Friday, March 4, 2016

CERITA SORE #7 | IT'S BEEN A ROUGH WEEK #1

 photo DSCF9401_zpsawalfyaf.jpgIt’s been a rough week for me.. Seminggu terakhir anggota keluarga saya jatuh sakit, termasuk suami dan Aura. Rasanya patah hati banget kalau liat suami dan anak sakit, apalagi sakitnya di saat yang bersamaan. Alhamdulillah, satu-satunya orang yang sehat sendiri di rumah cuma saya. Mertua saya juga flu dan batuk-batuk. Mama dan Papa juga flu sampai demam-demam segala. Semua orang bener-bener lagi sakit, saya pun langsung minum vitamin dan makan yang cukup supaya tetap fit dan ngurusin suami dan Aura.

Jadi satu-satunya orang yang sehat saat semua jatuh sakit, cukup bikin saya kewalahan apalagi si mbak harian yang selalu bantu-bantu beres-beres rumah, ikutan nggak masuk karena sakit plus kena banjir. Lumayan deh, 2 minggu tanpa ART. Gempor juga.

Kondisi cuaca 3 minggu belakangan ini benar-benar nggak bisa diprediksi ya, kalau lagi hujan bisa nggak berhenti sampai semalaman. Eh, tiba-tiba besoknya panas. Untungnya saya dan Abenk lagi gak banyak kegiatan di akhir bulan Februari lalu. Jadi benar-benar bisa istirahat total di rumah. Maklum, kami kalau sakit udah gak pernah minum obat. Jadi hanya mengandalkan honey-lemon-ginger in a jar, sup ayam kampung (resepnya ada di sini) dan istirahat total di rumah.

 photo DSCF9220_zpskdbnvvhu.jpg

Di minggu yang lalu, suami saya juga berulang tahun. Gak enaknya, ulang tahun tapi badannya belum fit. Jadi ulang tahunnya Abenk dalam dua tahun terakhir, Abenk malah sakit hehe. Kami sekeluarga lunch bareng di Merah Delima. Kebetulan adik saya, Anissa, dan Abenk ulang tahunnya hanya beda satu hari saja. Sedangkan adik saya satu lagi, Andy, ultahnya seminggu lebih dulu dibanding Abenk dan Anissa. Jadi setiap tahun kita ngerayain ultah si pisces-pisces ini berbarengan.

***

Minggu ini, suami sudah pulih dan Aura juga mulai berkurang melernya. Tapi ada satu concern kami, yaitu tiba-tiba Aura konstipasi dan cukup drama untuk saya. sejak hari Senin kemarin, Aura udah nunjukin tanda-tanda mau BAB tapi keluarnya cuma sedikit banget. Lalu Aura terus ngeden seharian, saya udah pikir ini pasti konstipasi yang parah banget. saya langsung nelfon sahabat saya, Anya, nanya ini itu karena anaknya Anya juga beberapa kali pernah konstipasi.

Saya udah nyoba pijit ‘I Love You’ ke Aura, tapi rupanya gak ngaruh. Satu-satunya hal yang terpikir oleh saya selain ke dokter, hanya Young Living Essential Oil Digestive Energizer (DiGize). Malam-malam saya langsung pesan ke teman saya setelah browsing-browsing, untungnya teman saya capcus mau antar pakai jasa Gojek keesokan paginya. Menurut beberapa testimoni yang saya baca dari hasil googling, dengan mengoleskan DiGize yang sudah dicairkan (dilute) pada perut dan telapak kaki anak yang sedang konstipasi justru lebih berhasil dari pada cara-cara lainnya.

Besoknya, saat DiGize datang, saya langsung mengoleskan ke perut Aura. Kira-kira satu jam kemudian, akhirnya Aura berhasil BAB tapi hanya sedikit dan pup-nya terlihat keras banget. Ada darah sedikit karena (maaf) lubang anusnya terluka karena dipaksa untuk ngeden. Aura jerit-jerit nggak karuan, mukanya sampai merah karena harus ngeden dan badannya keringetan sampai basah kuyup. Waktu saya ngeliat Aura berusaha pup dan teriak-teriak, tangan saya sampai gemeteran karena bener-bener kasian banget liatnya. Jadi waktu Aura nangis-nangis saya ikutan nangis sambil berusaha nenangin Aura, mana saat itu bener-bener gak ada orang di rumah jadi gak ada yang bisa dimintain tolong. Ini saya nulisnya aja sambil menitikkan air mata karena kalau ingat kejadian kemarin masih sedih.

Habis berhasil BAB, Aura keliatan kecapean walaupun ia masih ceria. Habis BAB yang pertama, saya langsung olesin DiGize lagi. Aura dieeeeem aja seharian. Ia keliatan lebih manja dengan saya, nemplokin saya seharian dan gak mau ditinggal sebentar aja. Satu jam kemudian, DiGize berkerja lagi. Kali ini saya lagi masak sambil gendong-gendong Aura, terus Aura jerit lagi. Eh bener dia BAB, tapi kali ini saya lebih tenang.

 photo DSCF9453_zpsjkr4pqyq.jpg
Young Living Essential Oil Digestive Energizer (DiGize), Respiratory Congestion (R.C.) dan secangkir teh hangat jadi andalan saya selama musim sakit.

Setelah suasana lebih tenang saya nelfon suami saya, yang kebetulan kemarin lagi di Bandung untuk promo single terbarunya “Sekarang”. Saya nangis banget, antara kecapean setelah seminggu lebih, stress dan kasihan sama Aura. Pas lagi nangis-nangis, Aura cuma diem ngeliatin saya sambil monyong-monyongin bibirnya hihihi. Untungnya setelah dua kali BAB, Aura mau makan walaupun saya gak maksain makan. Walaupun kejadiannya lumayan drama, saya tetap menjalankan baby-led weaning karena Aura gak pernah mau disuapin.

Pas jam tidur sore, saya tetap pijitin Aura supaya bisa pup lagi. Saya ikut tidur karena capek dan ternyata-OH-ternyata… Saya datang bulan setelah sekian lama nggak menstuasi. Amblarrr deh badan! Pantes rasanya capek dan emosional banget, plus badan sakit-sakit semua. Setelah bangun tidur, Aura berhasil pup lagi kali ini terlihat normal-normal aja dan gak pakai jerit-jerit. Mukanya keliatan agak risih tapi Aura keliatannya bisa handle itu.

Lega banget akhirnya konstipasinya Aura selesai, tapi giliran saya yang gak fit udah tiga hari ini. Perut rasanya masih mules-mules dikit, pinggang sama betis rasanya pegel banget. Mata tuh rasanya sayup-sayup terus (salahkan cuacanya dong ah), bawaannya pengen tidur terus. Ntah kenapa, setiap hari kerja saya selalu memaksa diri untuk mengerjakan sesuatu yang berhubungan dengan menulis atau membuat creative content.

Tapi pagi ini, saya teringat dengan obrolan saya dengan suami. “Yang bikin kita capek itu, karena kita tuh punya standar buat diri kita sendiri. Kayanya semua yang kita lakuin itu keharusan. Harus ngerjain ini, harus ngerjain itu. Padahal gak harus. Itu yang selalu bikin kita capek dan stress.”

Bener juga sih :) Apalagi ibu-ibu ya, kan selalu punya standar masing-masing dalam hal ngurus anak dan urusan domestik. Hihihihi..

Minggu lalu dan awal minggu ini memang berat untuk saya. Tapi saya yakin, hari-hari berikutnya pasti akan lebih baik lagi.. Walaupun roman-romannya badan saya butuh istirahat lebih nih sekarang. Stay healthy everyone!

See More: #JurnalAbenkAlter 014 - Birthday
 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

25 comments:

  1. i feel you mba Andra. Serupa dengan cerita mba Andra, tapi malahan sayanya juga sakit, anak saya sakit, suami di luar kota, dan sedang hamil muda juga. Tapi minus konstipasi pada baby sih.. Cepat sembuh ya semua :)

    mamaciastory.wordpress.com

    ReplyDelete
  2. Yaa Alah sampai berdarah yah, kasihan banget... trus abis pup gitu gmana dengan lukanya mba.. di biarin sembuh sendiri atau ada yang di oles2in gitu... maaf yah saya agak ngerti sih soal bagian yang menyakitkan.. klo saya yg hadapi seperti itu mungkin udah pingsan mba saking stressnya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba, thank you yaa.. Di oles pakai salep aja, Alhamdulillah udah gak apa2 kok sekarang :) Stay healthy!

      Delete
  3. puk puk Andra! dan Aura! dan Abenk juga deh! :)
    tough week indeed apalagi kalo liat anak sakit ya, ndra! glad to hear that she's fine now. kesehatan indeed sebuah berkat yaaa! never take it for granted! :)

    just like you said, it might be tough but it won't be forever!! hari - hari berikutnya pasti akan lebih baik lagi! yeah!! i like that spirit!! *kibar - kibar pom pom* semangat kakaknya ;)

    setuju banget tuh soal standar ibu - ibu! kalo kata si abang, "don't be too hard on yourself" .. iya sih suka berasa ngoyo sendiri padahal sebenernya semuanya fine - fine aja, ya sisi positifnya efek ibu yang slalu ingin kasih yang terbaik :)

    have a blessed weekend ahead!! rest well!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks ya Gill *lap keringet di jidat* Asli emak-emak banget kan. Tapi emang ada bagusnya sih menghadapi masa-masa stressful, kitanya jadi lebih tough hihihi. Have a great weekend juga Gill!!!

      Delete
  4. Hai kak Alodita..boleh tau young living essential-nya beli dimana ya? Thx before kak πŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, aku pesan di temanku. Instagram: @oiltherapy, Whatsapp 081213762177 :)

      Delete
  5. hehee.. selalu nungguin postingannya andra.. alhamdulillah ya aura sudah sehat.. andra, mau nanya, apa sih pijit "I love you" ? trus kira2 produk Young Living Essential Oil Digestive Energizer (DiGize)apakah bisa untuk orang dewasa? saya termasuk sering surah BAB (tidak teratur).. dan sejauh ini saya hanya ngandalin produk L*xing karena mudah diperoleh di toko2 terdekat. Thankyou Ndra...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Elmi, pijat ILU itu pijat untuk bayi, kalau diperhatikan bentuknya seperti bikin tanda "love" atau hati gitu. Coba googling aja :) Untuk DiGize bisa banget buat orang dewasa, aku pun kemarin pake dioles-oles di perut langsung mules hehehe. Salah satu trik aku buat lancar BAB itu minum honey lemon shot atau yogurt pas perut kosong. Kalau udah susah BAB coba minum Prune Juice. Hope it helps ya!

      Delete
  6. hehee.. selalu nungguin postingannya andra.. alhamdulillah ya aura sudah sehat.. andra, mau nanya, apa sih pijit "I love you" ? trus kira2 produk Young Living Essential Oil Digestive Energizer (DiGize)apakah bisa untuk orang dewasa? saya termasuk sering surah BAB (tidak teratur).. dan sejauh ini saya hanya ngandalin produk L*xing karena mudah diperoleh di toko2 terdekat. Thankyou Ndra...

    ReplyDelete
  7. Permisi kak andra, mw tanya..
    Klo untuk anak yg susah bab penggunaannya di oles ke kaki sama perut aja ya?
    Trs minyaknya bkrja stlah brp lama yaa?
    Anak saya susah sekali bab, pdahal makan nya sudah dikukus dan disaring. Di kasih menu kusus dr dktrnya..
    1 bln ini saya hrs bolak balik ke dktr anak krna anak saya susah babnya dan hrus di kasih mikrolak sgala..
    Klo blh tau beli minyaknya dimana yaa kak? Mksh sblmnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya cuma di oles di telapak kaki sama perut aja, tapi DiGizenya harus dicairkan dulu sama coconut oil supaya gak terlalu panas untuk kulit bayi. Waktu kemarin setiap 1 jam aku olesin di perut & telapak kaki sambil dipijit halus. Belinya bisa di sini yaaa @oiltherapy, Whatsapp 081213762177

      Semoga membantu! :)

      Delete
  8. Buat orang dewasa bisa ngefek ngga kak?

    ReplyDelete
  9. Cuma baca aja kebayang rasanya gimana ngurusin keluarga yg sakit dan kita harus tetep sehat. Sehat2 terus Malooo, Aura dan Abenk sekeluarga.
    Emang cuacanya lagi ga karuan, paling parno kalo sekarang kena flu, ga bisa minum obat tapi mesti tetep beraktivitas. Huhuhu Semoga kita selalu sehat yaaa... :*

    ReplyDelete
  10. hai kak andraaa,,
    waktu itu liat di snapchatnya ada tas tmpt nyimpen young living oil juga kan, beli dmn kak ?
    sama honey-lemon-ginger in a jar itu cara buatnya gmn ? n khasiatnya apa aj kak ? Tks yaaa

    ReplyDelete
  11. “Yang bikin kita capek itu, karena kita tuh punya standar buat diri kita sendiri. Kayanya semua yang kita lakuin itu keharusan. Harus ngerjain ini, harus ngerjain itu. Padahal gak harus. Itu yang selalu bikin kita capek dan stress.”

    Aku setoojooooo. Sukaaaak!

    Sehat2 Andra, Abenk dan Aura! #TripleAFam

    ReplyDelete
  12. sehat-sehat terus keluarga alodita.. anakku (umur 19 bulan) kalau konstipasi dimakanin buah naga merah, biasanya berhasil membuat BAB lancar..

    ReplyDelete
  13. Hi Andra,
    Mau sharing aja yaa... Kalau baca2 panduan WHO tentang MPASI, penyebab bayi konstipasi bisa juga karena makanannya terlalu tinggi serat/kebanyakan serat. Coba di-review kembali aja, apakah sebelum konstipasi waktu itu makanannya kebanyakan serat. Karena menurut penelitian WHO, bayi justru tidak butuh banyak serat melainkan lebih butuh banyak lemak dan protein, kebalikan dengan orang dewasa. Bisa baca2 di Facebook-nya Homemade Healthy Baby Food utk referensi, mereka suka sharing juga di situ... Syukur alhamdulillah Aura nya udah sembuh yaa... Sehat2 terus semua :)

    ReplyDelete
  14. waah banyakin makan sayur dan buah ya dek aura :)

    ReplyDelete
  15. Mbaa kalau Aura konstipasi lagi (semoga tidak) beri makan buah naga saja ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa akhirnya dikasih buah naga biar lancar. Thank you yaa :D

      Delete
  16. Halo andra.. Waktu itu jg anakku pernah susah pup.. Sampe nangis2 krn berdarah .. Di kasih pepaya ttp g ngaruh.. Akhirnya ke dokter setyowati di rspi.. Beliau nyaranin untuk kasih microla*.. Awal aku kira ga aman untuk bayi.. Kasihan.. Trs aku jg cerita sm beliau kalau pas pupnya susah aku suka bantu biar anakku pup (aku suka masukin kepala cottonbud yg aku olesi olive oil) beliau bilang sih gak masalah dengan cara itu asal pup keluar tp yg ditakutkan dengan cara itu tuh bayi jd males ngeden dan kebiasaan pup di bantu.. Jd beliau lbh nyaranin untuk pake microla* biar ttp ada sensasi bayi utk pup.. Dokter bilang kalau pup sudah sampai berdarah brarti ada luka di lubangnya.. Jd lbh baik kasih microla* supaya pup lebih lembek dan aman untuk lubangnya krn jd lbh licin utk pup keluar.. Aku cb cara itu ke anakku.. Disuruh dokter utk pake microla* selama 3 hari berturut2.. Sampai pup dia tuntas dan usus bersih.. Alhamdulillah sih berhasil dan tiap pup waltu itu gak pake drama sampe berdarah lg..

    ReplyDelete
  17. Halo Malo, waktu anakku Dylan pertama MPASI juga sembelit sampai berdarah karena makan pisang. Aku jg pakai cara cotton bud dilicinkan pakai baby oil atau evco, di sekitaran (maaf) anusnya aku beri evco biar licin. Jadi ketika dia ngeden ga bikin luka karena lecet bergesekan dgn feses yg keras. Aku dpt tips itu jg dari dokter, cotton bud gunanya untuk merangsang supaya kebelet BAB. Tapi sekarang sih rutin buah naga dan Digize juga buat jaga2. Dan lucunya i was about to post Digize and RC in my IG eh tyt ada foto yg sama di blog mu ini ;)

    ReplyDelete