Friday, October 9, 2015

CERITA SORE #3 | A LETTER FROM MY DAD

 photo DSCF5120_zps4foe7t0o.jpgSaat saya dibesarkan oleh orang tua hingga sekarang ini saya punya keluarga sendiri, saya jarangggg banget dikasih hadiah saat ulang tahun. Kalau mau hadiah, saya harus minta ke orang tua saya hehehe. Itu sih dulu ya, sekarang kalau mau sesuatu ya nabung dan beli sendiri atau malakin suami hahaha.

Sejak saya pacaran dengan Abenk, keluarganya beda banget dengan keluarga saya. Setiap ada yang ulang tahun, pasti di rumah mertua selalu ada bunga lalu si mbak bikin nasi kuning, lalu makan-makan di rumah. Kalau di keluarga saya setiap ada yang ulang tahun pasti kami makan-makan di luar seperti makan chinese food atau makan steak.

Tapi tahun ini berbeda sekali dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana saya mendapat hadiah yang tidak saya pernah pikirkan. Ayah saya adalah seseorang yang ‘gatelan’ seperti saya, aktif dan gak bisa diam. Pasti adaaaaa aja yang beliau kerjakan. Beberapa tahun belakangan ini beliau cukup aktif di social media, rajin mengikuti perkembangan saya dan suami lewat Instagram dan blog kami. Ayah saya juga orang yang paling update dengan jumlah followers saya di Instagram, bahkan saya sendiri jarang memperhatikan hahaha.

Tahun ini, saya mendapat hadiah spesial dari ayah saya.

Bukan berbentuk barang mewah, bukan berbentuk materi. Tapi sebuah tulisan yang berhasil membuat saya menitikkan air mata, walaupun saya sudah membacanya berulang-ulang.

Beliau pernah berkata bahwa terinspirasi dengan saya yang sekarang jadi senang menulis, lalu beliau perlahan-lahan mulai rajin membagikan cerita sehari-harinya lewat akun pribadinya di Path dan Facebook.

Ini lah hadiah ulang tahun saya dari ayah saya, yang murni saya copy paste dari akun Facebook-nya. Thank you, Papa! x

 photo a-letter-from-papa_zpsc3nypgun.jpg

ANDRA ALODITA

Ya..! Itulah nama yg saya & istri berikan kepada anak sulung kami . 
Tak ada suatu perjanjian diantara kami sebelumnya , bahwa pemberian nama depan anak aku yg pilih & nama belakangnya istri yg menentukan .

Mengapa diberi nama Andra Alodita ?

Pagi itu istriku , sudah merasa akan melahirkan & aku antarkan ke rumah sakit bersalin di Jakarta Selatan .
Setelah dokter memeriksanya , dikatakan kemungkinan masih agak lama & diperkirakan pada malam hari baru akan melahirkannya .

Sambil menunggu malam hari , aku putuskan untuk meninggalkan istri ku dirumah sakit sedangkan aku pergi ke Trisakti , kampusnya , untuk melihat hasil ujian nya .

Dalam perjalanan tiba2 terlintas dalam pikiranku nama ANDRA , apakah ia seorang anak cowok maupun cewek . 
( Teknologi saat itu masih belum dapat mengetahui secara pasti jenis kelamin dalam kandungan )

Ya...Andra kependekan dari Anaknya Doktoranda , karena aku percaya istriku akan lulus & akan menyandang gelar sebagai seorang sarjana & sekaligus menjadi seorang ibu dari bayi yg akan dilahirkannya .

Sedangkan nama belakang “Alodita” adalah pemberian istriku .
Pada saat mencari nama bayi , yg diketemukan sebenarnya adalah "Alodia" , dalam bahasa Anglo artinya adalah “wanita kaya” , kaya dalam arti yg luas .

Sejujurnya , sejak dalam kandungan aku menginginkan anak pertamaku adalah anak cewek , dengan kelahiran sesuai keinginan ku sebagai rasa puji syukur saya artikan " Alodita" adalah singkatan dari " Alhamdulillah dia wanita "

Bakat menulisnya sebenarnya sudah terlihat sejak masih duduk dibangku SMP & sudah disarankan oleh istri ku agar dia menjadi seorang penulis . Tapi selalu saja dijawab oleh Andra " aah..mama ini apa sih...aku nggak suka nulis..!! "

Selain profesi yg ditekuninya sebagai Photographer , ia juga seorang blogger ( www.alodita.com ) yg hingga saat ini 'total pageviews' nya mencapai >3,4 juta .

Dalam blog nya ia juga berbagi pengalamannya secara terperinci & gamblang tentang perjuangannya untuk mendapatkan sang buah hatinya .
http://www.alodita.com/2014/07/my-ttc-journey.html?m=1

ALODITA adalah nama yg terpampang pada Instagram miliknya dengan jumlah follower nya dari hari ke hari semakin bertambah .
Jumlah ini meningkat cukup signifikan semenjak kelahiran buah cintanya , AuraSuri , pada tanggal 18 Juni yg lalu .

Meskipun saat ini follower nya telah mencapai lebih dari 141 ribu , saya tidak melihat adanya perubahan sifat & sikapnya yg tetap ramah & rendah hati , ia tetap ramah kepada siapapun .
Begitu juga ketika ia sudah lelah , ketika ia disapa & diminta foto bersama follower nya saat jumpa follower nya di mal-mal , restoran maupun tempat umum lainnya , ia tetap ramah seolah tak ingin mengecewakan fans nya .

Ya..!! Andra Alodita adalah anak ku yg kala itu usianya baru 21 tahun tetapi sudah lepas dari "beban finansial" orang tuanya . Di usia itu ia mengatakan kepada mamanya agar mulai bulan depan tidak perlu lagi diberikan uang ( saku ) bulanan karena ia sudah dapat memperoleh penghasilan meskipun belum banyak .

Keputusan ini tentu saja saya apresiasi sebagai bentuk ia sudah mulai mandiri tanpa bergantung lagi secara finansial kepada orang tua .
Dia sudah tumbuh sebagai wanita karir , sama sepertinya mamanya kala mudanya .

Saat ini ia sudah berada pada tingkatan "berebut" untuk membayar makan saat makan di restoran bersama mamanya . Hal ini saya simpulkan bahwa ia telah dapat mengelola keuangannya dengan baik .
http://www.alodita.com/2015/01/what-my-dad-taught-me-about-money.html

Mengenai "beban finacial" ini , sejak dini kepada anak2 memang sudah saya tanamkan bahwa " tanggung jawab finansial " orang tua hanya sampai pada usia 23 tahun , selewat dari usia tsb orang tua tidak lagi memberikan uang bulanan .

Mengapa 23 tahun ? , antara lain adalah sebagai berikut dasar pertimbangan saya :
1. Menurut hukum perpajakan seseorang yg usianya telah mencapai 18 tahun sudah dianggap mempunyai penghasilan sendiri , karenanya sudah tidak dapat diperhitungkan sebagai PTKP ( Penghasilan Tidak Kena Pajak ) orang tuanya.
2. Menurut ketentuan KUHP ( Kitab Undang-undang Hukum Perdata) seseorang sebelum genap berusia 21 tahun belum dianggap dewasa.
3. Usia ideal selesainya pendidikan (S1) adalah 22 tahun , maka sudah sepantasnya ia berupaya untuk memperoleh penghasilan sendiri .
4. Mendidik anak-anak agar kelak dapat hidup mandiri tanpa/tidak menggantungkan finansial kepada orang tua ( juga siapapun ) & agar mereka merasakan bagaimana jerih payahnya mendapatkan penghasilan sehingga kelak dapat merasakan kepuasan tersendiri menikmati hasil jerih payahnya dihari tua .

Itulah sekilas tentang ANDRA ALODITA , yg pada hari ini 07 Oktober 2015 , usianya genap 29 tahun , usia yg sudah dewasa , bukan usia anak2 ( lagi ) saat aku masih dapat menggendongnya .

Selamat ulang tahun anakku... Semoga selalu dalam lindunganNYA serta semoga menjadi orang yg berguna bagi keluarga serta Nusa & bangsa .

‪#‎alodita‬#AuraSuri

36 comments:

  1. Bahagianya memiliki ayah yang sangat bangga dengan Mbak Andra :)

    Nice story, jadi tahu arti nama Andra Alodita. Hehehe. Happy belated birthday ^^

    ReplyDelete
  2. wow, kisahnya mengharu biru. senang banget ya dapat status dari ayah di hari ultah.

    ReplyDelete
  3. wow, kisahnya mengharu biru. senang banget ya dapat status dari ayah di hari ultah.

    ReplyDelete
  4. Sweet banget papanyaaaa :') sama2 inspiratif. Papamu aja bilang sifat dan sikapmu ga berubah. That's why I adore you! Selalu humble dan ramah bangetttt. :*
    Many happy returns, and thank you for giving me a chance to celebrate your special day last Wed! :*

    xoxo,
    Fetty

    ReplyDelete
  5. Saya bacanya terharu, so sweet banget papanya mba Andra...
    BTW...Many happy returns, wish you all the best mba Andra :)

    xoxo,
    www.handdriati.com

    ReplyDelete
  6. entah kenapa mata saya tiba tiba berair juga membacanya kak Alo :')
    Proud of youu.. and your beloved Dad kak Andra Alodita.. :)

    ReplyDelete
  7. Awww. Happy birthday, Andra.
    Stay inspiring, stay humble.. You beautiful woman you!

    ReplyDelete
  8. Aku nangis bacanya..
    Terharu dan salut sama tulisan Papa nya kak Alodita.
    Semoga tetap menginspirasi dan stay humble ya kak. I remembered the day I met you for the first time at Biyan Fashion Show. Walopun cuma ngobrol sekilas, menyapa dan kakak nanya "kamu fotografer magang ya?" itu udah berkesan bangett..

    ReplyDelete
  9. inspiring banget kak. and happy belated birthday tuk kak Alo.

    ReplyDelete
  10. ah aku sendiri aja terharu bacanya *meskipun itu bukan untuk saya* haha

    Selamat ya kak alo, its a blessing for you to have such a great family ya mbak

    Papahnya gaul btw. salute !

    ReplyDelete
  11. Kak Alo, your Dad is awesome!!

    Now I know kenapa postingan Edisi “Cerita Sore” terasa beda banget, ternyata kak Alo ada bakat menulis ye-ha (dan Papanya ngga kalah bagus cara menulisnya... gen nya menurun ke kak Alo!), bagus di sini karena cara Kak Alo mengekspresikannya berbeda dengan tulisan beauty review, it feels like more personal––seperti mengenal sosok Alodita lebih dalam––and me personally really love reading “Cerita Sore” walau baru 2 postingan...

    Thank you for sharing this, Kak Alo... and happy belated birthday <3

    ReplyDelete
  12. Baca tulisan papa alo beneran membuat saya ikut menitikkan air mata. Saya seolah dapat membayangkan bagaimana perasaan papa alo saat menuliskannya. Sekarang jadi makin tau bagaimana aura positif alo terpancar kuat sekali.. Ternyata salah satunya adalah dari didikan ortu yang sangat positif. Papa alo sangat menginspirasi saya untuk menjadi salah satu referensi mendidik dan membesarkan anak cewek saya hingga kelak dpt mjd wanita yang positif seperti alodita. Happy belated birthday alo.

    ReplyDelete
  13. :')

    I think I know where you get the writing gen :)

    ReplyDelete
  14. Selamat ulang tahun, Ndra! Ramah dan rendah hati memang kamu banget. :)

    ReplyDelete
  15. Kak Alo, selamat ulang tahun ya! Senang ternyata ayah kakak perhatian dan hafal detail peristiwa hidup putrinya. Sehat-sehat selalu ya keluarga kak Alo dan kak Abenk!

    ReplyDelete
  16. This post is the most touching and sweetest along your other posts.
    Ayahnya Alo so sweet banget, sampe mewek bacanya...seketika jg rindu dengann almarhum papaku :'(
    Tapi bener ya Alo apa yang dibilangin papanya Alo tentang kamu. Kamu memang hebat dan berhati baik sekali. I alwasy keep mention this too when we have a chat right?!
    Selamat ulang tahun ya Alo, semoga Alo bahagia dan sukses selalu, sehat selalu dan diberikan umur yang bermanfaat. Semoga Alo menjadi ibu dan istri yang hebat. Btw ultah kita sama ya Alo hehe...

    ReplyDelete
  17. Best gift ever... Reading this, I can see that he's a very proud father :')

    Ps: we have the same birthday!

    ReplyDelete
  18. like father like daughter ya, dua-duanya suka nulis.
    btw itu rambutnyaaaa ndra, dari kecil udah bikin trademark :))

    ReplyDelete
  19. so sweet! :') pas banget saya lagi kepo mau tahu arti nama Mbak Alo :) Senyum Mbak Alo dari kecil sumringah sekali yaa... Belated happy birthday, Mbak!

    ReplyDelete
  20. ini sih best gift ever ya ndra. priceless!! keliatan banget bakat nulismu nurun dari papa.

    anyway kamu waktu kecil lucuuu banget deh. cantiknya udah keliatan dari dulu. hehe

    ReplyDelete
  21. kak Alo ini touching banget huhuhu happy birthdaaay sekali lagi ya kak :)) semoga sehat selalu keluarganya :))

    ReplyDelete
  22. Aduh Papa-nya romantis banget mba >.< jadi kangen Abaku u.u
    Selamat ulang tahun ya mba~ btw waktu kecil sudah cantik ih ^^

    ReplyDelete
  23. Santa Alodia adalah seorang martir yang mati disiksa karena tidak mau dipaksa berpindah ke keyakinan lain. -- its my name too =)

    ReplyDelete
  24. Sukaaaa bacanya :)

    Happy belated birthday Alo :) Keep inspiring

    ReplyDelete
  25. ayah dan anak perempuan memang selalu dekat ya? it's lovely to have a dad like him :)

    ReplyDelete
  26. ANDLAAAAA, papanya JENAKA bangeeeet!!
    Ini bukan mewek bacanya, tapi cekikikan sendiri bacanya X))) nama yg disingkat2 jadilah namamu hahahahaha...salam lemon buat papah dan mamah juga!!!!

    ReplyDelete
  27. Sweet and touching story as always kak :)

    ReplyDelete
  28. bakat nulisnya ternyata diturunkan sama ayah yaa... :)

    ReplyDelete
  29. Nangis bacanya.. Ayah yg luar biasa :-)

    ReplyDelete
  30. hi andra,
    reading your story is like i'm looking at mirror...the way that my father looking for my name is same like u...hahah..apapun jenis kelamin aku waktu itu, bapak akan ngasih nama depan "INDRA" buat aku...hehhehe...tapi jadi bikin salah kaprah, kadang dikiranya aku ini cowok *sad..ya sudah lah #koqcurcol
    terima kasih ya buat selalu share cerita2 positif di kehidupan kamu...baca blog kamu dari jaman masih pacaran ama Abenx, sampai cerita lamaran di taman, nikah, tips tips kesehatan, perjuangan untuk dapetin Aura...dan g tau chapter apa lagi setelah ini...will see....:) semoga bisa terus menginspirasi ya... :)

    ReplyDelete
  31. Hallo kak Andra Alodita.. biasanya aku cuma baca blog kak Andra tanpa comment tapi untuk yg ini rasanya aku ga tahan harus tulis.. aku selalu kagum sm nama cantik dari Andra Alodita (secantik orangnya) ternyata dibalik nama cantik itu ada ketulusan doa dari kedua orang tua kak Andra.
    Aku sampai terharu dan keluar air mata baca nya. Beruntungnya kak Andra punya kedua orang tua yg baik.
    Keep inspiring kak Andra Alodita. Salam untuk kedua orang tuanya, kak Abenk dan Aura.. semoga kalian sehat selalu.

    ReplyDelete
  32. wowww ternyata Alo bdaynya sama persis dengan hubbyku and he is too very carefull with financial :)

    ReplyDelete