Saturday, September 24, 2016

WEEKLY JOURNAL #18 - IDEAFEST (SHIFT) THINK

Rasanya senang sekali bisa sharing di Ideafest 2016 bersama Mbak Dien Tirto Buwono (Co-founder dari AVENU) sebagai moderator dan dua narasumber lainnya yaitu Tara Amelz dan Jenahara. Ini adalah Ideafest pertama saya, pengalaman yang baru dan sangat menyenangkan! Plus, bisa ditemani suami, anak, mertua saya. Kebetulan ibu saya lagi kurang sehat jadi nggak bisa hadir untuk menemani.

Di acara Ideafest kemarin kami membahas topik Content Creators Confessions: The Good, The Bad & The Money. Awal mulanya kami diminta untuk berbagi cerita soal background kami masing-masing, saya dari sisi fotografi, Tara yang pernah bekerja di majalah dan Jehan yang memang berkembang di fashion industry.



Pembicaraan mulai seru saat Mbak Dien memancing kami untuk bercerita soal apa yang orang lihat di luar sana versus kehidupan nyata. Seperti pikiran orang tentang betapa enaknya jadi content creators karena kebanyakan dari kami selalu mendapatkan barang gratis, kemana-mana disponsorin dan selalu terlihat 'cantik' di sosial media.

Banyak orang yang di luar sana belum mengetahui suka duka menjadi content creators dan apa saja yang terjadi dalam pekerjaan kami sebenarnya.

Foto bareng dulu sama Diana, karena jarang ketemu hihihi.

Selama sesi talkshow, Aura sibuk main dengan barang-barang yang ada di atas meja.


Tara bercerita soal proses kreatif yang harus ia lakukan dalam membuat konten kreatif dan apa saja platform media sosial yang ia gunakan, sedangkan Jehan curhat soal betapa banyak waktu, energi dan konsistensi yang dikeluarkan untuk tetap konsisten membuat konten. Saya sendiri bercerita betapa sulitnya membagi waktu antara bekerja kreatif dan mengurus anak, padahal pekerjaan content creator perlu dedikasi yang sangat tinggi dan passion yang dalam.


Kedengarannya simpel ya?

Tapi semuanya jauh dari simpel, perlu konsistensi, kerja keras dan waktu untuk menjalankan semuanya. Sebenarnya masih banyak yang ingin saya bocorin di sesi kemarin, tapi karena keterbatasan waktu jadi nggak semuanya bisa diceritakan hihihi.

Senang sekali bisa jadi bagian dari Ideafest tahun ini, semoga tahun depan bisa mengikuti sesi-sesi teman-teman yang berpartisipasi. Soalnya kemarin nggak sempat nonton siapa-siapa karena sibuk nemenin Aura Suri yang baru bisa jalan hihihi. Thanks for reading!

Watch more: #JurnalAbenkAlter - Ideafest

 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

13 comments:

  1. Sepertinya asik juga pekerjaan yang mbak Andra kerjain, sepertinya menantang hihihi

    ReplyDelete
  2. Hai, Kak Andra! Kayaknya acaranya seru banget! Sayang banget, aku gak bisa ke acara Ideafest, huhuhu, padahal pengen banget ke acara itu. Oh ya, Kak, share di blog dong mengenai suka duka Kak Andra sebagai content creator dan memberi tips-tips bagi yang pengen nulis di blog ataupun pengen jadi content creator juga. Thanks ya Kak. Semoga Kak Andra dan keluarga sehat selalu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Damar, sayang sekali nggak bisa datang, next time ya :)

      Okay masukannya aku tampung dulu, hihihi perlu waktu soalnya untuk buat 1 tulisan (nggak bisa semalam jadi) hehehe. Thanks!

      Delete
  3. Bikin konten itu perlu konsistensi. Bukan asal #DemiKonten 😁. Bikin tulisan aja perlu banyak baca, buat upload ke instagram perlu ambil beberapa shot. Saya pernah tulis Tentang Conter Creator http://novyastria.blogspot.in/2016/05/tentang-content-creator.html

    Sukses terus untuk Andra 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Novy, terima kasih atas sharing tulisan Content Creatornya. Menarik sekali :) memang untuk memperkenalkan suatu lapangan kerja yang baru perlu waktu (contoh: saya dulu selalu dicibir ketika memutuskan jadi fotografer wanita), tapi lama kelamaan waktu dan proses yang membuktikan. Begitu pula sekarang hihihi. Makasih ya Novy! Tulisanmu bagus-bagus!

      Delete
  4. Memang yang paling Susah itu rasanya membagi waktu dan konsistensi ya mba alo. Jadi sukses adalah milik mereka yang mau berkorban waktu demin konsistensi berkarya. Semangat terus, semoga menular kepada pembaca ^^

    ReplyDelete
  5. Aaak seneng banget bisa ikutan ideafest & ketemu kak Alo :)

    ReplyDelete
  6. I feel you, Andra. Bagi waktu antara urus rumah tangga, ngeblog, bikin konten media sosial lainnya, dan menulis novel memang luar biasa menantang. Dan itu akan lebih challenging lagi saat Aura Suri nantinya makin besar. But, you'll do just fine!

    Novella Imaji Terindah yang menggunakan foto cantik karyamu akan rilis akhir tahun ini. Will make sure the publisher send the copy to you ;)

    ReplyDelete
  7. Ternyata sama ya kerepotannya. Bagi waktu antara ngeblog dan ngurus anak. Nggak kepingin sharing ke daerah-daerah Mba?

    ReplyDelete