[BOOK REVIEW] ART BEFORE BREAKFAST



Bisa dibilang buku Art Before Breakfast adalah buku penemuan terbaik di tahun ini. Hahaha, lebay ya! Sebenarnya nggak sengaja nemu buku ini, pas saya lagi me-time dan jalan-jalan sendirian ke toko buku tanpa ada niat membeli buku. Ntah kenapa begitu lihat sampulnya saya tertarik banget dan langsung kepikiran suami saya.

Ah, yaudah beli aja deh.

Tiba-tiba badan saya langsung bergerak ke kasir tanpa pikir panjang. Suami saya juga ikutan senang karena tiba-tiba saya beli buku ini untuk bacaan di rumah. Lewat buku Art Before Breakfast, Danny Gregory sang penulis memberikan cara-cara dan juga langkah-langkah yang bisa dipraktekkan untuk melatih dan juga mengasah kreativitas dalam kehidupan sehari-hari.



Danny menjelaskan bahwa sebagian besar orang selalu beralasan sibuk atau nggak punya waktu untuk berkarya. Tapi kalau dilihat lebih dalam, sebenarnya dengan berkarya kita bisa tetap waras dan bahagia. Menurut Danny, nggak perlu talenta untuk berkarya (asal ada kemauan dan niat) dan berkarya bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

Dan yang paling penting nih, berkarya dan berkreasi itu hanya butuh beberapa menit saja kok dalam sehari.

Ingat cerita saya tentang creative habits atau kebiasaan kreatif yang saya lakukan agar tetap konsisten menulis blog? Di buku ini, Danny Gregory juga menjelaskan bahwa kebiasaan kreatif bisa menjadi bagian kehidupan sehari-hari. Kita hanya perlu ganti perskpektif kita tentang kreafitas saja kok. You just have to be you, and express what that means.



Walaupun buku ini keliatannya lebih cocok untuk para calon seniman atau orang yang senang dengan seni tapi nggak pernah punya waktu untuk berkarya, tips-tips dari buku ini sangat berguna untuk saya ketika saya aplikasikan dalam rutinitas, kebiasaan kreatif maupun hobi saya. Buku ini juga cocok untuk orang-orang yang ingin menjalani passion-nya tapi bingung mau mulai dari mana, satu hal yang harus selalu diingat: mulai dari yang paling kecil, latihan terus, nikmati proses dan percaya dengan diri sendiri.

Sesibuk apa pun, jangan lupa untuk berkarya, melakukan hal-hal yang dapat mengasah kreatifitas dan jangan takut bereksplorasi. Dan jangan lupa baca buku ya, buku adalah sumber ilmu! :D

 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

14 comments :

  1. Saya harus beli ini kayaknya, sebagai Busui yang kangen melukis akhirnya saya belajar hand lettering, yang penting berkarya. Suami saya selalu bilang, pasti bisa kok, sempetin aja dan jangan menua tanpa karya;) Tfs kak

    ReplyDelete
  2. Positive resonance yang dirasakan tiap datang ke blognya Kak Alo, termasuk dengan membaca tulisan ini. Semakin pengen konsisten dengan hobi yang disukai.

    Terimakasih sudah menginspirasi Kak Alo.

    ReplyDelete
  3. sukak deh buku yang berwarna dan ada ilustrasinya gitu, hihi. Next kalau nemu juga beli ah, makasih refrensinya malo :D

    ReplyDelete
  4. aku harus nyelesein HYGGE dulu nihhhh dan habis itu mau nyoba buku ini sepertinya seru. Ohiya Kak, udah pernah baca big magic belum? Itu juga bagus, aku sampe baca berulang-ulang! sama simple life by desi anwar also good :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Big Magic juga favoritku banget! Simple Life by Desi Anwar jugaaa :) Bacaan kita sama yaaa :D

      Delete
  5. Nulis blog itu juga berkarya kan? Hehehe

    Judulnya saaaaaaangat menarik. Kece. Kapan2 beli ah

    ReplyDelete
  6. Jadi tertarik utk beli Malo.. Sentilan juga sih untuk saya yang agak malas "bergerak" tp banyak maunya hehehe.. Terima kasih motivasinya Kak!! :)

    ReplyDelete
  7. Kata-kata Kak Alo untuk ganti perspektif kita tentang kreatifitas dan dengan mengasahnya bisa bikin kita tetep waras bener banget, Kak!
    Aku kerja dibidang desain dan belakangan ngerasa jenuh, capek, bahkan ada waktu aku kepengen udahan kerja dibidang ini. Mostly karena selalu berpikir bahwa ini ada "kerjaan" jadi harus selalu serius dan jadinya malah membatasi desain hanya untuk di kantor saja. Pulang kantor ya istirahat, kalau bisa tidur. Tapi ternyata malah makin stress dan semakin menghindari segalal sesuatu yang berkaitan dengan menggambar, warna, dan nulis untuk urusan di luar kantor. I used to love it.
    Tulisan Kak Alo ini aku baca barengan dengan waktu adik aku randomly kirimin aku foto gambar-gambar aku pas SMA. It helps me a lot, Kak, untuk nemuin lagi passion aku di kerjaan aku. It was always a happy time, so I'll try to find its sparks again.
    Makasih banget ya, Kak Alo, untuk selalu ngingetin bahwa apapun hal baik itu, selalu harus dimulai dari diri sendiri :)

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. selalu bisa membalikkan mood yang lagi buruk kembali untuk selalu positif. makasih kak alodita. tetap menginspirasi ya! love xx

    ReplyDelete
  10. Nice blog!Info dong kak, beli bukunya dimana ya?

    ReplyDelete
  11. Bukunya terlihat imut. Terimakasih reviewnya. Seni membuat hidup lebih berwarna.

    ReplyDelete