Monday, March 14, 2016

TIME MANAGEMENT TIPS FOR WORK-AT-HOME MOMS

 photo Time_Management_Tips_zpsqdb63fje.jpg
Sejak jadi ibu, kerja di rumah itu jadi tantangan baru yang setiap hari menantang dan seru banget! Serunya karena saya jadi belajar pintar-pintar mengatur waktu, plus harus disiplin dan juga multi-tasking ngerjain ini itu. Awalnya saya juga keteteran banget kerja di rumah sampai agak ngerasa desperate karena nggak punya waktu me-time dan waktu kerja yang proper saat Aura masih berusia 3-4 bulan.

Saya langsung berguru dengan kakak ipar saya, teteh Keke, Yasmin dari Wangsa Jelita dan tentunya Diana Rikasari. Banyak tips yang saya dapat dari mereka, contohnya seperti Yasmin yang bisa bekerja selama 4 jam setiap hari dan tetap membagi waktu untuk anak laki-lakinya. Yasmin memilih kerja pagi-pagi dan sisa harinya dihabiskan untuk mengurus anaknya. Kalau teteh Keke dan Diana juga mirip-mirip cara kerjanya, banyak curi-curi waktu saat anak tidur.

Saya juga juggling setengah mati untuk mendapatkan waktu me-time untuk menulis dan bekerja di rumah. Setelah berbagai trial and error, akhirnya saya menemukan cara saya sendiri yang paling nyaman dan efektif untuk bekerja di rumah. Berikut tipsnya, semoga berguna untuk para work-at-home moms atau stay-at-home moms yang baru mau mulai bekerja di rumah! ;)

Set Your New Working Hour
Sebelum jadi ibu, saya bekerja 9 to 5 mengikuti layaknya pekerja kantoran. Tapi sekarang justru susah banget untuk mengikuti jam kantor, jadi saya memilih bangun lebih pagi sekitar jam 4.30-5.30 pagi untuk menulis dan mengerjakan hal-hal yang jadi prioritas. Biasanya sekitar jam 8 pagi, Aura Suri bangun dan saya menyiapkan sarapan dan makan siangnya di dapur. Saat Aura tidur siang dan sore, saya curi-curi waktu untuk menulis, foto atau mengerjakan hal lainnya. Saya memilih bangun pagi karena kalau malam biasanya udah capek dan begadang tentunya nggak baik untuk kesehatan – yang jelas tidur cukup penting untuk kesehatan tubuh dan kulit.

Set Your Priority, Schedule and Stick to It!
Seperti yang pernah saya bilang di tulisan saya sebelumnya, setiap ibu punya standarnya masing-masing dan kadang kita ‘memaksa’ diri untuk mengerjakan semua hal dalam waktu bersamaan. Kenyataannya? Saya gak bisa! Jadi setiap pagi saya menulis prioritas yang harus dikerjakan hari itu dan fokus saat mengerjakannya. Kadang kalau kebanyakan to-do list malah nggak kelar-kelar kerjaannya hihihi.

Ask For Help
Ada hari-hari dimana biasanya kita kewalahan saat pekerjaan datang mendadak, atau pas anak sakit. Ask for help! Ntah minta tolong dengan orang tua, mertua, suami atau bahkan sahabat.

Spend A Quality Time With Your Partner, Family and Other Moms
Setiap seminggu 1-2x saya dan suami selalu quality time dengan keluarga sekedar temu kangen. Saya sendiri setiap seminggu 1x bertemu dengan Anya dan Sada, sedangkan 1x dalam seminggu saya datang ke event-event walaupun kadang harus sambil bekerja. Tapi buat work-at-home mom seperti saya, pergi keluar rumah aja udah senang banget padahal cuma ke supermarket hihihi.

Reward Yourself
Ada masa-masanya saya bisa dua minggu gak pergi-pergi bahkan me-time di rumah aja nggak sempat. Biasanya saya reward diri sendiri dengan memanjakan diri dengan panggil servis massage, delivery martabak, manicure pedicure di rumah, pasang eyelash extension atau beli skincare baru di e-commerce favorit saya. Penting untuk mereward diri sendiri (asal masih masuk budget) supaya tetap ‘waras’ di rumah hahaha.

Set Your Work Outfit
Biasanya kalau rasa malas mulai datang, saya langsung buka lemari dan memakai baju pergi untuk mengatasi masalah ini. Justru yang bikin malas-malasan karena kita kerja pakai piyama, daster atau kaos bolong-bolong yang nyaman banget untuk tidur. Tapi pas pakai pakaian kerja, malah jadi mood booster apalagi kalau kita berdandan. Sekalian bisa sambil nyoba lipstik baru biar nggak mubazir hihihi.




Semoga menginspirasi! Kalau ada pertanyaan langsung tulis komen di bawah artikel ini aja, thanks for reading and watching!

Read more: Your Perfect Productive Day

Photo by Sabila Anjani, manicure by Two Cents
Video produced by AVENU

 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

19 comments:

  1. Hai mba Alo, sama - sama work at home mom nih, hehehe

    Saya sudah kerja di rumah (kerja remote) kurang lebih satu tahunan, masalah yang dihadapi kurang lebih sama ya, bagi waktu antara kerjaan sama anak. Apalagi anak saya sudah 4 tahun, walau sudah paham saya kerja di rumah, kadang suka cemburu kalo saya di depan laptop.

    Anyway, kebetulan banget saya baru mulai lagi nulis di blog, dan tulisan pertama saya persis soal bagi waktunya wahm. Sama sama punya satu pemikiran mungkin ya *maksa. But as always, penyampaian mba Alo lebih ngena dan bikin saya senyum - senyum sendiri.

    Mudah - mudahan kita tetep stay waras ya, aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba, aku sempat baca juga artikelnya! Isinya mirip-mirip yaaa hihihi emang itu artinya betul-betul pengalaman WaHM :D

      Delete
  2. Hai Andra, suka sekali sama artikel dan video kamu di Youtube tentang Work At Home Moms ini, sekarang aku juga udah jadi Work At Home Moms dengan kondisi lagi hamil 4 bulan! hihihi.. paling yang suka bikin bete karena suami yang pulangnya kadang malem, maklum bumil butuh perhatian ekstra dan butuh quality time ekstra sama suami, apalagi kondisiku yg lagi hamil ini nggak boleh bepergian kemana-mana sendirian, padahal aku suka keluar (minimal ke supermarket bawa motor aja udah seneng). menurut kamu gimana mengatasi badmood saat suami lagi nggak bisa pulang cepet saat kita lagi pengeeen bgt dia ada disamping kita?

    thanks before. xoxo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rani, hihihi wajar banget bumil memang selalu butuh perhatian :)

      Sampai sekarang, aku selalu punya cara sendiri untuk mengatasi bad mood dan salah satunya adalah belajar tentang mindfulness untuk kehidupan sehari-hari. Selain itu aku punya 'daftar kegiatan di rumah' untuk mengatasi bad mood salah satunya adalah nonton shownya Jimmy Fallon, pakai skincare dan minum secangkir teh hangat. Mungkin Rani punya hal-hal kecil yang sebenarnya bisa dilakukan di rumah dan bikin bahagia, tapi kadang karena keburu bad mood jadi kelupaan hehe. Hope it helps ya! :)

      Delete
  3. Hi Andra, memang PR banget ya membagi waktu di rumah saya sampai sekarang masih suka jungkir balik ngurus anak sambil ngerjain kerjaan. Dan me time itu memang perlu banget sekedar ke minimarket di depan komplek untuk beli keperluan rumah aja happy banget.
    Makasi buat tipsnya.

    ReplyDelete
  4. Hi kak Andra.. pertanyaanku sedikit agak melenceng nih dari pembahasan tulisan yang ini hehe.

    Kak gimana sih caranya supaya bisa dana khusus untuk membeli skincare dan alat make up lainnya dan uang untuk hal lain nggak kebawa sedikit pun. Aku sedikit agak susah ini mengatur keuangan selalu aja ada yang kurang dari perkiraan hehe.

    Terima kasih sebelumnya ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Wida, soal dana khusus setiap bulan memang sudah ada jatahnya :) Jadi kalau mau shopping, ke salon, beli makeup setiap bulan udah ada walaupun bukan prioritas. Aku pernah tulis sedikit di sini. Hope it helps!

      Delete
  5. andraaa seneng bgt deh kmu share ini, aku juga kadang2 suka kerja di rumah klo lg ngga ada meeting di kantor. tantangannya memang luar biasa yaa :) btw, ayo kapan aura playdate sama nimi-nya talitha sama adek garda juga hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Arnintaaaa.. Okay nanti kita janjian yaaa, dari kemarin belum jadi-jadi soalnya :D

      Delete
  6. Belum jadi mom sih. Tapi cita-citanya pengen jadi wife and mom who work at home :)

    Terima kasih sharingnya, Mbak Andra.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Lia, hihihi jadi inget sebelum aku nikah, aku juga cita-citanya jadi ibu yang kerja di rumah. Eh sekarang akhirnya kesampaian dan jadi menikmati banget setiap detiknya :)

      Delete
  7. Emang selalu bikin happy dan insightful banget baca tulisannya Malo! Thank you yaaaa.. Semoga bisa dipraktekan in the near future :*

    ReplyDelete
  8. Sudah hampir setahun jadi Work at Home Mom, memang awal-awal susah ngatur ritmenya, apalagi anak-anak tau mama nya di rumah ortomatis apa2 maunya sama mama, kalau saya karena anak saya 2, jadi pada saat kerja, adeknya saya titip di eyangnya dulu (yang kebetulan deket rumah), sementara kakaknya yang udah lebih ngerti, nemenin kerja dirumah. Kadang-kadang juga mesti harus ditambah begadang kalau ada target deadline tapi biasanya diselang seling aja antara besok begadang hari ini tidur cepet jadi ga terlalu capek, dan yaaa betul banget, ke al*amar* aja tuh koq ya hiburan bgt buat ibu2 dirumah hahahaa...another blissful thing is no more macet2an ke kantor hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba, iya bener enaknya itu nggak perlu ngabisin waktu menerjang macet ke kantor. Btw, anaknya udah umur berapa Mba? :)

      Delete
  9. Hai Mama Alodita.. thank's informasinya. meskipun aku belom berumah tangga ini penting banget buat aku yg single. pinter pinter memilih waktu antara pekerjaan yg kudu wajib dengan hobi atau hal hal yang mendadak terjadi dan it must to do it.

    salam kasih buat aura yaa

    ReplyDelete
  10. Mba, asik banget tulisan ini ^^ aku mau nyoba yg tips terakhir, kadang aku selalu curi waktu tidur buat bisa bebas bener2 WAHM, karena anak udah bisa protes klo curi2 saat waktu maen... Makasih yah tipsnya, i'll try :)

    ReplyDelete
  11. hai mba Alo...seneng bgt baca postingan ini, karena aku lagi nyiapin mental buat working at home, hihihi... sesegera mungkin aku pengen juga tetep punya penghasilan tp tetep bisa memantau perkembangan anak2, semoga aku istiqomah *loh jd curcol 😀😀😀

    ReplyDelete