ANDRA'S FIT JOURNAL (WEEK 1-4)


Perjalanan saya ke Flores bersama suami bukan hanya membekas di hati kami, tapi juga meninggalkan ‘bekas’ menyebalkan yaitu: lemak di perut!

Gimana nggak nambah berat badan coba? Karena makanan yang disuguhkan rata-rata nasi dan mie instan, tapi soal rasa sih memang enak banget. Selain timbangan yang naik, kondisi perut kami berdua juga makin gak enak dipandang. Celana jeans terasa sempit, kalau bercermin juga aduh malu banget dengan kondisi fisik yang kami lihat.

Pasalnya, saya dan suami pernah ada di masa hidup cukup sehat dan teratur. Tepatnya sewaktu saya mau program hamil di tahun 2014. Pasti masih ingat kan, perjuangan program bayi tabung saya di Penang, honey lemon shot hingga momen dimana ibu saya harus menjalani kemoterapi karena lymphoma?

Seminggu paska liburan ke Flores, suami saya juga baru bilang kalau harus syuting video klip untuk lagu terbarunya yang akan dirilis di bulan Februari. Maklum saja, karena kami serba independen, kalau mau buat lagu, video atau foto juga harus mengeluarkan biaya sendiri. Abenk sempat nyeletuk, “Gimana nih ya, mau foto buat lagu baru tapi perutku gede banget gini.”

Disitu lah saya berinisiatif untuk merubah menu makanan di rumah, berhenti beli cemilan yang gurih-gurih yang banyak banget micinnya itu, lalu saya dan Abenk mulai rutin olahraga (walaupun tetep saya lebih rajin sih hahaha).

Akhirnya saya benar-benar niatin untuk masak di rumah. Walaupun sehari-hari selalu ada katering rumahan yang datang, tapi saya juga tetap masak supaya bisa mengontrol makanan apa saja yang dikonsumsi setiap hari. Awalnya saya mencoba mengurangi makan nasi putih, porsinya dikurangin aja bukan betul-betul pantang dengan nasi.


Lagi-lagi, ini bukan masalah pengen ‘kurus’ tapi saya ingin lebih sehat dan lebih fit. Berikut perjalanan saya menuju tubuh dan pikiran yang lebih sehat. Saya sengaja menulisnya per minggu supaya teman-teman juga tau kalau saya struggling banget untuk mengubah kebiasaan saya :)

WEEK 1

  • Dimulai dengan olahraga ringan di rumah, lalu browsing-browsing kira-kira studio olahraga mana yang perlu saya coba.
  • Mulai makan sayur dan buah, bikin jus hampir setiap pagi.
  • Saya memilih untuk memasak sendiri di rumah, karena alasan ingin belajar lebih aktif di dapur. Kalau malas ribet, sebetulnya bisa pakai jasa katering sehat. Tapi kalau saya pribadi memilih untuk memasak karena sebenarnya gak seribet itu, dan juga menghemat pengeluaran.
  • Untuk menu makanan yang ingin dicoba, biasanya ‘nyontek’ di Google aja.
  • Belajar bikin salad sayuran sendiri, tumis sayuran, mengkonsumsi buah-buahan setiap pagi. FYI, saya nggak bisa masak loh :) Jadi ini betul-betul jadi bahan belajar banget. kalau mau pergi, biasanya bawa bekal supaya lebih praktis.

WEEK 2

  • Mulai ikut kelas olahraga di dekat rumah, yaitu di TOMA Studio. Kelas pertama yang saya ikuti adalah Pound Fit.
  • Beli baju olahraga supaya saya lebih semangat. Baju olahraga saya udah super belel, terakhir beli kayaknya 3-4 tahun lalu.
  • Belanja di Lemonilo, khususnya cemilan sehat supaya hasrat pengen makan manis-manis tetap terpenuhi hehe.
  • Mulai mengikuti akun-akun Instagram yang dapat memotivasi saya untuk hidup sehat dan olahraga.
  • Menggunakan jam pintar merek Fitbit tipe Blaze, yang sebenarnya milik ayah saya. Dengan jam ini, saya bisa tetap keep on track dengan goals maupun gerakan saya.
  • Berolahraga dipandu oleh video-video yang saya temukan di Youtube. Strong by Zumba 20mins Demo dan PopSugar Fitness. Seru!

WEEK 3

  • Dua minggu terakhir, setiap pagi hampir selalu menghabiskan waktu di dapur untuk membuat sarapan dan makan pagi bersama suami dan anak.
  • Walaupun baru dua minggu merubah pola makan dan olahraga, badan terasa lebih ringan, tidur lebih nyenyak, kulit juga berubah karena lebih kenyal. Yang penting perut berasa banget kempes. Baju yang tadinya terasa lebih sempit, sekarang sudah bisa dipakai lagi.
  • I feel more happier!



A post shared by Andra Alodita (Andra) (@alodita) on

WEEK 4

  • Tubuh saya mulai bereaksi begitu saya makan carbs terlalu banyak, biasanya malah jadi pusing, mual dan perut kembung banget.
  • Pikiran saya sudah mulai terbiasa dengan pilihan makanan yaitu makanan yang sehat. Saya memang masih mengkonsumsi nasi dan makanan gorengan, hanya saja porsinya sangat dibatasi. 
  • Berkat smartwatch Fitbit Blaze pemberian ayah saya, saya selalu diingatkan untuk bergerak. Saya juga memasang goals di apps Fitbit supaya bisa terus keep on track. Di minggu ketiga, goals yang saya inginkan tercapai perlahan-lahan!


Saya pernah membaca bahwa butuh 21 hari untuk menumbuhkan kebiasaan baik untuk diri sendiri. Setelah menjalani tantangan untuk lebih rajin berolahraga selam 3 minggu, saya merasa seperti kecanduan! Ternyata enak sekali berolahraga, lebih aktif dan makan makanan sehat.

Walaupun perubahan fisik belum terlihat jelas, tapi saya senang bisa menumbuhkan kebiasaan ini, belajar tentang hal baru dan juga menantang diri sendiri. Seru banget rasanya :) benar kata teman-teman saya, kalau rajin olahraga otomatis juga rasanya semakin bahagia. Sekarang saya baru ngerti rasanya hihihi.

Semoga teman-teman juga sehat dan semangat olahraga selalu!

 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

28 comments :

  1. Kak Andra, aku dari dulu ingin sekali makan makan sehat dan bersih karena aku ngekos jadi agak sulit banyak godaan beli makan diluar. Kalau boleh kapan2 share resep salad yang simpel dong krn aku jg krg expert memasak hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Godaan pasti ada sih, tapi memang harus niat hehe. Karena kalau mau dicari2 alesan terus aku juga begitu kok dulu, maunya beli makanan lewat GoFood lah, ini lah itu lah. Makanya nyoba buat masak sendiri aja, memang sih lebih makan waktu tapi lebih menyenangkan :D Semangat ya Eva!

      Delete
  2. Semangat kak Alo! Aku minggu ini berusaha untuk mulai hidup sehat walaupun terkadang masih kebawa malas. Boleh share menu makanan sehatnya di post selanjutnya kak? Aku pengen nyontek hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak ada resep khusus sih soalnya, coba nanti aku coba catetin makananku apa aja di rumah :D

      Delete
  3. Malooo! Thanks for sharing! Aku udah nungguin banget kapan kamu akan nulis di blog karena tiba-tiba Malo jadi rutin working out dan makan salad. Aku juga sedang mulai hidup sehat, coba rutin CFD dan ngatur makanan. Tapi sejak sembuh sakit, aku prefer langganan katering dulu buat maksi, ngurangi karbo, mecin, dan kafein.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gara-gara naik berat badan sama capek sih tahun lalu aku brp kali sakit kan, gara-gara salah makan. Yuk kita olahraga bareng Win, kan rumah kita gak terlalu jauh :) Senengnya tuh kalau sehat mau ngapa2in jadi enak, badan juga gak cepet loyo yaa.

      Btw aku masih susah nih ngurangin kopi hehe, lagi berusaha ;p

      Delete
    2. Aku juga peminum kopi banget kak alo, apalagi kerjanya 8-5, butuh energi buat tetep on. Tapi alhamdulillah bisa lepas dari ketergantungan kopi (terutama kopi instan yang bikin bengkak badan. Cara lepasnya minum air putih yg banyak/ganti teh rosella/rose hip (keknya tiap orang bakal beda2 pengalihannya). Hehehe
      Jadi minum kopinya kalau weekend aja, sebagai bentuk refreshing, karena bisa seduh kopi dengan moka pot tercinta dan icip2 kopi jenis baru. :)

      Delete
  4. tahun ini pengen banget nyobain pound fit lagi bosen sama lari,, sharing dong malo soal pound fit..

    ReplyDelete
  5. Huaaaa kangen Zumba banget ): kalo aku sambil nunggu bisa ikutan kelas lagi, salah satu yg aku dan suami lakukan untuk maintain kesehatan minum ramuan cuka apel+madu tiap pagi. Ternyata ngefek banget ke tubuh. Selain nggak gampang sakit, bisa 'neken' pola makan kita supaya gak berlebihan. Suami kalo absen sehari aja katanya berasa ada yg kurang hahaha

    Semangat untuk hidup sehatnya, Ka Alo! Emang yaa makin ke sini diet +exercise bukan untuk kurus, lebih kepengen tetep sehat bugar (:

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Janeee, aku malah belum sempet coba si apple vinegar + madu. Suka denger cerita orang tapi aku blm nyoba hihihi. Iya enak banget sih gara2 rajin olahraga dan jaga makan, dari kemarin mau sakit tapi daya tahan tubuhnya ternyata lebih kuat dari perkiraanku. Semoga kita sehat2 selalu yaaa :D

      Delete
  6. Akhirnya di tulis juga di blog..
    Semangat Ka Aloo, aku juga lagi coba untuk hidup lebih sehat, makan clean food (ternyata ga ribet juga buat sendoro dirumah).
    Nasi putih diganti nasi merah aja Ka Alo, ngaruh bgt ke perut :D

    Menyenangkan sih hidup sehat, kurus sih bonus aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya seneng kan malah masak2 di rumah. Aku juga udah lama sih nggak makan nasi putih, biasanya selalu stok brown rice di rumah. Emang enakan banget ngurangin nasiii :)

      Delete
  7. Halo Kak Alo,

    Aku juga mulai begah nih badan bengkak setelah melahirkan, masa menyusui bahkan lebih gede dibanding waktu hamil. Ngeri banget sekarang liat badan di kaca/foto, baju2 yang lucu2 pada gak muat. Dulu bergerak olahraga&diet karna postingan kak Alo jaman 2014 dulu. Dari 60kg jadi 50kg saja. Badan ringaaaannn banget. Sekarang pingin kecilin badan lagiii. Kalo mau diet&olahraga selama menyusui kira2 ngaruh ke asi gak ya?

    ReplyDelete
  8. share menu sehat apa aja yang dibikin sama mbak andra sendiri di rumah dong :)

    ReplyDelete
  9. Andraaa keringetan aja tetep cakep deh ah <3
    Aku juga mulai mengurangi karbo, terutama nasi + mie, berasa banget sih perut lebih enteng dan metabolisme lebih lancar. Cheating ada sih mie seminggu sekali hahaa,, tapi abis itu langsung balance dengan makan buah dan sayur yang lebih banyak.

    Salam sehat! Soon kita olahraga bareng yaaa

    ReplyDelete
  10. Hallo kak Alo,
    Sama bgt pengalaman nya. Awal thn 2018 iseng daftar ke salah satu tmp gym karna ajakan teman. Tp setelah hampir 2 bulan rutin olahraga dan atur pola makan, badan jd lbh sehat dan lumayan menurunkan berat badan. Tujuan nya g pgn kurus , cm sadar buat hidup sehat...
    Semangat terus buat olahraga dan hidup sehat ya 😃

    ReplyDelete
  11. Go Andra! Go Andra! #jangankasihkendor!
    aku juga lagi mulai rajin balik olahraga terus abis dikatain "ih perut mami koq gendut sih" sama ... Gide!!!!! Benar2 komentar yang ampuh!!!!!! HAHAHA ...

    ReplyDelete
  12. Baca ini dan inget, duh lemaaaak perut dan kenapa niat untuk diet atau olahraga hanya sekadar niat. Butuh langkah pertama. tapi nggak melangkah-langkah nih wkwk. Sedih! Bismillah besok mulai. Semoga beneran besoK!

    ReplyDelete
  13. Malo, aku juga udah mulai berolahraga nih. Aku ngerasain sekarang sesak nafasku lumayan berkurang jauh dengan berolahraga tiap dua hari sekali. Kalo aku di rumah aja, zumba, cardia dan squat... for beginners semua tapi hehehe.

    Nah, yang kurang aku imbangi itu makan buah dan sayur. Aku cuma terbiasa masak seputar sop, cah, tumis, dll. Nanti bagi resepnya juga ya malo. Kalo di IGs seringnya aku ketinggalan. :(

    Btw foto yang pertama cakep bener ya. Kayak lagi lihat foto-fotonya marilyn monroe.:)

    ReplyDelete
  14. Kujuga pingin nih kak Alo mulai olahraga dan hidup sehat.. Akhir2 ini berasa bgt sering ga fit,, loyo gitu.. menjalani hidup sehat sebenarnya bagian resolusi sih huhuhu.. Oke akan kurealisasikan segera. Trims sudah berbagi, bikin semangat!

    ReplyDelete
  15. Semangat ya , Ndra. aku juga lagi mulai rutinin olahraga lagi setelah jadwal olahraganya kacau pas travelling haha. Yang penting sehat terus kalo jadi langsing itu bonus :). thanks udh sharing mengenai hal ini jadi tambah termotivasi.

    ReplyDelete
  16. aku baru aja nyobain poundfit 1x dan emang nagih banget tp aku harus tunda dlu poundfitnya karena aku positif hamil :)
    semangat ka andraa olahraganyaaa makin cantiiik
    mampir ya kaa ke blog aku ratnasaripujiastuti.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  17. Hai kak Alo, aku setuju sih kalo sering olahraga bikin bahagia :) bulan Januari-Februari aku rajin zumba dan aerobik, tapi pas bulan Maret aku belum zumba lagi. Dan rasanya tuh gak tenang, uring-uringan dan kayak males mau ngapa-ngapain hehe. Mulai minggu depan mau rutin zumba dan aerobik lagi, biar sehat!
    semangat ya kak Alo :)

    ReplyDelete
  18. hi ka andra, kebetulan suamiku diharuskan dokter untuk rutin olahraga dan diet karena berat badan berlebih. tapi sepertinya semangat olahraga-nya sangat kurang. padahal ada alat trademill dan alat olahraga lainnya dirumah. ada saran ga ya kak supaya suamiku bisa rutin olahraga? apa memulainya itu sangat berat ya? terimakasih ka andra

    ReplyDelete
  19. I always feels like slapped when read something like too busy quotes that related with "Nobody is too busy" in case of Olahraga. lol :') Anyway, love your perspective its not for being skinny but to feeling fit xDDD

    ReplyDelete
  20. Malo thanks for sharing, memang urusan perut buncit nih gengges syekali. Kalau untuk olahraga saya baru ngangdalin kelas aerobic aja. Nasi diganti beras merah (kecuali kalau makan di luar). Setuju sekali dengan goasl hidup sehat daripada sekedar untuk kurus.

    ReplyDelete