Wednesday, May 31, 2017

5 THINGS I LEARNED FROM NAJWA SHIHAB

 photo DSC09157-bw_zpsbtlf8zsr.jpgDari pertemuan saya dengan Najwa Shihab di acara MeetUP, saya dapat inspirasi banyakkkk sekali. Dan salah satunya tentang membaca buku. Sebetulnya saya dari kecil suka sekali membaca, tapi belakangan nih lagi banyak bolos-nya hihihi. Gara-gara Mbak Nana (panggilan akrab Mbak Najwa) sempat menyinggung soal kebiasaan ia membaca setiap hari, saya jadi mulai membiasakan diri membaca buku setiap hari.

Buat yang belum tau, Mbak Nana juga merupakan Duta Baca Indonesia. Saya juga sempat bahas soal minat baca di sini. Berdasarkan sebuah studi “Most Littered Nation in The World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Indonesia persis berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61).

Menyedihkan sekali sebenarnya, tapi tidak ada kata 'telat' bagi saya untuk melakukan perubahan yaitu dengan cara membiasakan diri untuk membaca buku setiap hari.

 photo DSCF6222_zpskmlxipro.jpg
Buku-buku yang sudah habis saya baca minggu lalu.

Nah, saya akan sharing soal lima hal yang saya pelajari dari Najwa Shihab seputar kebiasaan membaca buku.

#1
SEDIAKAN WAKTU UNTUK MEMBACA BUKU SETIAP HARI
Usahakan untuk menyediakan waktu untuk membaca buku setiap hari. Kalau kita nggak sediakan, ya nggak akan punya waktu untuk membaca. Seperti mbak Nana, ia selalu menyediakan waktu 20 menit setiap pagi untuk membaca buku. Saat siang, sore, di tengah kemacetan, hingga menjelang tidur juga selalu disempatkan untuk membaca. Saya ikut menerapkan kebiasaan ini dan cukup terkejut karena saya jadi nggak bisa berhenti membaca buku. Selain menambah wawasan dan inspirasi, membaca buku juga merupakan waktu me-time yang sangat berharga setelah seharian beraktifitas.

#2
MEMBACA BEBERAPA BUKU DALAM SATU WAKTU, WHY NOT?
Saya pernah dengar bahwa ada orang yang dapat membaca beberapa buku sekaligus dalam waktu bersamaan, begitu juga dengan Mbak Nana. Saya mempraktekkannya seperti ini: saat pagi saya membaca buku tentang self-improvement, spiritual atau biografi. Saya siang hari saya membaca yang berhubungan dengan pekerjaan, selanjutnya sebelum tidur saya mencoba baca novel fiksi. Alhasil, dalam sehari banyak sekali yang saya dapatkan dari beberapa buku dalam satu waktu!

#3
MEMBACA BUKU JUGA PERLU DILATIH
Membaca cepat atau effective reading juga perlu dilatih. Membaca cepat adalah perpaduan kemampuan motorik (gerakan mata) atau kemampuan visual dengan kemampuan kognitif seseorang dalam membaca. Membaca cepat merupakan perpaduan antara kecepatan membaca dengan pemahaman isi bacaan. Kalau sudah lama nggak baca buku seperti saya, awal-awal rasanya membaca satu halaman saja rasanya lama sekali. Kadang perlu membaca ulang untuk mengerti pemahaman yang ada dalam tulisan tersebut. Tapi dengan melatih diri dengan membaca cepat, tentunya kemampuan kita dapat bertambah setiap harinya.

 photo DSCF6225_zps9alkeapi.jpg

#4
“DENGAN MEMBACA BUKU, HIDUP KITA LEBIH PANJANG DARI AJAL KITA.”
Awalnya saya nggak terlalu ngerti dengan kalimat di atas, Mbak Nana menjelaskan bahwa dengan membaca, hidup kita lebih panjang dari umur kita. Gimana tuh maksudnya? Dengan membaca buku, kita bisa mengetahui kehidupan jauh sebelum kita lahir, masa kini dan juga bisa membaca tentang masa depan. Wow! Ini deep banget ya. Tapi memang benar kok, buku adalah jendela dunia. Dengan membaca, kita dapat mengetahui hal-hal luar biasa lainnya yang ada di dunia ini dan tentunya lebih panjang dari umur kita.

#5
BERBAGI INSPIRASI MELALUI TAGAR #BOTD ATAU BOOK OF THE DAY.
Agar banyak orang yang terinspirasi untuk membaca buku, kita bisa memulai dengan berbagi cerita dan ulasan lewat tagar #BOTD atau book of the day. Saya yakin, kebiasaan baik ini bisa menular kok lewat media sosial. Dengan cara berbagi inspirasi seperti ini, pasti banyak orang yang akan ikut antusias membaca, memberi ulasan dan juga terinspirasi untuk membaca buku.

***

Buat saya perubahan itu harus dilakukan dulu dari diri sendiri, baru setelah itu kita bisa menginspirasi orang lain. Jadi kalau ingin generasi anak-anak kita maju dan lebih baik, kita juga harus membiasakan diri dengan membaca. Yuk, dimulai dengan membaca buku selama 20 menit dulu aja deh dalam satu hari. Coba gantikan kebiasaan main game, browsing Instagram dan membaca gosip dengan membaca buku.

 photo DSCF7341_zpsoxa3kauu.jpg

Oh ya, saya juga memasang wallpaper karya Austin Kleon di smartphone saya agar mengurangi berlama-lama di depan gadget dan menggantinya dengan membaca buku. Wallpaper ini juga saya 'contek' dari Mbak Nana. Yang ingin menggunakan wallpaper Read A Book Instead bisa download di sini. Semoga tulisan ini berguna! :)

Read more: Game Changer: Morning Pages

Photo of Najwa: dok. Ucita Pohan

 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

24 comments:

  1. Wah banyak sekali ya manfaatnya, saya juga sedang berupaya membaca buku lagi nih kak, semangat!!

    ReplyDelete
  2. Aq sejak punya anak berhenti total baca buku, tp sekarang anakku sudah mau 3 tahun dan udah mulai baca buku lagi. Sebulan sekali paling gak baca 1 atau 2 buku, jadi sering buat tagar #botm (book of the month) Dan juga beli buku baru buat anakku, ngajarin dia buat suka baca buku juga.

    ReplyDelete
  3. Kalau udah pegang buku, rasanya nagih! Haha.
    Aku gak bisa berhenti baca buku kalau belum selesai. Hihi. Tapi buku bacaanku sebagian besar novel fiksi atau kumpulan puisi. Mungkin aku harus cari buku pengetahuan lain biar gak selalu 'ngayal' haha

    ReplyDelete
  4. Akan segera cari buku2 lamaku yg selalu tertunda untuk baca, bahkan masih ada yg di segel :D
    Tqqq for sharing, Malo :*

    ReplyDelete
  5. Makasih udah diingetin Kak Alo. Aku juga suka baca, tapi akhir-akhir ini memang kesulitan mengatur waktu. Jadi semangat lagi untuk memulai baca buku deh. :)

    ReplyDelete
  6. Woow, thank you for sharing Ka Alo. So inspiring!

    ReplyDelete
  7. Berguna sekali Kak Alo postingnya, yang akhirnya bikin saya gatel buat komentar. :D

    Saya percaya bahwa dengan membaca, akan membawa banyak manfaat. Selain menambah pengetahuan kita terhadap suatu hal, kita juga bisa menambah kosakata baru, dan juga menambah kemampuan empati kita pada seseorang, melalui proyeksi terhadap kisah-kisah yang dibaca (ada penelitian ilmiahnya).

    Saya juga mulai mengubah isi social media saya nih dengan buku yang sedang saya baca, siapa tahu membuat orang tertarik untuk membaca juga.

    Semoga minat membaca orang Indonesia semakin meningkat ya berkat posting Kak Alo ini.


    Salam.

    ReplyDelete
  8. Tulisan yang keren. Jadi ngingetin saya sama tumpukan buku yg pada belom dibaca. Jaman gadis bnyk waktu luang buat baca. Jaman skrg udah punya anak, anak dijadiin alesan ga punya waktu buat baca. Padahal saya masi sempet buka IG, Path n FB. Duhhhh.. Alesan banget kan ini, heuheu... Makasih kak Alo buat remindernya :)

    ReplyDelete
  9. tossss Maloooo, bener banget sediakan waktu untuk membaca. Jadi, kalau ke toko buku langsung borong, meskipun belum tau kapan dibacanya, klau sudah banyak jadi semangat buat baca. hihi

    ReplyDelete
  10. Dulu juga suka bgt baca buku, skr karena seringan liat postingan instagram jd ny malas dan kelupaan baca buku.. let's back to read a book... :)

    ReplyDelete
  11. Inspiring mbak Najwa Shihab dan mbak Alo :") Salam kenal, saya Ecci, pembaca tulisan-tulisanmu dari Surabaya. Semangat dan aura positif mbak Alo selalu mencerahkan hari-hari saya sebagai emak rempong.

    Tips-tips yang mbak tulis ini penting banget buat saya yang pekerjaannya nulis buku, mbak. Gimana mau nulis banyak buku dan dapet ide tulisan kalo ga banyak baca?

    Btw mbak Alo ada akun Goodreads.com kah? Mungkin bisa ikutan Goodreads Reading Challenge tiap tahun di sana biar makin semangat baca bukunya.

    Oya, ga ada niatan untuk nerbitin buku, kah? Hihihi. Maaf banyak tanya, udah kepingin banget nanya ini dari dulu.

    Salam hangat!
    - adiarersti.com

    ReplyDelete
  12. Yeaah semangaat. Aku sekarang laginsuka baca dari tablet kak Alo. Biar bisa disambi dimana saja.

    ReplyDelete
  13. Wah, Alodita dan mba Nana sama2 inspiring lady!
    Kindly visit my blog: bukanbocahbiasa(dot)com

    ReplyDelete
  14. Aku kebanyakan baca buku fiksi ataaauuu sebenarnya selama ini aku hanya membaca buku fiksi (kecuali buku pelajaran dan kerjaan)
    Dan membeli buku via e-book di appstore.
    Menurut aku, apapun jenis bukunya itu tetap punya makna didalamnya. Apalagi kalau kita mendalami buku tersebut seolah-olah menjadi pemeran utamanya yang punya banyak kejadian dalam buku tersebut, bisa sambil nangis ataupun ketakutan dan penasaran dengan alur selanjutnya.
    Tapi kenapa ya, kalau misalkan kita share kebiasaan baca kita di social media, kebanyakan orang malah kira kita seolah-olah pamer? padahaaal, maksudnya baik, misalkan ada yang mau mulai baca atau beli buku kan bisa liat review kita yang udah baca. hehehe thankyou mama alo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masa sih dibilang pamer? :) Gak usah peduliin omongan orang kalau gitu hehehe

      Delete
  15. Hai kak andra! Aku suka banget sama tulisan kakak kali ini. Share sedikit ya, sewaktu aku lulus kuliah thn 2013 somehow aku ngerasa buruk banget kemampuan membaca nya. Maksudnya disini aku tuh kalo baca bacaan baik buku ataupun artikel simpel di internet, suka lamaaa bgt ngeh isi bacaan itu. Terus aku akhirnya sempet bikin salah satu resolusi ku selama setahun yaitu menyelesaikan minimal 1 buku setiap bulannya :D Lumayan sih setelah satu tahun berlalu, aku jadi easily understand something that I read :D oiya kak, buku tuh kan mahal banget ya apalagi yang buku buku dalam bhs inggris, kak andra ada tips & trik gak buat menyiasati hal ini? Karena tiap kali aku mau beli buku, begitu cek harga seringnya ga jadi beli buku karena harganya mahal banget! Hahahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello! Thanks for dropping by :)

      Nah biasanya aku punya budget atau waktu khusus untuk membeli buku. Misalnya setiap liburan keluar negri atau saat akhir bulan aku pasti siapin budget khusus untuk beli buku. Dengan persiapan dana/budget setiap bulan untuk belanja buku, pastinya nggak akan seberat kalau beli buku dadakan karena lagi 'pengen' bukan butuh.

      Atau siasat lain, biasanya aku suka pinjam2 buku teman (apalagi yang bukunya susah didapatkan). Semoga membantu ya! :)

      Delete
  16. 5 Hal yang perlu diterapkan bagi orang yang malas baca... Share yang bermanfaat mbak... salam kenal....

    ReplyDelete
  17. trimakasi tips,nya inget jaman sekolah dulu seneng banget aku baca buku, ntah itu di perpus atau di rumah igeett

    ReplyDelete
  18. What an inspiring post! Keren mba Alodita bukunya bahasa Inggris <3 Saya suka buku non fiksi semacam self improvement gitu & sekarang lagi belajar untuk ga lemot2 amat untuk baca buku bahasa Inggris :'D Semangat menularkan membaca buku ke sekitar!

    ReplyDelete
  19. Soooo inspiring of you:) im a faaan

    ReplyDelete
  20. woooo... terima kasii tipsnya :)
    bagi tipsnya kaa agar dapat "feel" pd saat membca bku. thx :)

    ReplyDelete
  21. Thank you for your sharing kak. Bener bener ngingetin aku buat baca buku lagi. Biasanya baca buku di ipad. Dan akhirnya malah kemana mana. Emang harus cari buku bagus lagi nih untuk dibaca :)

    ReplyDelete