BLOGGING 101: PASSION

 photo DSCF8560 copy_zpsi7zryrb3.jpg

Menulis blog ternyata jadi passion saya setelah fotografi, dan hal ini sangat nggak disangka-sangka sebelumnya. Pasalnya, saya benar-benar nggak bisa menulis apalagi bercerita.

Di tahun 2007 saya memulai blog ini dengan tujuan untuk menaruh portfolio berupa koleksi fotografi yang saya miliki, tanpa ada tulisannya sedikit pun. Saya nggak pandai bercerita saat itu, bahkan sering jengkel jika ada orang yang meminta saya untuk menulis biografi diri sendiri.

Di tahun 2014 saya kembali aktif blogging karena saya harus vakum dari dunia fotografi – tepatnya karena saya harus menjalani program bayi tabung, dimana saat itu saya harus lebih banyak menghabiskan waktu beristirahat dan di rumah.

Saya benar-benar kebingungan mencari kegiatan ringan untuk mengisi waktu, lalu suami saya memberi ide agar saya aktif nge-blog untuk menyalurkan kreativitas dan cerita saya.

“Eh, tapi aku kan nggak bisa nulis?”

Tapi karena ‘kepepet’ gak ada kegiatan, saya memberanikan diri untuk menulis ala kadarnya. Pokoknya yang penting jadi diri sendiri saja. Suami saya nggak berhenti menyemangati saya agar saya percaya diri untuk mengeluarkan unek-unek saya lewat tulisan.

Tapi memang sudah jalannya dan rejeki saya untuk aktif di dunia blogging, media sosial pun sedang booming saat saya kembali nge-blog.

Hari berganti hari, saya menyadari bahwa saya semakin cinta menulis. Saya nyaman dan bahagia jika menulis. Saya senang menemukan media yang bisa mengekspresikan perasaan dan ide-ide saya. Saya menjalankannya dengan senang hati, tiada hari saya lewati tanpa memikirkan blog atau menulis jurnal. Bisa dibilang, blogging itu seperti panggilan hati saya.

Saya melihat blog sebagai media untuk menyalurkan ide, inspirasi, cerita dan juga berbagi pengalaman.

 photo DSCF1333-1_zpsktxlvwsl.jpg
Foto saya, suami dan Aura di depan karya suami yang dipamerkan di Art Jakarta 2017. Bekerja sesuai passion memang bukan perkara mudah, tapi kami bersyukur bisa menjalani profesi sesuai dengan passion.

Banyak sekali yang bertanya soal bagaimana kalau ingin menjadi blogger terkenal? Bagaimana untuk mendapatkan endorsement? Bagaimana mendapatkan uang dari blog?

Bisa kok, semuanya bisa. Rejeki dan kesempatan akan datang jika kita konsisten, disiplin dan melakukannya dengan tulus. Sedikit tips dari pengalaman saya selama ini..

Pertama, kalian harus melakukannya dengan senang hati. Menulislah untuk diri sendiri, bukan untuk orang lain.

Kedua, tak perlu takut untuk mencoba menulis. Mulai saja pelan-pelan, sedikit demi sedikit. Coba deh mulai menulis jurnal setiap hari, lalu bagikan tulisanmu lewat blog. Practice makes perfect!

Ketiga, tulis topik yang kamu suka atau kuasai tapi juga jangan takut mencoba hal-hal yang baru. Be open minded. Coba lebih peka dengan hal-hal di sekitarmu.

Baca juga tulisan suami saya tentang passion, Karena CintaDo it passionately and good luck! 

 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

30 comments :

  1. Halo Kak Aloo, aku juga ingin sedikit sharing tentang passion blogging, hehe..

    Awalnya saya sudah hobi menulis dari kecil, tapi hanya nulis cerpen ala anak kecil aja. Sampai SMA pun saya masih hobi menulis cerpen remaja gitu. Lalu, akhirnya karena kesibukan saat SMA dan saat kuliah, saya sudah lama gak menulis. Sempet sih iseng-iseng nulis blog, tapi gak rajin dan gak konsisten.

    Sejak 2 tahunan yg lalu, saya sering mengalami depresi karena banyak masalah pribadi, bolak-balik curhat sana-sini tapi seperti tidak ada hasil. Lalu sahabat saya, Kak Ros, mengajakku buat menulis blog lagi supaya saya bisa mengalihkan setiap rasa sedih yg saya rasakan.

    Nah, baru sekitar setahunan ini saya mulai rajin nulis blog. Nulis apapun yang saya suka dan saya ingin bagikan di blog. Walaupun banyak yang "nyengir" dan komentar pedes tentang blog saya dan hobi blogging saya, tapi itu yang buat saya senang dan menjadi passionate to blogging. Bahkan saya berusaha agar tiap minggu harus menulis blig paling tidak satu postingan, dan itu harus bagi saya, Kak. Apalagi saya bergabung dengan komunitas blogging yg membantu saya agar rajin menulis blog.

    Tentang nulis blogpost, Saya pernah bercerita di blog saya tentang pengalamanku berobat ke psikiatri, ternyata banyak yg support saya supaya 'sembuh', bahkan ada yg sharing tentang pengalaman yg sama kayak yg saya alami.

    Saya juga suka blogwalking banyak blogger yang menginspirasi saya (salah satunya Kak Alo, hehe) untuk selalu menulis postingan yang positif dan berguna bagi para pembaca blog saya. Sampai sekarang saya selalu berusaha menulis kebaikan agar berguna bagi banyak orang.

    Itu aja sih kak sedikit sharing, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Damar, thank you for sharing.

      Aku sendiri merasa menulis dan blogging adalah bagian dari terapi stres aku yang positif. Dibandingin ngedumel, ternyata menulis bisa bikin aku bahagia, nyaman dan tenang. Keep writing ya Damar! Seperti kata suamiku, suatu hari kita akan memetik hasil panen dari benih2 yang kita tanam. Semangat!

      Delete
    2. Tetap semangat menulis juga, Kak Andra! Hehehe.

      Delete
  2. Love!!! Thanks Ndraaa buat selalu menyemangati untuk nulis/blogging... Sering blogwalking tapi sekarang banyak blog bagus yang udah gak aktif karena mungkin owner blognya lebih senang untuk posting di socmed lain seperti Instagram atau Path... Makanya hepi banget visit blog Andra soalnya rajin banget update post hehe... Keep posting and keep inspiring yaa Ndra! :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Desi, iya aku selalu senang nyemangatin kamu apalagi sekarang kamu lagi IVF dan juga suka traveling. Tulisan kamu pasti akan berguna dan menginspirasi orang lain, bisa jadi diary juga buat anak cucu nanti. Keep writing ya Des! Mwah!

      Delete
  3. Hi Kak Andra, mungkin bisa jadi ide untuk youtube channel nya niy.. topik tentang blogging. malah mungkin dibikin few videos gitu, semacam tutorial for beginners bloggers. Source nya simply from your experience. atau bisa juga semacam behind the scene how you came up with some post on your blog.
    Tks to consider ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks masukannya, nanti coba aku pertimbangkan :)

      Delete
    2. setujuu!! kasih tutorial di youtube bagaimana membuat tampilan blog jadi lebih menarik dan nyaman untuk dibaca untuk para blogger pemula :) ditunggu banget kak XD

      Delete
  4. Aku padamu lah, Andra! Been admiring your work dari jaman dulu di PPF, waktu isi blognya foto semua. Inget banget waktu km mulai aktif nulis aku komen bilang, "udah follow dari jamannya blogspot" terus dibales "ini juga masih pake blogspot" HAHAHA .. ga ngeh!! *face palm* so yeah keep on sharing the good vibes! :)HUG

    ReplyDelete
  5. Blogging is such a stress reliever. Menulis hal-hal yang disuka saat senggang efektif bikin kemampuan menulis terasah. Sehari-hari udah sibuk berkutat dengan pekerjaan kantor.

    ReplyDelete
  6. Hi Kak Alodita, aku excited bgt dengan tulisan kaka yang tentang 101 passion ini karena sangat menginspirasi sekali. jujur aja aku udah mulai tertarik sama dunia blog cuma gak konsisten. ditunggu untuk update-an selanjutnya ya kak. :)

    ReplyDelete
  7. Yeay akhirnya ada blogging 101! :) Aku awal ngeblog itu bener2 cuma buat isi waktu luang aja dan ga ada niat buat dibaca org banyak, malah kayak malu kalo dibaca orang hehe. Tapi makin kesini dan tiap bacain blog Alodita jadi tergoda juga pengen bisa kasih sesuatu yang bermanfaat buat siapapun yg baca blog aku. Cuma kendalaku masih belum disiplin dan konsisten dlm menulis. Masih suka kebentur malas edit foto dsb. Hihii.

    Keep posting and sharing ya. I really love your blog! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi sama dong. disiplin buat nulis itu susah ya kalo belum terbiasa. padahal uda banyak ide tapi mau nulis aja masih sibuk ini sibuk itu :)

      Delete
  8. Malooooooo......
    aku masih inget banget. Aku udah pengen nge blog dari 2014.
    Tapi memang udah jalan Tuhan. Oktober 2015, aku ketemu malo di satu event.
    Malo jadi speaker disana, bahas soal blogging 101 juga.
    Setelah acara, aku samperin malo.
    Aku curhat ke malo, aku bilang, kalo aku takut pas nge blog gak akan ada yang baca. Tapi malo blg, "udah nulis aja. Kalo kamu suka nulis yah lakuin. Jangan takut ada yang baca atau endak."

    You know what malo? November aku mulai berani untuk nulis. Dan alhamdulillah, walaupun sampai hari ini yang baca belum sampai 100ribu orang. But i'm sooo happy. Beyond happiness maybe.

    Thanks malo. Meskipun malo gak tau, tapi ada semangat malo setiap aku nulis.

    LOVE!!!!! #CIUMJAUH

    ReplyDelete
  9. komen yang ini juga ah, saya malah aktif ngeblog lagi untuk "me time" biar tetap waras semenjak jadi ibu hihi dan ternyata malah asyik banget. Ngeblog juga lebih banyak dapat ilmu karena orang-orang menulis opini yang lebih dalam, ada riset kecil-kecilan, atau berbagi pengalaman yang menyentuh. Lebih asyik blog walking dibanding baca sosmed yang isinya war atau provokatif :D

    ReplyDelete
  10. Setuju sama semua tipsnya. Terutama yang pertama. Menulis untuk diri sendiri dulu dan dengan senang hati. Walaupun mungkin aku belum seterkenal Andra, tapi bisa memonetize blog tuh sekarang jadi nilai plus karena perjalanan ngeblog yang awalnya dulu murni untuk stress relieve dan juga ngisi waktu luang. Ditunggu ya seri Blogging 101 berikutnya!

    ReplyDelete
  11. Dear Mbak Andra,
    Saya selalu ingin tahu kiat-kiat dari Mbak Andra agar bisa sukses di dalam dunia blogging. And, here it is. Mbak Andra membuat topik Blogging 101. It is great to hear.

    Saya sudah membaca blog Mbak Andra sejak tahun lalu. Dan saya sangat suka gaya penulisan Mbak Andra. Ringan tapi sarat makna. Jujur, kalau sedang tidak ada inspirasi saya biasanya akan blogwalking dan blog Alodita.com adalah yang pertama selalu saya kunjungi.

    Keep up your good work, Mbak Andra. And, the best luck for you. :D

    ReplyDelete
  12. Dear Mbak Andra,
    Saya selalu ingin tahu kiat-kiat dari Mbak Andra agar bisa sukses di dalam dunia blogging. And, here it is. Mbak Andra membuat topik Blogging 101. It is great to hear.

    Saya sudah membaca blog Mbak Andra sejak tahun lalu. Dan saya sangat suka gaya penulisan Mbak Andra. Ringan tapi sarat makna. Jujur, kalau sedang tidak ada inspirasi saya biasanya akan blogwalking dan blog Alodita.com adalah yang pertama selalu saya kunjungi.

    Keep up your good work, Mbak Andra. And, the best luck for you. :D

    ReplyDelete
  13. semangat banget waktu liat postingan kak alo di ig story yang bilang kalau ada postingan tentang blogging 101. Mau coba niru tips-tips dari kak alo biar bisa semangat blogging,dan semoga bisa menemukan passion yang sebenarnya seperti kak alo dan kak abnek yang selalu inspiratif. Pokoknya aku tunggu postingan blogging 101 lainnya.. :D

    ReplyDelete
  14. Awalnya gak bisa...tapi kalau biasa jadi cinta <3

    ReplyDelete
  15. Kak alo jd sumber inspirasiku buat nulis blog. Makasih ya dan tetap menginspirasi kak.

    ReplyDelete
  16. Sesimple itu ya kak Alodita. Rasanya pengen berguru ngeblog dengan kamu deh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sesederhana itu kok :) Ikutin terus aja Blogging 101 dan dipraktekkin, kamu pasti bisa kok!

      Delete
  17. Love Malo! Berkat dorongan dari Malo juga yang akhirnya dari tahun 2015 memberanikan aku untuk menulis dan buat blog. Ga sabar bersua lagi <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih Susy! Kamu pintar nulisss, diterusin terus yaaa.. sayang kalau di stop :*

      Delete
  18. Hai Kak Alodita, seneng banget baca tulisannya selalu aku tunggu. Jadi setelah baca tulisan Kak Alo di blog tentang Blog 101 dan baca tulisan Kak Abenk juga yg ttg Cinta. Pas banget sih sebenernya sama masalah aku sekarang, lagi dilema banget milih keluar kerja atau ttp memaksakan kerja. Disatu sisi rasanya aku "tersiksa" kalau kerja kantoran, selain gak sesuai passion juga ngerasa waktu aku bener-bener habis buat ngelakuin apa yang aku ga terlalu suka dan sampai rumah niatnya mau ngerjain sesuatu selalu ketiduran karena cape. Tapi pas aku bilang ke orang sekitar tentang rencana aku mau keluar kerja dan jadi freelance aja sesuai dengan passion aku mereka selalu bilang, "jangan keluar, cari kerja susah" Iya sih bener, tapi kalau ngejalaninnya ga sepenuh hati kan tetep aja ya :( Punya saran ga kak kira-kira mending gimana ya? Thanks Kak bytheway :)

    ReplyDelete
  19. Congratulations of new topic in your blog! ini bakalan jadi topik yang paling di nanti :)

    ReplyDelete
  20. Malooooo semangat yaaa buat nulis terus dan sharing cerita cerita yang inspiratif. Aku udah baca blognya dari Malo mulai IVF sampe sekarang Aura udah pinter banget!
    Love you Malo!

    ReplyDelete
  21. Hi kak andra, entah kenapa berawal dari lihat instagramnya kak andra, dan coba masuk ke blognya kak andra, kak andra itu inspirasi aku banget. entah dari fashion, dan juga seneng aja baca postingannya kak andra, aku terbilang orang yang paling males disuru baca, apalagi artikel. tapi liat semua postingannya kak andra, dan juga bahasanya ringan banget. aku jadi semangat buat mencoba blogging. wish me luck ya kak

    warm regards,
    wahyu

    ReplyDelete