Thursday, January 7, 2016

BREASTFEEDING FAQS + FREEZER STASH

 photo DSCF3855-1_zps136ctrgk.jpgSaya masih ingat betul masa-masa awal belajar menyusui dan rajin memompa ASI setelah melahirkan Aura Suri. Dari awal saya berencana untuk rajin memompa agar stok ASI Perah (ASIP) mencukupi agar bisa memenuhi kebutuhan Aura Suri saat saya meninggalkannya saat bekerja.

Betul kata teman-teman saya, masa 40 hari setelah melahirkan itu adalah saat-saat produksi ASI sedang melimpah ruah. Setiap Aura tidur, saya mencoba memompa agar bisa mengumpulkan stok ASIP. Saat Aura Suri berusia 3 minggu, freezer di kulkas sudah hampir penuh karena harus berbagi space dengan makanan-makanan beku lain. Suami menyarankan untuk menyewa freezer khusus agar lebih rapi dan daya tahan ASIP yang disimpan bisa mencapai 6 bulan. Akhirnya kami menemukan jasa penyewaan freezer di Instagram, kami pun menghubungi @jcsewafreezer dan menyewa selama 6 bulan.

Disclaimer: Saya tidak anti pada dot atau susu formula, dan saya bukan ahli laktasi. Lewat tulisan ini saya hanya berbagi pengalaman dan inspirasi :)

Kapan dan kenapa perlu menyewa freezer khusus ASIP?
Saat seorang ibu merasa perlu mengumpulkan ASIP karena harus meninggalkan anak saat balik bekerja atau untuk ibu yang melakukan exclusive pumping. Pertimbangan saya menyewa daripada membeli karena barang-barang kebutuhan bayi hanya dipakai sebentar sekali. Selain itu ruang di rumah juga sudah gak cukup jika saya membeli freezer lagi, lebih baik menyewa karena bisa dikembalikan. Menyewa juga masuk ke budget pengeluaran rumah tangga kami per bulan.

Berapa lama ASIP bertahan di freezer khusus ASI?
ASIP bisa bertahan selama 6 bulan, sedangkan di kulkas dua pintu atau tercampur dengan bahan/makanan lainnya hanya bertahan 3 bulan. Tapi jika sudah lewat dari 6 bulan, coba dicicipi saja ASIPnya. Jika rasanya berubah atau basi, jangan berikan pada anak. Ya, saya mencicipi ASI saya sendiri – untuk mencicipi ASIP saya masih bagus atau tidak. Untuk managemen ASIP lengkapnya bisa dibaca di sini.

Any tips?
Untuk ibu yang akan balik bekerja, sebaiknya memompa sedini mungkin. Kalau bisa setelah melahirkan langsung mompa, karena biasanya produksi ASI sedang banyak-banyaknya. Tapi ada juga yang ASInya keluarnya 'telat' setelah melahirkan, jangan khawatir yaaa karena setiap orang beda-beda. Setelah ASI mulai lancar, langsung dipompa saja.

 photo DSCF3021_zpsuc1zh4wk.jpg

Ada satu artikel bagus juga yang saya temukan saat browsing-browsing, silahkan dibaca untuk inspirasi: How I Pumped a Freezer Stash of 10,000 OZ oleh www.semidelicatebalance.com

***

FREQUENTLY ASKED QUESTIONS (FAQ)

Andra sehari mompa berapa kali?
Selama 40 hari pertama setelah melahirkan, saya memompa hampir setiap Aura sedang tertidur – jadi sekitar 4-5x dalam sehari. Jika Aura menyusu dari payudara kiri, maka payudara kanan akan saya pompa setelahnya dan begitu sebaliknya. Setelah masa 40 hari, saya hanya memompa saat bangun tidur saja. Saat bangun tidur justru ASI sedang banyak-banyaknya.

Berapa mL sekali pompa?
Tergantung kondisi tubuh dan mood saat itu, biasanya hanya 80-100mL/payudara. Saat bangun tidur saya bisa memompa sebanyak 125-150mL.

Merek breastpump yang digunakan?
Saya menggunakan dua breastpump, elektrik dan manual. Untuk elektrik saya menggunakan Avent Single Electric Breastpump yang biasanya hanya saya pakai di rumah. Sedangkan untuk bepergian saya menggunakan Pigeon Manual Breastpump.

Wadah penyimpanan ASIP yang digunakan?
Saya menggunakan Natur Breastmilk Storage Bags, Avent Breast Milk Storage Bags dan Botol Kaca ASI. Saya merekomendasikan untuk menggunakan botol kaca karena lebih awet (tidak ada resiko bocor seperti plastik) dan bisa digunakan berulang-ulang. Tapi saat bepergian saya menggunakan wadah plastik seperti Natur dan Avent.

Aura minum dengan media apa?
Sebelum usianya 3 bulan, Aura menyusu dengan botol Dr. Brown’s Natural Flow dan Pigeon Peristaltic Plus Wide Neck. Setelah usianya 3 bulan ia menolak minum ASIP dari botol atau media apa pun hingga sekarang.

Bagaimana cara menjaga mood saat menyusui atau memompa?
Setiap memompa saya hampir selalu menonton TV Show yang lucu-lucu dengan menggunakan headphone. Saya paling sering nonton The Tonight Show-nya Jimmy Fallon. Saya juga punya pojok khusus di kamar dengan sofa yang empuk untuk duduk tenang dan memompa. Saya juga menyarankan untuk meditasi dengan apps Headspace di smartphone sebelum memompa agar menjaga mood lebih damai.

Apa saja yang dikonsumsi agar ASI banyak?
Saya mengkonsumsi Blackmores Pregnancy and Breastfeeding Gold Capsules hingga Aura Suri berusia 4-5 bulan (bisa titip teman di Australia atau bisa beli berbagai online shop). Selain itu saya makan sayur dan buah yang banyak, saya juga tidak mengatur porsi makan karena ibu menyusui kebanyakan laper terus hihihi. Yang penting asupannya sehat dan kebutuhan untuk ibu dan anak terpenuhi.

Sekarang Aura sudah berusia 6 bulan, Andra masih mompa nggak?
Jarang sekali, kecuali ketika payudara terasa penuh saat bangun tidur dan Aura belum mau menyusu. Produksi ASI juga sedikit menurun, tapi saya nggak khawatir karena Aura sudah mulai makan.

***

Setelah Aura Suri berusia 3 bulan, ia menolak ASIP dari media manapun karena sudah terlalu nyaman menyusu langsung. Stok ASIP saya di freezer akhirnya nganggur, akhirnya saya berniat mendonorkannya kepada orang yang lebih membutuhkan. Tuhan mendengar doa saya, sebulan yang lalu saya berhasil mendonorkan ASIP saya ke seorang teman dan anaknya. Saya percaya jika ini adalah rejeki saya dan keluarga kami, sehingga kami juga harus berbagi dengan orang lain.

 photo DSCF5786_zps2arbiz6b.jpg
Karena selalu menyusu langsung, kemana pun saya pergi Aura selalu ikut.

Satu hal yang perlu diingat, seberapa besar pemberian Tuhan tetap harus disyukuri. Stay happy and positive! If you have any question, please leave a comment below. Thanks for reading!

Read more: My Breastfeeding Journey

JC Sewa Freezer
Instagram: @jcsewafreezer
SMS/Whatsapp: 0818618690

 photo x-andra4_zps7f1083c1.jpg

19 comments:

  1. Makasih andra...
    Akhirnya info yang ditunggu-tunggu, keluar jugaaa...

    ReplyDelete
  2. Hi Mama Alo yang super inspiring...
    Aku mau bilang terima kasih karena dari mamalo inilah aku menemukan jasa penyewaan freezer khusus ASI, JC Sewa Freezer. Dan sejak saat itu jadi pengikut setia instagram dan pembaca setia blognya mamalo ini. Kalo boleh sharing sedikit, aku sangat bersyukur dikasih karunia sama Tuhan produksi ASI yang berlimpah ruah. Sepuluh hari setelah melahirkan aku coba untuk pompa ASI dan tanpa disangka hasilnya langsung sekitar 100 ml per payudara. Langsung semangat donk pompa setiap saat si bayi lagi tidur karena kalo enggak bisa rembes kebaju terus. Pas freezer kulkas biasa udah penuh sama stock ASIP, dapet info dari temenku untuk liat instagramnya Alodita, katanya dia juga sewa freezer khusus untuk simpen ASIPnya. Langsung cuuusss dan kayak dapat pencerahan, rasanya lega kayak ada beban yang terangkat soalnya aku juga berencana kasih ASI Ekslusif untuk bayiku. Kalo sampe gak ada tempat penyimpanannya kan gawat ya.
    Sekarang bayiku usianya mau masuk 5 bulan dan puji Tuhan produksi ASI masih lancar dan freezer ASIPnya juga udah penuh sesak. Nah, sekarang yang bikin aku kepikiran, aku juga pengen donor sebagian ASIP yang ada di freezerku karena udah amat sangat kewalahan penyimpanannya. Kalau libur atau Sabtu/Minggu pas aku gak kerja, anakku juga menyusu langsung, sedangkan aku tetap harus pompa sebelum tidur untuk mencegah pembengkakan payudara. Mau tanya kalau untuk donor ASI bisa proses kemana ya mamalo? -Agatha-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ah sama-sama :) Iya aku juga awal-awal ASInya deras banget, makanya sampai bingung mau disimpan dimana. Kebetulan aku donor ke orang yang aku kenal jadi nggak ribet. Setauku banyak panti asuhan yang terima donor ASI kok :)

      Delete
    2. OK deh nanti aku coba cari info lebih lanjutnya untuk donor ASI. Makasih yaaa dan sehat selalu untuk mama Alo dan Aura yaaa :)

      Delete
    3. Izin nimbrung ya mbak agatha dan mbak alodita, saya juga sempat donorkan ASI. Karena tidak ada orang terdekat yang bisa disumbang, saya sempat iklankan di instagram dan twitter AIMI, ayahASI, dan pongASIdelivery. Ketiga akun tersebut cukup membantu saya, karena langsung banyak tawaran yang masuk. Semoga bermanfaat :)

      Delete
  3. wah, infonya ini akan bermanfaat untuk yang sedang menyusui :)

    ReplyDelete
  4. tulisan nya bikin orabg mau baca lagi dan lagi, coba buat buku ka :)

    ReplyDelete
  5. Super lengkap andra! thank you <3
    Bener juga ya sebelum menyusui, kudu menenangkan diri, karena mendengar dari keluarga/teman yang sudah menyusui, puting terasa sakit. Ga kepikiran kalo perlu juga ada 'pengalihan'

    Keep healthy! :)

    ReplyDelete
  6. Mba Andra... Aura kalo nyusu suka ngempeng ga setelah merasa kenyang? Asip yg sekarang dipompa diapain mba? Dicampur ke makanannya juga kah, atau didonorin jg semuanya? Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi! Nggak ngempeng sih kalau kenyang, biasanya tidur atau mangap ;p

      ASIPnya sekarang ada yang masih ada yang didonor dan disimpan, nggak dicampur ke MPASI soalnya Aura gak mau :)

      Delete
    2. Hi mb Alo...mau nanya donk, jadi Aura skrg ga minum ASIP ya mba? anakku skrg 4 bln, udh ga mau juga mnm ASIP pake dot, udh hampir semua media sy coba kasih ttp ga mau, maunya langsung nenen.

      Delete
    3. Hi Mba, iya Aura nggak minum ASIP sama sekali. MPASI yang dicampur ASIP aja nggak mau hehehe

      Delete
  7. Hallo kak alo kenalin nama aku ceudah seneng bgt dri dulu baca blog kakak .. dan aku tertarik bgt sama artikel yg ini .. mungkin pertanyaan ku agak "nyeleneh"hehee agak nyimpang maksud nya kan aura sudah mulai mpasi, aura mulai berkurang tidak menyusu nya ? Lalu bagaimana pengalaman pertama aura mencoba mpasinya (berharap pertanyaan yg ini bakalan dijawab dengan artikel juga hehee) terima kasih kak alodita

    ReplyDelete
  8. Hallo kak alo kenalin nama aku ceudah seneng bgt dri dulu baca blog kakak .. dan aku tertarik bgt sama artikel yg ini .. mungkin pertanyaan ku agak "nyeleneh"hehee agak nyimpang maksud nya kan aura sudah mulai mpasi, aura mulai berkurang tidak menyusu nya ? Lalu bagaimana pengalaman pertama aura mencoba mpasinya (berharap pertanyaan yg ini bakalan dijawab dengan artikel juga hehee) terima kasih kak alodita

    ReplyDelete
  9. Tips saya saat memompa ASI : pas baby nenen di kiri, pumping yang kanan dan sebaliknya. Pumping lebih ringan dan tidak sakit. Botol ASI cepat penuh. Saat menyusui ASI deras keluar karena hormon sedang bekerja. Coba deh...

    ReplyDelete
  10. mbak alo terima kasih sharingnya,
    aku mau tanya mengenai pendapat pribadi mba alo, lebih enak memakai pumping yang electric atau manual ya?
    dan apakah memang diperlukan beli dua-duanya?

    Trims sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah susah milihnya, betul-betul tergantung sikon soalnya. Kalau lagi ngejar stok, breastpump elektrik lebih membantu dan gak pegel mompa. Kalau mompanya santai-santai aja (gak buru-buru atau gak kerja setoran), aku lebih pilih manual karena praktis :)

      Delete
  11. Wah sama ya kasus nya sama saya Andra, Stok susu sempat full satu frezer dan si Baby sama sekali tidak mau menyusu lewat botol. Jadi malas memompa saat itu.
    Namun karena saya harus bekerja, otomatis si baby tetap saja harus dilatih dengan botol :( tetapi akhirnya ya bisa saja.
    Saya menggunakan botol Pigeon Peristaltic Plus sampai sekarang, namun baby nyaman.. :)

    Terima kasih Andra, for inspiring me :)

    ReplyDelete