Wednesday, December 7, 2016

BLOGWORTHY WITH LIVING LOVING & ANDRA ALODITA

Setelah kurang lebih mengenal duo dibalik Living Loving, Nike dan Miranti, akhirnya saya bisa bekerjasama untuk mengisi Creative Session: Blogworthy. Persiapan membuat kelas kreatif ini kurang lebih sekitar 1,5 bulan, yang awalnya hanya ide iseng yang ditawarkan oleh Nike. Gayung bersambut, ternyata jadwal saya sedang free di tanggal 3 Desember.

Awalnya kami hanya membuka satu sesi kelas saja, tapi ternyata antusiasmenya cukup banyak sehingga kami memutuskan untuk membuka dua kelas (pagi dan sore). Para peserta yang hadir datang dari berbagai profesi dan tujuan mau menulis blog-nya pun macam-macam.

Smoked Salmon Pesto Canape dari Happy Foods Catering.

Nike memamerkan jurnal U2 miliknya.

Beberapa peserta dari sesi kelas kreatif pertama.

Dalam kelas kreatif kemarin, bukan hanya saya yang bercerita dan berbagi soal asal muasal nge-blog tapi Nike dan Miranti juga menjelaskan bagaimana awal mula Living Loving terbentuk. Nike dan Miranti berbeda sekali latar belakangnya dengan saya, mereka berdua memang gemar menulis sejak jaman sekolah dulu. Nike juga dengan lucunya menunjukkan kreasinya berupa jurnal berisi catatan-catatan tentang grup musik favoritnya yaitu U2, sampai-sampai Nike akhirnya membuat website pertamanya yang semuanya tentang U2.

Kalau saya sendiri, awalnya nggak pernah bisa menulis dan bercerita lewat tulisan. Inget banget dulu, kalau disuruh menulis tentang diri sendiri (apalagi kalau ditanya oleh orang media).. Saya langsung "kabur" karena nggak pernah percaya diri kalau harus bercerita lewat tulisan.



Lewat kelas kreatif kemarin, kami berbagi kebiasaan kreatif yang selalu kami jalani dalam membuat sebuah blog. Mulai dari sketch kasar seperti mind mapping, mencari referensi, menulis sampai selesai - baru masuk ke editing, lalu saya juga berbagi cerita soal kebiasaan saya menulis jurnal setiap pagi.

Saya pun ikutan menunjukkan jurnal harian saya.


Menulis jurnal bukan hanya 'menulis jurnal' saja, tapi saya menjadikan kebiasaan ini sebagai gudang inspirasi sehari-hari. Selain itu, semua perasaan saya tertuang dalam jurnal sehingga saya menjadi terbiasa bercerita lewat tulisan.

Kami juga sangat memperhatikan konten dan menulis dari hati sebagai acuan kami dalam nge-blog. Memang kami nge-blog kan tujuannya sharing, kalau bisa mendapat penghasilan itu nilai lebih. Bukan nge-blog buat cari uang hehe. Intinya menulis dari hati, konsisten, disiplin dan sebisa mungkin tidak menunda-nunda jika ingin punya blog.

Nike, saya dan Miranti.



Sekali lagi terima kasih untuk Living Loving  sponsor acara dan para peserta yang kemarin sudah mengikuti kelas kreatif kami! Rencananya jika antusiasme teman-teman yang ingin ikut kelas kreatif Living Loving, kami akan membuatnya lagi di tahun depan. Yang minat mohon tinggalkan komentar di bawah ini yaaa :) Thank you!

 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

25 comments:

  1. Pliss.. adain di Bandung dong Malo. ya ya ya? :D

    ReplyDelete
  2. Suka banget sama tulisan ini. Makasi Mbak Andra :)

    ReplyDelete
  3. Ndraa aku mau ikutaaaaan ������
    Ayo ayo diadain lagi secepatnya, seru banget keliatannya

    ReplyDelete
  4. Sering-sering dong bikin acara yang ada Malo-nya supaya bisa ketemu lagi, hehehe.

    ReplyDelete
  5. aku minat mba andra ,, tp posisi ku jauh juga nih kebetulan huft

    ReplyDelete
  6. Kak Aloooodita keren selalu,, kapan yaaa ada event serupa di Makassar heheh

    ReplyDelete
  7. mau banget mudah2an waktunya pas, saya belum punya blog dan belum tau isi blog saya nantinya lebih ke apa. Tapi saya suka nulis, kebanyakan di facebook note hehe. Bisa ikutan ga ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Stevany, bisa banget. Kemarin aku dan LL sharing soal mind mapping untuk menulis blog. Tapi sebenarnya bisa dipraktekkan juga untuk nulis buku, jurnal, dll kok :)

      Delete
    2. Sip, ditunggu kelas berikutnya :)

      Delete
  8. wahh info2 dong mba Alo klo buka kelas lagi..

    ReplyDelete
  9. Happy to join this event, salam Kak Alo, saya yang punya blog emansisapi.wordpress.com heheheh

    ReplyDelete
  10. menulis untuk berbagi, iya...kalau baca tulisan-tulisan yang dari hati itu memang beda lho efeknya. kadang ka Alo nulis curhat cuma beberapa puluh kata, tapi bisa se-JLEB itu. mungkin tanpa niatan khusus memotivasi pembaca kan? tapi aku kayak adem gitu hawanya kalau main ke sini.

    ReplyDelete
  11. Semogaa buka kelas lagi ya mbak alo hehehe. Jadi resep rahasianya mbak alo nulis jurnal setiap pagi hehehe. Aku suka takut nulis di buku deh takut di ambil orang rumah dan mereka baca-baca semua #maluuu

    ReplyDelete
  12. minat banget kak alo, adain di bandung dong..
    btw salam kenal

    ReplyDelete
  13. Ka alo aku mau ikutaan kalo ada kelas lagi :)

    ReplyDelete
  14. Kapan-kapan sharing tentang blogging gini di Jogja kak :D atau pas ada lagi di Jakarta semoga aku bisa ikutan hehe. Love the way you share it! :)

    ReplyDelete
  15. huaaaaa pengen banget ikutaaaan...
    tapi blogworthy nya gak diadain di jember ya??? padahal pengeeeen...

    melihat kak Andra ternyata rajin nulis jurnal, wuah saya menjadi semangat lagi untuk nulis, setelah 5 bulan saya melupakan diary saya...
    terima kasih telah menjadi bagian dari inspirasi sayaaa

    ReplyDelete
  16. Waah mau dong ikutan. Info kelasnya di share di mana kak alo ? :D

    ReplyDelete
  17. aku udah lama ngikutin blog livingloving dan blog ini. Sekarang sih kondisi lagi hamil besar, next time aku pengen banget ikut daftar acara kreatif seperti ini meski aku di Jambi ^_^

    ReplyDelete
  18. Ka Alo, pretty please adain lagi. Minat banget :):)

    ReplyDelete
  19. Huwaa, kapan ya ada lagi, blog Mom Alo dan Living Loving adalah dua blog favorit saya >,<

    ReplyDelete