Thursday, August 25, 2016

DECLUTTERING | SKINCARE ETC

Kemarin, saya baru saja membuang produk-produk kecantikan saya yang sudah kadaluarsa dan mengoper sebagian produk yang masih baru ke teman-teman saya. Gila deh, banyak banget produk yang kemasannya saya buka, dicoba 1-2x, habis itu nggak saya pakai lagi karena kelupaan.

Seringkali saya senewen dan stres sendiri melihat tumpukan produk kecantikan yang saya miliki, seakan-akan produk tersebut menghantui saya untuk minta direview atau dicoba.

Akhirnya kemarin saya pasang mindset harus-tega-buang-barang, apalagi dengan produk makeup atau skincare yang udah dipakai 1-2 tahun terakhir. Karena memang masa efektif dari produk skincare itu sekitar 6 bulan. Lebih dari itu, bukan hanya jadi sarang kuman dan bakteri tapi juga karena active ingredients atau bahan aktif dalam produk tersebut juga udah nggak sebagus ketika kita baru membuka kemasannya.

Selain jadi bagian dari decluttering alias beres-beres rumah, saya juga ingin meminimalisasikan produk perawatan wajah dan tubuh saya supaya semuanya terpakai dan nggak ada yang mubazir. Saya berjanji untuk tidak membeli produk-produk perawatan tubuh dan menantang diri sendiri untuk menghabiskan semua produk yang saya miliki sekarang. Semoga saya bisa ya! Hihihi

Berikut produk-produk yang masih tersisa dan terpakai saat ini:


Beberapa beauty oils dan body oils favorit saya yang sedang digunakan saat ini. Di botol L'Occitane sebenarnya terisi produk Wangsa Jelita Almond Oil. Saya terlalu sayang membuang botol L'Occitane ini karena kemasannya yang sangat cantik.



Foto di bawah ini menunjukkan seluruh sisa skincare saya yang belum kadaluarsa. Yang sudah berusia lebih dari 1,5 tahun, berakhir di tong sampah (hiks!). Sedih banget sih, ngebayangin buang-buang SK-II, Menard dan lain-lain. Tapi lebih baik dibuang dari pada jadi sarang bakteri di wajah saya.


Dulu saya paling hobi beli sabun mandi setiap pergi ke supermarket. Di kamar mandi bisa tersedia 5-7 sabun mandi yang berbeda supaya bisa digunakan secara bergantian. Sekarang? Duh, penuh ya kalau kebanyakan!


Di foto atas hanya tersisa sebagian sabun, shampoo dan conditioner yang belum habis. Target selanjutnya: menghabiskan semua produk di atas, baru beli lagi yang baru.

Sebetulnya masih ada beberapa barang yang tercecer di makeup pouch, gym bag dan kamar mandi di ruang kerja. Selain produk-produk di atas, saya tidak lagi menyimpan stok lebih untuk shampoo, sabun, odol, sikat gigi, dll supaya rumah tetap rapi dan barang tidak menumpuk. Toh, sekarang udah gampang banget kalau kehabisan barang. Tinggal pesan Go-Jek atau Happy Fresh aja, kan? :)

Kapan terakhir kali kamu beres-beres dan 'tega' membuang barang? Hihihi

 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

23 comments:

  1. Saya sekarang sedang beres-beres produk skincare saya yang belum habis karena saya membeli produk skincare baru (the body shop) sebab wajah saya sedang berjerawat parah dan harus mengganti produk skincare yang terakhir saya pakai (padahal belum habis, masih sisa separuh botol masing-masing produk) dan produk-produknya aku oper ke temanku karena masa kadaluarsanya masih lama semua.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Damar, iya mendingan di oper aja ke teman-teman alias bagi-bagi rejeki :)

      Delete
    2. Oh ya Kak Alo, bikin updated skincare routine setelah decluttering skincare aja. Biar tahu produk2 skincare Kak Alo yang Kak Alo suka dan bakalan terpakai terus

      Delete
  2. Hai Andra,

    Kalau aku untuk produk-produk skin care belum pernah sampai mubazir soalnya kulitku kalau ngga cocok sama suatu produk pasti jadinya jerawatan bruntusan. Jadi, kalau aku udah cocok sama suatu produk ya bakal bertahan sama produk itu (repurchase).

    Oya, produk-produk skin care yg ngga terpakai di-preloved aja, pasti banyak yg mau adopsi deh, hehe ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Dini, iya aku juga biasanya juga gitu. Kalau udah cocok pasti beli sampai berulang-ulang :) Biasanya aku jualin sih, cuma ternyata banyak teman2 sendiri yang mau adopsi jadi nggak jadi dijual hehe

      Delete
  3. Kak aloooooo, kenapa dibuang??? Maunya dijual preloved aja, pasti pada mauuuu T__T

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan udah ditulis, kalau umurnya sudah lebih dari 6-12 bulan atau bahkan lebih dari itu harus dibuang :) Sisanya yang baru-baru aku oper ke teman-teman

      Delete
  4. ka Andra, ini surgaaa bangettt :"")
    tanya dong kak, kalau skincare sebanyak itu pas nyobain dikasih jeda berapa hari per produk ?
    saran ka, kapan-kapan preloved in di blog dong, hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi kak Alo, klo utk produk spt liquid lipstick gt kan PAO sekitar 6-12 bulan. Setelah lewat masa PAO, liquid lipsticknya akan dibuang ato gimana?

      Delete
    2. Kalau dulu aku selalu simpan produk-produk kesayanganku, walaupun udah expired tapi lucu aja buat pajangan. Sekarang sih aku buang-buangin karena cuma menuh-menuhin rumah, soalnya pengen lebih simpel aja nggak terlalu banyak barang :)

      Delete
  5. wuihh rapi uda dikelompok2in hahaha.. sama nih, terakhir aku buang beberapa produk make up yang di pendem aja di pouch dengan mindset masih pengen pake, padahal uda 2 tahun lebih. Sampe akhirnya okelah harus tega, awalnya sayang banget buang, tapi ya daripada iritasi kenapa2 di muka, lebih sayang muka lagi hehehe..

    Thanks for sharing, Malo, jadi semangat untuk rapiin lagi hahaha...

    ReplyDelete
  6. Kak Alo, aku mau nangis ngeliat barang-barang yg dibuang ke tong sampah. miris rasanya, kaaaaaaak....
    Seperti membuang rupiah-rupiah yg udah kita tabung.

    ReplyDelete
  7. SKII, Laneige, dan Pixi sayang banget ka alo...

    ReplyDelete
  8. terakhir beberapa minggu lalu sepertinya, tapi abis buang produk2 kadaluarsa malah jadi lega karena nggak kelamaan ngeliatinnya bejejer di rak. setelah itu jadi lebih mikir2 buat beli barang, supaya nggak bernasib ke tongsampah sebelum produknya habis, hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama banget mbak kayak aku, bukannya sayang malah lega :D

      Delete
  9. Malah pengen nangis liat produk yang mau dibuang kak Alo T.T
    hahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Produk di atas bukan yang mau dibuang, tapi yang tersisa sekarang :)

      Delete
  10. ia kak bner bgt tu produk produk yang udah lama atau kadaluarsa mending d buang aja dari pada bikin kulit kita rusak dan menuh menuhin meja rias aja ;)

    ReplyDelete
  11. Ya ampun sedih nian liatnyaaaaa.. kadang gtu sihya cewe numpuk numpuk baranf lupa deh gak dipake hihi alhamdulillah sih aku orangnya syuper irit kalo beli baru minimal yang lama udah tetes terakhir.

    ReplyDelete
  12. Ka Alo, skrg pake cream paginya apa ya?��

    ReplyDelete
  13. Haii mba Alo, mau nanya nih.

    Kalo produk skin care kita belum kebuka tapi tanggal produksi udah lama masi amankah? Soalnya aku punya Laneige water sleeping pack ex produksi 2014 masih segel.
    Kalo bb cushionnya Laneige juga sama ya masa expired nya sama skin care max 12 bulan?
    Soalnya produk Laneige ga ada exp date :(


    Makasih banget infonya yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fitria, harusnya masih aman kok. Biasanya yang bikin cepat kadaluarsa karena segel sudah dibuka dan terekspos udara luar sehingga bakteri, kuman dan jamur bisa bersarang di dalam kosmetik. Untuk produk berupa krim seperti BB cream lebih baik dipakai dalam 6-12 bulan, selebihnya di buang saja dari pada wajahnya kenapa-kenapa dear :) Semoga terbantu yaaa

      Delete