[BOOK REVIEW] BIG MAGIC: CREATIVE LIVING BEYOND FEAR


BIG MAGIC. Begitu saya mendengar kata big magic saja, saya berharap menemukan sesuatu yang magis dalam buku karya Elizabeth Gilbert ini. Pertama kali saya melihat desain sampul buku Big Magic: Creative Living Beyond Fear, saya cukup tertarik tapi ragu untuk membeli – sampai akhirnya ‘diracunin’ oleh kakak iparku untuk baca buku ini.

Memang magis, saya menyelesaikan buku ini hanya dalam 2 hari saja karena buku ini betul-betul penuh inspirasi, membuka mata dan pikiran saya dalam sekejap – bahkan rasanya seperti kerasukan energi yang luar biasa besar setelah membaca buku ini.

Big Magic: Creative Living Beyond Fear sangat berbeda dengan buku-buku terlaris Elizabeth Gilbert lainnya, kali ini Liz Gilbert berbagi cerita tentang kreativitas, inspirasi dan juga creative living yang ia jalani sehari-hari. Tentunya dengan berbagai tips yang bisa diaplikasikan oleh pekerja kreatif seperti saya, membuat hari-hari saya jauh lebih mudah dan produktif dari sebelumnya.

Salah satu pelajaran yang sangat menempel dan membekas setelah berulang-ulang membaca buku Big Magic: Creative Living Beyond Fear adalah “inspirasi ada dimana-mana, Alam Semesta penuh dengan inspirasi, bahkan inspirasi berterbangan di Alam Semesta – di atas kita semua.”

Berikut tiga kalimat inspiratif yang saya dapatkan dari buku Big Magic: Creative Living Beyond Fear:

#1

“BECAUSE INSPIRATION – LIKE ALL OF US – APPRECIATE BEING APPRECIATED.”

Inspirasi senang jika ada orang yang menghargainya. Nah pertanyaannya, bagaimana cara menghargai inspirasi?

Saya sendiri punya cara khusus untuk menangkap, menghargai dan mensyukuri semua inspirasi yang datang dengan merekamnya lewat bidikan kamera maupun video smartphone, menulis jurnal setiap pagi dan sebagian besar saya jadikan bahan tulisan untuk dibagikan di blog. Baca juga tentang kebiasaan kreatif saya di sini.

#2

“INSPIRATION WILL OVERHEAR YOUR PLEASURE AND IT WILL SEND IDEAS TO YOUR DOOR AS A REWARD FOR YOUR ENTHUSIASM AND YOUR LOYALTY.”

Jika kita sedang antusias, inspirasi rasanya menghujani kita bertubi-tubi sampai kadang rasanya nggak sanggup menampung inspirasi yang sangat banyak. Setuju kan? :D

Saya sudah baca beberapa buku tentang creative living dan memang, kita sebagai manusia kreatif harus selalu mengasah kreativitas kita. Gak mesti yang susah-susah kok, hanya sekedar coret-coret di jurnal, mewarnai coloring book yang dijual dimana-mana atau sekedar mampir ke galeri seni, inspirasi akan tetap berada di sekitar kita.



#3

“MAKE SOMETHING, DO SOMETHING, DO ANYTHING.”

Jangan batasi diri, mulailah membuat sesuatu, melakukan sesuatu dan lakukan apa saja yang dapat menyalurkan kreativitasmu.


***

Terakhir, satu poin yang sangat mengena di saya fakta bahwa manusia sering kali menjaga jarak dengan lingkungan ataupun atmosfir kreatif di sekitarnya karena ada keraguan dalam diri sendiri. Self doubt, self disgust, self judgement.

Sering kali kita meremehkan diri sendiri, makanya inspirasi dan ide malas dekat-dekat dengan kita kalau kita energinya lagi kurang baik (bad mood), lagi penuh emosi bahkan pikiran negatif.

Sedangkan jika kita selalu membuat suasana hati penuh cinta, bahagia dan syukur, maka inspirasi pun senang dekat-dekat kita. Malah ya, seperti observasi saya terhadap beberapa orang kreatif di sekitar saya.. inspirasi dan ide sering ‘membanjiri’ kita yang selalu membuka tangan dan pikiran yang luas dengan suka cita.


Saya dan suami sebagai pasangan yang bekerja di industri kreatif, tak pernah membiarkan inspirasi dan ide keluar dari ‘pintu rumah’ kami.

Setiap hari kami selalu menyempatkan menulis jurnal, membaca buku, menonton film-film yang bisa mengasah kreativitas dan mengembangkan imajinasi kami, melakukan yoga, bermain di luar ruangan setiap sore, menggambar dengan pensil warna dan krayon sambil menemani Aura Suri, mendengarkan musik, bersosialisasi dengan orang-orang yang punya energi yang sama dengan kami dan belajar hal-hal spiritual.

Big Magic: Creative Living Beyond Fear bisa dibilang adalah buku wajib yang perlu dimiliki semua individu, karena semua manusia dilahirkan sebagai manusia yang kreatif. Semoga ulasan saya berguna untuk teman-teman. Kisses and hugs!

 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

13 comments :

  1. Kak Andraaa, ini belum baca postingannya aja udah pengen langsung komen! Hihi.
    1st of all, suka banget liat fotonya dan lukisan backgroundnya! ❤️❤️❤️ Splendid artwork!
    Selalu suka juga baca review buku2nya.. banyak buku yg mau aku baca jd makin pengen baca jg krn review disini :D
    So inspired ❤️ Thanks yahhh :)

    ReplyDelete
  2. Liz Gilbert ini yang author Eat Pray Love ya? Wah, keren juga bisa bikin buku tentang mengasah kreativitas. Cover-nya juga gemes.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Win, beda banget kan dari buku-buku sebelumnya :D Must have banget!

      Delete
  3. Waaa, aku juga udah baca buku ini! Sejak pengen serius ngeblog dan belajar nulis lagi, aku tertarik baca buku ini karena aku tuh selalu berpikir I'm not a creative person. Tadinya aku takut buku ini terlalu 'berat', eh ternyata cukup ringan dan bener-bener ngajarin untuk jadi kreatif nggak perlu yang pinter gambar atau jadi orang yang nyentrik hahaha

    Thanks for sharing one of my favorite book, Ka Alo!

    ReplyDelete
  4. Thank you for the sharing Malo , kreatifitas selalu melahirkan inspirasi :)

    ReplyDelete
  5. Buku kesukaan akuuuuu! salah satu buku yang aku baca lagi dan lagi walaupun udah selesai, yang di cari kalau butuh booster biar semangat lagi. :)

    ReplyDelete
  6. mood booster banget baca postingan ini pagi-pagi gini, racun banget jadi pengin beli bukunya hihihi. Thank you for sharing kak alooo :D

    ReplyDelete
  7. nice review kak alooo, thankyouuu so much. ditunggu review buku minimalis livingnya :)

    ReplyDelete
  8. salah satu buku kesukaan aku, this helps me thru the hardest time hehe. Andra bikin book club dong sama Mbak Keke, nanti aku ikut2 review hehehehe :))

    ReplyDelete
  9. Selalu suka ngikutin Blog Kak Alo,menginspirasi dan membuat saya belajar berpikir positif terus. Sukses Kak Alo, suka sekali dengan kalimat BECAUSE INSPIRATION – LIKE ALL OF US – APPRECIATE BEING APPRECIATED.”-nya :) :*

    ReplyDelete
  10. Bukunya inspiratif banget ya kak Alo. Selamat menebar kebaikan kak :) sukses selalu ya kak.

    ReplyDelete
  11. Selalu jadi inspirasi tulisannya mba Andra. Thankyou for sharing a good [review] Book and thought. harus cari buku ini kayanya

    ReplyDelete