Saturday, April 16, 2016

CERITA PAGI #5 | YANG TERBAIK

Saat menjalani workshop untuk #ibuibuhot web series, salah seorang dari kami bercerita soal perjalanan karier yang hampir selalu dikontrol oleh orang tuanya. Teman saya menangis mulai dari awal cerita. Ia terlihat tak kuat membendung emosinya.

Dari semua curahan hatinya, satu hal yang paling saya ingat ketika ia berkata seperti ini, “Orang tua itu selalu ingin yang terbaik untuk anaknya. Tapi belum tentu yang terbaik versi mereka, itu yang terbaik untuk kita.





Saya kaget, bukan kaget gimana sih.

Yang teman saya omongin itu, bener banget! Saya rasanya langsung melek!

Jangankan orang tua kita, pasangan kita juga sering kan ngomong seperti itu? Tapi ketika dijalani ternyata hal tersebut bukan lah yang terbaik untuk kita.

Disini saya jadi melihat adanya pengingat untuk diri saya sendiri untuk di masa sekarang dan masa depan, tapi tak bisa dipungkiri kalau saya jadi flashback ketika masih belum menikah dan tinggal serumah bersama orang tua.

Betul, terkadang apa yang ibu saya inginkan itu, hanya maunya ibu saya aja. Hal ‘terbaik’ versi ibu saya, belum tentu terbaik versi saya.

Begitu juga sebaliknya.

Ibu saya sering menyarankan saya untuk begini atau begitu, alasannya karena bisa terkenal lah, bisa tajir lah, bisa ini itu gampang lah. Kenyataannya, karier yang disebut-sebut ibu saya itu nggak sesuai dengan passion saya. Selama ini saya kekeuh menjalankan apa yang saya percaya bisa membuat saya bahagia.

Here I am.

Mulai dari jadi kuli foto, hingga berbagi cerita lewat tulisan dari hati. Lewat blog ini.

Ya, lewat blog ini, mimpi saya pun menjemput saya satu per satu.

***

Anak itu titipan Allah. Kita (orang tua) hanya jadi fasilitator saja. – Mama Mira


 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

17 comments:

  1. This is the best. Aku pun tidak ingin memaksakan kehendakku untuk anakku kelak :)

    ReplyDelete
  2. Thank you for sharing this Kak Alo. Semoga besok passionnya Aura bisa 'menghidupi' dirinya seperti yang terjadi di hidup Kak Alo. You're so inspiring. Sukses selalu, Kak!

    ReplyDelete
  3. setuju, apa yang terbaik menurut kita belum tentu menurut anak. Saya mencoba menjembataninya dengan sering berkomunikasi

    ReplyDelete
  4. Suka banget sama quotesnya! Pernah banget ngerasain disuruh ortu buat ngelakuin sesuatu tapi itu bukan hal yang aku inginin. Untungnya kerjaan aku yang sekarang sesuai sama yang aku inginin dan orang tua harapkan jadinya win-win walaupun emang butuh waktu buat semuanya.

    ReplyDelete
  5. Duh suka banget sama quotesnya,ini aku banget!sampe sekarang pun masih suka nangis2 karna disuruh ngelakuin yang bukan maunya,masalahnya bagaimana seorang anak bisa kasih tau orang tua,kalau mereka itu sebenrnya hanya fasilitator

    ReplyDelete
  6. sukaaa banget sama postnyaaa mbak alo yang ini, pas baca kayak langsung "duhh kejadian di aku bangett ini". Orang tua sering memaksakan kehendak tentang karir karena jaman orang tua kita mungkin berbeda dengan jaman kita sekarang, jadi menghasilkan perbedaan pemikiran juga dalam hal karir. Balik lagi pas kesel karena ortu suka maksain kehendak ya dibalik itu sebenarnya orang tua pengen anaknya sukses dan maju. Quotes terakhirnya the best bgt..jadi reminder buat saya juga kalo kelak jadi orang tua harus komunikasi dengan anak supaya bisa saling memahami dan tidak memaksakan kehendak :')..thank youu mbak alodita

    ReplyDelete
  7. Aku jadi ingat salah satu petinggi kantor pernah berbagi cerita, katanya gini mendidik anak harus dengan joy dan meaning.
    Contohnya, kita menginginkan anak kita melakukan ini itu dan akhirnya tercapai menurut yang kita inginkan. Meski anak kita melakukannya seperti mau kita, hanya ada meaning yaitu untuk kita orang tua namun sang anak belum tentu mendapat rasa bahagia atau joy sesuai keinginan dia. Jadi saat mendidik anak kita, berikan dia pilihan. Supaya dia bisa merasakan joy atau rasa bahagia dan meaning krn berarti utk kita orang tua anak tersebut.

    ReplyDelete
  8. Andra, I think you should publish your biography book :)

    ReplyDelete
  9. Sepakat, kak Alo. Aku kejebak 4 tahun kuliah di jurusan yang 'terbaik' versi orangtua, tapi nggak buat aku. :(

    ReplyDelete
  10. Wah baca postingan kak alo langsung jleb. Dan ini yang memang benar-benar aku rasain slama kuliah 4 tahun di jurusan yang 'terbaik' versi orang tua. Rasanya kyak kosong gitu kak hehe :")
    Semoga suatu hari kalau punya anak, anakku nanti harus dapat yang terbaik sesuai passion hhe.
    (P.s : keep posting more yaaa kak hehe)

    http://inezdivaa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
  11. Ka Alo, very inspiring :) I love to read your blog before work, like everyday :) God bless you and your family ka Alo :)

    ReplyDelete
  12. Suka banget sama ka aloditaa..slalu pantengin ig n blog nya..dannn ini topik paling mengena di hati

    ReplyDelete