Saturday, December 12, 2015

BABY FEEDING EQUIPMENT

 photo weaning01-must-haves-alodita_zpslcqetjei.jpgDalam hitungan hari Aura akan mulai makan atau yang biasa disebut Makanan Pendukung Air Susu Ibu (MPASI), tapi saya lebih senang menyebutnya Makanan Bayi. Saya excited sekali menunggu tingkahnya Aura ketika pertama kali saya dan suami mengenalkannya pada makanan selain ASI. Salah satu hal yang bikin saya excited lagi, karena momen ini adalah bagian dari shopping dan milih-milih barang untuk Aura makan-minum. Secara yaaa.. peralatan makan bayi dan anak tuh gemes-gemes banget!

Saya menyempatkan untuk berbelanja di toko Mothercare bersama Aura. Sebelumnya, saya berbekal browsing sana-sini dan melihat Instagram teman-teman saya, kira-kira peralatan makan apa saja yang perlu di beli. Setelah melakukan riset sekitar seminggu, ini dia hasil belanjaan saya. Sedikit catatan, barang-barang di bawah bukan peralatan wajib dimiliki karena semua orang punya preferensi yang berbeda-beda yah. Sedikit catatan untuk yang baru mulai membaca blog saya, saya adalah work-at-home mom dan anak saya selalu menyusu langsung. Jadi kemana pun saya pergi, saya hampir selalu mengajak Aura. Jadi saya selalu memilih barang-barang yang praktis untuk dibawa bepergian.

 photo weaning02-must-haves-alodita_zpseylasytx.jpg photo weaning03-must-haves-alodita_zpsijquf9du.jpg

Tommee Tippee Explora Cool & Mash Weaning Bowl + Spoon
Saya memilih produk Tommee Tippee karena banyak sekali sahabat-sahabat saya yang merekomendasikannya. Explora Cool & Mash Weaning Bowl + Spoon ini saya pilih untuk digunakan saat di rumah maupun bepergian, ukurannya medium da nada tempat menyimpan sendok sehingga praktis.

Tommee Tippee Heat Sensor Spoon
Saya pilih sendok ini karena ada sensor panasnya – warnanya akan berubah saat makanan bayi yang disajikan terlalu panas. Selain itu warnanya menarik sehingga anak senang melihatnya.

Tommee Tippee Explora Easiflow Self Drinking Cup
Saya berencana untuk membiasakan Aura minum dari sippy cup saat usianya 7-8 bulan nanti. Saya memiliki beberapa sippy cup di rumah, tapi karena rata-rata dari kado sewaktu lahiran semuanya baru bisa digunakan diatas 12 bulan. Saya memilih Tommee Tippee Explora Easiflow Self Drinking Cup karena mendapat referensi dari teman saya, selain itu sippy cup ini tersedia penutupnya sehingga lebih nggak gampang kotor dan aman saat dibawa-bawa.

Update 1 Juni 2016: Tiga barang di atas akhirnya gak ada yang dipakai, karena Aura menjalani metode baby led weaning.

 photo weaning04-must-haves-alodita_zpseygbqjww.jpg

Mothercare Giraffe and Bird Crumbcatcher Bibs (2 pack)
Desainnya lucu, bahannya mudah dibersihkan dan ukurannya cukup besar untuk menutupi baju anak hingga ke bahu. Di bagian bawa bib ini terdapat kantong untuk menampung makanan yang berjatuhan agar tidak mengenai pakaian anak. Saya memilih ini karena ringan dan mudah dibawa-bawa di diaper bag.

BabyBjorn Soft Bib
Saya sudah lama mengincar BabyBjorn Soft Bib karena ‘teracuni’ foto-foto teman yang anaknya menggunakan bib ini. Bagian lehernya adjustable dan nggak gampang copot, selain itu kualitas bahannya sangat bagus dan mudah dibersihkan. Update 1 Juni 2016: Dua bib yang saya tulis di atas tidak terpakai oleh Aura, karena ia risih banget pakai bib dari bahan plastik. Yang lebih terpakai adalah burpy bib dari Aden Anais.

 photo weaning06-must-haves-alodita_zps9jotrxef.jpg
 photo weaning05-must-haves-alodita_zpsjjhk5lpq.jpg

Nuby Natural Touch Soft Silicon Infafeeder
Produk Nuby yang satu ini sudah lama saya masuk wish list saya dari sejak Aura mogok minum dari botol – bukan dari botol atau dot saja, tapi Aura juga menolak minum ASIP. Shop keeper di Mothercare pernah merekomendasikan produk ini untuk menyuapi anak dengan ASIP, tapi saya selalu menunda-nunda untuk membelinya. Tapi sekarang saya jadi beli untuk menyuapi Aura purée saat traveling. Berbeda dengan piring/mangkok dan sendok seperti Tommee Tippee yang juga saya beli, Nuby Soft Silicon Infafeeder ini lebih nggak ribet dan makanan yang disuapi ke anak lebih tidak berantakan. Update 1 Juni 2016: Tidak terpakai karena Aura menjalani metode baby led weaning.

 photo weaning07-must-haves-alodita_zps2fbk5t8t.jpg

Jack N Jill Silicone Finger Brush
Dari sejak lahir, saya membiasakan Aura untuk dibersihkan giginya menggunakan kain kasa yang diseduh air matang. Aura nggak pernah protes sekali pun ketika saya membersihkan mulut dan gusinya, justru ia terlihat sangat enjoy hihi. Berhubung di usia ke enam bulan Aura sudah mengkonsumsi makanan lain selain ASI, jadi saya membeli Jack N Jill Silicone Finger Brush.
Update 1 Juni 2016: Masih digunakan hingga sekarang.

Jack N Jill Natural Calendula Toothpaste Raspberry Flavour & Jack N' Jill Bio Toothbrush 
Walaupun dua produk ini digunakan untuk usia 6 bulan ke atas, saya sudah menyimpannya karena mendapat rekomendasi dari teman-teman saya. Produk Jack N Jill yang berasal dari Australia ini 100% aman digunakan untuk anak-anak, formulanya terbuat dari bahan alami dan organik. Selain itu batang sikat giginya dapat di daur ulang dan dapat diurai dalam tanah (biodegradable).
Update 1 Juni 2016:  Masih digunakan hingga sekarang.

 photo weaning08-must-haves-alodita_zpso8rrubnj.jpg

Dr. Brown’s Flexees Ergonomic Teether
Dengan desainnya yang bergerigi, mainan gigitan atau teether ini juga bisa memijat dan menstimulasi gusi dan mulut bayi. Bentuknya ergonomis sehingga dapat masuk ke mulut bayi, dan juga mudah digenggam.

Dr. Brown’s Soothing Teether
Teether berbentuk semangka ini selain menggemaskan juga menenangkan Aura setiap ia sedang gatal gusinya. Karena didesain untuk soothing teether, jadi teether ini memang bisa didinginkan di lemari es lalu diberikan pada anak yang sedang gatal gusinya. Teether ini sangat membantu saat Aura sedang rewel sampai-sampai nggak mau menyusu karena gusinya yang sedang tidak enak. Jadi sebelum menyusu, saya berikan teether ini (sudah didinginkan) dulu untuk meredakan gusi gatalnya – setelah itu Aura selalu lebih tenang dan mau menyusu.

Sophie The Giraffe So Pure Teething Ring
Teether pertama yang dimiliki Aura adalah jerapah cantik bernama Sophie. Banyak sekali review positif mengenai teether dari Vulli ini (silahkan googling!), saya sendiri mengakuinya. Teksturnya sangat lembut, mudah digenggam oleh bayi. Semua bagiannya dapat digigit, bagian pegangannya terdapat dua tekstur yaitu bulat-bulat dan garis-garis agar merangsang indera anak. Update 1 Juni 2016: Semua teether masih digunakan sampai sekarang, tapi Aura sudah bosen. Hanya sesekali saja dimainkan.

Setelah Aura mulai makan, sepertinya saya harus review lagi barang-barang apa saja yang benar-benar jadi andalan. Selain ada yang di foto dan artikel ini, saya juga sudah memiliki high chair,  food processor dan hand blender. Kira-kira ada produk yang perlu saya beli lagi nggak ya? :)

Semua produk di atas bisa didapatkan di toko-toko Mothercare terdekat atau bisa belanja online di www.mothercare.co.id

{Update} 1 Juni 2016
Setelah menjalani fase makan, Aura Suri memilih sendiri untuk menggunakan Baby Led Weaning. Ia selalu menolak jika disuapi dengan sendok, lebih parah lagi, ia sama sekali tidak tertarik dengan makanan yang lembek plus selalu berekspresi seperti mau muntah jika saya atau suami suapi puree. Percobaan antara spoon feeding dan baby led weaning berjalan sekitar 2-3 minggu, sampai akhirnya kami memilih untuk mengikuti cara Aura yaitu belajar makan sendiri. Will update soon!

 photo x-andra4_zps7f1083c1.jpg

13 comments:

  1. Based on experience, sendok yg Tommee Tippee enak bgt. Handlenya panjang jd ngga gampang ditampik anak, trs size nya pas untuk mulut anak. Sayang bgt aku baru nemu itu pas anakku udh 12 bulan! Tp kepake sih smp skrg (he's 17 months).

    Nti klo udh gedean butuh thermos buat bw makanan deh :)

    I hope Aura Suri is a good eater :)

    ReplyDelete
  2. sendok tomme tippe emang juaranya deh, kalau alo nantinya nyetok kaldu butuh beli baby cubes untuk simpan kaldunya, takahi juga berguna banget kalau untuk buat bubur. Praktis banget, malem colok subuh udah jadi deh buburnyaa, tinggal saring

    ReplyDelete
  3. Baby Aura pasti suka jack n jill, kayaa anakku jadi rajin sikat gigi karena si odol yang enak katanya hihi...oh ya, kalau produk feedingnya udah lengkap tuh Malo, paling nanti buat kitchen set nya pisau, tatakan, dan peralatan masak yang dipisahin fungsinya, buat sayuran dan buah dengan lauk pauk...
    Happy MPASI dear Aura:)

    ReplyDelete
  4. Malo nanya donk..ankku jalan 4bulan Desember ini.. lg suka jilatin tangannya nih..Aura dlu mulai pake teether umur brp?mau ksh teether tp bngung yg jns apa y yg bagus buat tahap perkembangannya skrg?Makasi ya Malo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Viddy, Aura pakai teether waktu 4,5 bulan. Katanya sih yang paling bagus Sophie The Giraffe, detailnya silahkan googling ya :)

      Delete
  5. Mba andraaa
    Samaaaa
    Anak ku jg pake tommee tippee sendok n mangkoknya hahaha supaya pas susternya nyuapin ga di tiup2 gitu
    Teether dr.brown nya jg samaa, malah kl teether anak ku punya banyak, mulai dr.brown, avent, tom-tip smp yg 12ribuan tp akhirnya favorit anak ku adalah kemasan botol aqua yg di isi air dingin :D *bagian bawahnya yg ujung di gigit2 smp penyok2
    Jack n jill jg, tp aku kenalin pas usia 1 tahun. Pasta pertama itu jack n jill free flavour n smp skrg anaku pk jack n jill cm varian rasanya ajh beda

    ReplyDelete
  6. Mba andraaa
    Samaaaa
    Anak ku jg pake tommee tippee sendok n mangkoknya hahaha supaya pas susternya nyuapin ga di tiup2 gitu
    Teether dr.brown nya jg samaa, malah kl teether anak ku punya banyak, mulai dr.brown, avent, tom-tip smp yg 12ribuan tp akhirnya favorit anak ku adalah kemasan botol aqua yg di isi air dingin :D *bagian bawahnya yg ujung di gigit2 smp penyok2
    Jack n jill jg, tp aku kenalin pas usia 1 tahun. Pasta pertama itu jack n jill free flavour n smp skrg anaku pk jack n jill cm varian rasanya ajh beda

    ReplyDelete
  7. Mba andraaa
    Samaaaa
    Anak ku jg pake tommee tippee sendok n mangkoknya hahaha supaya pas susternya nyuapin ga di tiup2 gitu
    Teether dr.brown nya jg samaa, malah kl teether anak ku punya banyak, mulai dr.brown, avent, tom-tip smp yg 12ribuan tp akhirnya favorit anak ku adalah kemasan botol aqua yg di isi air dingin :D *bagian bawahnya yg ujung di gigit2 smp penyok2
    Jack n jill jg, tp aku kenalin pas usia 1 tahun. Pasta pertama itu jack n jill free flavour n smp skrg anaku pk jack n jill cm varian rasanya ajh beda

    ReplyDelete
  8. gak terasa Aura udah mau MPASI, time flies! :)

    ReplyDelete
  9. Selamat mulai mengenal makanan aura

    ReplyDelete
  10. Mba Andra, update dong seputar Baby Led Weaning nya Aura dan finger food apa saja yang di kasihkan ke Aura.

    Thank you :)

    Have a nice day mba :D

    ReplyDelete
  11. lagi cari review explora muncul dimari hehehe. aku juga suka explora pas anak pertama pakai itu soale. btw, pengen belu tetheer yg sophie giraffe \m/ pas anak pertama g kesampaian beli xD

    ReplyDelete