BERBAGI KEBAIKAN DENGAN #BUKUUNTUKINDONESIA


Walaupun dunia sudah serba digital, saya yakin banyak orang tua yang masih rajin membacakan buku dan menanam kebiasaan membaca untuk anak. Termasuk saya. Kebetulan saya dan suami memang suka baca buku dari kecil, dan kebiasaan ini menurun dari orang tua kami masing-masing.

Lewat membaca buku, sudah terbukti bisa menambah wawasan, inspirasi, mengasah kreativitas, membentuk hingga memperbaiki pola perilaku dalam lingkungan sosial.

Kebiasaan baik ini juga kami turunkan pada Aura Suri, yang dari masih bayi sudah tertarik dengan buku. Senang sekali rasanya melihat minat baca Aura semakin hari semakin bertambah, karena Aura bisa belajar banyak hal dari buku – termasuk memperkaya kosa kata.

Sudah jelas kalau buku adalah jendela dunia.


Tapi teman-teman tau gak, kalau banyak sekali anak-anak di berbagai daerah di Indonesia masih kesulitan sekali mengakses buku? Dan tahu kah kalau minat baca di Indonesia sangat rendah?

Padahal buku dapat membuka cakrawala hingga menunjang masa depan anak-anak Indonesia yang lebih baik.

Ada satu fakta lagi yang cukup membuat saya prihatin. Berdasarkan sebuah studi “Most Littered Nation in The World” yang dilakukan oleh Central Connecticut State University pada 2016 lalu, Indonesia dinyatakan menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat membaca. Indonesia persis berada di bawah Thailand (59) dan di atas Bostwana (61). Kondisi seperti ini tentunya harus dirubah. Dan kita punya peranan penting loh untuk merubah itu semua, apalagi peran kita sebagai seorang ibu. Kita bisa mulai menanamkan edukasi, persepsi, dan motivasi anak-anak kita untuk membaca yang harapannya dapat meningkatkan minat bacanya.

Sedih sekali begitu saya mengetahui soal akses buku yang sulit di berbagai daerah di Indonesia dan juga minat baca yang rendah pada masyarakat Indonesia. Sebagai seorang ibu yang memiliki seorang putri yang sedang bertumbuh, tentunya hati saya ikut terpanggil untuk memberikan informasi tentang hal ini lewat media sosial yang saya miliki.


Pentingnya membaca buku untuk anak-anak Indonesia:
  • Menambah wawasan baik secara umum maupun spesifik
  • Menunjang edukasi dan pelajaran
  • Memperkaya diri dengan ilmu pengetahuan
  • Mengembangkan imajinasi dan kreativitas
  • Membentuk pola perilaku dan nilai sosial
  • Menanamkan minat baca pada anak-anak
  • Menemani anak saat membaca juga merupakan waktu bonding antara orang tua dan anak

Selain fokus menanamkan minat baca pada anak saya dengan membiasakan membaca sebelum tidur, waktu main dan saat sedang bepergian – ada solusi yang bisa membantu anak-anak Indonesia demi masa depan yang lebih baik.

Saya mendengar soal gerakan #BukuUntukIndonesia. Ada yang sudah pernah dengar?

Gerakan #BukuUntukIndonesia ini diciptakan agar seluruh lapisan masyarakat Indonesia bisa ikut ambil bagian untuk membantu agar anak Indonesia dapat belajar lebih baik.



Lewat gerakan ini teman-teman bisa ikut berpartisipasi dengan cara yang praktis dan mudah. #BukuUntukIndonesia menyediakan berbagai paket berbagi mulai dari IDR 100.000,-. Dana yang terkumpul lewat gerakan #BukuUntukIndonesia akan dikonversi menjadi buku dan disalurkan ke beberapa daerah di Indonesia.

Saya sendiri sudah ikut berbagi lho di minggu ini.

Caranya mudah sekali kok. Teman-teman tinggal membuka situs www.BukuUntukIndonesia.com untuk mengetahui lebih mengenai gerakan ini. Untuk mulai berbagi kamu bisa klik tombol “berbagi.”

Kemudian kamu akan diarahkan ke halaman Blibli.com untuk melakukan pembayaran. Ada beberapa paket berbagi yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuan. Caranya semudah kamu belanja online.

http://bit.ly/2muP1xOSetelah kamu berbagi, kamu akan mendapat kode voucher yang dapat ditukarkan dengan kaos kebaikan. Kaos kebaikan ini disediakan oleh Bank Central Asia (BCA) sebagai tanda apresiasi kepada masyarakat yang ikut berpartisipasi dalam gerakan ini.

Besar harapan saya agar teman-teman pembaca blog saya juga ikut berbagi karena setiap dukungan untuk gerakan #BukuUntukIndonesia  tentunya akan membantu masa depan anak bangsa yang lebih baik! Terima kasih telah membaca tulisan ini dan juga sudah berbagi kebaikan lewat #BukuUntukIndonesia. xoxo

 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

1 comment :

  1. Makasih sharingnya kak Andra, saya malah baru tahu tentang #BukuuntukIndonesia ini

    ReplyDelete