Thursday, December 29, 2016

CASA MAITREYA UPDATED

Sudah hampir 6 bulan menghuni rumah baru, akhirnya pelan-pelan rumah kami mulai terisi dan terasa lebih hangat. Walaupun masih banyak ruangan yang kosong, saya dan suami cukup senang karena rumah terasa lebih luas. Sudah lama saya ingin berbagi cerita sedikit tentang Casa Maitreya, begitu kami menamakan rumah kami.

Saya selalu menunda-nunda karena masih malu dengan keadaan rumah yang berantakan (dan memang masih berantakan banget hahaha), beberapa barang juga belum tersimpan di tempat yang seharusnya. Maklum saja, mengisi rumah dengan tiga lantai bukan sesuatu yang mudah untuk kami.

Read more: First Look of Casa Maitreya

RUANG KELUARGA
Ruangan yang paling pertama menjadi fokus perhatian begitu kami pindah ke Casa Maitreya. Alasannya karena ruang keluarga merupakan pusat segala kegiatan untuk bersantai, bermain, bekerja, berdiskusi, bahkan tempat kami menerima tamu. Ruang tengah terasa lebih hangat dan hidup dibandingkan ruangan-ruangan lainnya, karena memang kami banyak menghabiskan waktu disini. Sisi-sisi tembok sengaja masih belum diisi karena kami menunggu saat yang tepat untuk menghiasnya.

KAMAR TIDUR
Belum satu bulan kami memiliki lemari pakaian, karena kami memang menabung untuk membuat lemari dengan ukuran cukup besar. Kami sengaja menghabiskan ruangan khusus untuk lemari pakaian, agar tempat penyimpanan di rumah jadi lebih banyak. Apalagi koper, selimut, bantal dan lainnya sangat memakan banyak ruang penyimpanan.



Untuk kamar tidur sendiri, kami belum memiliki bed side table, credenza, lemari buku, dll karena kami sudah nyaman dengan ruangan yang kosong. Sebelum menghuni Casa Maitreya  saya terobsesi memiliki ruangan tidur yang tenang, damai, less distraction. Sehingga kami memutuskan untuk tidak menaruh TV atau pun komputer di kamar, dan peraturan kami adalah tidak membawa-bawa pekerjaan ke dalam kamar. Kamar tidur adalah tempat beristirahat, bukan beraktifitas.

Sejak menerapkan aturan ini, saya dan suami tentunya lebih mudah tidur karena tidak harus berhadapan dengan tumpukan dokumen atau teringat akan deadline saat hendak beristirahat.

***
RUANG KERJA
Peraturan yang saya ceritakan di atas tentu ada alasannya. Selama empat tahun menikah, saya dan suami hampir selalu bekerja di rumah. Tapi karena dari segi finansial kami yang dulu masih terbatas, kami tidak memiliki ruang kerja di rumah maupun kantor. Kami bekerja dimana-mana, mulai tempat tidur, sofa, meja makan, hingga teras. Tapi ternyata barang berceceran dimana-mana! Hahaha!

Akhirnya kami bersikeras untuk membuat ruang kerja atau kantor di rumah, supaya bisa fokus dan lebih disiplin. Cita-cita kami kesampaian juga! ruang tidur tamu yang terletak di lantai dua, kami manfaatkan menjadi home office. Di dalamnya juga tersedia kamar mandi, lengkap dengan shower.

Salah satu motivasi kami untuk beverja, mengumpulkan figur-figur Star Wars.
Letak office hanya bersebelahan dengan ruang tamu dan living room, sehingga kapan saja kami bisa memantau kegiatan Aura Suri di rumah. Inspirasi untuk mendekor home office datang dari Pinterest. Kami memilih furniture serba putih agar ruangan lebih terkesan light and easy, tumbuhan juga kami taruh sebagai dekorasi.

Alhasil, Abenk yang lebih banyak bekerja di home office merasakan dampak positif bagi produktifitasnya. Sedangkan saya karena masih selalu dipanjatin Aura Suri, hanya bisa bekerja di kantor saat pagi hari. Sisanya saya nyambi-nyambi sambil liatin Aura main atau makan.

***

RUANG MAKAN
Salah satu spot favorit saya di rumah adalah ruang makan. Perlu waktu 5 bulan untuk mengisi ruang makan agar terkesan lebih homey, karena kami tidak ingin terburu-buru. Di bagian tembok kosong, kami isi dengan credenza dan cermin hibahan dari kakak ipar saya. Meja makan kami pesan khusus dari tukang langganan saya yang memang spesialis gaya Scandinavian. Kami memadukan kursi makan dengan 3 jenis kursi agar terkesan santai.



Favorit kami adalah kursi ‘bakso’ yang terinspirasi dari kursi di warung pinggir jalan, lalu kursi dari Nagarey yang melengkapi ruang makan kami. Di tembok sebelah kanan saya memajang salah satu karya suami saya sebelum saya melahirkan Aura Suri. Warna hijau kami pilih agar melengkapi kehangatan di ruang makan. Sayangnya karena ruang makan kami terletak di lantai satu, jadi cahaya matahari tidak banyak masuk ke dalam ruangan. Tapi kami memiliki taman belakang yang asri.

***

KAMAR TIDUR AURA
Sebenarnya saya baru membereskan kamar Aura Suri 1,5 bulan yang lalu, itu juga karena kepepet karena keponakan saya menginap selama seminggu hahaha. House bed frame memang sangat kekinian, tapi saya tetap ingin memilikinya untuk kamar Aura Suri. Walaupun Aura Suri belum terlalu mengerti, tapi saya senang sekali karena bisa memfasilitasi dengan sesuatu yang menarik dan mungkin bisa membantu kreativitasnya. Kamarnya masih kosong sekali sekarang ini, karena memang belum sempat didekor yang lucu-lucu.


***

GARASI
Memiliki home office sudah kesampaian, tapi studio untuk workshop Abenk? Wah kami ingin sekali punya workshop untuk Abenk melukis. Saat ini kami memanfaatkan garasi untuk tempat Abenk melukis, karena ruangannya yang cukup besar untuk melukis dan menyimpan barang-barang Abenk.



Sekian cerita dari Casa Maitreya  nanti akan saya update lagi jika furniturnya sudah pada nambah ya hihihi. Kalau kata House Tweaking, home doesn’t happen overnight. Butuh waktu untuk mengisi rumah sampai terasa homey sekali. Semoga terjawab ya rasa penasarannya teman-teman :) Thanks for reading!

 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

34 comments:

  1. ndraaa koleksi star wars nya itu loh, pengenn!! btw sedikit banyak casa maitreya menginspirasi pemilihan furniture dan decor di rencana renov apartment mungil akuu.. thanks udah sharing yaa.


    nana-littlefamilybigcitylife.wordpress.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nana! Asli impulsif banget ya beli-beli Star Wars ;D Biar semangat kerjanya hahaha.. Oh ya, kalau mau pakai tukangku nanti aku kasih nomernya. Kebetulan yang bikin credenza TV sama meja makanku itu harganya affordable dan hasilnya bags.

      Delete
    2. wah mau dong nomor tukangnyaa hmm gimana ya tapi ngasinya? DM lewat IG? hehe

      Delete
  2. Huwaaa dipublish juga isi rumahnya, suka deh ndra, terang sepertinya yaa, di setiap ruangan entah karena efek cat dan furniture yang kebanyakan putih atau memang banyak jendela di rumah. Suka juga sama ruangan kerjanya, apalagi sebelahan gitu sama suami, tapi paling suka sama ruangan makannya �� meja makan dan kursi makan yang berbeda beda itu unik, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Presy! Iya kursi bakso favoritku bangetttt :)))

      Delete
  3. hai ndra!
    rumahnya nyaman bangeeet.. lingkungannya juga enak ya, sampe2 pas ke rumah andra dan liat ada kavling kosong di kompleks itu aku berdoa pengen bisa di situ juga haha..

    semoga rumahnya selalu jadi tempat pulang terbaik dan nge-charge energi andra sekeluarga ya :)

    ReplyDelete
  4. duh rumahnya cozy banget. pas buat yang kerja di rumah. bikin betah tapi bikin produktif. paling ngiler sama ruang kerjanya *-*

    ReplyDelete
  5. Wow.. Menginspirasi banget Mbak Alo rumahnyaa 😍😍😍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aduh makasih Nilam, sejujurnya aku malu soalnya masih berantakan banget :D Tapi gapapa deh daripada penasaran terus kan :D

      Delete
  6. Halo mba Andra, kan cat rumah mayoritas putih ya, gimana menyiasati biar aura ga coret-coret tembok,soalnya abis gini masa pertumbuhan anak kan udah mulai corat coret...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mirna, biasanya Aura sering aku ajak coret-coret di buku gambar/mewarnai, dan suamiku juga membiasakan Aura coret-coret di kanvas. Jadi kami membiasakan Aura selalu "coret-coret" pada tempatnya. Kadang malah bantuin papa-nya mengisi lukisan-lukisan di rumah :) Sejauh ini belum pernah coret-coret di tempat yang gak seharusnya sih hehe

      Delete
  7. kak andra, meja makannya kece banget. suka :)

    ReplyDelete
  8. Replies
    1. Eh kamuuuu.. Kalau udah gak sibuk kabarin ya :*

      Delete
  9. mimpi yang sama sepertinya punya workshop untuk melukis. Nice place kak alo... :)

    ReplyDelete
  10. Lumayan buat jadi inspirasi kalau udah ada rezeki banyak dan punya rumah sendiri, terima kasih untuk sharingnya dan aku selalu suka sama tulisan-tulisan mba Andra, salam dari kota tasik :)

    ReplyDelete
  11. Ruang keluarga-nya suka banget!!! Kesannya minimalis tapi segar karena jendelanya gede banget!!!! Bisa nih jadi inspirasj rumah idamanku nanti, hehehe

    ReplyDelete
  12. Rumahnya terlihat nyaman sekali kak Andra :) pingin deh punya ruang kerja kayak kak andra :)

    ReplyDelete
  13. Kamar Aura lucu sekali, kalo aura sudah besaran dikit dekorasinya pasti makin gemes.
    Dan ruang makannya hmmmm...bikin susah move on :D

    ReplyDelete
  14. Alo. Mau banget meja makannya samaan. Boleh minta no tukang nya engga? Makasih yah

    ReplyDelete
  15. Cakepp banget rumahnya Kak Alo. Semua ruangannya terang ya, saya selalu suka sama rumah yang 'bermandi cahaya'. Naksir sama area home office nya. Berharap suatu saat nanti saya punya area kerja di rumah yang serapih itu ;)

    ReplyDelete
  16. Seruu ngisi rumah baru. Senang juga nyimak ceritanya Kak Alo yang ngisi rumah secara bertahap. Aku jadi inget kalau planning itu penting banget supaya apa yg kita beli efektif dan benar-benar sesuai kebutuhan :D

    ReplyDelete
  17. Waaaaa homey banget. Sukaaa Kak Alo. Bisa jadi inspirasi nih nanti kalo udah punya rumah sendiri :)

    ReplyDelete
  18. suka banget dengan rumah nya.. cozy.. kesan nya luas, neat and clean banget. padahal puya toddler ya.. aku semenjak punya toddler rumah gk pernah rapi.haha.. tapi seru sih liat tingkah dan kelucuan toddler.hehe. btw berapa lama sekali ndra di bersihin debu di rak buku.. pe-er banget ya bersihin debu di rak buku yg terbuka gitu.haha.. pengalaman pribadi.. ;p

    ReplyDelete
  19. aaaakkk kece banget sihh Kak alo rumahnyaaa, pengen main jadinyaaaaaa

    ReplyDelete
  20. Nyamannyaaa, Jadi pengen main ksanaaaa.. ❤❤❤

    ReplyDelete
  21. Nyamannyaaa, Jadi pengen main ksanaaaa.. ❤❤❤

    ReplyDelete
  22. waaaaah pengen punya rumah sendiri tiap liat casa maitreya.

    ReplyDelete
  23. Lumayan lama nggak maen ke rumay maya kakak cantik ini, eh rumah realnya nggak kalah cantiknya.
    Bagus banget, penasaran dengan gimana yaaa kamar Aura sekarang. Pasti udah didekor yg lucu2 ;)

    ReplyDelete