variasi makanan, minuman, duuhhhh sumpah seru banget!!! Bahkan saya tuh baru tau lho kalau Taipei dijuluki ‘Little Tokyo’. Iya memang mirip antara Tokyo dan Hong Kong sih.

Nah, kali ini saya akan membahas beberapa makanan yang saya coba selama trip di Taipei. Waktu ke Shihlin Night Market Taipei saya mencoba street food yang ada disana, diantaranya;

BBQ FRIED CHICKEN



Begitu sampai, mata langsung tertuju pada antrian stall ini panjang sekali, karena penasaran jadi saya langsung cobain dan ternyata bener dong, seenak itu! Antriannya memang panjang, tapi ternyata waktu menunggunya gak terlalu lama kok.

Daging ayam-nya juicy banget, mungkin karena proses masaknya yang digoreng, lalu di barbeque, kemudian baru dibumbuin deh. Saya kurang paham sih prosesnya tapi daging ayamnya wangi dan lembut sekali. Rasanya sih, gak perlu ditanya lagi! Aku sampai manggut-manggut sangking enaknya, hahaha. Di Jakarta juga ada fried chicken yang mirip dan rasanya ngga kalah enak yaitu OMJI Chicken. Jadi kalau belum sempat cobain di Taipei boleh cobain yang di Jakarta dulu ya!

JUS PARE

Sebagai penikmat pare dan dulu pernah minum jus pare, jadi wajib nih coba jus pare di Taipei. Rasa parenya jujur beda sama yang pernah saya cobain di Indonesia, seger banget! Hahahah walaupun saya tau banyak yang ogah mencicipi jus pare putih ini, tapi unik aja kannnn?

PRINCE CHEESE POTATO

Cocok buat penggemar keju karena makanan ini kejunya enak dan banyak bangeett! Jadi ini isinya kroket kentang kalau di Indonesia seperti perkedel kentang yang dilapisi dengan tepung roti lalu digoreng. Terus ada macam-macam topping seperti jagung, irisan daging, brokoli, sampai nanas juga ada. Nah, begitu makan kentang dan keju lalu ‘ketemu’ nanas, itu rasanya nano-nano! Unikkkk!



SWEET POTATO BALLS

Rasanya hampir mirip mochi dan disajikan pertusuk gitu seperti satai kalau di Indonesia. Kalau dimakan pas baru matang, enaakk banget karena teksturnya masih kenyal. Dalamnya seperti ada keju manis, sebagai pencinta bola ubi wajib nih dicicip!

YIFANG TAIWAN FRUIT TEA

Duh minuman ini segaaarr banget dan pas banget diminum setelah icip sana sini. Jadi ngga bikin tenggorokan gatel atau batuk-batuk gitu. Rasa segarnya beda dari minuman fruit tea yang pakai sirup yang biasa saya minum di Jakarta. Ternyata di Taiwan, tradisi minum teh cukup kental dan penyajiannya pun cukup serius.



STINKY TOFU 

Kalau ini beneran stinky karena baunya bisa kecium dari jauh, hahaha. Saya sih.. nyobain karena Ucita makan aja. Saya bukan penggemar tahu, begitu mencium baunya duh rasanya ingin kabur. Pas mencicipi walaupun muka saya ogah-ogahan, ternyata rasanya enak juga seperti Tahu Gejrot. Ya yang penting saya coba deh, soalnya banyak teman-teman di Instagram yang rekomen saya untuk coba stinky tofu.

Selain jajanan dan makanan, di Shihlin Night Market juga banyak toko-toko kecil yang menjual aksesoris, baju, casing smartphone, macam-macam deh! Saya cukup amazed dengan kondisi pasar yang bersih (bukan pasar basah), orang-orang juga mengantri dengan teratur.



Selain ke Shihlin Night Market, saya dan Ucita juga mampir ke Sunny Hills, toko yang menjual pineapple tart atau kue nanas yang konon sih terenak di Taipei. Saya punya cerita unik saat datang ke Sunny Hills dan ini menjadi salah satu pengalaman yang menyenangkan buat saya, karena waktu saya datang ke Sunny Hills, semua pengunjung dipersilahkan duduk dan mencicipi kue nanas yang mereka jual dengan secangkir teh. Seru ya?

Jadi kalau biasanya kita mau beli kue itu hanya dikasih sampel dengan potongan kecil, kita bisa mencicipi satu potong kue nanas dengan teh secara gratis. Selain itu rasa kuenya enak banget dan porsinya lumayan bikin kenyang karena tekstur kue dan nanasnya yang padat.



Saya juga sempat belajar membuat kue bolu di Chirle Brown, dimana kue bolu, roti dan biskuitnya tuh enak-enak banget!

Masih banyak lagi makanan dan minuman yang saya coba selama trip di Taiwan. Selain enak, menunya juga unik-unik terutama kopi yang saya temukan di beberapa coffee shop seperti Sesame Latte, Banana Latte, dan Walnut Brownie Latte. Belum lagi bubble milk tea-nya yang enak-enak! Pokoknya top banget deh kuliner disana! Buat teman-teman yang mau berkunjung ke Taipei, harus siapin perut dan mulut untuk ngunyah selama disana ya! Enaknya sih kalau mau berkuliner, perginya ramai-ramai jadi bisa sharing.

Duh baper banget nih sama Taipei :”( walaupun kunjungan saya singkat, rasanya ingin balik lagi nih (apalagi kalau dapat tiket promo HOHOHO). Nanti saya akan cerita lagi mengenai Taipei, thanks for reading!

 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

13 comments :

  1. Akhirnyaaaaa! Sumpah, sepenasaran itu sama Taipen karena street food-nya yang nggak asing di lidah orang Indonesia. As always, thanks for sharing your mouthwatering journey, Malo!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Winaaaa aduh jajanannya enak2 dan yang penting bersihhhh hihihi

      Delete
  2. Duh auto laper kak! Mau juga dong kesanaaa��

    ReplyDelete
  3. Malo soo refreshing yaa, menikmati keindahan Taiwan secara singkat. Kalau ditinggal, Aura Suri sama siapa?
    btw thanks for sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya walaupun singkat tapi berkesan banget, ternyata masih banyak lanskap Taiwan yang juga gak kalah cantikkk!

      Delete
  4. Yaaa ampunn... Taipei bikin ngiler parah bangettt!! Semoga kapan2 bisa jajan2 disanaaa :9
    Thanks for sharing malooo :*

    ReplyDelete
  5. Ngiler parah sama boba tea di Taipei huhu kayaknya kalo ke sana harus siapin perut karet yaa biar bisa nampung banyak hauaha Btw, aku suka stinky tofuu, bau tapi pas dimakan enakkk 😂

    Aku kaget juga jajanan di Taipei murrmer yaa, lebih murah daripada di Jepang dan Korea gitu, bahkan si jakarta, gawatt bisa kalap dehh 😂

    ReplyDelete
  6. Wiii enak enak, aku liat juga postingan2 ini di ig Mama Alo kemarin,


    Aku pembaca blognya Mama Alo dari lama banget, sampe aku juga terinpirasi buat jdi blogger. Aku tinggal di Bali, one day kalau Mama Alo ke Bali boleh dong aku samperin. Salam sayang, dewaayu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi ayooo bikin blog, seru kok buat sharing2 cerita sehari2 :) siapa tau cerita2 tsb bisa menginspirasi orang lain :)

      Delete
  7. Selalu suka sama foto kak andra, jadi baca dan liat visualnya seruuuuuu

    http://alsheilaaa.blogspot.com/

    ReplyDelete