Thursday, October 1, 2015

CHECKLIST: WHAT TO PACK FOR C-SECTION & HOSPITAL

 photo 0_hospital_checklist-alodita1_zpscfa9liwp.jpg
Merasa kurang yakin dengan apa harus disiapkan menjelang melahirkan? Wajar kok, semua calon ibu pasti sering was-was takut ada yang kurang saat packing untuk persalinan. Packing untuk menginap di rumah sakit bukanlah hal yang asing untuk saya, setelah 2 tahun bolak-balik menjalani prosedur di  rumah sakit – saya semakin pro dalam hal packing barang-barang yang dibutuhkan di rumah sakit.

Checklist yang saya buat memang saya buat khusus untuk persalinan c-section, bukan persalinan normal. So if you’re planning a natural delivery, saya harap list ini akan berguna saat Anda sudah pulang ke rumah. Saat menjelang melahirkan, saya sengaja berprinsip over packing supaya suasana di RS tetap nyaman seperti di rumah.

Setiap item sengaja saya buat sedikit too much information yaaa supaya memudahkan pembaca :)

FOR MOM

TRAVEL BAG/KOPER Saya menggunakan koper ukuran medium untuk membawa semua kebutuhan saya dan suami. Untuk kebutuhan bayi saya pisahkan di diaper bag.

BAJU TIDUR DENGAN KANCING DEPAN Baju yang disediakan oleh rumah sakit tempat saya bersalin kurang nyaman untuk menyusui, sehingga daster/piyama dengan kancing depan sangat membantu saya. Saya memakai Blooming Marvelous yang dijual di Mothercare karena bahannya yang dingin dan menggunakan snap button.

BRA MENYUSUI Bawa sebanyak 2-3 buah. Saya memakai Mamaway Seamless Nursing Bra.

CELANA DALAM HAMIL Saya memakai celana dalam hamil merek Sorex karena bahannya yang dingin, sangat nyaman dan harganya murah meriah – selain itu karena ukurannya besar jadi sangat nyaman dipakai pasca melahirkan dan tidak menyakiti bekas jahitan.

KAOS KAKI Untuk menghangatkan kaki dari suhu ruangan yang dingin.

KORSET Di rumah sakit tempat saya bersalin menyarankan untuk memakai korset sesegera mungkin saat pasien sadar dari pengaruh obat bius. Bukan hanya untuk mengecilkan perut, tapi korset juga sangat membantu proses pemulihan dan menopang tulang punggung dengan baik. Review korset yang saya gunakan pasca melahirkan bisa dibaca disini.

IKAT/JEPIT RAMBUT Agar rambut lebih rapi, terutama jika memiliki poni yang sudah jatuh-jatuh ke daerah mata.

LIP BALM Untuk melembabkan bibir yang kering akibat suhu ruangan di rumah sakit yang kering. Untuk hasil yang maksimal, gunakan RĂªve de Miel Lip Balm dari NUXE.

PEMBALUT BERSALIN Untuk 2-3 hari pertama setelah melahirkan sebaiknya menggunakan pembalut bersalin agar lebih nyaman. Saya membawa ekstra pembalut bersalin merek Dacco ukuran Slim Large karena biasanya rumah sakit pasti menjual dengan harga yang jauh lebih mahal dibanding di toko bayi atau online shop. Setelah pulang ke rumah, saya menggunakan Laurier Relax Night dan Laurier Active Day Double Comfort Long Wing sepanjang masa nifas.

DRY SHAMPOO Bye, bye, rambut lepek dan berminyak! Dry shampoo adalah penyelamat saya saat saya belum bisa mandi atau keramas paska operasi. Saya menggunakan Oscar Blandi Pronto Invisible Dry Shampoo Spray versi travel size.

TOILETRIES Sikat gigi, odol, pencukur bulu, pembersih muka, deodoran, shampoo dan sabun favorit kita – sebisa mungkin travel size. If it's almost out when you leave, just toss it. Saya senang bawa toiletries sendiri agar lebih nyaman dan rasanya lebih dan segar saat mandi di rumah sakit.

PERMEN MINT To freshen up your breath.

MAKEUP BAG Agar tetap terlihat fresh terutama saat banyak tamu berkunjung dan ingin berfoto. Compact powder, blush on, eyeliner, eyebrow pencil, eyelash curler, lip tint or lipstick. 

MOISTURIZER Bring this and you will not regret. Suhu ruangan di rumah sakit sangat lembab dan membuat kulit cepat kering. Selain itu membawa facial spray seperti dari merek Evian atau Avene juga jadi pilihan yang tepat!

HAIRDRYER Karena rumah sakit biasanya tidak menyediakan hairdryer. Hairdryer bukan hanya untuk mengeringkan rambut tapi juga membantu untuk mengeringkan bekas jahitan setelah mandi.

BREASTPUMP Sekedar untuk jaga-jaga saja atau untuk memompa ASI agar lebih lancar. Jangan lupa bawa wadah/plastik/botol kaca untuk menyimpan ASIP. Saya sudah mencoba tiga macam breastpump dari merek dan jenis yang berbeda, saya paling suka dengan Pigeon Manual Breastpump.

BREAST PAD I prefer the disposable pads, lebih praktis dan ngga repot harus cuci-cuci. Disposable breast pad terbaik menurut saya adalah Pigeon dan Mamaway. Bawa sekitar 12-16 buah untuk di rumah sakit.

NIPPLE CREAM You will need this, nursing mamas! Puting lecet itu rasanya seperti disayat-sayat, jadi membawa nipple cream is a MUST! Saya menggunakan Buds Organics Nursing Salve yang  mengandung bahan-bahan alami dan organik, yang tentunya aman digunakan untuk ibu dan bayi. Selain nipple cream, bisa juga menggunakan coconut oil atau madu untuk menyembuhkan puting lecet.

MASSAGE OIL Untuk memijat payudara agar aliran ASI lancar.

MINYAK ANGIN Saya pencinta minyak angin Safe Care, untuk dioleskan pada bagian bahu dan tulang punggung sekedar untuk mencegah masuk angin atau membuat tubuh lebih rileks.

VITAMIN Saya mengkonsumsi Lactafar yang diberikan dokter kandungan saat di rumah sakit, tapi sebelum persalinan saya selalu mengkonsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold.

NURSING PILLOW Atau bantal menyusui, sangat membantu saat belajar menyusui hari-hari pertama setelah persalinan karena paska operasi c-section biasanya pasien belum bisa duduk dengan nyaman.

SELIMUT KECIL Untuk dipakai sendiri atau dipinjamkan ke suami saat tidur. Selimut kecil favorit saya adalah velvette blanket dari Palmerhaus.

HAND SANITIZER Untuk tamu-tamu yang ingin mengendong atau memegang bayi. Selalu simpan di dekat tempat tidur. Saya menggunakan Babyganics Alcohol-Free Foaming Hand Sanitizer yang bisa dibeli di Mothercare.

HANDUK MANDI For hygiene reason. Selain itu handuk milik sendiri pasti jauh lebih nyaman dibanding yang tersedia di rumah sakit.

WASLAP HANDUK Bisa untuk membersihkan wajah atau tubuh saat kita belum bisa mandi di kamar mandi. Bawa sebanyak 2 buah.

BAJU GANTI UNTUK PULANG DARI RUMAH SAKIT Sebaiknya menggunakan dress atau baju longgar yang super nyaman, sebisa mungkin ada bukaan samping atau kancing depan untuk menyusui.

SMARTPHONE & CHARGER Wajib dibawa!

KAMERA & CHARGER Untuk mengabadikan momen yang bahagia ini, kalau takut ribet, ngga ada salahnya minta tolong saudara atau teman untuk membantu motret. Jangan lupa membawa ekstra memory card.

COLOKAN LISTRIK Supaya ngga rebutan nge-charge dengan tamu-tamu lainnya.

BAJU GANTI UNTUK SUAMI Jangan lupa membawa jaket atau cardigan agar tetap hangat selama di rumah sakit, dan baju tidur untuk suami.

SENDAL JEPIT Untuk dipakai saat mandi atau berjalan di dalam kamar.

LAUNDRY BAG Untuk tempat pakaian kotor.

TISU ROL/TOILET Saya cukup perfeksionis jika berurusan dengan tisu kering dan tisu basah, karena terkadang tisu toilet yang tersedia di rumah sakit sangat tipis atau kasar. Saya membawa Paseo Bathroom Roll untuk sekedar jaga-jaga jika saya memerlukannya di RS.

BREASTFEEDING BOOK Saya memanfaatkan waktu di rumah sakit untuk beristirahat dan belajar menyusui, sebelum akhirnya pulang ke rumah dan menghadapi realita yang sesungguhnya (karena saya mengurus Aura tanpa suster dan mbak). Salah satu buku breastfeeding favorit saya adalah Multitasking Breastfeeding Mama, selain itu saya juga membawa buku What to Expect the First Year yang isinya sangat lengkap dan informatif.

DOKUMEN-DOKUMEN Seperti Surat Pengantar Dokter, Kartu Tanda Pengenal (KTP), Kartu Keluarga (KK), Buku Nikah dan surat-surat penting lainnya untuk pembuatan akte lahir.
 photo 0_hospital_checklist-alodita2_zpsbk6xbrr4.jpg
FOR BABY

DIAPER BAG Untuk membawa semua keperluan bayi, saya sengaja memisahkannya agar tidak campur aduk dan lebih mudah dalam mengambil barang-barang bayi saat diperlukan.

SLEEPSUIT Karena Aura Suri sewaktu lahir kecil sekali, saya agak menyesal membawa baju yang agak kebesaran. Sekarang banyak sekali baju newborn yang lucu-lucu dengan ukuran yang pas untuk bayi baru lahir dari H&M dan Mothercare. Ada baiknya memilih sleepsuit dengan kancing depan atau snap button, yang bagian tangan dan kaki tertutup agar lebih praktis.

TOPI Untuk melindungi kepala bayi dari suhu yang panas atau dingin.

SARUNG TANGAN Untuk melindungi tangan bayi agar tidak kedinginan dan cakaran karena refleks tangannya yang belum sempurna.

KAOS KAKI BAYI Untuk melindungi kaki bayi dari suhu yang panas atau dingin.

SELIMUT Rumah sakit menyediakan selimut untuk bayi, tapi rasanya menyenangkan jika kita bisa memakai selimut bayi yang baru saja kita beli. Saya memiliki beberapa selimut bayi dari Little Palmerhaus karena ukurannya yang kecil dan kualitasnya yang bagus (tidak rontok dan tidak membuat bayi alergi).

BEDONG INSTAN Membedong bayi itu ternyata perlu latihan berkali-kali, jadi lebih praktis sebaiknya memakai bedong modern atau bedong instan. Hanya tinggal dipakaikan ke bayi dan dieratkan velcro-nya saja, ngga perlu lipat-lipat seperti membuat origami. Merek favorit saya adalah SwaddleMe.

KAIN BEDONG Untuk diselempangkan ke bahu pengunjung sebagai pelindung saat mereka ingin menggendong bayi. Tujuannya agar kulit bayi tidak terkena parfum atau bahan baju yang tidak nyaman, karena kulit bayi yang baru lahir sangat sensitif.

POPOK Saya membawa popok sekali pakai sebanyak 1 pak untuk jaga-jaga saat perjalanan pulang dari rumah sakit ke rumah. Berhubung bayi yang baru lahir sangat sering buang air kecil dan harus sering ganti popok, popok yang tipis (tidak bulky) dan bahannya halus dari Pampers Premium Care Tapped Newborn menjadi pilihan saya.

KAPAS BASAH Untuk membersihkan daerah mulut dan wajah bayi setelah menyusu agar tidak bruntusan akibat terkena ASI. Selain itu juga bisa dipakai untuk membersihkan payudara ibu sebelum/sesudah menyusu. Saya menggunakan wadah Lock & Lock untuk menyimpan kapas basah agar tidak tumpah atau bocor.

TOILETRIES Berisi nappy cream, minyak telon dan salep atau healing cream – hanya untuk jaga-jaga saja jika dibutuhkan.

NEWBORN MINI PILLOW Untuk menyangga/menopang kepala bayi saat dalam posisi menyusui.

CAR SEAT Untuk membawa bayi pulang ke rumah dari rumah sakit. Tapi car seat saya ngga terpakai karena Aura kecil dan terlihat ringkih sekali, jadi saya menggendongnya sepanjang perjalanan pulang dari rumah sakit ke rumah. Saya menggunakan Maxi-Cosi Cabriofix.

OTHERS (OPTIONAL)

BOTOL SPRAY Yang berisi air mineral atau air matang, dipakai untuk membersihkan kemaluan sebagai pengganti selang air. Selang air di toilet/kamar mandi rumah sakit biasanya alirannya sangat deras, kadang menyakiti bagian 'V' saat kita sedang buang air kecil. Selain itu saya juga membawa Earth Mama Angel Baby New Mama Bottom Spray untuk menyegarkan area 'V'.

BOKS BESAR Boks, kardus atau plastik ukuran besar untuk membawa pulang kado-kado yang diberikan oleh tamu yang berkunjung. Jika memang bisa memilih, sebaiknya minta teman/keluarga/kerabat untuk mengantar hadiah ke rumah, agar kita gak repot membawa kado-kado saat pulang ke rumah.

KANTONG PLASTIK KECIL Untuk berjaga-jaga jika mual atau muntah karena efek obat bius. Siapkan kantong plastik ini selama 24 jam setelah persalinan di meja sebelah tempat tidur.

LAPTOP & CHARGER Untuk menonton film, browsing atau memutar lagu.

BLUETOOTH SPEAKER Untuk memasang lagu-lagu yang menenangkan atau white noise yang dapat membantu bayi tertidur. Jangan lupa membuat playlist lagu-lagunya beberapa minggu sebelum persalinan.

TEA SACHETS If I could turn back time, saya pasti akan membawa beberapa sachet Mother's Milk Tea ke rumah sakit. Teh ini bukan hanya membuat saya lebih rileks, tapi juga membantu ibu menyusui memproduksi ASI yang lebih banyak.

If you have any questions please feel free to ask!
 photo x-andra4_zps7f1083c1.jpg

25 comments:

  1. Seneeeeeng ngebacanya dan detil banget. Tfs Kak Alo :)

    ReplyDelete
  2. waah detail banget buat mommy mommy baru :D
    thanks infonya <3

    main-main ke blog kita juga ya~
    https://nucifera.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. thank you mba, membantu bgt karena insya Allah minggu depan aku melahirkan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba, aku doain semoga lancar ya! GBU! :)

      Delete
  4. Kak Andra ini berguna banget! Mungkin nanti pas aku udah nikah dan mau ngelahirin bakal buka postingan Kak Andra yang ini X)

    ReplyDelete
  5. Thanks andra, membantu sekali postingannya :)

    ReplyDelete
  6. Andraaa,, makasih udah posting soal ini.. super membantu krn aku juga akan ngelahirin secara c-section.. jadi tau deh musti bawaapa. kiss kiss buat Aura yaaa

    ReplyDelete
  7. Andraaa,,, makasih banyak buat info perintilannya...
    Semoga semakin penuh keberkahan ya, ndraaa...

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. this post is very useful. thank youu

    ReplyDelete
  10. Kak Alooo, thankyou thankyou thankyou so much for sharing about this. Aku sedang hamil dan usia kandunganku 6,5 bulan, tiap hari bukain blog Kak Alo dan Kak Tara, sampe khatam kayaknya hehe. May Allah SWT always bless ur beautiful family, Kak! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Elfa, sehat-sehat yaaa dan semoga semua lancar! Amin! :D

      Delete
  11. manfaat banget buat calon ibu, seneng bancanya dan beneran aku catet buat persiapan pas lahiran nanti. Thanks Kak Alo^_^

    ReplyDelete
  12. Andraaaa it helps alot! Detail banget. Hahahaha. Udah aku catet2 semua digabung-gabung sama yang dari blog tara dan mbak fifi alvianto. Seneng banget pada gak pelit berbagi info gini. Sharing is caring, yeah? :D

    ReplyDelete
  13. *toss* vitaminnya sama nih, Lactafar.

    Mother's milk tea ngaruh ya? ASI-ku lumayan berlimpah cuma lagi mau nambahin jumlah hindmilk-nya :)

    Happy breastfeeding Andra :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mother's milk aku ngga terlalu ngaruh sih mba Hon, cuma biar rileks aja soalnya bener2 calming banget hihihi :)

      Delete
  14. Sangat berguna, detail bgt ka. Untuk bekal saat nanti aku nikah dan punya anak. Terima kasih ya ka. Salam kenal, ka Alo :)

    ReplyDelete
  15. wah berguna sekali listnya...saya jadi membeli beberapa items yang kamu rekomendasikan, Alodita

    ReplyDelete
  16. Mba Andra, Blackmores nya dikonsumsi sehari sekali apa 2x ya? Petunjuk yg ada di botol bilang sehari 2x, tp pas nanya temen dia bilang cukup sehari sekali, aku jd bingung hehe thanks before ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mbak, sehari 1x cukup kok. Awal-awal sih aku 2x, sekarang sih cukup 1x hihihi

      Delete
  17. wah sebentar lagi saya akan melahirkan, baca postingan mbak alodita jadi terbantu nih untuk mempersiapkan apa aja yg harus di bawa ke rumah sakit. Suka sama blog nya mbak alodita.
    http://www.linamarlianti.com

    ReplyDelete