Monday, August 3, 2015

AWALI DENGAN KIWI

 photo awalidengankiwi-1_zpsen5g7xwq.jpg
Wah rasanya udah lamaaa banget ngga nulis dan sharing soal sesuatu yang berbau healthy lifestyle. Kebetulan waktu hamil, saya males banget ngejaga makan. Bahkan ada teman saya yang sempat bilang, “Rasanya tidak ada satu pun ibu hamil yang makannya ‘rapi’ deh.”

Hahaha! Termasuk saya! :D

Kenapa pas hamil makan pola makannya berantakan? Wah kalau itu jawabannya cuma satu, HORMON!

Tiga minggu terakhir ini aku mulai bebenah pola makan, alias bertekad untuk hidup sehat lagi seperti sebelum hamil. Mulai dari makan sayur, minum fresh juice, sampai pengganti vitamin/supplemen dengan semua yang alami. Nah, dari tahun lalu memang saya bertekad untuk lebih memperhatikan asupan makanan, vitamin dan nutrisi yang masuk ke tubuh.

Salah satu vitamin yang selalu saya andalkan setiap saat adalah kiwi. Buah kecil yang kulitnya berbulu tipis ini sangat kaya akan vitamin, nutrisi dan berbagai manfaat lain untuk tubuh. Memang berasa banget kalau rajin mengkonsumsi kiwi, badan lebih fresh dan rasanya lebih enteng. Apalagi sekarang aku sering bangun tengah malam alias begadang dan menyusui, jadi badan saya tuh rasanya butuh asupan lebih.

Tahun 2015 ini, Zespri mengadakan kampanye “Awali dengan Kiwi” yang mengajak masyarakat untuk mengawali harinya dengan sarapan yang sehat, yaitu sarapan dengan buah. Kalau kita lihat di sekitar kita, banyak sekali masyarakat yang menganggap remeh sarapan. Pokoknya asal kenyang aja deh, nasi goreng, nasi uduk, lontong sayur, semua dilahap! Padahal dengan sarapan yang sehat, yaitu sarapan dengan buah, tubuh terasa fit dan segar sepanjang hari. Dan ini penting banget karena kita butuhSelain itu, perut kosong di pagi hari juga terisi dengan nutrisi dan vitamin yang sangat berguna untuk hari-harimu.

 photo awalidengankiwi-3_zpss8kxq7u3.jpg

Kenapa perlu mengkonsumsi Kiwi?

Tanpa disangka-sangka, buah kiwi mengandung vitamin 3x lipat dari jeruk dan nutrisinya 10x lipat dari apel. How cool is that?!

Artinya.. Buah kecil ini kaya akan manfaat bagi tubuh. Nah, biasanya untuk memenuhi kebutuhan saya sehari-hari, saya mengkonsumsi satu buah kiwi saat pagi hari setelah minum air putih, sebelum sarapan. Lalu satu buah kiwi saat sebelum makan malam. Hasilnya? Tubuh lebih segar dan terasa sehat sepanjang hari, yang jelas ngga gampang sakit atau capek!

Berikut fakta-fakta mengagumkan mengenai buah Kiwi Zespri:

  • Kiwi memiliki nutrisi paling banyak dibandingkan buah-buahan lainnya.
  • Kiwi kaya akan Vitamin C. Selama ini kita pikir bahwa buah jeruk yang paling banyak mengandung Vitamin C, padahal kenyataannya buah kiwi memiliki Vitamin C tiga kali lipat buah jeruk. Vitamin C sangat berguna untuk mengurangi kelelahan dan menningkatkan energi.
  • Kiwi juga mengandung vitamin lainnya yang lebih tinggi dari buah-buahan lain, seperti Vitamin E (untuk antioksidan dan kesehatan jantung), Asam Folat (penting sekali nih untuk sebelum dan selama kehamilan untuk mencegah cacat tulang belakang pada bayi) dan Potasium (menjaga tekanan darah dan kesehatan jantung).
  • Kiwi dapat membantu meningkatkan fungsi sistem kekebalan tubuh dari bakteri dan virus.
  • Mengkonsumsi buah kiwi dua buah sehari terbukti mengurangi jumlah sel yang rusak akibat stres oksidatif dan terbukti memperbaiki kerusakan DNA akibat stres oksidatif – ini terbukti pada penelitian terhadap sekelompok manusia di New Zealand dan Eropa.
  • Mengkonsumsi kiwi 2-3 buah per hari dapat membantu mengurangi penggumpalan darah dan terbukti dapat mengurangi stress oksidatif.

Luar biasa ya! Kalau dulu ada pepatah “An apple a day keeps a doctor away”, sekarang harusnya diganti ke “A kiwi a day keeps a doctor away”!

*Disclaimer: I was given Zespri products to test, at no cost. All opinions are my own.

9 comments:

  1. pepatah trakir pas bangeeeet ya keknya, scara buah apel skrg kan rada aware dgn kandungan lilin di kulitnya itu #CMIIW
    btw buah kiwi yg kuning dan hijau itu bedanya apa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang kuning jenisnya SunGold, lebih manis dan juicy. Yang hijau itu Green, rasanya lebih segar tapi asem hihihi

      Delete
    2. oic, brarti cmn beda dirasa aja ya kak, kirain slama ini salah milihnya kok aceeeem pas itu hehe :)
      thx infonya

      Delete
  2. gara-gara postingan tentang kiwi kamu yang dulu ndra, aku juga jadi semangat banget sekarang makan kiwi, apalagi kiwi kuning. tp aku susah buat dijadiin sarapan, secara di waktu yg sempit malah lebih milih susu+oatmeal, jadi buahnya aku geser setelah makan malam.
    dan emang bener sih sering makan kiwi yang aku keliatan hasilnya itu kulit jadi lebih mulus, hehee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya bikin kulit kinclong dan mulus! Coba deh makannya pagi pagi, seger banget :D

      Delete
  3. Aku belum pernah coba yg gold, gara2 liat postingan kiwi mu lagi, brb ke toko buah ahhh 😘

    Thank you mama Alo!

    ReplyDelete
  4. Setujuuuuu Andra :)
    Aku juga setiap hari jus kiwi campur dengan buah lain, misal pisang, apel, pear, dan tomat.
    Rasanya? New sensation d.. bisa dicoba.. dan Suamiku bilang perut lebih entengan setelah rutin makan kiwi.. cocok untuk diet juga :D
    pokoknya Kiwi is the best solution for your healthy <3

    ReplyDelete
  5. Waduhh jdi keinget dluu, waktu ibu masih suka bikin juicekiwi,, jdi pingin nge-jus lagi bareng mama :D

    ReplyDelete
  6. Halo mba Alo, mau tanya dong. Semasa hamil masih rajin minum air lemon gak ya? Soalnya sebelum hamil saya rajin minum, tp semenjak hamil dan sudah sampai ke bulan ke 4, stop sama sekali.

    ReplyDelete