Tuesday, September 20, 2016

ADULT COLORING BOOK

Saya itu cukup penasaran dengan cara orang menghabiskan me-time sehari-hari, apalagi kalau sesama ibu. Kalau saya menghabiskan me-time dengan berbagai macam cara, mulai dari panggil jasa ke rumah untuk menipedi, pijat, baca buku, ngopi sambil nonton TV (bahkan nonton TV aja udah suatu hal yang mewah untuk saya!), berkebun dan yang terakhir ini adalah.. Mewarnai!

Iya, saya khusus membeli Buku Mewarnai Dewasa atau Adult Coloring Book gara-gara mencoba mewarnai di buku yang pernah sahabat saya bawa ke rumah. Sejak itu saya ketagihan!

Adult coloring book ini jadi tren karena dipercaya dapat mengurangi stres, baik untuk kesehatan dan juga sebagai terapi kesehatan. Kalau dulu buku mewarnai hanya untuk anak-anak, sekarang banyak sekali buku mewarnai dewasa yang dijual dimana-mana.

Sahabat saya, Anya, yang pertama kali memperkenalkan saya dengan Adult Coloring Book.

Akhirnya setelah berpikir selama 7-10 hari (iya, saya kalau mau beli sesuatu mikirnya lama banget karena takut beli sesuatu yang akhirnya tidak perlu), perlu nggak ya, perlu nggak ya, akhirnya saya memutuskan untuk membeli Dream Cities: Colouring for Mindfulness (Rosie Goodwin & Alice Chadwick). 

Alasan memilih Dream Cities dibandingkan buku mewarnai dewasa lainnya, karena saya punya cita-cita ingin traveling keliling dunia dan saya gak bosan melihat kota-kota besar maupun kecil. Selain itu, rangka untuk mewarnai dalam buku ini nggak serumit buku-buku mewarnai dewasa lainnya.


Jika ada waktu luang atau sedang menunggu Aura Suri tidur sore, saya menyempatkan diri untuk mewarnai. Wah, efeknya memang luar biasa sekali. Kadang kalau siang saya sering penat dengan urusan e-mail atau harus elus dada karena Aura belakangan sering marah-marah nggak jelas (yang ternyata penyebab marah-marahnya adalah tumbuh gigi geraham), saya langsung melarikan diri ke dalam buku mewarnai ini.

"Coloring definitely has therapeutic potential to reduce anxiety, create focus or bring [about] more mindfulness," Marygrace Berberian, a certified art therapist and the Clinical Assistant Professor and Program Coordinator for the Graduate Art Therapy Program at NYU (Source: CNN)

Setiap kota yang saya warnai, saya sering terlarut dan tenggelam di dalamnya. Saya jadi fokus, lebih tenang, rileks dan tanpa disadari saya sangat menikmatinya!



Jadi, benarkah buku mewarnai dewasa dapat membantu mengurangi bahkan menghilangkan stres?
Menurut saya, IYA! 

Saya juga beberapa kali mewarnai Adult Coloring Book sambil menemani Aura Suri bermain. Ternyata, Aura juga punya ketertarikan untuk menggambar. Jadi sekalian deh saya membiarkan Aura coret-coret kertas kosong. Saya senang, Aura juga ikut senang dan Aura jadi punya pengalaman main yang baru.

Bagaimana dengan kalian? Share your thoughts, please :)

 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

11 comments:

  1. hai kak alo, aku juga punya coloring book tapi temanya boygroup kpop gitu hahaha. awalnya memang melepas stres tapi lama-lama aku bosen karena gambarnya besar-besar nggak seperti coloring book dream cities kak alo, hehehe

    ReplyDelete
  2. sama, punya baby 22 bulan dan masih ASI.. kayanya bakal beli ini juga mbak. Udah tau beberapa lama tapi takut ga kepake. But, I think it's like a refreshment for a mom ya ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak Naning, hehe iya aku pikir juga gitu.. Takut nggak kepake. Aku dua minggu terakhir belum sempat mewarnai lagi sih, tapi sekalinya mewarnai langsung nggak bisa berhenti hihihi. Lumayan, hiburan tanpa harus keluar rumah :)

      Delete
    2. Yes, and now I'm addicted :D hihihihi beda sama pake applikasi.. bener2 ga bisa berhenti yaa, thank you for sharing :)

      Delete
  3. Aku juga udah lama banget pengen nyoba adult coloring, cuma yang dijual di toko buku lokal kebanyakan ribet banget. Dream Cities ini cantik banget! Nanti online hunting, deh. Thanks for sharing, Kak Alo <3

    ReplyDelete
  4. Aku punya yg edisi kota paris mba alo, ternyata emang kalau modelnya city begini isi bukunya lebih rileks dan bikin happy mewarnainya..kalau mba alo warnainnya urut per halaman atau cari halaman yg sesuai mood?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh ya, lucu banget Paris :D

      Aku belum pernah liat malah. Aku biasanya sih pilih gambar yang gampang aja, kalau terlalu rumit biasanya aku skip hihihi

      Delete
  5. Bener banget Mbak Andra, bisa banget menghilangkan stress. Awalnya memang agak berat untuk mewarnai satu halaman, tapi kalo udah mulai, lama-lama ga mau berhenti dan kalo bisa diterusin sampai selesai. Apalagi kalo punya pensil warna atau spidol yang banyak banget warnanya, seneng banget bisa main warna, tabrak sana sini.
    Aku punya dua buku, yang satu khusus taman (bungan, daun, serangga, dsb) dan satunya lagi khusus swirl2 gitu. Trus ga cuma berupa fisik juga, aku download aplikasi yang untuk mewarnai. Jaga-jaga kalo iseng. Hehehe

    ReplyDelete
  6. Hallo Kak Alodita,

    I wonder where did you buy this adult coloring book? Because there's so many adult coloring book that looks complicated and I find your adult coloring book is really interesting. Thanks for your sharing. And I have to find and buy it immediately.

    www.angellawinny.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Angella, ternyata aku lupa tulis bukunya beli dimana :) Beli di Periplus ya, dear. Thank you!

      Delete
  7. biasanya aku melukis sih mba...sama nggak ya dengan coloring efeknya..?

    ReplyDelete