WEEKLY JOURNAL #35 - A MINDFUL WEEK



Sejujurnya, saya agak kesulitan untuk mendeskripsikan apa yang saya rasakan seminggu belakangan ini. Seminggu penuh saya mengisi waktu saya dengan produktif lewat kegiatan yang positif untuk mengimbangi demanding job dan kegilaan ibukota hahaha. Awalnya sih karena saya ngerasa stress dan terlalu capek sampai masuk UGD akhir bulan Agustus lalu (31/8).

Bergerak Lebih Banyak & Olahraga

Biasanya setiap bangun pagi saya langsung menulis jurnal dan menyiapkan sarapan untuk keluarga. Seminggu ini saya bangun lebih pagi untuk jogging di kompleks rumah sekalian mengajak Aura jalan pagi. Bukan hanya saya dan Aura aja lho, kali ini saya berhasil menyeret suami untuk jogging dan you know what–suami pun jadi ketagihan! Saya mengingatkan diri saya agar nggak perlu ambisius harus lari atau olahraga yang berat, yang penting lebih banyak bergerak dan menghabiskan waktu di luar ruangan (outdoor activities). Setelah selesai jogging, biasanya saya baru menyiapkan sarapan, menulis jurnal dan melanjutkan aktivitas lainnya. Kalau merasa lagi kurang gerak, sehabis makan malam saya juga suka muter-muter kompleks supaya nggak cuma mager (malas gerak) di rumah.

Mindful Eating

Mencoba mengurangi nasi dan juga makanan bertepung, walaupun nggak langsung berhenti total tapi saya memilih untuk menguranginya secara bertahap. Alasannya karena perut saya sering terasa bloated. Selain itu saya belajar mengunyah makanan lebih lama dan lebih mindful.

Mengurangi Screen Time

Biarpun pekerjaan saya sebagai content creator sangat berhubungan dengan gadget seperti laptop dan smartphone, nggak berarti saya harus terus-terusan berada di depan laptop atau memegang smartphone kan? Mengurangi screen time membuat saya jauh lebih damai, tenang dan fokus mengerjakan banyak hal. Biasanya kalau harus buka email atau media sosial saya memberi durasi agar tidak kelamaan browsing-browsing–jadi gadget dipakai seperlunya saja. Saya baru sadar, semakin lama atau sering menggunakan media sosial biasanya saya lebih gampang lelah dan stres karena terlalu banyak informasi yang masuk ke kepala saya. Padahal, otak saya perlu kerja untuk hal-hal penting lainnya. Ini yang membuat saya merasa lebih kelelahan, moody dan lainnya. Mengurangi screen time saya ganti dengan mengerjakan hal-hal domestik seperti bebersih rumah, menulis jurnal, menyapu halaman, jogging, membaca buku, menggambar dan mewarnai bersama Aura.


Belajar Untuk Berkata “Tidak”

Saya sering merasa nggak punya waktu untuk diri sendiri atau keluarga. Setelah saya menelaah lebih dalam, ternyata saya sering kebanyakan acara alias sibuk sendiri. Sebulan terakhir saya lebih memprioritaskan diri saya sendiri, dengan membagi waktu lebih untuk diri saya sendiri dan keluarga.

Menghabiskan Waktu Berkualitas Dengan Keluarga

Saya lebih memilih untuk menghabiskan waktu dengan Aura, suami, sahabat terdekat dan keluarga. Saya percaya jika menghabiskan waktu bersama keluarga dapat mempererat kedekatan dan ikatan kami, selain itu saya juga merasa lebih bahagia. Doa saya, semoga tahun depan bisa berlibur dengan keluarga (mama papa atau mertua) ke Amerika atau Eropa. Amin!

Mendengarkan Musik Untuk Relaksasi/Meningkatkan Mood
Saya adalah seorang music enthusiast, sayangnya karena sejak jadi ibu saya udah nggak pernah mengikuti perkembangan musik. Dulu pada masa saya rajin mengulik musisi-musisi terbaru dan ‘rajin’ membeli album musik, suami atau teman-teman saya sering bertanya lagu-lagu apa yang saya dengarkan. Saya baru sadar, karena sudah lama nggak mendengarkan musik, rasanya agak hampa hahaha. Mulai seminggu ini saya mulai mendengarkan musik sambil bekerja dan menulis blog, hasilnya? Jadi semangat dan mood terasa lebih baik!

***

Update minggu ini begitu menyenangkan deh, senang bisa menuliskan ini semua di blog dan semoga bisa berguna buat teman-teman.

Pagi ini sambil menulis saya ditemani secangkir teh hangat, menikmati udara pagi yang segar dan sejuk. Bulan Oktober nanti saya akan berpetulang ke beberapa tempat, saya usahakan untuk terus update blog ini supaya teman-teman bisa baca cerita keseharian saya ya! Mwah! Have a great day!

 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

158 comments :

  1. Kak andraaa ceritanya menginspirasi banget... Ringan dan berpoin.. Terus berkarya ya kak aku yakin kelak cerita cerita kecil ini bakal jadi hal besar untuk hidup kakak selanjutnya..

    ReplyDelete
  2. Ah..inspiratif banget mbak. Saya setuju semua terutama yang bagian bergerak lebih banyak dan olahraga. Kayaknya kalau kelamaan mager - kalau saya - berasa lebih ringkih dan badan jadi sakit semua hihi. Salam kenal ya mbak Andra :)

    ReplyDelete
  3. Kaaaaakkk Andra, baca postingan kakak ini juga udah bikin jadi semangat positif.
    Poin mengurangi screen time ini yang jadi target aku juga walau masih susah (godaan buka hp untuk lihat chat group atau sosial media masih besar banget. Duh ! πŸ˜”)

    Thanks for always inspiring lewat tulisan-tulisannya Kak Andra.

    Semoga ada moment Kak Andra bisa mampir dan sharing langsung di Balikpapan sama penggemar-penggemar Kak Andra disini 😁



    ReplyDelete
  4. thanks for sharing malo, semoga saya juga bisa mengurangi screen time huhu

    ReplyDelete
  5. Yeay seneng bacanya. Aku pun juga terus belajar utk mengurangi screen time dengan baca buku dan masak. Ketemu buku the mindfulness journal happy banget rasanya. Plus blognya Andra pastinya :*

    ReplyDelete
  6. "Saya baru sadar, semakin lama atau sering menggunakan media sosial biasanya saya lebih gampang lelah dan stres karena terlalu banyak informasi yang masuk ke kepala saya"

    INI BANGET KA ANDRAA!! hahahha terkadang kalau over pakai medsos bikin kita jd gakpernah bersyukur. istirahat dari medsos gaada salahnya :)

    ReplyDelete
  7. Aku pernah banget di situasi yang jenuh banget sampai nggak bisa mikir apa-apa. Akhirnya pernah suatu hari selama 1 jam nggak nengok gadget sama sekali. Waktu anak bobok siang, aku maskeran sambil denger lagu terus baca buku. Lucunya, aku sampe lupa ternyata aktifitas no gadget itu seenak ini yah, hahaha

    Thank you for sharing, Ka Alo!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dulu aku 2 jam nggak pegang smartphone aja rekor, Jane. Sekarang bisa seharian lho, sampai sahabatku harus nelfon suamiku supaya bisa ngobrol sama aku hahaha. Adem aja rasanya nggak main gadget~

      Delete
  8. setuju banget sama Andra kalo kita perlu mengurangi Screen time soalnya saya jg ngerasa waktu ynag ada cuma buat ngeliatin IG aja. waktu dulu sempet off 1 bulan log out dari semua sosmed rasanya emang tentram banget jadi bisa bersyukur dengan apa yang ada sekarang. and i will do it again :)

    thanks Andra selalu buat aku termotivasi terus :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, hihihi sejujurnya pengen banget 'puasa' main Instagram, tapi sayangnya karena masih ada kerjaan jadi belum bisa nih. Tapi aku udah mulai kurang2in main sosmed, rasanya ademmmm~

      Thanks for sharing yaa :))

      Delete
  9. Bener banget aku lagi nyobain mindfull eating sejak Agustus, daann ternyata porsi makanku ga sebanyak dulu, tapi tetap kenyang, jadi banyak makanan sehat yang masuk ke tubuh dibandingkan cemilan, hehe. YAng belum gerak banyak nih.., jadi semangat buat keliling komplek at least. :)

    ReplyDelete
  10. Duuhh samaaaa apalagi bagian ga update musik, dari punya anak pertama udah ga tau tuh musik Dan band yg lg hip apa. Dari 2012 berarti denggerinnya lagu anak atau sekali nya lagu dewasa ya top 40 radio atau lagu2 90s

    ReplyDelete
  11. Kak Andra terima kasih ceritanya, simple tapi menginspirasi sekali. Poin mengurangi screen time benar-benar 'menampar' diriku sendiri yang setiap hari kerjaannya harus berada di depan laptop/komputer dan gadget huhu~

    Sehat2 terus kak :) have a great day :)

    ReplyDelete
  12. Mengurangi screen time itu penting banget, pengen tapi susah karena harus koordinasi soal kerjaan ya lewat hp kebanyakan, tapi kadang lebih suka puasa socmed (kalau lagi capek), semua socmed di-uninstall gitu (selain aplikasi wordpress :p) itu berasa menyenangkan juga loh, dan lebih aktif nulis, karena yg disisain itu doang :))

    mau liburan ke jepang lagi ya ndra? Aaakk selamat liburan~~

    ReplyDelete
  13. Bulan depan bakalan ke beberapa tempat ? Wow, pasti banyak banget inspiring stories yang bakal di bagikan, so excited deh dan penasaran bakalan kemana aja hehe...semoga sabtu ini jadi ketemuan sama malo ga sabar nunggu oktober kasih prolognya dulu ya haha..

    ReplyDelete
  14. Tetep nulis di blog ya kak, meskipun bulan depan banyak keliling2,hahaha... setuju deh sama kak Andra yg ngurangin nasi. Apalagi klo ngga makan nasi pas malem, rasanya perut plonggg hahaha

    ReplyDelete
  15. selalu asik buat dibaca dan di nikmati, sekarang aku pun ketularan loh sering nulis tentang apapun di jurnal. dari ide-ide random yang tiba-tiba nongol dan peningkatan hidup saya dari lalu, sekarang dan perencanaan masa depan.

    thank u


    alsheilaaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  16. Kiss kiss Malo!!! Harus banget nih mengurangi screen time dan lebih enjoy the moment sama keluarga.

    Ga sabar nunggu cerita2 seru selama October onwards nanti. Yeayy! :*

    ReplyDelete
  17. secara ga langsung postingan ini jadi pengingat aku buat melakukan hal-hal positif setelah ngalamin hal-hal ga enak minggu lalu. Thank you for sharing this, Kak.

    ReplyDelete
  18. Thanks for sharing Kak Alo. Aku merasa terbantu dengan sharing seperti ini. Yes, kurang gerak juga bikin kita jadi nggak nyaman, biasanya aku jadi ngantuk. Soal nulis jurnal, aku nggak nyangka bisa bertahan sebulan lebih ini. Hihi keep inspiring Alo!

    ReplyDelete
  19. duh screen time pengen banget bisa ngurangin..

    ReplyDelete
  20. Seriously ka alo jogging dipagi hari itu bener-bener bisa bikin fresh pikiran dan badan aja. Dokterku pernah bilang, lebih baik jogging 1 jam daripada lari 15 menit. Tapi ya terkadang pagi itu waktu yang paling sibuk karna harus kerja.

    ReplyDelete
  21. Mbalo, kurangin screen time emang super susah menurutku. Apalagi di jaman yg apa2 buka hape, apa2 buka laptop, dll. Tapi sekalinya bisa kurangin, kerasa banget deh mata lebih fresh dan nggak sayu. Udah gitu, imho, pikiran justru lebih fresh dan muncul ide2 baru. Semangat hidup sehat mba Alo!

    ReplyDelete
  22. Setujuuu. Pas baca posting ini yg aku ngomong dalem hati "iya juga yaaa.." berkali2 hahaha. Dari mulai sering ngerasa kekenyangan yg ngga enak gt setiap abis makan dan suka stres sendiri karena anaknya apa aja di browsing sampe hal gapenting banget pun pasti lgs di google ��

    Baca postingan ini berasa lg ngobrol sama temen sendiri aja gitu haha keep inspiring mba Andra! ❤️

    ReplyDelete
  23. Aku dulu ngurangin screen time sampe uninstall instagram dan path karena pengen hemat kuota, hahaha... Tapi begitu isi kuota langsung install IG lagi, fail banget ya. Habis sekarang kalo lg bosen tangan bergerak sendiri ke hp kemudian buka IG, padahal baru 5 menit yg lalu buka IG. Sekarang kalo lagi sama siapapun (mau pacar atau temen) kalo bisa aku ga nyentuh hp, biar ketemuannya lebih berkualitas hehehe

    ReplyDelete
  24. Setuju banget kak alo, reduce the screen time will bring more peace. Kadang suka ga sadar kalo sebenarnya kita lebih hidup di dunia maya ketimbang di dunia nyata gara-gara smartphone dan gadget lainnya. Keep inspiring ya kak alo, i love to read your posts and also i love aura's pic!

    ReplyDelete
  25. Salam kenal, kak Alo. I am your silent reader, by the way.
    Thanks for sharing this ya Kak.

    Kurang olahraga itu emang bikin badan kurang fit sih. Aku membiasakan diri 6 bulan terakhir sepedaan 30 menit setiap pagi, alhamdulillah Ashtma aku udah jarang banget dateng, hore!

    Masih harus belajar banget nih buat kurangi screen time, huhuhu. Target selanjutnya ngurangi screen time :)

    ReplyDelete
  26. Hai hai Kak Alooo...
    semoga bisa menangin giveawaynya.
    Butuh eyeliner sekalii, plus butuh concealer benefit <3 maaci

    ReplyDelete
  27. "screen time" udah kyk candu, lepas hp buka laptop :I

    ReplyDelete
  28. Setuju banget kak alo!
    Reduce the screen time will bring more peace :) Kadang suka ga kerasa kalo kita lebih ngejalanin hidup di dunia maya ketimbang di dunia nyata, dan yaaa akhirnya berujung gak happy, dsb.
    Thanks kak alo for the sharing, i always keen on reading your blog!

    ReplyDelete
  29. Setelah baca blog ini kok langsung ngaca sama diri sendiri yah...
    Apalagi sebagai Working Mom... Point Screen time itu beneeer bangeeeeet... Thank you for Sharing Mba.. Bless You..

    ReplyDelete
  30. Aaah ini lagi pas banget juga sama yang sedang aku alami! Lagi merasa perlu lebih produktif lagi.
    Anakku seumuran sama Aura, kayaknya jalan2 keliling komplek perlu banget ya biar gak di rumah terus. Hihihi. Biar lebih segar dan sehat!
    Aku dan suami juga lagi ngurangin beli makan di luar, makanan lebih bergizi dan masak sendiri sudah pasti lebih higienis :)
    Thank you for sharing, Kak andra!

    ReplyDelete
  31. Terima kasih atas saran nya kak alo😘😘 bener2 positif dan bermanfaat banget untuk aku dan juga untuk orang2 yang sudah baca isi blognya kak alo ini😊 Dan akhir2 ini aku lagi belajar untuk tidak mengatakan kata "TIDAK" kepada siapapun. Karena, dengan kita membantu dan menolong otomatis badan kita pun jadi aktif dan relaxπŸ˜‰ itupun jika aku disaat ujian, ada teman yang pengen minta jawaban aku cuman bilang "maaf nih belum selesai" (berbohong demi kebaikan apa salahnya?πŸ˜‚) atau pura2 gak denger wkwkwk

    ReplyDelete
  32. Kak Alo, why so inspiring? :)
    Aku juga lagi mau mengurangi screen time, dan menikmati lingkungan sekitar. Dan mencoba untuk bangun lebih pagi, walau susah, bikin tipsnyaaaa dong kak Alo hihihi

    Stay inspiring always, kak Alo :)

    ReplyDelete
  33. stres juga lagi aku alamin banget kak Alo selama 3 bulan ini. perkara abis putus sama pacar yang udah pacaran selama 9 tahun plus perkara harus nyelesein thesis yang udah dikejar deadline dan pengobatan sakitku yang udah 2 tahun aku jalanin ga ngalamin kemajuan #lahcurhat tapi life must go on. selama bisa ngatur stres pasti bisa sehat dan jadi bisa jalanin hari demi harinya. salah satu kunci pereda stres aku adalah dengerin lagu-lagu yang chill banget, terutama lagu-lagunya Daniel Caesar atau Alina Baraz. mereka sukses berat bikin mood aku stabil hahaha. keep spreading positive vibes kak Alo, aku selalu nungguin update blog-blog dan video youtubenya (terutama yang ada Auranya). sukses terus untuk kita semua. luvs.

    ReplyDelete
  34. Mama aloo tulisannya menginspirasi sekali❤. Jadi sadar bahwa selama ini pola hidup aku kurang baik dan sehat. Nggak pernah olahraga, bahkan hal kecil (but means alot) seperti mengunyah makanan dengan benar aku tidak pernah lakukan akhir2 ini. Merasa diri kita sibuk, padahal kita yang tidak mampu membagi waktu. Terimakasih sharingnya :) salam ya malo untuk Aura :)

    ReplyDelete
  35. Sama banget mama aura~ Ngurangin screen time hp malah pindah ke laptop jadi nontonin drama korea �� tapi kadang nontonnya sambil angkatin barbel, kadang banget �� lebih sering mangkuin cemilan ��

    ReplyDelete
  36. Menerapkan pola hidup sehat, emang susah2 gampang. Padahal klo dipikir2 ga banyak buang waktu cthnya luangin waktu 30 menit,utk jalan pagi tapi kayanya susah bgt ngelawan ngantuknya. Hehe tiba sakit,baru sadar and nyesel. Terima kasih postingannya, sangat bermanfaat.

    ReplyDelete
  37. Halo Kak Alo, thankyou so much for sharing! Aku setuju banget sama ide tentang ngurangin screen time. Nggak tahu kenapa aku juga sering ngerasa kalau complicatednya dunia maya sekarang ini cukup bikin stressful dan jenuh juga. Plus banyak banget kegiatan yang sebenernya bisa dilakuin tapi sering kelupaan karena keasikan pegang gadget. Makanya sekarang terasa banget kalo a real talk with real people selalu bisa ngasih energi yang lebih hehe. Keep inspiring ya kak Alo, and good luck for your next trip! :)

    ReplyDelete
  38. Denger dan kenal mindfulness pertama kali dari tulisanmu review buku mindfulness journal, Malo. Sejak itu jadi ngulik lebih jauh tentang mindfulness. Makasih buat inspirasi, tips dan berbagi pengalaman dalam menerapkan ide mindfulness ini. Salam.

    ReplyDelete
  39. Adem banget baca postingan ini.
    Semangat ya mama auraaa....
    Aku diem2 udah baca blog nya dari jaman aura masih di perut.
    Bacanya bisa sampe nangis nangis terharu gitu.
    Semangat terus ya mama alooo..
    Semoga makin menginspirasi mama2 di indonesia (eaaa)

    ReplyDelete
  40. Tips-tipsnya bagus kak apalagi kalau lagi hadepin hectic month duhhh semuanya jadi ga teratur. Makan dan jam tidur ga tentu malah bikin muka ku beruntusan,jerawatan dan kusam. Makan aja ga inget apalagi pake skincare huhu. Lagi coba kurangin nasi tapi malah jadi gampang laper nih kak andra, ada tips kah? Thankyou! #muchlove

    ReplyDelete
  41. INI bangeeeet semenjak punya anak (anakku seumuran Aura loh beda sebulan aja) udah gapernah update musik lagi πŸ˜… Kangen jg ya buat update musik lagi. Aku seneng banget deh baca tulisan maloo selalu ringan dan menginspirasi, aku jg lagi diet dimana no karbo dan no gula maloo berasa enakan perut deh!

    Keep inspiring maloo 😘

    ReplyDelete
  42. Hai kak @Alodita �� Setelah saya membaca blog A mindful week ini saya sadar-sesadar-sadarnya bahwa saya pun jg sering terlalu lama berada di depan gadget terutama smartphone. Dengan fitur2 smartphone yg semakin lama semakin menarik, saya pun jadi ikut tertarik lebih dalam menyelami fitur2 ini. Browsing, chatting, dsb setiap hari saya lakukan tanpa mengenal waktu. Padahal dikehidupan nyata byk yg dapat lebih kita explore ketimbang nyungsep di smartphone. When i'm reading this aku jd "oh iya ya, kan bisa aku timing" jd gue gak kaya org bego yg kecanduan gadget. Dan saya sadari penglihatan saya dan pendengaran saya jg berkurang akibat habit yg buruk ini. Lebih memanfaatkan wktu bersama keluarga akan jauh lebih baik mulai dari skrg. Karena kita gak akan tau sampai kapan kita bersama mereka ❤️ Terima kasih, arigatou, xiexie, thanks for inspiring me, for giving me the most useful advice
    From: Ainina, salam kenal Kak
    Semoga Kakak sekeluarga sehat selalu. ❤️❤️

    ReplyDelete
  43. Setuju banget Me time bareng keluarga dan orang tersayang hal yang paling membuat kita bisa merefresh kembali Otak dan pikiran kita. Mengurangi Screen time emng super sulit bgt di era milenial kaya skrng, cuma kalo di pikir-pikir bener bgt screen time ngebuat otak kita terus bekerja dari liat hal-hal yang positif sampe bepikir karena lihat hal-hal yang ga terlalu penting di social media.

    ReplyDelete
  44. Sebagai guru STM yang kena imbas full day school, aku juga ngerasa rutinitas harianku berantakan banget. Pagi masuk kerja pulang sore tinggal capeknya. Pelarianku biar gak stres ya cuma ngeblog aja sih. Tapi lihat tips-tips dari kak Andra jadi termotivasi buat hidup lebih sehat lagi. Terutama yang bagian kurangin nasi & tepung, duh secara kantin sekolah isinya gorengan semua :-D

    ReplyDelete
  45. Wah ngurangin screen time nih emang ngefek banget bikin tenang dan lebih fokus, aku bahkan planning buat social media detox tapi belum kesampaian juga karena kadang masih suka gatel buat buka socmed soalnya kalau ga suka ketinggalan info hihihi

    anyway, thanks for sharing Kak alo! :D

    ReplyDelete
  46. Kak Aloo bener bgt sih kita sebenarnya harus ngurangin screen time, dan tanpa sadar ternyata itu ya yang membuat jadi moody-an, kaya ngeliat postingan yang negative secara ga sengaja ternyata bisa jadi imbas kita ikutan negative juga huhu thanks sharingnya kak Alooo

    ReplyDelete
  47. Oh iya Kak, hati2 di perjalanan ya. Smg aman sampai tujuan ❤️

    ReplyDelete
  48. AAaaaa terimakasih banget ka Andra karena selalu sharing hal-hal positive begini, akupun skg lg kuliah di jogja dan sedang mengambil sekolah master, lagi stress-stressnya ditambah aku juga bekerja sabtu-minggu jadi ya weekdaysku dihabiskan kuliah, weekendku bekerja plus ditambah jogja juga semakin macet salah satu tips berguna buat aku juga mendengarkan musik ka, simple tapi jd bnr2 fresh. Pada akhirnya tips dari ka Andra ini sgt membantu aku relaksasi sebelum mid pada minggu ini. Keep inspiring ka Andra! Btw aku silent reader sejak ka Andra ngeblog perjuangan ivf dulu, terimakasih sudah selalu menginspirasi dalam berbagai hal❤️❤️❤️

    ReplyDelete
  49. Dari 6 kegiatan yang kak Andra sebut diatas, aku juga sedang mencoba menjalani beberapa dari kegiatan itu selama 1 bulan belakangan ini. Seperti setiap pagi memulai olahraga (ntah itu jogging atau pun pasang video zumba dirumah), lalu mulai mengurangi jumlah makanan agar berat badan menjadi ideal (seperti SMA dulu gitu kan...). Juga untuk mencari lagu-lagu baru dan mendengarkan lagu-lagu tersebut, ini juga baru aku lakuin lagi setelah sekian lama males banget cari referensi. Pengen banget mengurangi waktu Screen Time, tapi apadaya karena kerjaan aku programmer otomatis liat layar laptop terus. Kadang saking seringnya liat layar laptop atau handphone aku sampe migrain dan gak bisa tidur :(

    But, thanks a lot kak buat sharing ini semua. Semoga aku bisa menyusul dengan kegiatan positif lainnya!! :D

    ReplyDelete
  50. Halo malo!!! Iya nih screen time aku juga amat sangat pengen ngurangin,aku masih single dan sangat takut kebiasaan aku yg kalo dihitung lebih banyak browsing di gadget itu kebawa-bawa sampai nanti aku sudah berkeluarga,terima kasih sekali sharingnya sangat bermanfaat! Hehe ... Oh ya! Aku baru aja pulang dari Jogja dan sempat mau nyobain nginep di Yats Colony tapi ternyata full book hehe, sepertinya next time aku ke Jogja aku akan coba nginep di hotel itu karena penasaran banget semenjak malo posting di blog :) aku aminkan ya impiannya malo untuk berlibur ke eropa bersama keluarga dan doakan aku juga karena aku juga pengen liburan ke Nabire Papua tahun depan untuk berenang bersama hiu paus disana :) last but not least ... kapan2 sharing soal sunscreen apa yang oke dan ga bikin kulit terbakar kalau ke pantai ya malo sayang! ;) soalnya kemarin aku ke pantai di Jogja pulang2 kulitku gosong padahal udah pakai sun screen banyak-banyak dan sering aku aplikasikan ulang :) terima kasih malo sayang❤

    ReplyDelete
  51. Hallo Kak, selalu seneng deh baca tulisan Kak Alo. Aku setuju banget sama poin pertama, walaupun kita gak melakukan olahraga yang berat tapi paling engga kita harus banyak gerak. Jujur aku sebenernya bukan orang yang suka olahraga, tapi akhir-akhir ini aku lagi seneng banget zumba di rumah yang hanya bermodalkan youtube hahaha tapi dengan zumba aku bisa banyak gerak sekaligus nikmatin musiknya yang ternyata bisa ningkatin mood juga hihi terus menginspirasi Kak Alo :)

    ReplyDelete
  52. I love and adore your script ��������
    Jangan bosan2 terus menginspirasi ya kak....
    Sharing hal yang baik dan membuat org lain mnjd lbh baik jugak ,,, keep spread the good deeds ������

    ReplyDelete
  53. Waw sama sperti yang saya rasakan mba.
    Saya menikah sebulan lalu dan 3 hari setelah menikah suami meninggalkan saya tuk pendidikan hehe . Rasanya sehari2 bosen dung yah.. akhirnya mulai aktif di socmed. Paling envy kalau liat temen lg honeymoon tp saya lagi gelajutan dikasur nungguin telp dr suami.
    Akhirnyaa mulai mencari kesibukan biar g stress dan main gadget terus. Saya mulai belaajr memasak, membersihkan rumah , jalan2 sore terkadang workout. Hehe
    Skrg dapet tips lagi dr k andra
    Thanks kak

    Uda lama banget ngefans ama kakak, tulisan kakak itu ringkas,mudah dimengerti dan on point. Saya sampe memasukkan notif ke email kalau ada updatean baru hehee.

    Semoga bisa tetap selalu menginspirasi ya kakk..πŸ’•πŸ’•

    Salam utk aura 😍

    ReplyDelete
  54. Baru kali ini comment di blog-nya Malo padahal gak pernah absen baca-baca postingannya setiap minggu..hahaha
    Kayaknya aku juga harus mulai mengurangi "Screen Time" karena belakangan ini semakin sering liat sosial media, semakin jadi bad mood terus..
    Thank you for sharing your "positive vibe" lifestyle on this blog Malo~
    So inspiring <3

    ReplyDelete
  55. Wah mengurangi screen time kayaknya perlu ditiru nih, soalnya aku merasa minus mataku bertambah karena kecanduan lihat medsos. Lalu kayaknya menjadi vegan juga patut dicoba ya, Malo. Aku lagi latihan jadi vegan once a week. Cita-citanya biar muka sekinclong kak Paola Tambunan :D

    ReplyDelete
  56. Kesibukan memang terkadang selalu bikin kita justru jarang mikirin diri sendiri ya kak, karena kesibukan malah justru kita jadi ga sayang sama diri sendiri kayak males olahraga, terlalu lama fokus di depan screen karena kerjaan yang menuntut, kasian sama mata yang terlalu sering capek liat layar, ide kak alo untuk punya mindfull week ini mau banget aku coba karena akhir-akhir ini aku pun mudah sakit, sakit-sakit yang sepela kayak flu demam dan teman-temannya itu emg gampang dateng gampang sembuh tapi ganggu banget kalo terus-terusan sembuh sakit sembuh sakit lagi.

    ReplyDelete
  57. Sebenarnya kita memang harus gerak sih karena terkadang kalo sudah asyik dengan gadget membuat kita mager(curcol :lol: ) makanya motivasinya harus kuat dari dalam diri sendiri.
    btw can't wait buat cerita travelling bulan depan. lumayan buat masukan travelling bareng anak. thanks for share ya alo..ditunggu karya-karya selanjutnya ^^ (mudah2an ada kolaborasi lagi dengan cotton ink atau brand yang lain) ^^

    ReplyDelete
  58. Abis baca ini tuh serasa bener2 dapet pencerahan, karna udah beberapa Hari ini Ngerasa capek dan mulai stress sama pekerjaan yg Kaya ga Ada abis-abisnya, hufh..
    Pas baca tulisan nya mamalo yg ini tuh jadi mikir 'waaaaah, bener juga nih, harus coba ini semua' .. abis kayanya hal2 kecil semacem jogging sama anak+suami, ngobrol santai sambil minum teh berdua suami pun udah berasa jadi Hal yg Mahal karna kesibukan masing masing..
    Thanks for sharing mamalo

    ReplyDelete
  59. Ka Alo terima kasih sekali sharingnya, akhir akhir ini saya lagi stress dan capek. Membaca tulisan ka Alo ini menginspirasi saya untuk melakukan hal hal yang ka Alo ceritakan, terutama untuk Belajar Untuk Berkata “Tidak” . dua minggu ke belakang saya jadi repot sendiri karena selalu mengiyakan permintaan teman teman saya, hanya karena saya tidak enak. Akhirnya saya sadar ada kalanya juga kita harus berkata "tidak" saat saya memang perlu memprioritaskan diri saya. Dari tulisan ini juga saya jadi terinspirasi untuk menghabiskan waktu Berkualitas Dengan Keluarga terutama akhir minggu ini, saya berharap weekend ini saya bisa mudik dan menikmati ulang tahun saya ke 23 hari minggu 1 Oktober nanti bersama keluarga :) Sepertinya itu akan jauh lebih menyenangkan daripada menikmati ulang tahun di kota rantau :D .
    Semoga oktober nanti jadi oktober ceria yaa kak, semoga bulan oktober ini saya juga bisa berpetulang ke beberapa tempat seperti kak Alo. Ditunggu sharing petualangannya ya kak ! Semoga Bahagia selalu kak Alo dan keluarga :)

    ReplyDelete
  60. Iya banget! Kudu ngurangin screen time. Mantengin gadget sama laptop tuh uda menyita banyak waktu. Harus mulai olahraga juga, biar belajar jadi ibu rumah tangga yang aktif kayak Kak Alo. :)

    ReplyDelete
  61. emang kesehatan diri itu dari sehat pikiran dulu. seorang ibu butuh me time agar tidak penat dengan runitinas. keep spreading good vibes, ka. I adore yaa!

    ReplyDelete
  62. Hai Alo, minggu ini juga jadi mindful week banget buat aku, secara harus bedrest after cystic surgery... nggak pernah se-nggak-ngapa-ngapa-in banget selama seminggu, awalnya bosen karena biasa ke kantor dengan segala rutinitas nya...tapi brsyukur juga kalo gak gini gak istirahat, bisa lebih deket sama keluarga, dan pastinya re-charge banget... apalagi dengan tips2 nya Alo yg bisa diikutin, thanks dear for sharing your mindful week :)

    ReplyDelete
  63. Hii Kak Alo. Mungkin ini alesan dibalik jarang banget kakak posting di Instagram. Karena lagi ngurangin screen time 😁
    Terkadang aku juga merasa perlu untuk mengurangi screen time tp masih butuh banget smartphone buat tau info² dari grup kuliah. Plus lagi banyak banget tugas kuliah jadi bikin itu hampir mustahil 😁😁
    Mungkin karena terlalu banyak menatap layar hp ato laptop juga jadi penyebab mataku mulai minus 😣
    Sekarang dengerin musik adalah relaksasi terbaik buat aku. Meskipun ga banyak referensi lagu, tp rasanya jd tenang banget apa lagi kalo sambil joget (lumayanlah buat olahraga ringan).
    Kalo untuk urusan makan entah kenapa aku ga bisa ngunyah lebih lama, kunyah sekali dua kali langsung telen. πŸ˜†
    Seneng bisa sharing sama Kak Alo,,
    Kak aku menunggu video kakak di youtube 😁😁😁

    ReplyDelete
  64. Salah satu poin yg aku alami adalah "belajar untuk berkata tidak", beberapa hari ini saya lebih sibuk dengan teman2 saya daripada keluarga saya karna saya sungkan untuk menolak/mengatakan tidak pada teman2 saya :( . Anyway teruslah menulis blog kak Alo, karna blog kakak bisa menginspirasi sekaligus terkadang bisa jadi reminder aku hehe. Love

    ReplyDelete
  65. Thankyou ka Alo sharingnya, aku baru ngeberesin skripsi aku dan 2 bulan ini rasanya hectic banget, dari mulai begadang sampe jerawatan padahal sebelumnya gak pernah huhu. Kayaknya perlu banget deh coba hal-hal kayak ka Alo, cuma untuk batesin screen time bisa gak yaahh hehe.

    ReplyDelete
  66. Hii Kak Alo. Mungkin ini alesan dibalik jarang banget kakak posting di Instagram. Karena lagi ngurangin screen time 😁
    Terkadang aku juga merasa perlu untuk mengurangi screen time tp masih butuh banget smartphone buat tau info² dari grup kuliah. Plus lagi banyak banget tugas kuliah jadi bikin itu hampir mustahil 😁😁
    Mungkin karena terlalu banyak menatap layar hp ato laptop juga jadi penyebab mataku mulai minus 😣
    Sekarang dengerin musik adalah relaksasi terbaik buat aku. Meskipun ga banyak referensi lagu, tp rasanya jd tenang banget apa lagi kalo sambil joget (lumayanlah buat olahraga ringan).
    Kalo untuk urusan makan entah kenapa aku ga bisa ngunyah lebih lama, kunyah sekali dua kali langsung telen. πŸ˜†
    Seneng bisa sharing sama Kak Alo,,
    Kak aku menunggu video kakak di youtube 😁😁😁

    ReplyDelete
  67. Kak, sharing pengalaman juga.. tentang berani bilang "tidak" itu ternyata ga mudah ya.. aku sudah coba praktek sejak 2 tahun lalu, tapi sampai sekarang masih susaaahh banget. Apalagi kalau permintaannya datang dari kerabat dekat/keluarga. Akhirnya memang harus belajar tegas dan "tega". Harus bisa buat prioritas juga.

    Anw, keep posting ya kak! Thanks for inspiring us! :)

    ReplyDelete
  68. Hii Kak Alo. Mungkin ini alesan dibalik jarang banget kakak posting di Instagram. Karena lagi ngurangin screen time ��
    Terkadang aku juga merasa perlu untuk mengurangi screen time tp masih butuh banget smartphone buat tau info² dari grup kuliah. Plus lagi banyak banget tugas kuliah jadi bikin itu hampir mustahil ����
    Mungkin karena terlalu banyak menatap layar hp ato laptop juga jadi penyebab mataku mulai minus ��
    Sekarang dengerin musik adalah relaksasi terbaik buat aku. Meskipun ga banyak referensi lagu, tp rasanya jd tenang banget apa lagi kalo sambil joget (lumayanlah buat olahraga ringan).
    Kalo untuk urusan makan entah kenapa aku ga bisa ngunyah lebih lama, kunyah sekali dua kali langsung telen. ��
    Seneng bisa sharing sama Kak Alo,,
    Kak aku menunggu video kakak di youtube ������

    ReplyDelete
  69. Poin "Belajar berkata tidak" adalah problem aku banget di bulan ini. Aku lebih sibuk dengan teman2ku daripada keluargaku karna aku susah untuk menolak ajakan temen (sungkan). Teruslah menulis blog kak Alo, karna blogmu bisa memberikan inspirasi sekaligus bisa jadi reminder. Love

    ReplyDelete
  70. hai kak aloo, keep sharing yaa..
    minggu lalu waktu udah penat liat kerjaan dikantor iseng bukain google cari tulisan2 buat refresh biar gak jenuh dengan kerjaan..
    ntah kenapa jadi mampir ke blog nya kakak, dan aku gak pernah tau alodita itu siapa..
    gak sengaja, eh.. jadi asik ngebaca blog nya kakak dari siang sampe sore *pulang kerja* gak kerasa..
    aku baca blog kakak yang sekarang, sampai gimana kakak dulu proses nya bisa dapetin aura..
    udah gitu langsung deh aku buka instagram trus follow kakak, biar bisa lebih update :)

    karna liat blog kakak aku jadi pengen ngeblog, hehe..
    orang udah heboh ngeVlog kok aku nya malah baru mulai ngeBlog yah..
    ditunggu tulisan terbaru nya kak ..

    salam kenal firza,dari medan ..

    ReplyDelete
  71. Terima kasih sharingnya Kak Alo. Hal-hal yang Kak Alo lakukan di atas emang perlu banget sih buat dilakuin biar hidup kita tuh seimbang dan sehat fisik serta mental juga. Untuk saat ini sih yang sering aku lakuin itu mendengarkan musik relaksasi. Kalau aku sih biasanya musik intrumental piano, violin, cello, dan efek suara alam gitu. Jadi walaupun lagi kerja, tetep nyaman karena ada efek di alam terbuka gitu. Nah, buat aku yang sedikit sulit dilakuin itu mengurangi screen time karena aku itu seorang sosial media admin yang otomatis selama jam kerja harus di depan laptop dan handphone. Tapi sebisa mungkin aku kasih jeda sih pandangan aku dari layar untuk merilekskan mata. Selain itu, belum pulang dan di rumah, sebisa mungkin aku udah gak buka laptop lagi dan gak sering-sering main handphone. Hal yang selalu aku lakuin kalau sudah di rumah pasti maskeran dan bermanja ria dengan skin care. I love it :)
    Semoga rencana Kak Alo di bulan Oktober nanti lancar dan berkesan yaa. Jangan lupa untuk selalu berbagi cerita dan kebahagian dengan kita semua. Salam untuk Kak Abenk dan Aura yaa. Have fun :D

    ReplyDelete
  72. Benar ya kata banyak orang, setiap insan itu perlu jeda dalam menjalani kehidupan. Supaya tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya ke depan. Kalo terburu-buru juga ga baik. Ga bakalan nikmatin apa yang namanya proses. Terima kasih Kak Alo untuk inspirasi hari ini. Ternyata perlu juga kita melihat keluar, melihat yang hijau-hijau. Selain baik untuk pikiran, serta menenangkan juga. :)
    Di tunggu foto-foto liburan selanjutnya ya. Aku ngefans sama karya foto kakak. Semoga kelak bisa bercengkrama sambil ngopi bareng.. :D

    ReplyDelete
  73. selalu seneng deh baca tulisan ka Alo yang ringan tapi juga bermanfaat. kadang juga jadi bisa menyadarkan diri sendiri untuk harus lebih produktif pada hal2 yang positif terutama olahraga. akhir2 ini lagi semangat banget olahra, tapi kalo udh bolos sehari jd males lagi. tapi gara2 baca ini ka Abenk aja bisa masa aku masih males jugasi? hahahaha. keep inspiring and sharing ya ka!

    ReplyDelete
  74. Halo Kak Alo, terimakasih banyak untuk sharingnya. Kemarin juga sempat drop karena kurang istirahat dan stres, penyebabnya karena lupa mengadakan me-time untuk diri sendiri, tipsnya Kak Alo yang 'berani untuk berkata tidak' harus benar-benar saya anut nih, dan membaca poin yang mendengarkan musik juga langsung bikin saya teringat kalau saya sudah lama nggak bersantai sambil mendengarkan musik hihihi (langsung puter musik, volume up!)

    Thanks for sharing Kak Alo, have a nice day! <3

    ReplyDelete
  75. mindfull things buat aku itu nge gym, trus mandi pake air anget abis gitu Ngopi Malo... rasanya tenang.. banget dan HP biasanya aq tinggalin aja gitu dalem Tas, rasanya udahh mevvaaaaahhhhh buanget :D

    ReplyDelete
  76. Ka Andra, thanks for sharing!
    Akhir2 ini juga adalah waktu2 yg hectic buat aku. Biasa klo udh hectic, lupa sama kebutuhan utk diri kita sendiri. Alhasil sempet drop juga, dan baru membaik di minggu ini. biasa klo sibuk aku selalu sambil dengerin musik sih, karna itu bikin nyaman dan tenang juga. Bikin kerja jd enjoy. Share sama orang2 terdekat juga cukup mengurangi beban pikiran. Intinya, selalu bersyukur sih, narik nafas panjang dan ingat masih dikasih kesempatan utk melakukan banyak hal. Aku selalu dapat inspirasi dan semangat baru setiap baca blog ka Alo. Selalu memginspirasi dan menebarkan aura2 positif. Hihihi

    Sehat selalu Ka Alo, much love Xoxo

    ReplyDelete
  77. Terima kasih banyak kak Alo memberikan banyak inspirasi, apalagi saat ini sedang demam, dan pilek berat berpikir berarti ada yang tidak berjalan seimbang dalam kegitan sehari hari sampai drop begini dan yang terkena dampak juga anak dan keluarga kasian kalau mereka tertular dan repot. Terima kasih sudah menginpirasi kak dan tetap terus menginspirasi

    ReplyDelete
  78. mindful things to do bagiku adalah nikamatin pagi dengan keringat trus mandi pake air anget dan ngopii Malo..duh rasanya udah Mevvahhhh banget. trus nyantai dan rileks sama keluarga atau sahabat dekat.. what a simple pleasure :)

    ReplyDelete
  79. Halo kak Andra panutanku,emang selalu menginspirasi mama cantik satu ini. Sehat terus bersama kak Abenk dan Wawa ya kak Andra. Liat post kak Andra yang selalu tersenyum rasanya hati ikut adem.

    ReplyDelete
  80. Malo, nice post!

    Ayuk kita praktekkin dari mindful week perlahan lahan jadi mindful life yaa ❤


    Keep inspiring my dear!
    From : maminon_

    ReplyDelete
  81. Wah! sangaaaat setuju about mengurangi screen time, Aku ngerasa gadget sangat menyita waktuku:"( kemarin sempat menghabiskan waktu liburan berdua aja sama mama ke bali dan bener2 no gadget karena ingin menikmati liburan berdua aja karna sumpek dgn kerjaan ibu kota. Alhamdulillah, nikmat Allah tanpa gadget bener2 adaaaa! nyataaaa! dan bahagiaaaaaa! :")

    ReplyDelete
  82. Terima kasih kak untuk blog nya sudah banyak menginspirasi dari masa kehamilan sampai sekarang anak umur 1 tahun. Lagi berpikir juga a mindfull week jika sudah pulih ini.. Sekarang demam dan pilek berat..ada yang berjalan tidak seimbang sampai drop begini, kasian keluarga dan anak semoga tidak tertular.
    Terima kasih banyak kak alo tetap menginspirasi kami yah..

    ReplyDelete
  83. A_ndra Alodita itulah sosok nama yang sangat menginspirasi saya

    N_ama kak Andra sudah saya kenal sejak kak Andra memiliki blog walking

    D_ari gaya bercerita yang sangat mudah dimengerti, selalu ceria ketika membuat konten di youtube membuat saya sangat ketagihan membaca atau menontonya

    R_angkuman produk yang sering kak Andra gunakan dari kesehatan sampai kehidupan pribadi

    A_jakan kak Andra untuk selalu bersyukur dengan apa yang kita punya dan Tuhan selalu berada disamping kita

    A_papun yang terjadi kita harus berjuang dan menghadapinya karena dibalik itu semua pasti ada rencana indah dari kehendak-Nya

    L_elah ataupun tak bersemangat tidak pernah kak Andra tunjukan pada pembaca dan subscribernya (bahkan saya sampai mikir kak Andra apa pernah marah ya 😊)

    O_mongan yang sederhana, style kak Andra yang simple tertawa yang gak pernah dibuat-buat

    D_engan kesederhanaan itu bikin kita semua mereasa seperti sudah kenal lama dan bersahabat dengan kak Andra

    I_ngin sekali suatu saat bisa bertemu dengan kak Andra dan tertawa bersama secara langsung

    T_erimakasih kak Andra Alodita sudah mau menginspirasi para wanita di Indonesia untuk lebih menjaga kesehatan dan merawat diri kita yang sangat berharga

    A_ura Suri merupakan anugrah terindah yang kak Andra miliki saat ini. Malaikat kecil yang sangat lucu dan ceria yang dulu kak Andra dapatkan dengan proses yang sangat luar biasa. Semoga Aura selalu sehat, tambah cantik, cerdas dan tentunya selalu buat mama Andra dan papa Abenk bangga ya nak 😍😍❤❤❤❤
    #AndraAlodita #AuraSuri #AbenkAlter

    ReplyDelete
  84. Kak malo! Sangat mengispirasi sekali~
    Dulu aku cenderung suka menyimpan semua persoalan sendiri, karena takut ngerepotin orang lain. Jadi sering bikin aku stress dan down. Kalau udah kayak gitu aku sendiri yg kebingungan. Untungnya sahabat sahabat aku ngertiin banget sifatku ini, mereka g pernah maksa aku buat cerita semua permasalahan ke mereka. Cuma kalau mereka udah ngeliat aku mulai menandakan tandatanda aku stress, mereka tibatiba nyemangatin aku "semua bakal baik baik aja, lo pasti bisa. Inget lo g sendirian di dunia ini!" ,tanpa maksa aku buat cerita ke mereka. Dari situ aku mulai ngubah pemikiran aku, dan mulai terbuka sama mereka.
    Dan aku merasa lega,ada sahabat sahabat yg selalu ngedukung dan selalu ada buat aku.
    Kayak Kak malo dan ibuibu hot kesayangan kak malo. 😁 Seneng banget liat kedekatan kak malo sama sahabat2 kak malo, walaupun sibuk dengan pekerjaan masing masing tapi selalu nyempetin buat meetup,havefun bareng dan pastinya curhat.
    Aku sama sahabat sahabatku dulu sering nonton eps. Ibuibu hot. Buat kita, kalian sangat menginspirasi sekali. 😘
    Walaupun dari background yg berbeda, kalian bisa akrab dan malah bisa sharing satu sama lain.
    Dan aku dan sahabat sahabatku juga berhaarap kedepannya walaupun kita sudah punya kesibukan masingmasing tapi masih bisa solid seperti kak malo dan ibuibu hot. Dan tentunya bisa menginspirasi cewekcewek lain di luar sana.
    Laffyuu kak maloo
    Terimakasih sudah menginspirasi~~~
    😘😘😘😘😘

    ReplyDelete
  85. Sebagai pedagang online, jadi pengen punya yg terstruktur gitu kaya ka alo. Jarang nyentuh matahari bgt, hahaha. Eh tp g boleh gitu terus ya, hrs diperbaiki macam jogging. Buat screen time sih aku caranya nyalain notifikasi kenceng2 biar kalau ada yg WA/diskusi di marketplace lgsg tau, krna harus fast response jg. Mudah2an sedikit lg bisa punya karyawan, jd ownernya ga liat gadget mulu. Yg paling susah ngebetulin kebiasaan mandi pagi. Kalau ga ada acara keluar atau hrs ketemu org lain, 'klo ga pergi ga mandi' hahahhaa.

    ReplyDelete
  86. Setuju banget sih sama kak Alo karena belakangan ini aku juga lagi stress banyak kerjaan tapi pas ada waktu senggang malah main gadget. Kata orang-orang karena aku di dalem ruangan mulu males gerak makanya stress lalu dipaksain buat keluar ngeliatin yang hijau-hijau. Terus akhirnya mutusin untuk naik sepeda 30 menit keliling daerah sekitaran rumah karena nggak gitu suka jogging. Nah itu bener bener bikin kondisi badan lebih enak terus jarang pusing juga setelah ngejalanin 2 minggu padahal jarak juga nggak terlalu jauh. Ngilangin stress juga di jalan ketemu orang nggak kenal mereka senyum bikin adem terus lupa stress deh. Terimakasih karena sering kasih inspirasi ya kak Alo ��

    ReplyDelete
  87. HY Ka , Kontennya sangat menarik dan personal buat saya sendiri sangat bermanfaat dan menginspirasi , karena jujur saya sendiri jarang melalakukan hal yang positif terutama buat diri sendiri. Yha karena aktifitas harian yang cukup padat , dimana setiap hari mesti ketemu dengan client , laporan harian , handling tamu , dan lain sebagainya....Dan setiap hari libur, waktunya untuk bersantai ria hehehhe.
    tapi dengan baca konten nya mba tadi, saya sedikit mendapat pencerahan, cieee pencerahan maklum mba sayanya memang kurang cerah hehhe.
    Yang dimana dengan melakukan sedikit perubahan kecil, bisa membuat kita lebih baik untuk kedepannya... mulai dari olahraga ringan yang jaraaaannnngggg bgt aku lakuin, kurangi penggunaan gadget , quality time dengan keluarga yha walaupun hanya bisa dengan VC atau telepon , maklum anak rauntau dan dengan dengan sendiri tentunya.AmIN

    ReplyDelete
  88. Always nunggu update petualangnya ya kak Andra. Kayanya difoto ini Aura seger banget. Abis mandi ya nak. Pasti baunya gak kalah seger. Selalu jadi semangat mama papa ya nak. Jagain mama jangan sampai mama sakit lagi. Biar bisa selalu menginspirasi jutaan wanita Indonesia. Terimakasih sudah lahir dan menjadi malaikat kecil yang cantik Aura. Semoga kalau sudah gede nanti Aura bisa mengerti perjuangan mama papa selama ini dan bahagiain mama papa. Sehat selalu ya nak. Tambah pinter . Love u so much wawa πŸ’•πŸ’•

    ReplyDelete
  89. always mesmerized by how you write down your thoughts, kak. Setiap sarannya sangat membantu. banyak banget tulisan kak Alo yg relate bgt sama aku. Yang ini juga. akhir2 ini entah kenapa jd gampang marah, uring-uringan, gak bergairah. dan ternyata baru sadar kalau aku hanya butuh waktu yg leih berkualitas untuk diriku sendiri. so i find my inner peace by being grateful everyday, meditating, walking, reading, writing and thinking to myself! pokoknya, mencoba hidup lebih berkualitas. setelah ngejalanin itu semua, body & mind kayak di recharge! thank you for inspiring me in so many ways, kak :)

    ReplyDelete
  90. Pertama, saya amini dulu keinginan Mbak Andra biar tahun depan bisa ke Eropa atau ke Amerika bareng keluarga dan orang tua. Amiiin.
    Karena bagi saya (saat ini) sangat susah menyatukan dua keluarga dari saya maupun suami.

    Yang kedua, thanks buat sharingnya ya Mbak. Karena saya rentan banget sama stress kalo udah berurusan dengan yang namanya job. Point-point yang paling mendekati saya adalah mendengarkan musik itu Mbak. Selera saya random banget, mulai dari lagu-lagu 90-an, indie music, sampai electronic.
    Baru inget deh, sejak punya anak bahkan saya udah ngga nonton gig lagi. Padahal itu mood booster banget ketika otak sedang buntu.
    Trus kalo boleh saya tambahin nih, nonton film juga lho Mbak. Hehehe. Karena dengan nonton film, saya jadi punya sudut pandang lain dan wawasan makin banyak.

    Ketiga, point lain yang bisa saya terapkan adalah ngga makan bertepung, jalan pagi, dan rutin nulis journal. Setidaknya saya jadi punya tambahan energi karena tiap hari diisi kegiatan-kegiatan asik kayak gini. Ngga melulu lesu karena hidup ngga bakal nunggu.

    ReplyDelete
  91. Halo, Kak Andra. Postingan Kak Andra bener-bener serasa menggambarkan pikiran aku beberapa hari terakhir ini deh... Aku baru aja pindah rumah, resign dan memulai bisnis dalam suatu waktu. Duh.... mood dan produktivitas malah jadi berantakan banget karena sedang adaptasi dengan hal baru. Aku jadi suka sedih dan bingung sendiri harus ngapain, padahal sebetulnya banyak yang harus dikerjain hahaha. Akhirnya sama seperti Kak Andra, aku mencoba membuat pola positif setiap harinya. Aku mulai zumba setiap 30 menit setiap pagi dan sore, mulai makan dengan beras merah & perbanyak sayur, lebih memilih menulis jurnal lagi daripada screen time (karena sempat berhenti ketika sibuk kerja huhu) dan hal kecil lainnya. Daaaaan....... dengan semua aktivitas positif diatas, bener-bener membuat mood dan produktivitasku jauh lebih baik. Aku mau nambahin hal positif lainnya yang dari Kak Andra juga ah! 😊

    Thank you for sharing this post, Kak Andra. Salam untuk si gemas Aura! 😍

    ReplyDelete
  92. Ka lupa satu lagi, aku mau ngucapin terima kasih soanya kk sudah balas koment aku di blog kk yang sebelumnya.... thanks yha kak, asli aku seneng bgt,,,, aku sering bgt mantengin blog kk, dan dari blog kk aku juga terinspirasi buat hidupkan blog aku yang sebelumya pernah aku buat... walaupun kosakata basahasanya masih berantakan dan seenaknya.. terus ngeblog yha kak.. selalu aku tunggu untuk setiap postingan kk

    ReplyDelete
  93. Maloooo, aku udah seminggu lebih ini juga lagi mencoba utk mengurangi nasi (diganti dengan sumber karbohidrat lain) dan olahraga dirumah karena udah merasa badan kok gak enak banget mau ngapa-ngapain. Pengen banget jogging di sekitar komplek tapi apa daya di komplek aku banyak anjing keliaran hahaha jadi sebagai gantinya aku usahain untuk tetep olahraga dirumah minimal naik turun tangga 10x sehari. Hasilnya sekarang badan udah lumayan enteng dibanding sebelumnya, gak sakit-sakit lagi badannya dan sepertinya kapasitas lambung utk menampung makanan udah kembali ke normal deh hahaha hanya saja masih belum melewati masa-masa stress nih, mungkin efek terlalu banyak didalam ruangan dan lelah ngeliatin layar hp terus juga kali ya (maklum, anak milenial yang susah lepas dari hp hehe). Tapi sekarang jadi terinspirasi untuk ikutan mengurangi screen time, memperbanyak menghirup udara luar dan lebih memperhatikan diri sendiri nih, siapa tau bisa terbebas dari stress jadi otak bisa lebih fresh menjalani hari-hari :)

    thanks ya Malo, sharingnya berguna sekali untuk yang lagi mengalami hal yang sama.. tetap semangat dan bahagia selalu, Maloooo :)

    ReplyDelete
  94. Setuju banget sama mengurangi screen time.. dan di rumahku susah banget untuk ngelakuin ini, karena anakku bangun pagi langusng nyalain TV donk.. pelan2 harus banget diterapin sih, supaya gak jadi kebiasaan..

    Keep writing ya Andra.. selalu seneng sama tulisan Andra yang selalu positif..

    ReplyDelete
  95. I do agree with you Kak Alo!!! Kadang kalo lagi jenuh sama tugas kuliah atau tugas organisasi, caraku refresh diri lebih ke easy workout dan having my screen off + having my "me time".

    No doubt banget sih, kalo jenuh terus dipaksain, itu bisa bikin stres dan tubuh kita bisa bereaksi negatif.

    Oh, I also do like the way you share your experience and your daily routine. Dan metode giveaway yg Kak Alo pake buat nyebarin inspiring post ini bener-bener appealing, jadi banyak orang yg tertarik buat baca dan secara tidak langsung, mereka pasti dapet poin dari apa yg Kak Alo maksud. Thank you Kak, keep inspiring like always!❤️

    ReplyDelete
  96. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  97. halo kak alo, semoga sehat selalu yaa :). konten blog kakak selalu inpiratif dan memotivasi, aku suka banget. love you always ������

    ReplyDelete
  98. Kak Alo, inspiratif banget ❤️ baca tulisan ini jadi serasa tertampar hehe, karena seharusnya saya yg masih belum berkeluarga punya banyak waktu untuk quality time baik untuk diri sendiri atau keluarga, tapi ujung-ujungnya malah malas dengan rasionalisasi "udah sibuk dengan kerjaan", terus berakhir dengan seharian screen time haha, yg kadang malah sosmed itu bikin badmood ya kalo terlalu berlebihan. Thanks buat sharingnya ya Kak Alo, jadi terinspirasi utk lebih banyak bergerak dan produktif!

    ReplyDelete
  99. Sangat inspiratif banget kak. Setuju banget sama poin tentang harus mengurangi screentime, karena makin banyak hal hal yg buat kepala penuh.
    Btw thanks for sharing, kak Alo

    ReplyDelete
  100. Setiap baca tulisan ka andra selalu jadi terinspirasi banyak hal dr mulai ikut-ikut pengen nulis blog sampai termotivasi hidup yg lbh produktif lgi..setuju banget soal mengurangi screen time..aku juga akhir2 ini mulai mengurangi screen time yg kerasa bgt memang lbh damai dan kita lbh fokus sama hal2 penting disekitar kita, jd lbh fokus ngurus anak hehehe..apalagi medsos skrg byk bgt hal2 mengenai ujaran2 kebencian yg bikin kesel sendiri hehe..

    Keep inspiring yah ka 😊😊

    ReplyDelete
  101. Halo Kak Alo, terima kasih untuk sharingnya. Selama ini aku paling aktif ikutin kegiatan Kak Alo lewat IG dan sangat terhibur dengan (terutama) kelakukan Aura yang menggemaskan :)) In my humble opinion, what you shared on social media is really down to earth alias ngga ngawang. People can really relate to your daily experiences. Satu hal yang sering muncul di benakku ketika melihat IG story Kak Alo: pasti bakal makan waktu banget untuk bisa update little things on a daily basis. But I guess that's one of the consequences when you want to inspire people, it's a tough job but I would say you're doing a great job :)

    One other thing, aku baca blog entry ini sambil manggut-manggut dan ngebatin "iya bener.. he eh." hihihi.. Terutama di bagian membatasi screen time dan berusaha untuk lebih aktif dan sehat bersama keluarga. I think it has become an issue now to still have a good life quality while also actively inspiring others through social media.

    Lastly, aku mau bilang terima kasih banyak untuk sharingnya Kak Alo yang inspiratif. Stay healthy and inspiring! :*

    ReplyDelete
  102. halo kak Alo! seneng banget baca postingan ini karena aku pun jadi bisa mengabsen kegiatan diriku dengan melihat poin poin di atas. Kalau di aku mindful eating dan olahraga. Aku suka banget nyemil, apalagi berbahan dasar tetepungan. Biasanya klo terasa ga enak badan langsung nyesel kenapa ga pilih buah sebagai pengganti cemilan tepung. Tapi ya itu, kita harus lebih bisa mengendalikan pikiran kita dan inget-inget akibat yang akan ditimbulkan. hehe... Kalau olahraga aku kebiasaan jeleknya adalah nggak bisa sendirian. Suami pulang kalau kerja berangkat pagi sekali dan pulang sore banget. Mungkin pas weekend kali ya.. Olahraga sambil dengerin musik mungkin lebih seru. Aku jarang banget dengerin musik lho. Tapi nggak tau kenapa pas lagi liat snapgram kak abenk yang liatin kak alo lagi ketik-ketik laptop sambil pake headset duduk manis dikursi bikin aku tergugah,hehe.. jadi mikir, kenapa nggak coba dengerin musik sambil kerja atau melakukan aktivitas. Jadi lebih semangat buat mengerjakan sesuatu! Jadi curcol kak, tapi makasih ya sudah selalu menginspirasi aku beberapa tahun ini. Ditunggu postingan blog selanjutnya.. Salam buat aura yang selalu ceria :D Have a nice day!!

    ReplyDelete
  103. Bagus sekali alo ide mengurangi screen time, tapi bagiku screen time adalah me time ku.. Kalo anak tidur aku pasti langsung membuka laptop atau handphone.. Hehe..jangan ditiru ya, karena buat ibu Rumah tangga seperti aku yang jarang keluar traveling screen time adalah me time yang sangat berharga.. Tapi memang perlu ada ketegasan seperti alo untuk mengurangi screen time, walaupun terasa sangat sulit.. Tapi asal sesuai porsi dan tidak mengganggu aktivitas bermain dengan anak sepertinya tidak masalah ya.. Termasuk bacain blog kamu ini adalah me time ku yg tidak bisa lepas dari laptop atau handphone..Thanks alo sudah berbagi cerita banyakin tips tips tentang parenting dan motherhood ya..

    ReplyDelete
  104. My inspiration percaya apa gak aku selalu buka blog malo untuk mencari secercah semangat
    tulisan malo selau bisa bikin aku think twice oh iya bner juga ya coba ah nerapin dan berujung berhasil
    selalu suka sama konten weekly jurnal karna dri tulisan itu malo secara tidak langsung membrikan semangat dan tips yg bermanfaat buat aku jalani hari2
    Waktu Me time emang penting banget malo dan aku mula menerapkan nya dari jarang menyentuh gadget walaupun pekerjaan ku selalu berhubungan sama gadget rasa nya aman tentram cuma hal ini masi sedikit sulit di jalankan tiap hari nya terkadang masi ada waktu yg full harian pegang gadget
    Setelah baca lagi tulisan malo jadi semakin mengerti kapan waktu nya untuk off/on screen dan kapan wkatu nya kita prioritaskan diri kita sendiri
    Semangat terus ya malo terus berkarya dengan tulisan2 malo yg sangat inspiratif

    ReplyDelete
  105. Sebenarnya uda baca postingan ini dari hari pertama diposting.. heheh.. emang niatnya pengen dapat produk giveaway sih mba.. maklum anak kosan yang lagi nabung banget buat beli kamera baru untuk blog yang sedang aku rintis.. jadi harus tahan diri jajan barang yang bukan prioritas.. tapi semiga giveaway ini kesempatanku untuk dapat produk gratis..amin..

    tapi aku juga tertarik utk komen postingan mba alo kali ini.. hidup balance itu emang mendamaikan sekali ya mba.. jauh dari ambisi lebih mementingkan hidup damai.. semua orang pasti pengen hidup seimbang dan agama pun menyuruh seperti itu, seimbang dunia akhirat.. semoga kita semakin bisa memerangi nafsu dan hidup dalam kelapangan ya mba.. amin

    ReplyDelete
  106. Kak andraaa, thank you sharingnyaa

    Aku akhir" ini juga ngrasa jenuh banget haha, boleh lah dicobaain ituu kiat"nyaa ��

    Dannn... aku juga lagi belajar nihh nulis jurnal, makasih yaa kak udh menginspirasii

    Gimana biar konsisten nulis jurnal yaa kak hahhaha

    ReplyDelete
  107. My inspiration percaya apa gak aku selalu buka blog malo untuk menacri secercah semangat karna dari blog malo secara tidak langsung memberikan semangat dan tips untuk aku sehari2
    Me time emang waktu yg penting banget untuk kita terkadang dengan kerjaan banyak dan ajakan temen yg susah kita tolak membuat kita kehilangan me time kita tapi sekarang aku coba untuk belajar kata tidak apabila ada acara yg gak penting2 banget
    Off screen termasuk yg paling susah tapi setelah baca tulisan malo jdi mengerti manfaat dri off screen untuk diri sendiri semoga bisa di terapin kedepan nya
    Semangat terus ya malo untuk tulis kisah2 nya yg selalu bisa kita jadikan inspirasi

    ReplyDelete
  108. Such a great reminder! Beberapa point udah dilakuin tapi adaaaa aja point yang suka kelupaan buat diterapin karena alesan nggak enak sama orang lain :p Semoga abis ini bisa se-produktif kak Alo dan bisa banyak pergi liburan juga :D

    Happy holiday kak Alo! Semoga sehat-sehat semua dan ditunggu ya updateannya di Instagram dan Blog ;)

    ReplyDelete
  109. Kak Alo tulisannya menginspirasi dan ngingetin banyak hal buat aku. Karna aku suka mager dan keseringan main gadget. Dari tulisan kakak ini aku jadi semangat buat mulai olahraga dan ngurangin main gadget. Informasi yang dikasih bermanfaat banget. Makasih kak alooo

    ReplyDelete
  110. Dear Kak Alo,
    Halo! Semoga komentar ini dibaca ya. Kalaupun ga sempet baca, gapapa :)
    Aku pertama kali ketemu kak Alo tahun 2014 di Pandora Box Garage Sale.
    First impressionnya kak Alo sangat ramah! <3 bahkan waktu itu kak Alo memperkenalkan diri ke aku terus kita salaman "Andra" gitu kata kak Alo.
    Terus setiap kak Alo jaga booth bareng kak Abenk aku suka bgt liatin kak Alo (waktu itu aku jaga booth mamanya kak Ria).
    Eh kita ketemu lagi 2015! Masih event sama Pandora Box Garage Sale hihi, walaupun aku ga sempet foto bareng kak Alo karena sibuk urus event itu tapi saat aku sapa kak Alo super ramah!
    Udah 2 tahun lebih belum sempet ketemu kak Alo in real life, tapi aku selalu suka tiap kak Alo update tentang hidup kak Alo. Apalagi pas Aura lahir!
    Well, semoga hidup kak Alo selalu berbahagia yah, selalu diberi keberkahan dan kesehatan, semoga apa yang kak Alo lakukan selalu bermanfaat.
    Kak Alo jangan capek capek yah, Aura pasti sangat butuh sosok kakak.
    Salam utk keluarga ya kak, keep inspiring!

    With love,

    Syanindita<3

    ReplyDelete
  111. Hai kak alo! One thing that always crosses my mind when I’m in leisure time is reading your blog! Seneng banget baca blog kak alo karena setelah baca saya merasa terinspirasi dan termotivasi. Yang membuat saya terinspirasi dan termotivasi adalah kak alo bisa jadi ibu rumah tangga sekaligus bisa berkarir sesuai passion. And that’s what I’ve dreamed of for my future life. Dan yang saya paling suka adalah lifestyle kak alo yang menurut aku seimbang antara melakukan kewajiban in personal life or even career dan memenuhi keinginan diri sendiri esp selama masa muda kaya travelling, mempercantik diri, dll hahaha. I don’t wanna be somebody else but if I can choose what my life will be is I really wanna be like my version of you haha. You know what I mean. Keep inspiring and upgrading life kak! Wish you a very blessed life :)

    ReplyDelete
  112. Hai kak alo! One thing that always crosses my mind when I’m in leisure time is reading your blog! Seneng banget baca blog kak alo karena setelah baca saya merasa terinspirasi dan termotivasi. Yang membuat saya terinspirasi dan termotivasi adalah kak alo bisa jadi ibu rumah tangga sekaligus bisa berkarir sesuai passion. And that’s what I’ve dreamed of for my future life. Dan yang saya paling suka adalah lifestyle kak alo yang menurut aku seimbang antara melakukan kewajiban in personal life or even career dan memenuhi keinginan diri sendiri esp selama masa muda kaya travelling, mempercantik diri, dll hahaha. I don’t wanna be somebody else but if I can choose what my life will be is I really wanna be like my version of you haha. You know what I mean. Keep inspiring and upgrading life kak! Wish you a very blessed life :)

    ReplyDelete
  113. Aku setuju banget sama yang mengurangi screen time Alo, kadang kalo udah tenggelam berjam-jam entah didepan layar smartphone atau laptop (ngurusin kerjaan sekalipun) aku suka kerasa.. lelah yang i really need a break from doing this over and over again, karena emang 'lelahnya' beda ya sama lelah berkegiatan (kegiatan bukan didepan layar).. hehe. semoga kita semua bisa lebih bijaksana dan seimbang dalam menghabiskan waktu.. :)

    ReplyDelete
  114. This I agree! Kadang kalo kebanyakan buka postingan orang, yang ada jadi ngiri (+nyinyir! :p) terus bawaannya and it's actually unhealthy for the mind, ditambah lagi kalo ngescrollnya sambil makan. Gak kerasa, eh tiba-tiba udah abis aja huhu (trus nambah omg). Sometimes kita emang harus disconnect dari hp siiih just to stop and 'refresh' life. Thank you for the beautiful reminder that life is so much more than what's inside your phone and Instagram feed, Kak Andra! Xx

    ReplyDelete
  115. Jadi termotivasi untuk olahraga ringan, mengunyah makanan lebih lama, mengurangi screen time dan mengatakan tidak biar punya waktu me time. Thanks for sharing kak andra 😁

    ReplyDelete
  116. Keren bangeeet. Setuju banget ama postingannya kak. Aku juga mulai ngebatesin diri buat screen time dan banyakin aktivitas lainnya yang rasanya udh lama gak dilakuin :"))
    Ya ampun, inspiratif banget kak. Jdi terpacu biar menata blog lagi dengan baik dan benaaar.

    Sukses kaaak, much love.

    ReplyDelete
  117. "Saya baru sadar, semakin lama atau sering menggunakan media sosial biasanya saya lebih gampang lelah dan stres karena terlalu banyak informasi yang masuk ke kepala saya."

    Wah ini benar benar lesson learned banget, Kak Andra! Aku juga berpikir too much screen itu toxic banget, bukannya malah menghibur malah jadi beban pikiran karena kita dapat informasi baru yang sebenarnya ga penting (such as gossips atau gaya hidup orang). Aku pernah sampai mikir mau engga pake smartphone lagi because it is too much! Tapi balik lagi ke pengendalian diri sendiri untuk mengontrol dan memilah yang mau diterima atau tidak.
    Thank you for being an inspiration ya Kak! It shines through your face :)

    ReplyDelete
  118. Setuju banget.
    Kadang sosmed itu amat sangat mengurangi quality time kita bersama keluarga dan mengurangi produktivitas.

    Kalo motivasi aku mengurangi screen time juga salah 1 nya supaya anakku yg usia 15 bulan juga nggak ngeliat ibunya megang gadget teruuus di depan dia karena aku juga nggak mau dia gadget addict.

    Tulisannya memberi semangat! Thankyou��

    ReplyDelete
  119. Hai ka Alo..
    sejujurnya ngerasa ketampar banget deh pas baca ini hahaha karena pas banget sama aku yang lagi mulai 'intropeksi diri' sama daily life aku yang bikin beberapa waktu lalu sempet opname di RS hehe. Dan setelah baca ini ngerasa dapat banyak masukan positif bangettt. Terutama mengatasi rasa mager dan mengurangi screening time karena kebetulan aku juga profesinya sebagai freelance graphic designer yang dimana menuntut kerja didepan laptop selama berjam-jam (yang artinya ga banyak gerak dan liat laptop terus). Thanks Ka Alo untuk tipsnyaa semoga bisa aku adaptasikan juga ke kehidupanku hehehe :)

    ReplyDelete
  120. Pantes.. news feed instagram sama ig story jarang ngeliat.. Haha.. Semoga sehat selalu kak Andra! Dan gw lagi melakukan hal yang sama, mengurangi screen time, at least sembuh dari tengkuk sakit kebanyakan liat layar handphone, back to gym lagi, dan rada musuhan sama karbo haha! Oke sini, bro punch dulu!
    Mungkin ga cuma 1-2 jam ya no smartphone, sekali-kali escape some where, dan HP ditinggal di rumah! I dare you, Kak :p! Damai..

    ReplyDelete
  121. Very inspiring as always ... ringan, to the point, tidak bertele-tele dan berguna. Jadi yg baca selalu merasa mendapatkan sesuatu setelah baca blog nya. Btw selalu pengen nanya, saya seneng beli buku apalagi kalau judulnya menarik & reviewnya bagus. Tapi setelah beli, bukunya end up disimpan aja, alias malas bacanya, gada waktu, ke distract ama anak dan sejuta alasan lainnya. ADA TIPS ga mbak supaya rajin baca buku?

    ReplyDelete
  122. Hai kak andra, aku boleh sharing tentang bloating thingy? :)
    Ada pengaturan jenis makanan yang bisa kaka coba, namanya "whole 30", dia fungsinya detoxing pencernaan kita dari bahanbahan makanan yg bikin inflammed pencernaan kita. nanti setelah selesai 30 hari, kaka bisa coba satu2 jenis makanan misal oatmeal selama 3-7hari, nanti kalo si oatmeal bikin bloating atau diare, then you're not okay eating it. Hehe hope it helps. Lets get healthier kaka jangan atit lagi ya ��

    ReplyDelete
  123. Ka Alo, aku setuju sm poin2 yg ka Alo ceritain. Intinya semua yg baik itu berasal dari kemauan perubahan dari diri sendiri."Belajar untuk berkata TIDAK", i think that's the point. Berkata tidak untuk mengurangi makanan yg bikin perut berasa bloated, berkata tidak untuk screentime dll. Thank you ka Alo selalu membagi hal2 untuk kita semua yg membaca juga mendapat pengaruh yang positif.
    Keep up the good work!

    ReplyDelete
  124. Aku pribadi, agak susah untuk melepaskan diri dari screen time khususnya smartphone. Tapi beberapa hari ini mulai membiasakan diri untuk mengurangi penggunaan smartphone. Semoga mulai besok aku bisa menambah kegiatan outdoor, karena akhir-akhir ini agak merasa stres, pas baca blog kak Alo aku jadi sadar kalo aku kurang kegiatan outdoor. Thank you kak Alo atas inspirasinya untuk lebih relax! <3

    ReplyDelete
  125. Aku pribadi, agak susah untuk melepaskan diri dari screen time khususnya smartphone. Tapi beberapa hari ini mulai membiasakan diri untuk mengurangi penggunaan smartphone. Semoga mulai besok aku bisa menambah kegiatan outdoor, karena akhir-akhir ini agak merasa stres, pas baca blog kak Alo aku jadi sadar kalo aku kurang kegiatan outdoor. Thank you kak Alo atas inspirasinya untuk lebih relax! <3

    From: Lavestya DIna

    ReplyDelete
  126. Kalau ka Andra suka rutin nulis jurnal, belakangan ini setiap mau tidur aku selalu nulis daftar 10 hal kenikmatan yg di dapat selama seharian ini. Gara2 itu, aku jadi lebih bisa bersyukur sama hidup ini dan menghargai setiap oppurtunity yg ada :)
    Btw, tips mengurangi 'screen time' nya harus kucoba deh, soalnya aku udah ketergantungan bgt sama gadget. Thanks Kak! :)

    ReplyDelete
  127. Sambil baca tips, sambil refleksi diri juga. Kapan yaa terakhir aku ngelakuin kegiatan-kegiatan yang bisa ngurangin stress? Ahahaha mungkin itu juga penyebab stress sebulan terakhir ini.
    Thank youuu remindernya, Kak :")

    ReplyDelete
  128. Mengurangi screen time itu bener banget sih! Ada hari dimana aku kaget pas cek hp lagi dan baterainya masih full gara2 mengabaikan hp sejenak seharian! Pikiran jg jadi lebih tenang, fokus, ga kedistract sm chat/postingan socmed orang2.Thanks for sharing!

    ReplyDelete
  129. Consistency! Itu kamu banget deh, Andra. Yang ngebedain kamu dari lifestyle blogger lain. Sering ada tulisan baru, seneng bacanya. Surprisingly, yang kamu tulis itu temanya ga selalu ‘wah’, ga selalu ‘kekinian’, tapi hal-hal simpel yang ternyata pas dishare nambah info baru, bahkan dari kolom commentnya. Udah pernah ke Jepang, tapi suka sekali baca postingan tentang Jepang versi Andra, Abenk, and cutie pie Aurasuri. Lucu aja ngeliat sudut pandang yang lain dari suatu tempat ��
    Dan ini bener banget, ngurangin screen time. Bikin lebih fokus ke real world, real people. Keep up the good work, nunggu banget tulisan Jepangnya lagi bulan depan.
    Thank you for sharing, Malo ��

    ReplyDelete
  130. yang paling susah itu ngurangin screen time ka alo, apalagi sekarang ini super susah soalnya udah hampir 24 jam aku gak bisa lepas dari yang namanya HP dan Laptop. kalo gak ada 2 ini rasanya dunia gelap hahhahaha. salut pokoknya deh sama ka alo bisa belajar buat ngurangin screen time. i must learn from you doain biar bisaa.
    makasih yaa ka alo sharing bacaannya
    XOXO

    ReplyDelete
  131. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  132. Mom alo. Tulisannya jadi nginhetin buat bersyukur terus dan terus. Alhamdulillah aku ibu dari sepasang anak kembar yang baru berumur 2 bulan. Awal dari punya baby tau banget lah mom gimana rasanya, dan aku sama suami sebagai pasangan yang relatif muda (aku 22thn dan suami 24thn) ngerasa kalo ini semua too much for us. Padahal kan dulu kita yang emang menginginkan mereka berdua. Sampai akhirnya semua jadi drama, dari mulai drama per asian, tangisan baby yang ga ada akhirnya, aku ngotot anak ga boleh dipegang mbak baru, kayaknya semua jadi ribet terlebih aku yg ga bisa damai sama yg namanya postpartum. Berasa deh baby blues nya, ya ga aku ga suami. Sampai akhirnya kita mutusin okey, we need a vacation. Ga jauh dan ga ribet sih. Cuman villa sendiri di daerah puncak dan ngajak kake neneknya si baby. And it helps us so much. Dari situ aku belajar buat berdamai sama diri sendiri, apapun yang terjadi. Dan emang dari kesehatan tuh ngaruh ke keseluruhan hidup kita tuh banyak banget. Dari yang tadinya cuek sama hidup sehat akhirnya ngeganggu cara berfikir positif yang mustinya diterapin. Punya anak itu anugerah dan muustinya mereka jadi stress release no. 1 nya aku sama suami. Back to home dan musti adil sama diri sendiri, suami masih suka susah sih jadiin rumah yang pertama pas ada kerjaan. Prioritas sih jelas sesuai keadaan tapi kalo bisa nyeleksinya aku percaya semuanya bakalan berakhir indah. Ga gampang dan ga susah. Tapi ya ga mustahil juga buat ngelakuinnya. Dari tulisan ini aku belajar untuk diingatkan kembali. Makasih untuk tulisan yang bermanfaatnya ya mom.

    ReplyDelete
  133. Belajar untuk berkata "tidak" menurut aku kata ini inti dari semua yah ><'
    karna belajar kata tidak saat menggunakan hp atau gadget pas bareng keluarga itu harus dikurangi kecuali untuk mengambil moment" pergi atau jalan" hehehhe
    kadang aku juga pikir sih kok sama orang lain untuk hangout aku tdak pernah bilang tidak, pdhal kalau pergi sama keluarga itu lebih menyenangkan dari hal yang lain. karna kebersamaan keluarga itu lebih penting dari segalanya salah satunya jika kia sudah punya anak , itu luar biasa bgt!!!

    ReplyDelete
  134. Sebagai seorang ibu yang juga bekerja, aku juga ngerasain hal yang sama. Tumpukan pekerjaan dan membagi waktu untuk anak kadang ngebuat diri kita untuk ga mikirin 'me time'. Padahal menurutku, 'me time' itu waktunya kita untuk nge-charge diri kita. Karna sebagai seorang ibu yang bekerja, me time membuat diri kita tetap 'waras' ��.
    Moment me time yg paling sederhana yang aku lakukan, ngedengerin musik dan baca. Those are really make me enjoy for a while. Terima kasih sharingnya mbak Alo, semoga selalu sehat untuk selalu menemani Aura setiap saat ��

    ReplyDelete
  135. Belajar untuk berkata "tidak" menurut aku kata ini inti dari semua yah ><'
    karna belajar kata tidak saat menggunakan hp atau gadget pas bareng keluarga itu harus dikurangi kecuali untuk mengambil moment" pergi atau jalan" hehehhe
    kadang aku juga pikir sih kok sama orang lain untuk hangout aku tdak pernah bilang tidak, pdhal kalau pergi sama keluarga itu lebih menyenangkan dari hal yang lain. karna kebersamaan keluarga itu lebih penting dari segalanya salah satunya jika kia sudah punya anak , itu luar biasa bgt!!!

    ReplyDelete
  136. Belajar untuk berkata "tidak" menurut aku kata ini inti dari semua yah ><'
    karna belajar kata tidak saat menggunakan hp atau gadget pas bareng keluarga itu harus dikurangi kecuali untuk mengambil moment" pergi atau jalan" hehehhe
    kadang aku juga pikir sih kok sama orang lain untuk hangout aku tdak pernah bilang tidak, pdhal kalau pergi sama keluarga itu lebih menyenangkan dari hal yang lain. karna kebersamaan keluarga itu lebih penting dari segalanya salah satunya jika kia sudah punya anak , itu luar biasa bgt!!!

    ReplyDelete
  137. Halooooo mbak alo ❤️
    semoga mbak alo sudah lebih fit dan fresh skrg, aamiin

    Aku setuju banget sama poin yg mengurangi screen time, karna dengan terlalu sering berhadapan dengan layar ngebuat mata lelah dan tegang. Yang aku pelajarin, mata salah satu organ yg berperan dlm sistem keseimbangan (sistem vestibuler) jadinya kalau kerjanya overload bisa ngebuat kita pusing yg ujung-ujungnya jadi stress deh. Makanya aku jg sering matiin handphone kalau lagi ngerjain tugas-tugas biar lebih fokus dan ga gampang pusing/capek hehe

    Selama ini aku selalu jadi silent reader nya mbak alo nih, baru kali ini aku beraniin diri buat comment hehe mau ngucapin terimakasih buat tulisan-tulisan mbak alo yg ringan di baca dan selalu menginspirasi aku terutama tentang honey lemon shot, capsule wardrobe, financial free (ter-favorit!!!), ivf journey, dan tiap cerita pagi sore hehe

    Thanks for sharing is caring nya ya mbak alo ❤️❤️
    Salam buat auwa yaa! ✨

    ReplyDelete
  138. Mungkin bener ya saya kurang gerak, kebanyakan pegang hp, dll yg kamu tulis itu Andra. Karena saya akhir2 ini lagi kurang bahagia. Thanks for this post yaa, aku coba terapin biar aku bisa shoo the stress away.

    ��

    ReplyDelete
  139. Hai ka alo..aku setuju tentang olahraga ga perlu ambisius misal zumba, soalnya malah sering ga jadi. Klo jalan keliling komplek malah gampang. Yg penting gerak dan habis olahraga happy deh
    Btw..aku suka content blogging 101, tp belum sempat nulis 😭😭
    Keep inspiring ka alo ❤

    ReplyDelete
  140. waaahhh, kok lagi samaan banget yaa malooo xD dari bulan kemaren udah bertekad buat mulai mindful eating. sejak ibuku punya kecenderungan gula yang tinggi aku jadi makin aware sama apa yg beliau makan dan secara gak langsung membuat aku juga jadi lebih picky dan mindful banget sama makanan. makin kesini makin sadar banget kalo menjaga kesehatan lewat makanan dan rutin olahraga itu emang penting banget. udah kerasa semenjak bisa rutin gerak pagi hari sebelum mulai aktivitas dan makanan diatur, badan rasanya lebih seger dan lebih semangat. gak gampang ngantuk dan bisa beneran pules kalo tidur. aaah I love healthy habits :) Semoga Malo dan keluarga juga sehat teruuus yaa. Salam sayang buat Auaaaa <3

    ReplyDelete
  141. Mbaa andraaa.. aku tertohok di bagian dirimu ngurangin nasi sama tepung.. mungkin kelemotan di minggu ini harus didampingi makanan sehat bergizi yaa baiklah thanks again mba andra udah 'nyentil' saya jd kepikiran makan sehat buat nanti malam.. makan apa yaaa ?

    ReplyDelete
  142. Sukak banget sama kak Alodita (gak perez) satun2nya blogger yang aku follow dari dulu.... selalu ngerasa kayak "omg" setiap abis baca tulisan2mu

    Luv

    ReplyDelete
  143. Salam kenal Kak Alo..
    Aku selalu senang tiap kali baca blog kakak yg selalu menginspirasi. Setuju dg tulisan kakak, dari hal2 diatas kalo benar2 dilakukan tentu bikin kita lebih rileks & ga gampang stress. Aku belum berkeluarga dan tentunya punya banyak waktu luang, tp malah lebih sering menghabiskan waktu pegang handphone dan jarang berolahraga. Terkadang waktu banyak terbuang dg percuma pdhl bisa kita gunakan dg me time yg lebih bermanfaat. Tulisan kakak selalu ringan dan enak dibaca jd langsung berasa nyerep apalagi dg pembawaan Kak Alo yg selalu santai dan apa adanya bgt. Keep inspiring & salam utk Aura♥♥

    ReplyDelete
  144. tetap menginspirasi ya ka! thanks for sharing<3

    ReplyDelete
  145. Halo kak alodita aku vichi, salam kenal :)
    Sebenernya bingung mau comment apa karena kayaknya emang gak hobby commentin orang selayaknya netizen saat ini. Hehe Liat kakak dari blog, instagram atau instastory suka bgt deh seakan ngeliatin kalau jadi ibu kekinian ibu kota gak melulu harus posting hanya jalan-jalan doang atau hanya arisan atau cuma makan cantik disini dan disana. Tapi juga post tentang tips-tips, keseharian sampai ide-ide artsy nya kak Abenk. Jadi seneng aja bacanya, terus ngeliatin jadi Ibu dirumah itu bisa banget produktif walaupun gak kerja kantoran. Salut jg sama konsistensi kaka buat isi blognya terus...
    Keep inspiring kak alo mamanya suri :*

    ReplyDelete
  146. Hi Ka Aloooooooooooo! <3

    Beauty blogger pertama yang aku tau, dan ternyata sangat menginspirasi gak hanya tentang make-up tapi gimana bisa cantik inside and out.
    Setuju bgt kakkk, selalu ngerasa kalau banyak main hp tuh jadi ga fokus waktu ngobrol sama keluarga dan temen2. Kaya selalu ada part yg kita missed, sampe harus nanya ke temen sebelah huhu. Aku akan coba ngurangi screen time juga, terima kasih secara ga langsung udah mengingatkan kami ka.

    Stay humble and inspiring Ka Alo!
    I adore you as always.
    Sarah,
    Xoxo

    ReplyDelete
  147. Aaaaa I need to do those things supersoon kak. Biar makin sehat, makin bahagia, kualitas hidup makin meningkat. Thanksss for sharing ya kak. Wish me luck to do those routine!

    ReplyDelete
  148. Salam kenal Kak Alo..
    Aku selalu senang tiap kali baca blog kakak yg selalu menginspirasi. Setuju dg tulisan kakak, dari hal2 diatas kalo benar2 dilakukan tentu bikin kita lebih rileks & ga gampang stress. Aku blm berkeluarga dan tentunya punya banyak waktu luang, tp malah lebih sering menghabiskan waktu pegang handphone dan jarang berolahraga. Terkadang waktu banyak terbuang dg percuma pdhl bisa kita gunakan dg me time yg lebih bermanfaat. Tulisan kakak selalu ringan dan enak dibaca jd langsung berasa nyerep apalagi dg pembawaan Kak Alo yg selalu santai dan apa adanya bgt. Keep inspiring & salam utk Aura♡♡

    ReplyDelete
  149. Selalu menginspirasi ka Andra! Sama banget mengurangi screen time gampang2 susah, dan aku juga mencoba ngurangin itu! Semangat terus kak, selalu suka :D

    ReplyDelete
  150. I like everything about you kak andra, sangat menginspirasi , keep writing yaa
    Salam dari palembang
    Wong kito galoπŸ˜πŸ‘‹

    ReplyDelete
  151. hadu jauhin diri dari hp ini masih jadi kesulitan kak, apalagi kalo malem mau tdr dan malwh ga bisa tidur tidur abis itu �� tp skrg aku berusaha untuk jauhin hp sebelum tdr biar ga kecanduan terus dan lumayan berhasil walau kadang masih suka colongan buka hp lagi


    makasih kak andra buat tulisan yg menginspirasi keep writing kak ��

    ReplyDelete
  152. I can relate banget nih kak dgn postingan kak andra kali ini.. Saya juga lagi ngumpulin niat dan semangat nih supaya bisa bangun pagi dan jalan2 sebentar keliling komplek sebelum berangkat kerja.. Mau coba ngurangin waktu megang gadget juga dgn ngejatahin diri jam berapa dan berapa lama boleh megangnya. Mudah2an bisa terealisasikan..

    ReplyDelete
  153. Screen time. Ah... bener nih Kak, rasanya sebagai pekerja dunia digital, terpapar layar HP dan laptop itu bikin capek banget. Harus mulai spare time buat istirahat dari gadget :')

    ReplyDelete
  154. Benar sekali kak..saat membuka blog atau apa sambil dengerin musik ituy jadi lebih semangat dan enak sekali... makanya setiap kali bekerja saya sambil mendengaarkan musik dan kerjapun jai enjoy hehehehe :))

    ReplyDelete