Friday, October 14, 2016

WEEKLY JOURNAL #20 - UNFOCUS

Haduh! Belakangan saya susaaaaah banget untuk fokus karena lagi semangat banget untuk liburan tahun depan. Jadi ceritanya, saya sudah mengidam-idamkan liburan ke Jepang pada musim gugur tahun ini. Berhubung masih riweh ini-itu plus masih nabung banget untuk biaya liburan, akhirnya saya santai-santai aja dan nggak mempersiapkan apa pun.

Tiba-tiba nih, minggu lalu di group chatnya #IbuIbuHot lagi heboh soal travel fair dan tiket-tiket promo yang di jual oleh Dwidaya Tour. Saya langsung deh buka rekening tabungan liburan saya, ngecek ada berapa dana yang saya punya untuk liburan.

Ide #1:
Mau beli tiket ke Melbourne, Jepang, Singapur dan Bali.

Ide #2:
Melbourne nanti dulu deh. Kan fokusnya mau ke Jepang.
Kalo gitu, Jepang, Singapur, Bali.

Ide #3:
Eh kok kayaknya udah lama ya nggak liburan domestik.. Yaudah nambah lagi deh sekalian nengokin Clara Devi di Jogja.
Jepang, Singapur, Jogja, Bali.

Kesimpulannya? BANYAK MAU DEH, HALO?

Saat saya propose jadwal liburan halu di atas ke suami, suami cuma bilang, "Buset?!"

Tapi 'buset'nya itu berujung.. Saya ditemani pergi untuk beli tiket, suami jagain Aura di saat saya antri cukup lama demi tiket promo.

Secara fokus pertama adalah ke Jepang, saya memilih akhir bulan Februari karena ide liburan ke Jepang ini sebenarnya adalah hadiah ulang tahun untuk suami karena suami belum pernah ke Jepang. Sedangkan saya sudah 2x ke Jepang, dan rasanya ingin balik lagi, balik lagi, balik lagi!

Selanjutnya, saya sudah lama ngidam liburan ke Singapur (ya, ya, saya tau sih Singapur mahal banget) tapi saya merasa sudah terlalu lama nggak ke Singapur dan ingin berkunjung ke ArtScience Museum. Singapur adalah tujuan wisata yang sangat menarik apalagi saya membawa Aura Suri.

Setelah senggol bacok selama hampir 1 jam, saya membawa tiket di tangan! Minus tiket ke Bali sama ke Jogja yah. Saya langsung sumringahhhh banget seharian. Perburuan tiket promo ini jadi bagian dari ulang tahun saya, semacam menghadiahi diri sendiri tanpa rencana. Berkat financial planning, saya jadi punya tabungan liburan deh.

Inti dari tulisan ini adalah.. Sejak beli tiket kemarin, saya jadi susahhhh banget fokus untuk mengerjakan hal-hal yang seharusnya saya kerjakan. Mungkin masih euphoria yah, karena semangat banget mau liburan. Maklum soalnya terakhir ke luar negeri saya itu waktu saya masih program bayi tabung hehe, sedangkan ke luar kota itu ke Bali bulan Maret 2016.

Liburan terakhir kami ke Bali bulan Maret 2016.

Selain itu, saya merasa perlu persiapan matang untuk ke Jepang (Tokyo-Kyoto-Osaka) selama 11 hari dengan Aura Suri. Karena cuacanya kan dingin ya, saya orangnya agak nggak tahan udara dingin.

Sedangkan Aura itu anak eskimo, yaaa semacam nggak pernah mau pakai selimut dari kecil hahaha. Saya juga harus itung-itung budget untuk beli pakaian dingin, karena suami dan Aura nggak punya pakaian yang tebal. Ada sih, tapi cuma 2-3 potong saja yang tersisa setelah kami melakukan decluttering besar-besaran.

Setiap malam saya selalu browsing-browsing untuk membuat jadwal liburan, mau kemana aja, ngapain aja, makan dimana aja. Haduh pokoknya susah fokus deh.

Ini sudah hari ke 5 saya mengalami susah fokus, untungnya saya memaksa diri untuk tetap menulis dan bekerja. Duh nggak sabar deh nih mau liburan! Kalau kalian bagaimana? Sudah ada rencana liburan untuk akhir tahun ini atau tahun depan? Sharing ya sama saya :)

Thanks for your time and attention xoxo

 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

33 comments:

  1. Belum ada rencana buat liburan kemana dan mungkin nggak akan liburan dulu deh mbak tapi pengen sih liburan karena kepala udah puyeng T_T

    ReplyDelete
  2. Hehehe, iya Kak, aku juga sekarang lagi susah fokus karena awal November mau roadshow ke Jawa Timur untuk kasih workshop kepenulisan. Walaupun 'cuma' Jawa Timur, tapi happy bisa melepas beban tesis sejenak :))
    Aku juga terakhir kali ke luar negeri tahun 2014, sampai tahun lalu bikin post ini: #ThePrimTrip Anniversary! karena kangen jalan-jalan keluar negeri, tapi kudu menyelesaikan tesis dulu sebelum bisa mewujudkan impian ke Korea. Hiks hiks.
    Eh, happy belated birthday, Kak Alo! Kita ultahnya deketan lho :D

    ReplyDelete
  3. Aaaah mauu liburaan.. Dari bulan kemarin gagal terus mau liburan yang mau ke Bali, Bandung, Jogja tapi belum ada yang terealisasi juga :( huhuuhu

    ReplyDelete
  4. Hai Andra,

    Rencana liburan sih ada tapi ngga tau mau direalisasikan kapan, hahaha ;p Pengennya ke Bali sama keluarga terus menginap di villa yg ada private poolnya karena ceritanya baru punya bayi, hehe, dan menghabiskan waktu liburan dengan santai di villa aja gitu quality time ;)

    ReplyDelete
  5. Mbaaaaak aku bacanya sampe excited sendiriiii ya ampuuun! Semangat yaa! Euphoria mau traveling emang gak ada yang ngalahin serunya! Can't wait for your newest travel journal :)

    ReplyDelete
  6. Mbaaaa, aku juga korban promo travel fair nih tapi aku pilih yang online. Aku berencana liburan singkat ke Tokyo Maret tahun depan. Mau 4th wedding anniversary di sana. First timer juga nih ke sana, sama kek mas Abenk :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Edwina, duh kamu bakal suka Jepang! Hehe makanya aku pengen balik terus hihihi. Nggak sabar banget yahhh :))

      Delete
    2. Jalannya Maret tetapi browsing itinerary udah dari sekarang, hahaha. Have wonderful traveling for both of us, mba :)

      Delete
  7. HAHAHA.. Sama kak, aku udah mau liburan ke Singapur Desember nanti, udah ga fokus dan udah ngebet banget pengen liburan.

    Ke Jepangnya kok ga sekalian pas sakura aja, kak? Awal Maret atau April yah kalo ga salah..

    Anyway, selamat ngga fokus karena kebayang liburan yah, Kak! HAHA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Nina, hahaha I feel you dear! Aku udah pernah ke Jepang pas sakura, aku sih kurang suka yah soalnya Tokyo kayak pepes alias rameee banget. Namanya juga high season kan. Dimana-mana ramai, penginapan juga harganya tinggi. Dan aku kebiasaan liburan pas low season karena lebih santai menurut aku. Selain itu juga aku pengen ngerayain ulang tahun suamiku disana :)

      Delete
    2. Ahh iya bener banget kak, tapi kalo udah pernah dan ga ngebet2 amat juga memang enak pas low season ya.

      Aku juga pengen banget Jepang sama Korea nih, yang entah kapan kesananya haha. Malah orang tua ku yang udah ke Jepang. Semoga segera :)

      Delete
  8. hai alo , ternyata negara tujuan liburan kita sama. JEPANG!
    saya juga merencanakan liburan ke jepang sama suami dan 2 anak batita di bulan april nanti nunggu sakuranya bersemi heehee...
    jadi sebelum kesana rencana yang terdekat sih berkunjung ke kampung orang tua di purwokerto terus lanjut ke jogja , rencana nya cuma berempat aja tanpa nanny itung2 latihan karena ini akan jadi pertama kalinya jalan2 cuma berempat sama anak2 dan pakai kendaraan umum. Semoga bakalan seru, anyway happy weekend andra and fam.

    ReplyDelete
  9. malo aku juga akan kejepang di bulan april, have a nice preparation malo

    ReplyDelete
  10. Hi alo.... sama banget nih, malah kita dapet tiket lebih mendadak awal dec besok gara" euphoria travel fair minggu lalu hehe lagi hunting winter jacket dengan harga terjangkau juga nih.. hehe semangat ya.. Btw anakku juga seumuran sama aura suri, so far udah bbrp kali ke negara tetangga yang deket, mudah"an kali ini sukses juga hehe Wish us luck yah hehe

    ReplyDelete
  11. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  12. Alo... ternyata bukan cuman saya yg kangen singapur karena instalasi art nya. Terutama pameran2 di museum dan art science. Aku juga kmrn beli tiket ke jepang nih di dwidaya. First timer juga. Tp pergi september sih. Mau autumn gt ala2. Hihi. Goodluck Alo

    ReplyDelete
  13. Haduh sama banget susah fokus. Ini udah semingguan nggak bisa kerja dengan efektif karena kebayang pengen liburan. Bedanya, aku masih engap-engap buat nyiapi liburan huhu. Semangat! Anyway happy belated birthday Malo.

    ReplyDelete
  14. YAY LIBURAN!! Aku pinjemin aja, heatech, gloves, jaket2 dkk

    ReplyDelete
  15. hahaha I do want to share. Aku udah beli tiket untuk November ini ke South Korea. Agak mepet sih dibanding kak Alo. However, I have actually planned this for 2 years. Dan parahnya walaupun udah ada jatah uang liburan, kebanyakan ada banyak pengeluaran tak terduga involving keluar kota juga. Jd soal financing, aku aga mepet juga. Still, I am beyond excited. Hanya, aku tahan2 biar fokus kerja dulu, apalagi masih ngurusin visa. duh deg2an, walopun kerjaanku juga masih berurusan dgn urus visa pelajar hahaha..
    So excited for you tho.... semangattt

    ReplyDelete
  16. Wiiii ke Jepang!!! Kak Alo, sekedar info, sepertinya periode ini akan lebih dingin (efek global warming, dan periode kemarin panasnya 'lebih lama'), soalnya skrg di sini musim gugur yang seharusnya masih adem cuma dari kemarin suhunya udah lumayan drop... tapi tetep dipantau aja ya kak Alo dan prepare baju anget hihihi... selamat berlibur tahun depan ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Karina,

      Iya nih kayanya bakal dingin. Gapapa deh soalnya di Jakarta udaranya panas melulu hehehe. Thanks for the reminder ya! :)

      Delete
  17. Kak alo sama bangetlah ini hahaha
    bulan Juni taun depan mau ke Labuan Bajo, masih lama banget tapi udah heboh banget aku nya gag sabar kepikirannya liburan mulu lalala
    kemaren males ke travel fair karna udah tau tanggal yang dimau blackout semua, tapi untung dapet aja tiket sisa2 promo yang jumlahnya bener-bener tinggal pas banget sama jumlah aku dan temen2 aku (how lucky!)
    semoga taun berikutnya bisa ke Jepang jugak! hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Albina, aku kok ketawa ya baca komenmu hahaha. Seneng gitu rasanya nggak sendirian :D Mungkin karena udah nabung-nabung, terus dapet tiket promo, jadi rasanya nggak sabaran banget ya. Anyway, aku jadi terinspirasi kamu untuk ke Labuan Bajo. Thanks yah!

      Delete
  18. aihhhh enaknya ke Jepang, aku dan hubby tadinya pgn bgt jalan ke Europe tapi karena kita dipanggil untuk antrian programme IVF (Yep IVF di NZ ngantri karena gratis :P ) akhirnya kita batal liburan and now I am 5 weeks pregnant looks like my holiday budget will be well spent untuk kebutuhan bayi :) cant wait to see your blog about travelling with Aura, pgn tahu karena saya dan suami pgn bgt balik ke jkt liburan kalo baby dah lahir next aug 2017

    ReplyDelete
  19. Halo Maloo...
    Jepang emang bikin nagih...kebetulan taun ini 2 kali ke jepun (untungnya business trip).
    Saya juga unfocus milih-milih liburan akhir tahun. Dari tengah taun udah heboh aja nyari tiket hahaha... Saya milih domestik untuk akhir tahun sampai awal tahun 2017. Rencananya saya mau explore Sulawesi Selatan 8 hari. Mulai Makassar, tanjung bira, tana toraja dan lainnya walau bukan yang pertama kalinya ke Makassar tapi ga pernah bosen apalagi sama kulinernya. Masih buat agenda mau kemana aja sih sampe sekarang.
    Semoga bulan maret tahun depan bisa Adelaide. hehe



    ReplyDelete
  20. Wahh seru banget ke Jepang! taun kemaren aku pertama kalinya ke Jepang pas fall dan bulan september kemaren aku balik lagi sukanya sama Jepang (dengan tujuan2 yg berbeda). Taun depan ga kemana2 dulu sih (padahal pengen banget bisa ngerasain sakura di Jepang) .. fokus ke investasi yg lain :)
    Cant wait to see your travel story

    ReplyDelete
  21. Aaaaaaaaahhh..... Sama bangeeeeet.... sama-sama pingin liburan, sama-sama hunting tiket di travel fair, sama-sama ngantri nungguin happy hour di Dwi Daya sementara suami jagain anak, sama-sama sempet galau mau milih (Eropa atau Jepang) pergi ke mana, sama-sama sudah pernah ke Jepang sedangkan suami belum pernah, sama-sama akhirnya memutuskan untuk ke Osaka, Kyoto dan sekitarnya (tanpa Tokyo) di bulan Pebruari (tapi pertengahan) daaaaan.... sama-sama susah focus ngerjain kerjaan yang mesti dilakukan.... *holiday mode on

    ReplyDelete
  22. ndraaa, aku mau ke jepang bulan depan >.< *trus jadi excited gini pengen cerita cerita mau kemana aja, hahaha*
    udah pernah kesana sebelumnya tetapi tetep yaa ngga bosen deh kesana, kita aja seneng balik lagi, ngga kebayang si abenk dan aura suri semangatnya kayak apa. oiya ndra, sepertinya ada satu tempat deh aku lupa apa, itu akhir februari-awal maret ada yang udah mekar gitu sakuranya, semoga bisa lihat ya.
    hayoo semangat cari penginapan dan buat itinerary dari sekarang ndra, hihi

    ReplyDelete
  23. ndraaa, aku mau ke jepang bulan depan >.< *trus jadi excited gini pengen cerita cerita mau kemana aja, hahaha*
    udah pernah kesana sebelumnya tetapi tetep yaa ngga bosen deh kesana, kita aja seneng balik lagi, ngga kebayang si abenk dan aura suri semangatnya kayak apa. oiya ndra, sepertinya ada satu tempat deh aku lupa apa, itu akhir februari-awal maret ada yang udah mekar gitu sakuranya, semoga bisa lihat ya.
    hayoo semangat cari penginapan dan buat itinerary dari sekarang ndra, hihi

    ReplyDelete
  24. Wuiihhh serunyaaa.. biasa kalo mau liburan aku pun suka gitu. Liburannya kapan, ga fokusnya udah dari kapan tau hahhahaha
    Jepang top list juga nih.. tapi kayanya dalam waktu dekat belum bisa liburan, masih belum berani ajak anak piyik jalan jauh, hehehe hopefully next year udah bisa diajakin liburan bareng.
    Semangat bikin itinerary yaaa Malooo.. oya dan tentunya jangan lupa share liburan sama Aura Suri dan Abenk nanti yaa... ;D

    ReplyDelete
  25. wah udah kebayang serunyaaaaa liburan ke Jepang.... emang deh ngerencanain liburan itu bikin kita cuma fokus sama rencana liburan itu sendiri. Semoga persiapan lancar dan Andra sekeluarga sehat sehat supaya enjoy liburannya :)

    ReplyDelete
  26. Liburan ke jepang tu emang nyenengin dan bikin pengen balik2 terus ya. semoga sebelum berangkat udah sempet share info2 berguna ya. Aku juga mau ke jepang pas feb hehe.

    Btw untuk baju dingin kayak long john aku suka nyetok heat tech uniqlo. Soalnya suka cepet abis stoknya. Terutama buat anak2. Dari kaos kaki, gloves, dll. Tapi aku kurang tau sih utk seumur aurasuri udah ada atau belum ya. Kalopun ga ada disini bisa beli di Jepang sih ya haha. Secara pusatnya disana :D

    ReplyDelete
  27. halo, kak andra
    kita pernah ketemu di senayan city pas jfw kemarin. Aku sudah manggil kak andra buat selfie dan foto ootd tp harus cepet2 keatas untuk masukin foto sebelum deadline. Semoga di lain kesempatan bisa ketemu lagi ya, pengen banget ngobrol sama kak andra.
    Bener banget kak euphoria jelang liburan itu susah bikin fokus ke hal lain. Tiap ke mall, langsung nyocokin baju apa yang mau dipakai saat liburan nanti. Bawaannya pengen cepet2 berangkat aja.
    Asli liburan ke Jepang bikin pengen balik lagi. Aku kesana akhir tahun 2012, rutenya Osaka-Kyoto-Hiroshima-Tokyo. Entah kenapa banyak turis indo yang jarang ke Hiroshima. Padahal museum bom atomnya keren banget. Kak kalo blm sempet booking hotel di Kyoto cobain kak nginep di hotel yang tidurnya ala Jepang alias di tatami room. Biar kereasa kesan 'udah pernah ke Jepang' hehehe. Mungkin engga cuma di Kyoto ada hotel seperti itu.
    Liburanku akhir tahun ini umroh sekeluarga sekalian ke Turki. Tiap liburan selalu dapetnya pas winter karena harus ngatur jadwal sama adek2ku yang masih kuliah. Kak ditunggu ya cerita liburannya sama kak Abenk dan Aura Suri!

    ReplyDelete