Sunday, May 3, 2015

TINGKEBAN CEREMONY

 photo tingkeban-alodita13_zps0pqp5auw.jpg
Tepat seminggu yang lalu, saya dan suami beserta keluarga mengadakan acara pengajian dan upacara Tingkeban adat Sunda untuk mensyukuri usia kandungan saya yang sudah melewati 7 bulan. Acara ini diadakan dengan sangat sederhana di kediaman mertua saya, yang jadi tempat tinggal saya ‘sementara’ selama hamil dan melahirkan nanti karena rumah saya dan suami masih dalam proses finishing. Kami hanya mengundang keluarga terdekat saja dan sahabat-sahabat dekat untuk ikut merayakan syukuran nujuh bulanan ini.

 photo tingkeban-alodita01_zpsykevpcid.jpg
 photo tingkeban-alodita17_zps7pes3lm6.jpg
 photo tingkeban-alodita02_zps7vxg9euv.jpg photo tingkeban-alodita04_zpsc3gabqur.jpg
 photo tingkeban-alodita06_zpsifujodsm.jpg

Saat pengajian saya juga dapat kesempatan untuk bercerita sedikit tentang perjuangan sampai akhirnya bisa hamil, setelah melewati operasi laparotomy, dua operasi kecil dan program bayi tabung yang penuh suka duka. Saya bilang, saya bersyukur kondisi saya hampir kritis karena kehabisan darah saat operasi – disitulah turning point saya menjadi seorang manusia baru, yang lebih bersyukur pada Tuhan dan lebih menghargai kehidupan.

 photo tingkeban-alodita08_zpsodi3lcpa.jpg
 photo tingkeban-alodita09_zpsmisodc4x.jpg


Momen-momen yang mengharukan justru saat sungkeman dengan suami saya, Abenk, tiba-tiba semuanya jadi flashback di masa-masa saya harus melewati berbagai macam prosedur medis di Penang, Malaysia, dan Abenk ngga pernah sekali pun mengeluh soal kondisi saya yang tidak sempurna ini. Hehe kalau ingat masa-masa itu saya pasti menitikkan air mata, ngga kuat menahan haru kalau ingat perjuangan kami berdua.

 photo tingkeban-alodita11_zpslbpz59og.jpg

Setelah pengajian, prosesi acara dilanjutkan oleh prosesi siraman. Setelah siraman, Abenk diminta untuk memilih salah satu dari dua buah kelapa yang telah digambar wayang perempuan dan wayang laki-laki. Milihnya juga ngga boleh lihat, cuma disuruh ngeraba-raba aja. Tapi ternyata kelapa yang Abenk pilih benar loh, gambarnya wayang perempuan hahaha. Prosesi selanjutnya lucu-lucu, tapi salah satu yang menarik adalah sewaktu saya dan Abenk diminta untuk menjual rujak. Saya bagian yang meracik bumbu rujak, eh, disuruh ngulek lagi! Abenk bagian yang memotong-motong buah. Tapi karena saya bisa ngulek, tante-tante langsung pada heboh, “Loh kok bisa ngulek ‘toh?”

 photo tingkeban-alodita12_zpsbrs7ptuk.jpg
 photo tingkeban-alodita03_zps2k8lamvx.jpg photo tingkeban-alodita14_zpsw6g9ehu7.jpg
 photo tingkeban-alodita15_zpscyzsgksq.jpg photo tingkeban-alodita16_zpszyjn6cdb.jpg

Lalu para tamu yang datang mulai antri untuk pura-pura membeli dan mencicipi rujak yang kami buat, bayarnya pakai uang koin tanah liat, hanya sebagai simbol saja. Lalu koin tersebut dihitung oleh kami, semakin banyak koin yang dikumpulkan, Insya Allah rejekinya semakin banyak juga. Hihihi amien!

 photo tingkeban-alodita18_zps2drcephk.jpg photo tingkeban-alodita20_zpsvytkkr89.jpg photo tingkeban-alodita19_zpsaki74djk.jpg
Sekali lagi, terima kasih atas doa-doa dan dukungannya. It means a lot to me, Abenk and my family. Stay healthy and happy!

Photos by Sabila Anjani.
 photo x-andra4_zps7f1083c1.jpg

29 comments:

  1. Sakral sekali acaranya dengan keluarga dan temen terdekat Kak. Jadi terinspirasi buat ngadain syukuran tradisional juga buat melestraikan budaya :)

    ReplyDelete
  2. wahh, syukurannya sederhana, tapi cakep kak yaa :)

    ReplyDelete
  3. Selamat nujuh bulan Kak Alo, semoga proses persalinannya lancar, baik ibu maupun #babyalodita diberi kekuatan dan kesehatan. Dan apapun tentang Kak Alo walau dikemas sederhana selalu elegan! Salut :)

    ReplyDelete
  4. Jadi ikut terharu pas baca soal sungkeman sm suami :')

    ReplyDelete
  5. Very blessed Kak untuk perjuangannya... aku doakan lancar2 dalam persalinan nanti ya Kak. amin :)

    ReplyDelete
  6. Lancar sampai persalinan nanti ya Alo...selamat menantikan saat perjumpaan dg baby Alodita...

    ReplyDelete
  7. Lancar sampai persalinan nanti ya Alo...selamat menantikan saat perjumpaan dg baby Alodita...

    ReplyDelete
  8. Kak Alo, merinding ihhhh pas sungkeman sama kak Abenk... Semoga selalu sehat, lancar sampe lahiran dan semua2nya.... :*

    xoxo,
    Fetty

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya mewekkkkk beratttt. Makasih dear cup! :*

      Delete
  9. Kak Alo, aku juga ikut terharu pas baca bagian flashback perjuangan Kak Alo di Penang. Suami yang supportive itu yang gak kalah penting, bikin kita ngerasa secure. Semoga lancar lahirannya, kak.

    ReplyDelete
  10. Semoga lancar ya Kak Alo sampai persalinan :)

    ReplyDelete
  11. Ndraaa... Lgsg mbrebes mili kalo kata org jawa pas liat km lg sungkeman.. Sehat2 terus ya ndraa.. Masih nungguin schedullenya bumil nih mw makan miee hihihi 😘😘.. Moga2 sempet ktmu ya cantik :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih Talithaaa! Semoga masih sempet kita makan mie bareng hihihihi x

      Delete
  12. momen berpelukan dgn suami itu keliatan banget daleeeeeeeem, matanya yg tertutup itu apalagi *nulis komen knp merinding jg yak*

    bismillah semua dilancarkan hingga persalinan, aamiin ya Rabb

    ReplyDelete
  13. Hiii lucu yah, manis deh...baru tau ada tradisi tingkeban begitu. Semoga lancar semua proses nya hingga anak nya Kakak lahir dengan selamat..semoga jadi keluarga yang bahagia selalu, dunia akhirat :)

    ReplyDelete
  14. aku terharu baca cerita ka alo dan suami, semoga ka alo, suami dan baby nya selalu di limpahkan kesehatan, aminnnn.....

    ReplyDelete
  15. Andra, selamat buat acara tingkebannya *mengharukan*
    Cantik banget!
    Sehat terus ya dan semoga dilancarkan proses persalinannya :)

    ReplyDelete
  16. Kak Alo,

    Terharu bacanya :'(
    So proud with you kak Alo. You are really strong and patience. Itu kenapa Allah memberikan yg terbaik untuk kak Alo dan kak Abenk saat ini. Karena memang semuanya indah pada waktunya. Semua pengorbanan dan perjuangan kak Alo alhamdulillah Allah bayarkan dengan kebahagiaan. Semoga bayi kak Alo sehat selalu sampe lahir, sampe besarnya. Begitu juga dengan kak Alo dan kak Abenk. Semoga keluarga kak alo selalu bahagia. Semoga baby Alo menjadi anak yg sholeh, sehat, kuat, cerdas serta berakhlak mulia. Amin amin amin ya rabbal alamin... makasih ya kak Alo. You have shown us the meaning of life. The meaning to be faith and fight to achieve a dream. Makasih kak Alo. Sehat selalu ya... salam untul bayi Alonya... btw wayang perempuan means.... i know it :D

    ReplyDelete
  17. Safira Nur AnifMay 6, 2015 at 8:00 AM

    That's how a relationship should be :) Andra dan Abenk sangat menginspirasi pasangan lainnya, baik yang sudah menikah maupun akan menikah. Perjuangan kalian berdua bikin kita terharu. Semoga bisa saling menjaga sampai kakek nenek nanti. May God continue blessing you with many more years of helath :)

    Love,

    Safira

    ReplyDelete
  18. Ngiler liat rujaknya >.< *salah fokus* hehehe
    Selamat ya Mbak Alo, sehat terus ibu dan bayinya ^^

    ReplyDelete
  19. Semoga lancar sampai lahiran, kak Alo.

    ReplyDelete
  20. Dear kak Alo... Since the first time I read about your IVF journey until now, I salute to you & your family. All of your courages & struggles are really inspire us, it proves that we always have a chance it we want to keep struggle on it. Thank you for sharing kak Alo.. Stay health ❤

    ReplyDelete
  21. Tumpengnya lucuuuuk.. :D

    Selamat ya, Mbak.. Semoga lancar sampai proses persalinan.. Aamiiin :D

    ReplyDelete
  22. Kak alo, seru banget baca prosesi tradisional. jadi senang lihat sisi lain kehamilan yang unik unik di berbagai daerah. semoga lancar sampai seterusnya ya kak. GBU

    cheers,
    filicia

    ReplyDelete
  23. Mengharukah sekali mba Andra :) semoga dede bayi nya sehat selalu. Aamiin

    ReplyDelete