Thursday, June 11, 2015

MY PREGNANCY ESSENTIALS

 photo blog-DSCF2553_zpsogqtpkhq.jpgMumpung saya masih punya energi untuk sharing dan menulis di blog sebelum persalinan nanti, kali ini saya ingin berbagi tentang pregnancy essentials – berhubung banyak sekali yang tanya dan meminta untuk berbagi tentang produk-produk favorit di masa kehamilan.

So far, my pregnancy has been amazing! Saya hanya merasa lemas dan mual di trimester pertama dan ketiga – dan akhirnya saya mencoba untuk lebih mendengarkan tubuh saya. Sebelum memilih produk-produk yang saya coba, saya menghabiskan banyak waktu untuk research pada saat trimester awal. Saya juga banyak bertanya dengan teman-teman yang sudah lebih berpengalaman, membaca tips-tips dari para blogger dan bertanya kepada para owner online shop agar tidak salah memilih produk.

 photo blog-DSCF2551_zpsdvppuy9g.jpg

Berikut adalah daftar produk-produk favorit saya:

BEAUTY & HOME

Buds Organics Stretch Mark Prevention Cream
Sebelum hamil saya memang sudah rajin mengoleskan natural oil di area paha dan perut untuk mencegah stretch marks. Tapi sejak trimester kedua saya mudah gatal-gatal jika memakai natural oil, lalu saya menggantinya dengan krim pencegah stretch mark dari Buds Organics. Saya suka tekstur krimnya yang ringan dan mudah menyerap, lalu tidak mudah luntur atau lengket saat kulit berkeringat. Selain itu, produk Buds juga mengandung 100% kandungan organik yang sudah tersertifikasi.

Buds Super Soothing Rescue Lotion
Salah satu produk Buds yang menjadi ‘jagoan’ saya selama hamil karena membantu menghilangkan gatal-gatal dan cepat menyembuhkan luka karena gigitan serangga. Sebenarnya produk ini terkenal sebagai penyembuh eczema dan iritasi pada kulit bayi, tapi saya juga menggunakannya karena produk ini membuat saya merasa lebih tenang.

Spoil Organics Tea Tree Oil
Alternatif obat jerawat yang aman dan efektif untuk ibu hamil. Saya juga kadang memakainya untuk mengobati luka akibat gigitan serangga.

Blue Stone Botanicals Lavender Liquid Soap
Sabun tekstur dan wanginya sangat lembut, selalu merasa rileks setiap habis mandi dengan sabun ini. Cocok banget karena saya sering merasa cepat lelah saat hamil. Selain itu, sabun ini terbuat dari bahan-bahan natural dan tidak membuat kulit kering.


SLEEPING

Theraline Maternity & Nursing Pillow
Investasi terbaik saya di masa kehamilan, membantu posisi tidur saya lebih nyaman, memberikan support untuk tubuh saya dan bisa dipakai di saat menyusui. Bantal ini sering jadi ‘rebutan’ saya dan suami karena memang nyaman sekali dipakai untuk tidur atau relaksasi.

My Brestfriend Pregnancy Wedge
Bantal ini sangat, sangat membantu saya mendapatkan posisi tidur nyaman saat trimester ketiga. Semakin besar perut, semakin berguna juga bantal ini untuk menopang agar perut tidak tertekan saat tidur.

Minyak Angin Safe Care
Minyak angin favorit saya selama dua tahun terakhir. Baunya tidak terlalu menyengat, menemani saya di segala aktifitas mulai dari traveling, masuk angin sampai saat backpain menyerang.

 photo DSCF2558_zps6cirrjca.jpg

CLOTHING

Amon – Be Hold
Belly belt paling nyaman yang pernah saya coba, harganya pun sangat sesuai dengan kualitasnya. Produk ini mensupport perut dan lower back saya dengan sangat baik. Bahannya nyaman, dingin dan seamless – sehingga seperti tidak terasa menggunakan belly belt. It’s a must for any pregnant woman!

Mamaway Second Skin Seamless Nursing Bra
Saya agak menyesal tidak mencoba produk ini dari awal kehamilan saya, karena di lingkungan saya memang masih jarang yang memakai produk Mamaway. Bahannya sangat dingin dan nyaman, dapat menyerap keringat, tidak melar saat dicuci dan tentunya menopang payudara dengan baik.

Mamaway Anti-Bacterial High-cut Briefs
Celana dalam yang paling nyaman di masa-masa kehamilan saya terutama saat memasuki trimester akhir. Bahannya sangat nyaman dan menyerap keringat dengan baik, walaupun elastis tapi tidak mudah melar. High-cut briefs ini juga memberikan support pada perut dan lower back.

H&M Sleepwear
Selama trimester kedua, saya selalu hunting baju tidur yang nyaman untuk dipakai saat hamil hingga menyusui nanti. Pilihan saya jatuh pada H&M Sleepwear, karena bahannya yang nyaman dan harganya yang reasonable.

Basic Maternity Clothing
Walaupun saya selalu memakai pakaian yang longgar, saya tetap berbelanja beberapa pakaian ibu hamil maupun pakaian biasa – asalkan bahannya nyaman dan potongannya loose. Beberapa local brand favorit saya adalah Cotton Ink, Matroishka, Soepshop.

Birkenstock Sandals & Rivieras
Seiring dengan membesarnya perut, saya sering kehilangan keseimbangan jika sedang berjalan atau naik-turun tangga. Untungnya saya sudah investasi dengan membeli dua buah sandal Birkenstock dan satu pasang sepatu Rivieras untuk menopang tubuh saya yang semakin hari semakin berat.


BOOKS & ARTICLES

Bringing Up Bébé
One of the best parenting book! Buku ini menceritakan perbandingan antara French parenting dan American parenting. Saya pernah bahas soal buku ini disini.

What to Expect When You’re Expecting
Sangat informatif dan helpful untuk saya yang clueless saat awal kehamilan hingga sekarang. Semua informasi yang perlu diketahui saat sebelum, sesaat dan sesudah kehamilan lengkap di buku ini.

Cinta Ruhama Amelz – Baby Essentials
Saat waktu newborn baby shopping tiba, saya mencontek checklist Tara karena detail dan informatif. Walaupun tidak semua checklist Tara saya ikuti, tapi sangat berguna apalagi saya masih sering bingung dengan istilah-istilah barang bayi baru lahir.

A Cup Of Jo – Motherhood
Tulisan Joanna Goddard selalu menginspirasi saya sejak awal blogging, sekarang saya punya kategori favorit yang sering dibaca yaitu bagian ‘Motherhood’.

TECH

Bellybuds – Baby-bump Sound System
Thanks to Bellybuds creators, bonding dengan bayi dalam perut lebih mudah dan juga lebih menyenangkan. Bukan hanya untuk merangsang otak bayi dengan alunan musik, Bellybuds juga membantu mengubah posisi bayi yang sungsang dengan cara meletakkan bellyphones di bagian bawah perut agar bayi terpancing untuk memutar posisinya.

Unborn Heart – Smartphone Fetal Doppler
Di trimester akhir, gerakan bayi saya agak sedikit berkurang tapi katanya itu hal yang normal karena ruang gerak bayi semakin sempit. Plus, saya diminta dokter untuk terus memantau gerakan bayi karena posisi bayi yang terlilit tali pusat. Smartphone fetal doppler ini benar-benar penyelemat saya ketika saya merasa agak was-was saat bayi tidak terlalu banyak bergerak.

*Disclosure: Some of these items were gifted to me by various companies, but as always all thoughts and opinions are my own.

 photo x-andra4_zps7f1083c1.jpg

9 comments:

  1. wow, its so simple, thanks for infomation

    ReplyDelete
  2. Hi, Kak Alo!

    Awww semakin dekat yaa! Siapa yg mau lahiran, aku (dan mungkin readers lainnya) yg deg-degan!
    Thank you sekali buat artikelnya, aku bookmark buat "bahan" referensi yang akan datang. Take care ya, Kak. Jangan banyak gerak lagi, ngumpulin power buat welcoming #babyalo. All the best and hope to meet #babyalo SOON on the blog hihi.

    xoxo,Jane

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Jane, thank you so much yaaa! Hihihi

      Delete
  3. Wow terimakasih infonya kak Alo :)))

    ReplyDelete
  4. Ah.. Baca ini jadi kangen masa hamil itu. Dulu pas anak pertama aku juga sempet telat kenal sama nursing bra tuh. Malah baru kenal pas udah melahirkan dan lagi menyusui. Baru nyoba-nyoba yang enak. Untungnya pas anak kedua, udah tau, jadi tinggal repurchase aja.

    Pas anak pertama, baju hamil lebih banyak. Selain yang longgar-longgar ya. Skalinya udah melahirkan dan menyusui, bingung deh bajunya banyak yang gak bisa di pake karena aku menyusut cukup banyak dan rata-rata gak nursing friendly. Jadinya pas anak kedua, kalo beli baju, pasti mikir bisa buat menyusui atau enggak. Supaya bisa lebih awet dan jadi investasi kedepan juga buat baju menyusui.

    Semakin deket ya waktunya. Smangaaattt.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul Mba, aku juga akhirnya beli bbrp baju untuk nursing, sisanya pakai yang berkancing aja. Tapi kalau teman-temanku suka pada cuek, nyusuin pakai kaos aja terus tinggal ditarik ke atas hahaha. Thanks ya Mba! :)

      Delete
  5. Hai mbak Alo..aku mau tanya kebetulan aku sdg hamil,kalau untuk makeup sehari hari seperti bedak, blush on dll..merk apa ya mbak yg aman untuk ibu hamil
    Dan juga saya mau tanya apa sk2 juga aman untuk ibu hamil?

    ReplyDelete
  6. kak andraa,
    aku baru baca tentang ini gara2 abis cek ke dokter eh udah 4w aja hehe.

    aku mau tanya, tea tree aman ya buat bumil? aku baca di forum bule2 kok mereka bilang "Dont use tea tree oil for pregnancy" gitu.

    Thanks for the answer!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ditsza,

      Sewaktu aku hamil, pakai tea tree oil sih aman-aman saja. Tapi setiap orang memiliki kehamilan yang berbeda, dan aku bukan dokter yang bisa menjelaskan secara medis. Jadi kesimpulannya: asal tidak mengkonsumsi APA PUN secara berlebihan saat hamil, aku rasa tidak apa-apa.

      Semoga membantu ya! :)

      Delete