Monday, June 19, 2017

#PLAYINPROGRESS AT POP ON PLAZA

 photo pLaYinProGreSs-06_zpstnxzq3hp.jpg
Dua bulan terakhir, hari-hari saya dan Abenk ditemani oleh proyek #PlayInProgress. Rumah penuh serbuk kayu, garasi berantakan, Abenk nggak pulang-pulang, cat bertebaran dimana-mana, mobil nggak bisa masuk garasi, badan pegal nggak karuan. Walaupun #PlayInProgress adalah sebuah pameran kolektif yang melibatkan Abenk, Muklay, Rebellionik dan Ican Agoesdjam, tetap saja saya ikutan riweh membantu Abenk di rumah.

Sedikit cerita tentang konsep pameran kolektif ini, #PlayInProgress itu sebenarnya menggantikan kata “Work In Progress” yang biasa kami temui sehari-hari.

 photo pLaYinProGreSs-13_zpsjp89wxjo.jpg photo pLaYinProGreSs-14_zpsrep95iaz.jpg

Menurut Abenk, sebagai pekerja kreatif sering kali terpenjara oleh ‘kerja’ atau ‘kerjaan’ dimana kalau mindset kita ‘kerja’, biasanya kreatifitas sering terhambat dan proses kreatif juga nggak bisa all out. Sering kali, dalam mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan kerjaan, ide-ide kreatif malah mandek dan saat mengerjakannya juga kita nggak menikmati atau bahagia.

 photo pLaYinProGreSs-01_zpsvcw8lk45.jpg photo pLaYinProGreSs-02_zpsqgfaprbl.jpg photo pLaYinProGreSs-04_zpsegu0wr8s.jpg photo pLaYinProGreSs-03_zpse5ucpqzk.jpg photo pLaYinProGreSs-05_zpsfemeenxy.jpg

Ingat kan waktu masa kecil, semua proses kita anggap bermain? Dengan mengingat ‘main’ yang pasti mindset kita selalu mikirnya senang, suka, enjoy dan fun.

Lewat kata  #PlayInProgress, Abenk ingin bermain, eksplorasi, bersenang-senang sambil menuangkan segala kreatifitasnya lewat garisan khasnya dalam Fast Lines dan Smiley Faces. Nggak cuma itu, Abenk mengajak teman-temannya untuk ikut bermain di taman bermain yang bernama #PlayInProgress ini.

 photo pLaYinProGreSs-09_zpsulxudst8.jpg photo pLaYinProGreSs-07_zpslgualuay.jpg
 photo pLaYinProGreSs-15_zpsbz2gzgq8.jpg photo pLaYinProGreSs-08_zpstwqbzyw1.jpg

Karya-karya yang dipamerkan ikut mengingatkan kita sebagai manusia dewasa untuk tidak melupakan proses bermain dan juga meninggalkan inner child dalam diri kita. Pameran kolaboratif ini juga menjadi gentle reminder untuk para perupa dan para pengunjung. Terutama buat saya juga sih, tapi untungnya setelah memutuskan menjadi lifestyle blogger setiap hari saya nggak merasa kerja.

Begitu lah kira-kira arti #PlayInProgress ini dalam bahasa ala Andra ya hehehe.

Banyak juga yang bertanya soal apa itu Fast Lines, Fast Lines sendiri sebenarnya coretan khas Abenk yang terinspirasi saat Abenk menemani Aura menggambar setiap pagi. Disebut Fast Lines karena setiap berkreasi, Abenk hanya membutuhkan 5-10 menit untuk memenuhi kertas berukuran A3 hingga A1. Sedangkan untuk #PlayInProgress, Abenk mengerjakan Fast Lines hanya selama 3 hari.

 photo pLaYinProGreSs-11_zpswzxndb81.jpg photo pLaYinProGreSs-10_zpsqmnrvbyz.jpg photo pLaYinProGreSs-12_zpsfefndb6l.jpg photo pLaYinProGreSs-16_zpsw2ijigkh.jpg

Nah karena proyek #PlayInProgress ini cukup banyak karyanya, jadi saya ikut turun tangan membantu Abenk selama beberapa hari di rumah. Senang bisa bantuin suami, apalagi saya sudah bertahun-tahun nggak melukis setelah lulus kuliah.

Sesuai dengan namanya, #PlayInProgress masih dalam proses pengerjaan. Artinya akan ada penambahan karya dari Muklay dan Rebellionik dalam waktu dekat. Pameran ini akan berlangsung hingga 31 Juli 2017 di Pop On Plaza Level 5, Plaza Indonesia.

Untuk yang penasaran proses pengerjaan #PlayInProgress, bisa di tonton disini:



Sedikit tips yang ingin mampir ke #PlayInProgress:
  • Gunakan baju warna putih atau warna terang agar hasil foto lebih menyala.
  • Tutup pintu saat ingin merasakan pengalaman bermandikan cahaya lampu neon dalam ruang pameran.
  • Mohon untuk tidak menyentuh karya.
  • Tidak membawa makanan/minuman masuk ke dalam ruangan.
  • Foto yang banyak dan selamat menikmati!
Kalau sempat mampir ya, take a snap and upload your photos using hashtag #PlayInProgress #PIP #AbenkAlter #PopOnPlaza. Thanks for your endless support guys!

 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

2 comments:

  1. Gileeeee!!! Ini keren banget!!! Tapi belum sempet kesanaaaa :((((

    Congrats yaa aa abenk, malo dan wawa!! :*

    ReplyDelete
  2. Mau pake banget liat karya Abenk!! Tapi ga ada jadwal pulang nih, jadi menikmati lewat dunia maya saja :) anyway congrats again, Abenk, Andra, and Aura for making a great teamwork!!!! Ditunggu karya2 selanjutnya dari duo maut jagoan ini ;) HUG

    ReplyDelete