Friday, July 8, 2016

WEEKLY JOURNAL #10 - DITINGGAL MUDIK

Tahun ini saya resmi merasakan apa yang ibu-ibu lainnya rasakan setiap menjelang Lebaran, yaitu ditinggal mudik oleh Asisten Rumah Tangga (ART). Setelah menikah, saya belum pernah ngerasain bergantung dengan ART karena saya dan suami selalu cuek-cuek aja. Yang penting ada yang bersihin rumah.

Awal kami menikah dan tinggal berdua di rumah Depok, kami mempekerjakan sepasang suami-istri sebagai ART kami untuk bebersih rumah dan jagain rumah. Dua tahun kemudian, kami nggak kuat dengan perjalanan dari Depok menuju tempat aktivitas kami dan akhirnya kami menumpang sementara di rumah mertua sambil menunggu Casa Maitreya selesai dibangun.

Selama di rumah mertua, kami sempat ditinggal ART dan akhirnya digantikan oleh ART yang bekerja harian. Dari sejak melahirkan sampai Aura Suri berusia 8 bulan, saya dan suami mengurus Aura berdua saja – kadang dibantu orang tua kami. Aura pun beranjak besar, saya mulai kewalahan dan akhirnya saya memutuskan untuk mengambil ART dari penyalur langganan teman saya.

Memang jodoh di tangan Tuhan. Saya dapat ART yang baik, jujur dan bisa momong Aura. Namanya Mbak Siti. Mbak Siti ini menikah muda dan anak-anaknya sudah SMA. Begitu ketemu Aura, Mbak Siti senang banget dan perhatian banget sama Aura.

Saya pun lebih lega, lumayan banget ada yang bantu-bantu dan pegang Aura sebentar-sebentar kalau saya harus kerja di rumah.

Begitu Mbak Siti izin untuk mudik Lebaran, saya juga nggak ada perasaan gimana banget sih. Mungkin karena sebelumnya udah ngurus anak berdua suami kali ya. Sejak tinggal di rumah baru, saya juga masih suka nyuci piring, ngepel, nyuci baju sendiri. Mbak Siti nggak ngerjain semuanya, tapi lebih bantu-bantu saya.

*

Sudah satu minggu sejak Mbak Siti minta izin untuk pulang kampung. Saya dan suami juga biasa aja sih, nggak ada perasaan kehilangan atau gimana. Kalau balik ya Alhamdulillah, kalau nggak balik ya bukan jodoh kami.

Kami berdua juga langsung menjadwalkan hari-hari kami untuk bergantian menjaga Aura Suri. Sekedar info saja, Abenk sedang mengerjakan thesis jadi sepertinya libur Lebaran ini kami juga nggak bisa bersantai-santai banget.

Clara dan Anya sempat main ke rumah sehari setelah Mbak Siti mudik. Rumah terasa lebih ramai dan hangat karena kehadiran sahabat tersayang.


Saya memilih bangun lebih pagi untuk beberes rumah dan menyiapkan Aura sarapan. Cuci piring, angkat jemuran, vakum beberapa ruangan di rumah, menyiram tanaman dan membuat sarapan. Setelah urusan dapur selesai, saya bergegas ke ruangan kerja untuk menulis blog, buka e-mail dan mengerjakan laporan.

30 menit untuk mengerjakan urusan blog/e-mail/laporan berjalan sangat damai, karena Aura belum bangun. Saya bisa menyeruput kopi panas dengan tenang (saya nggak puasa dulu tahun ini).

Begitu bangun tidur, Abenk langsung mengajak Aura sarapan dan mandi pagi. Nah dari jam 10 pagi, saya langsung gantian menjaga Aura sampai jam tidur siang – Abenk siap-siap untuk mengerjakan thesis. Saat makan siang, saya makan siang berdua dengan Aura di dapur. Iya, di dapur. Supaya lebih ringkes dan saya bisa cuci piring dan beberes tanpa harus meninggalkan Aura di meja makan. Aura nggak terbiasa makan tanpa ditemani, karena kami selalu makan bersama di meja makan.

Yang saya perhatikan satu minggu ini sejak nggak ada Mbak Siti, Aura malah lebih tenang dan nggak rewel. Diajak tidur hayuk, diajak main hayuk. Kemarin diajak ke acara buka bersama juga anteng-anteng aja. Seperti menikmati banget gitu berada di antara teman-teman saya. Kecuali pas Lebaran kemarin ya, soalnya mungkin masih kagok kalau ketemu banyak orang. Apalagi semuanya bergantian pengen gendong.

Saya pikir-pikir.. Kayaknya Aura malah senang bisa bertigaan dengan saya dan Abenk, tanpa ada kehadiran dari orang lain. Malah bisa quality time gitu. Kalau orang nanya, “Ndra, sedih nggak ditinggal Mbak Siti? Sepi nggak di rumah?”

Sepi, iya. Sedih sih nggak. Malah saya bisa manfaatin waktu-waktu seperti ini untuk quality time bertiga aja. Hihihi.

Selama liburan Lebaran ini, saya lumayan ‘balas dendam’ pergi-pergi setiap hari mumpung jalanan masih sepi. Karena hari-hari kerja biasanya, saya lebih banyak menghabiskan waktu dan beraktivitas di rumah.

Semoga teman-teman sehat dan selamat ya selama liburan Lebaran ini. Minal aidin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin!

 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

15 comments:

  1. Eid Mubarak buat Andra & family!! Have a blessed and joyous idul fitri! :)

    ReplyDelete
  2. Duhh... Saya yang baca jadi ikut tenang ya, kebetulan suami tahun ini juga turun kapal untuk lanjut pendidikan dan memang menyenangkan kalau suami bisa diajak kerjasama,sepertinya cukup menyenangkan ya quality timenya, thanks for share :)

    ReplyDelete
  3. Aura so cute as always :D selamat lebaran juga Malo :D

    ReplyDelete
  4. aamiin, semangat terus mamaaloo, kiss buat Aura!

    ReplyDelete
  5. Hi mbak alo, aku pinkan, boleh tau ambil penyalurnya darimana?
    Kiss untuk AuraSuri yaa

    Terimakasih

    ReplyDelete
  6. Hi mbak alo, klo blh tau ambil mbaknya dari penyalur mana?
    Kiss untuk AuraSuri ya, terimakasih

    ReplyDelete
  7. minal aidin walfaidzin juga malo..... selalu positif menghadapi semua situasi. saluutt.....terima kasih buat semua inspirasinya.

    ReplyDelete
  8. Minal Aidin Walfaidzin juga Malo yang selalu positive menghadapi semua situasi. Salutt......terimakasih untuk selalu menginspirasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf lahir batin jugaaa! Makasih ya Wike :)

      Delete
  9. Mohon Maaf Lahir Batin ya Ndra :)

    ReplyDelete
  10. Hai Mba Alo. Aku jg ngalamin hal yg sama. Anak jd lebih nurut kalo dipegang sendiri. Aku jd berpikir apa mungkin mereka rewel itu karena mereka cari2 perhatian kita? Huhu.

    Anyway, thanks for sharing. Suka banget Mba Alo selalu spread positivity 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Haiii.. Iya kata teman-temanku yang anaknya sudah lebih besar, katanya sih gitu ya.. Cari perhatian orang tua hihihi. Memang kalau anak masih kecil kita harus fokus banget ya kasih perhatian ke mereka, menurutku challenging banget disitu :)

      Delete
  11. hai malo, boleh tau ambil ART dari yayasan mana?

    ReplyDelete
  12. wah mba I feel you, tap baca tulisannya betul beetle gnash perspektif beebread. salam hangout but cellarage di rumah ya Amba :)

    ReplyDelete