Saturday, November 7, 2015

LIVE IN THE MOMENT: MY CAREER VS BABY

 photo blog-DSCF0211_zps0x7b34kc.jpgOk, begitu banyak pernyataan dan pertanyaan seputar karier saya versus pilihan saya untuk memiliki anak. Saya ingat betul orang-orang yang bilang kalau karier saya sebagai wedding photographer terlalu sayang untuk dilepaskan saat saya memilih untuk menjalankan IVF treatment. Sekarang saya sering sekali ditanya, “Balik motret lagi nggak? Mau sampai kapan nggak kerja dulu?”

Lalu untuk teman-teman yang mengikuti perkembangan anak saya, Aura Suri, pasti juga ikut nanya, “Aura udah bisa minum dari botol belum? Oh, nggak dipakein cup feeder atau disendokin aja? Terus kalau kamu kerja gimana?

Sejujur-jujurnya, saya akhirnya (sementara ini) menyerah memaksakan kehendak saya agar Aura menyusu dari botol. Kalau mau kerja gimana? Ya saya yang mengalah, saya yang harus beradaptasi dengan kehadiran Aura. Walaupun banyak yang bilang, pasti bisa kok anak bayi minum dari botol – asal kita telaten ngajarinnya.

Tapi bukan soal itu..

*

Saya memang punya mimpi besar dan karier yang didambakan, tapi untuk saat ini, saya sangaaaat sangaaaaat menikmati momen-momen bersama Aura Suri.

Buat yang belum tau soal jam kerja saya saat jadi wedding photographer, kira-kira seperti ini.. Hampir setiap weekend saya bangun jam 3 pagi, karena jam 4.30 pagi saya sudah harus standby untuk pergi bekerja. Biasanya acara pesta pernikahan selesai sekitar jam 10 malam, saya harus beres-beres, ngedrop alat-alat di kantor dan kira-kira sampai rumah jam 11-12 malam. Ada saatnya saya harus terbang ke luar kota atau overseas, sendirian. Bawa koper yang isinya dua kamera, tiga lensa dan satu laptop, totalnya 20 kilogram dan saya selalu menaik-turunkan sendiri ke kabin pesawat.

Senin-Jum’at saya masih ada kerjaan lagi, mulai dari motret katalog, pre-wedding dan menghabiskan waktu untuk meeting atau editing. Luar biasa deh, makanya badan saya sering ‘rontok’. Yang pernah kerja jadi event organizer atau wedding organizer pasti tau kira-kira capeknya seperti apa deh hehe.

Sewaktu Aura mogok minum dari botol dot dan selalu menolak diminumkan ASI Perah (ASIP), saya langsung merasa ditegur oleh Tuhan. Udah susah-susah ngedapetin Aura, terus masa ditinggal-tinggal kerja sih.. Jadi saya merasa bahwa saat ini saya harus benar-benar mengurus Aura, nggak boleh egois. Saya ingat betul satu tahun yang lalu, saya menangis-nangis karena ingin sekali hamil dan punya anak. Saya merelakan apa pun yang saya miliki saat itu. Semuanya saya lakukan demi program bayi tabung yang saya dan suami jalani bisa berhasil..

Sekarang Aura Suri sudah disini, saya merasa harus bertanggung jawab penuh dengan apa yang saya minta.

Saya memang masih kerja walaupun sangat selektif karena saya harus membagi waktu mengurus Aura dengan suami saya yang nggak kalah sibuknya. Saya SANGAT beruntung karena banyak sekali pihak-pihak yang betul-betul mengerti kondisi saya sekarang. Tapi kali ini, saya betul-betul ingin sekali melihat dan menyaksikan sendiri perkembangan Aura Suri dari waktu ke waktu. Seakan-akan nggak mau kelewatan satu episode pun!

 photo DSCF1103_zpsib5tpzey.jpg

Walaupun setiap hari waktu beraktifitas saya jadi kebalik banget, dari jam 9 pagi hingga 9 malam saya benar-benar full mengurus Aura bergantian dengan suami.. Lalu saya baru bisa menulis saat pagi-pagi sekali atau malam sekali, tapi saya betul-betul menikmatinya.

Jika ada yang perlu dikerjakan seperti mereview lipstik, saya betul-betul juggling antara memulas lipstick – foto – gendong Aura sebentar – taruh Aura di playmat – foto lagi – gendong lagi – hapus warna lipstick – pulas lipstick lagi – nyusuin Aura – udah ngantuk tapi nanggung harus selesaiin review – dan masih banyak lagi rintangan-rintangan yang saya hadapi hahaha.

Kalau harus pergi-pergi, saya jauh-jauh hari harus booking suami agar bisa gantian menjaga dan menemani Aura main. Karena Aura nggak bisa minum dari botol dot, saya setiap pergi juga harus buru-buru karena dikejar waktu menyusui.

Seru banget dan sangat menantang! Setiap hari jadi punya cerita-cerita unik dan lucu yang bisa dibagikan ke orang lain. Walaupun kadang saya juga suka moody karena terlalu capek, saya selalu ingat bahwa momen ini nggak akan terulang lagi. Jadi, harus benar-benar dinikmati deh walaupun lagi senang atau sedih.

Living in the moment takes practice, but it's worth it!

 photo x-andra4_zps7f1083c1.jpg

29 comments:

  1. I feel you, Andra. Inaaya juga ga pernah mau dikasih botol, maunya langsung sama ibunya. Alhasil setiap mau pergi selalu bilang dari jauh-jauh hari, pergi pun kaya dikejer setan ga bisa lama-lama karena udah bel harus menyusui, jalan berdua juga mesti rempong cari ruang menyusui ;p

    ReplyDelete
  2. Betul bgt it's worth it :) Aku sbenernya msh maternity leave dr kantor, tp ngerasain bgt nulis blog sambil ngurusin bayi itu susah ya dapet waktunya haha untung anak pertamaku ada mbaknya. Salut alo, hasil nulisnya tetap bagus 😘

    ReplyDelete
  3. wah salute dgn Andra yg sangat positive thinking.. Aku pernah ngalamin kek gitu.. anakku jg gk mau minum dari botol, harus nyusu lgs.. jd klo di tinggal kerja harus buru-buru balik.. Kadang bikin mood jd jelek dan gk konsen, tapi tenang aja nanti stelah Aura uda mpasi, lebih enak karena sudah mkn jd bisa lebih lama di tinggal, gak terlalu terburu-buru lagi.. Senenk banget liat periscope Andra yang selalu kasih support ke org-org utk selalu HAPPY.. semacam self reminder buat aku supaya utk selalu sabar, ikhlas, dan happy jalanin masa-masa ngurus anak yg gk selalu indah dan kadang-kadang melelahkan. Andra aja bisa HAPPY ngejalanin nya, masa aku ngeluh terus..hehe.. Thanks Ndra.. :) Always semangat n happy ya utk memotivasi kita smua..

    ReplyDelete
  4. Persis sama yg aku alamin.. Mana aura sama saif sama lagi umurnya.. Hehehe.. Saif juga gak mau nyusu asip plus dia gak mau ditaro di stroller kalo harus pergi keluar rumah.. Ya emang capek sih.. Tapi emang disitu tantangan kita.. Namanya juga mom (mother of multitasking) hihihi.. Semangat kak alo..!! ^^

    ReplyDelete
  5. ayoo ndra semangat! salut sama ibu ibu jaman sekarang yang masih sanggup kerja plus ngurusin anak. kayaknya fisiknya dikuatin dua kali lipat sama Tuhan buat mengurus semuanya.
    btw, aurasuri makin lucuuuu, makin gemes buat diuntel untel, hehehe

    ReplyDelete
  6. momen-momen langka bahkan bisa dibilang priceless seperti ini nggak bisa digantikan dengan apapun di dunia ini dan pilihan itu ya emang slalu ada konsekuensinya terlepas pro dan kontra orang sekitar kita ya Kak. Selamat menikmati momen bersama si cantik Aura Suri

    ReplyDelete
  7. Aku dukung Andra! :D
    Sama banget ndraaa. Dulu waktu aku juga sampingan wedding photographer, byk banget pengalaman yg menyenangkan (sekaligus melelahkan), mulai dr bangun subuh, tidur dilantai or bangku di waktu penganten retouch, sampe dapet makanan enak2. Tp memang ada yg harus sedikit dikorbankan yaitu wkt pacaran (pd saat itu).

    Hidup memang pilihan, tp ada yg hrs diprioritaskan. Tumbuh kembang anak hanya 1x seumur hidup yg bs kita lihat, dan ada kesenangan tersendiri <3
    Aku sendiri bs ngerasain waktu jaga ponakan "jadi ini ya yang namanya menikmati sbg ibu..." (nalurinya uda muncul hihi)

    Semangat Maloooo :*

    Btw terharuuu gelangnya dipake.. semoga suka yaa :*
    Semoga bs ktm2 lg sm Malo en ngobrol2 banyak

    ReplyDelete
  8. Kak Alo, ini bener banget. Anak saya seumuran Aura dan saya nunda kembali ke dunia medis sampe waktu yang belum ditentukan karena saya benar-benar ingin menikmati waktu bersama si kecil. Semua orang di sekitar saya mencemooh keputusan saya tapi saya tetap memilih untuk menikmati perkembangan anak saya dulu. Bersyukur memiliki kerjaan yang bisa welcome kapan aja mau kembali. Dan statement "pergi kemana-mana buru buru karena dikejar waktu menyusui" itu juga sama banget! Tapi di situlah serunya, gimana memanfaatkan waktu yang singkat se-efisien mungkin. Sukses terus kak alo dan keluarga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ines! Hehe iyaaa seru banget kalau pergi dikejar waktu menyusui, paling kan kayak gini cuma pas anak sampai 1 tahun aja. Habis itu gampang deh ditinggal2 :) Sehat-sehat terus ya!

      Delete
  9. Kak alo, mau nanya kalau lagi ada acara kayak kemarin pas talkshow makeover id itu gimana caranya ngebagi waktu sama aura? Atau lagi meeting misalnya... Kan susah kalau dipas2in sama waktu menyusui...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Astria, biasanya aku selalu bawa Aura kemana-mana. Kalau ada pekerjaan yang aku harus fokus banget, biasanya Aura menyusu dulu lalu aku tinggal pergi. 3-4 jam kemudian Aura langsung dibawa sama suami sekalian jemput aku. Jadi sekarang setiap pergi/kerja aku pasti buru2 banget. Tapi disitu sih serunya :)

      Delete
    2. Kak Alo.. inspiring bngt sih article ini..jadi merasa harus terus semangat utk ngurus anak sndiri dan ngerjain hal2 yang lain.. karna every milestones bner2 precious bngt ya. Hanya sekali dan ga bisa di ulang, pengen banget bsa dngerin kak Alo utk sharing ttg ngurus Aura and all the juggling klo oneday kak Alo bikin talkshow buat mommy2 yang jg galaw pengen balik kerja or jusy being productive sambil ngejaga bayi.. hehe... xoxo

      Delete
  10. Mbak Alodita ini salah satu yang blog-nya paling sering aku kunjungi, aku suka krn the way mbak nulis tu dari hati. Btw aku mengerti rasanya, karena aku juga wedding organizer, meski aku hanya team inti di beberapa wedding organizer tapi capeknya itu loh dari pagi sampai matahari ga terlihat lagi.

    ReplyDelete
  11. Mau sharing aja Mba Alo, baby saya juga ga mau minum asip dari dot. Udah sampe 6-7 macem botol/dot dicobain dari yang belasan sampai ratusan ribu, tetep ga mau. Dicoba pakai cup feeder juga ga mau. Akhirnya berhasil minum asip nya pakai sendok. Memang awalnya pasti banyak tumpahnya, tapi baby pinter kok bisa menyesuaikan. Alhamdulillah karena ga mau dot, justru malah lebih cepat belajar minum dari gelas dan sedotan, ga pernah ngalamin bingung puting, dan ga usah mikirin nyapih dari dot :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Twindya, thanks sarannya! Nanti aku coba lagi deh :)

      Delete
  12. I feel you malooo.. ^_^ Sabyl anakku jg gamau minum asip dan pakai dot, jd ya nempel terus sm mamanya kmn mama pergi, kl mau me time (pijet, misalnya krn badan udh rontok) jg ga lbh dr 2 jam.. Hihihi.. Tapi ngeliat perkembangan anak dr mulai ga bisa apa2 sampe skrg udh "geratak" kesana kemari, itu rasanya bahagia bgt. Walau cape, tp cape nya beda :) bahagia.. Sehat dan happy terus baby aura suri yg ginuk ginuk gemesin ❤️

    ReplyDelete
  13. *toss* samaaaaaa!

    Lagi pengen serius ngurus blog, eh ada bayi yang dititip Tuhan jadi harus pinter-pinter manajemen waktu atau bahkan mengalah gak nulis apapun di blog untuk jangka waktu yang tidak ditentukan...hahahaha...

    I just live at the moment now :)

    ReplyDelete
  14. kak alo, you're so inspiring.. God bless you & family kak! :))

    ReplyDelete
  15. wahhh pinternya Aura Suri, tenang kak stock asipnya msh bs dipake bwt campuran MPASI :)

    ReplyDelete
  16. hi Mbak Alo, saya juga lg in between... resign and fokus utk progmil (lagi) atau tetep kerja dan melakukan progmil nya sambil 'jalan' aja... :(

    ReplyDelete
  17. Semoga semuanya diberikan kelancaran yah mbak and auranya selalu sehat :), amin

    ReplyDelete
  18. Tatapan Aura d foto ini emang pasti bikin ga bisa ninggalin siy yahhh..... Gemeshhhh!!!
    Apapun keputusan kita terhadap pekerjaan kan kita yang jalanin, jadi ga usah terlalu dengerin omongan orang, yang penting suami meridhoi keputusan kita. Saya juga setahun kemarin beraaaat bgd rasanya mau ninggalin kerjaan krn nemenin suami yg lanjut kuliah 5tahunan, tapi kalau saya maksa mau menikah jarak jauh, kapan dong program punya anaknya? Hahahaaaa.....walaupun banyak yg bilang sayang bgd kerjaan ditinggalin, yg penting saya happy ngejalaninnya :))
    Happy Parenting yah, mba Andra! :))

    ReplyDelete
  19. Kak Andra semangat! Being mom isn't easy. But it's priceless! Keep breastfeeding 😄

    ReplyDelete
  20. Kak Andra semangat! Being mom isn't easy, but it's priceless! Semangat juga menyusuinya 😊

    ReplyDelete
  21. hi, kak alo... samaaa anak sy jg ga mau mnm asip dr dot maunya lgs..hehe , tp berkat itu jd byk bonding dan suply asi sy yg sempet menurun kembali meningkat.. hehe.. dan bner bgt rasanya dikejer2 nyusu tuh seru haha

    ReplyDelete
  22. Hi ,ka alo... Aku tuh suka banget update liat blog sm ig kak alo... Bikin penyemangat klo lagi moodnya jelek. Aku juga baru lahiran anak ke dua. Walaupun anak ke dua bukan brarti aku ga dpt pengalaman baru hehehe.Kadang klo ga ad yg baru di blog sm ig nya ka alo..aku pasti mikir..."ka alo lg repot kayanya"hehehe...pokoknya motivasi bgt deh mbak alo ini ... Auranya mbak alo ini bikin bahagia...#sebar2percikanaura hahaha

    ReplyDelete
  23. omg!! terharu banget bacanya plus berasa punya teman seperjuangan hehe. Anakku, Zhilian juga sama persis kayak Aura nggak mau minum dari botol dot maunya langsung ngedot dari mamanya sampai sekarang udah 10 bulan lebih.

    Aku juga dulu bisa dibilang wanita karir, gimana nggak, I did two jobs sekaligus, paginya kantor mulai dari jam 9 pagi sampai sore jam 6, terus lanjut lagi tapping untuk acara infotainment dari jam 8 malem dan biasanya selesai jam 10 atau malah kadang molor karena nunggu script yang datengnya suka semaunya.

    Tapi semenjak ada Zhilian, hidupku benar-benar berubah, full time mom no nanny di rumah deh sekarang, walaupun kadang suka cranky gara-gara capek dan kurang tidur, apalagi bulan-bulan pertama kelahiran Zhilian.Tapi semuanya worth it, aku bisa ngeliat setiap pertumbuhan Zhilian dan masih full ASI sampai sekarang.

    ReplyDelete
  24. speachless perjuangannya... keren ka alodita... review lipstik pas ada baby itu ternyata sesuatu ga semudah yang aku kira.. keren

    ReplyDelete