Monday, May 4, 2015

INDONESIA BABY ONLINE STORES

 photo blog-IMG_1106_zpsqraoyoes.jpg
Membagi waktu antara menulis blog, urusan domestik, mengurus suami dan menghadiri berbagai acara di masa-masa kehamilan membuat saya memutar otak dan mencari cara agar bisa memenuhi kebutuhan newborn baby dengan cepat dan mudah. Sejak hamil apalagi trimester terakhir, saya cepat sekali merasa lelah dan merasa ngga sanggup lagi kalau harus berbelanja kebutuhan rumah tangga – plus saya selalu diwanti-wanti untuk tidak membawa barang-barang berat. Padahal saya termasuk mandiri loh, rajin nyetir kemana-mana sendiri dan belanja semua kebutuhan rumah tangga sendiri. Bukannya suami ngga mau atau ngga sempat nemenin, tapi kalau belanja sendiri bisa lebih bebas tanpa ditunggu suami hehehe (semoga oh semoga suamiku ngga baca).

Semuanya berubah ketika saya masuk ke trimester kedua, dimana semua orang terdekat saya menjadi posesif mendadak kalau saya sampai ketauan menyetir atau bawa-bawa barang berat. Bahkan teman dekat saya, Lizzie, terkadang memonitor keadaan saat saya bepergian dan selalu berbaik hati menawarkan untuk antar-jemput saya. Akhirnya disitu saya sadar kalau ngga kuat lagi bepergian terlalu sering atau bekerja terlalu lama seperti biasa – dan saya sadar kalau kali ini saya harus lebih mendengarkan ‘badan’ saya karena saya sedang membagi seluruh energi dan tenaga saya dengan bayi kecil yang sedang tumbuh di dalam perut saya.

Dari situ saya mulai research dan browsing tentang berbagai macam produk bayi dan toko-toko online. Mulai dari online stores besar hingga online stores kecil yang desainnya tidak enak dipandang pun saya coba, untuk mengetes servis dan produk yang mereka tawarkan. Berikut daftar webstore favorit saya yang menjual kebutuhan bayi, ibu hamil dan menyusui. Happy shopping!

Baby Empire

Webstore paling favorit karena produk-produk yang ditawarkan berbeda dengan online store lokal lainnya. Walaupun sekilas produk-produk yang dijual di Baby Empire harganya lebih mahal dari merek-merek lain, itu mungkin karena banyak yang belum kenal dengan produk-produknya, tapi saya bisa bilang kualitas-kualitas produk yang ditawarkan sangat bagus dan hampir semua produk yang dijual adalah useful dan edukatif. Alias worth it banget dan ngga mubazir. Beberapa teman saya jadi rajin berbelanja di Baby Empire karena sangat puas dengan pelayanannya dan kualitas barang yang didapatkan. Beberapa produk yang sudah saya coba memang tidak popular di Indonesia tapi reviewnya selalu bagus dan positif. Banyak sekali produk yang saya dapatkan di Baby Empire, nanti setelah lahiran pasti akan saya review. Baby Empire juga mempunyai toko di Pantai Indah Kapuk, saya sendiri sudah pernah ke tokonya, betah dan rasanya ngga pengen pulang!

*Favorite Products from Baby Empire: Buds Organics, Amon Be Hold, Belly Buds, Buzzy, My Brest Friend Maternity Wedge Pillow, Unborn Heart Pocket Fetal Doppler

 photo blog-IMG_1079_zpsjxcjed74.jpg
Hasil berbelanja di Baby Empire, favorit saya tetap produk-produk Buds Organics.
Bilna

Bisa dibilang Bilna adalah surga untuk berbelanja keperluan bayi untuk saya. Selain lengkap dari kebutuhan bayi, elektronik hingga rumah tangga, Bilna sering mengadakan promo-promo seperti diskon untuk diapers, toiletries, makanan, dll. Kadang kalau rajin browsing, bisa dapat produk yang unik dan langka dengan harga yang menarik. Semua hasil belanja saya selalu dibungkus dengan rapih dan tiba di rumah tepat waktu. Saya sangat merekomendasikan untuk berbelanja di Bilna untuk teman-teman saya yang tidak sempat bepergian. Saya juga suka sekali dengan servis Bilna yang menawarkan sistem “7 Hari Pengembalian” jika kita tidak puas dengan produk yang dipesan.

*Favorite Products from Bilna: Plan Toys, Dr. Browns, Medela

Little Hannah Shop

Walaupun barang-barangnya terkadang lebih update di Instagram, tetap saja saya suka sekali mencari barang dan informasi keperluan bayi di online store ini. Owner-nya ramah sekali, helpful dan sangat informatif. Produk-produk yang dijual cukup unik dan agak susah didapatkan di Indonesia. Bagi yang mencari toko yang menjual cloth diapers impor yang lengkap dan updated, Little Hannah Shop adalah tempatnya!

*Favorite Products from Little Hannah Shop: Charlie Banana cloth diapers, Grovia cloth diapers, Theraline Maternity & Nursing Pillow, Bébé au Lait Nursing Cover

 photo blog-IMG_1097_zpsq8pal1wm.jpg
Motif lucu dari Charlie Banana cloth diapers berhasil bikin saya kepikiran berhari-hari!
Mamaway

Saya sudah lama tau brand Mamaway, tapi cukup menyesal karena saya baru mencoba produknya di trimester kehamilan terakhir. Saya puas sekali dengan produk-produk Mamaway karena kualitas bahannya yang nyaman, lembut dan dingin. Mamaway juga tersedia di beberapa online stores seperti Babyzania dan Bilna, tapi jika berbelanja langsung di Mamaway lebih menguntungkan karena ada promo-promo tertentu yang potongan harganya bisa hingga Rp 800.000,-! Review lengkap mengenai produk Mamaway sudah pernah saya tulis disini.

*Favorite Products from Mamaway: Anti-Bacterial Maternity Briefs, Crossover Sleeping Bra

Mothercare Indonesia

Untuk yang satu ini, saya sebenarnya lebih suka berbelanja langsung di toko dibanding via online. Tapi karena saya semakin jarang bepergian, saya makin rajin mengecek online store Mothercare dan sering ada online promo. Toko Mothercare favorit saya di Plaza Indonesia, karena tokonya paling besar dan paling lengkap.

*Favorite Products from Mothercare Indonesia: Bugaboo Bee 3, Maxi-Cosi Cabriofix Infant Car Seat

Think About Baby

Salah satu online shop favorit saya di Instagram, barang-barangnya cukup lengkap, ownernya ramah sekali dan sangat informatif. Setiap saya bertanya, ownernya pasti langsung kasih masukan dan tips-tips, yang sangat berguna untuk clueless mommy-to-be seperti saya. Walaupun barang-barangnya lebih up-to-date di Instagram @thinkaboutbaby, tapi barang-barang yang ditawarkan variatif sekali. Ada berbagai merek stroller, gadget, botol susu, aksesoris bayi dan anak-anak, hingga air humidifier.

*Favorite Products from Think About Baby: Duux Ultrasonic Humidifier, Panasonic Dish Dryer, Aprica Magical Air Stroller, Tortle Repositioning Beanie.

 photo blog-IMG_1096_zpsw5sh6mmx.jpg
Ini hanya sebagian kecil dari hasil belanjaan saya di Bilna, sisanya sudah menumpuk di satu lemari.

Berikut daftar online stores yang pernah saya coba dan cukup puas dengan pelayanannya dan variasi barangnya.

1. Babyzania
2. Bayi Tembem
3. Kindercube
4. Melindacare
5. Tororo
6. Birds & Bees
7. Anakkin
8. Sweet Mom Shop
9. Yuki Baby Shop

Online Shopping Tips
  • Sebaiknya buat daftar berbelanja dulu dan mengatur budget untuk berbelanja
  • Lakukan research sebelum berbelanja, apakah online shop tersebut kredibel atau tidak
  • Jangan malas membaca ketentuan dan cara berbelanja di setiap online shop
  • Jangan mudah tergoda dengan diskon besar-besaran
  • Jangan malas untuk mencari tau review tentang produk-produk yang ingin dibeli
  • Baca baik-baik sebelum membeli – mulai dari harga, kegunaan, ukuran dan detail-detail lainnya
  • Periksa semua kelengkapan dan tanggal kadaluarsa (jika ada) begitu barang tiba di tempat tujuan. Sebelum melaporkan kerusakan, foto dulu barang tersebut
  • Jika ingin menyampaikan keluhan, kritik dan saran lebih baik kirim via e-mail atau hotline dibandingkan mengeluh dan marah-marah lewat social media

Newborn Baby Checklist

Untuk daftar belanja, saya memakai beberapa daftar di bawah ini karena lengkap dan paling cocok dengan saya. Untuk daftar belanja versi saya, nanti menyusul ya :)

1. Baby Essentials – Tara Amelz
2. Newborn Checklist – Today’s Parent
3. New Baby Checklist: Everything You Need to Buy – New Parent

Kalau ada yang punya rekomendasi online store lainnya, please do share your thoughts. Thanks for reading!


 photo x-andra4_zps7f1083c1.jpg

11 comments:

  1. Kak Alo, terima kasih untuk postingan ini. Semacam guide for soon to be mom. Panduan buat yang mau kasih kado buat newborn baby. Selain Bilna, saya juga suka belanja Rainbow Baby Shop di Facebook, barang-barangnya original kok dan cocok buat hadiah.

    https://id-id.facebook.com/rainbowbabyshop

    ReplyDelete
  2. wiiii .. udah siap nih kayaknya semua :)
    high five buat ibu mandiri! iya sekarang dikit2 dapet pesen sponsor, "nanti belanjanya bareng aja" kalo ga, "inget jangan bawa berat2", ... tapi emang bener sih ya ndra jadi lebih gampang cape, hati mah pengen nenteng semua sendiri tapi apa daya udah ada built in tas pinggang sekarang ;)

    seneng ya belanja barang baby, gemes liatnyaa .. semuanya kecil2 pritilan gitu! tapi emang musti ngerem2 nih kayak semua pengen dibeli HAHAHHA .. kalo aku kemaren ini belain balik jakarta buat ke mangga dua beli2 semua barang si dede, abisnya di sini mehong!!! HAHAHA .. emak2 hemat mode on :)

    sehat terus ya ndra!!!! kapan edd kamu kalo boleh tau? ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya harus di rem banget! Setiap ada sisa uang lebih pasti ujung-ujungnya belanja perintilan gak penting :D

      Iya memang kalau mau hemat harus ke ITC atau Mangga Dua, masalahnya aku ngga sanggup kesana hahaha. Untung kemarin dpt hampers dari Velvet Junior itu sama ada bbrp baju newborn yang dihadiahin temenku. Hihihi. Aku due datenya awal July nih, kamu kapan? :)

      Delete
    2. iya kayak berasa semua butuh ya! HAHA padahal emaknya aja nih yang gatel ;)
      yup happy and good for you dapet hampers!!! :) iya biasa temen2 deket udah mulai ngetag juga mau ngasih apa yaaa ... my edd will be next month, june!!!! excited nervous semua jadi satu :)

      Delete
  3. Akkkk kak Lizzie so sweet yaaa hehehe... iya kak, kerasa memang belanja sendiri lebih bebas dan fokus dibandingkan ditemani suami. Kadang suami ga protes, tp tatapan berbicara kalo belanja terlalu lama wkwkwkwk. Apalagi aku si labil yg selalu lama memutuskan apa yg mau dibeli krn selalu penuh pertimbangan hahaha. Makasih banyak ya kak utk rekomendasinya. Penting ini utk referensi aku pribadi. Juga buat teman dan keluarga. Aku jg lebih prefer ke mothercare langsung datang ke tokonya. Sekarang jadi tau lebih banyak olshop yang bagus utk perlengkapan bayi dari kak Alo. Million thank you kak Alo. I appreciate it. Kak Alo jangan cape2 yaaa... please take care :)

    ReplyDelete
  4. Thanks untuk postingnya mba. Jadi ingat beberapa waktu lalu, menyiapkan kebutuhan baby yang mau lahir. Semakin banyak referesni toko online untuk baby yang menyediakan aneka kebutuhan baby lengkap, kadang suka ngasih promo juga. Kemaren seringnya beli produk mamaway sih (sedikit curhat) :D. Dan biasanya kalau belanja, saya juga bandingin harga terlebih dahulu.

    ReplyDelete
  5. POKOKNYA KUANTAR JEMPUT GAMAU TAUK!

    hahahahahahahaha... ailofyuuu mamaloooo

    ReplyDelete
  6. Halo Kak Andra! Saya senang sekali membaca blog kakak. Sangat inspiratif.
    Saya juga mau recommend untuk @jadeflowerbaby untuk kebutuhan produknya. Saya bulan lalu membeli baby bumper set dan kelambu bayi di jadeflowerbaby dan saya puas. Bisa customised sesuai dengan ukuran ranjang bayi.

    Saya juga recommend produk-produk yang Kak Andra tulis, apalagi Babyzania dan Sweet Mom Shop. :)
    Semangat terus ya kak. Looking forward to your blog posts every day!

    ReplyDelete
  7. Ih seneng bgt sama posting an nya... Bermanfoat sekale... kikiki Skrg uda beres bikin list, tinggal belanja nya |**,| --> pusing.com

    Lancar2 ya Alo sampe lahiran!!!

    ReplyDelete
  8. hallo Kak Andra, samaan ya kita... aku juga suka belanja perlengkapan baby di www.melindacare.com

    Banyak promonya sekarang-sekarang ini ^^

    Sukses persalinannya ya :)

    ReplyDelete
  9. Halo Mom Andra! Terima kasih ya sudah menjadi pelanggan setia Bilna.com. Kami senang sekali dengan testimoni Mom. Semoga kami terus dapat meningkatkan pelayanan kami. Nantikan promo-promo menarik kami lainnya ya. :)

    Salam hangat,

    Bilna.com

    ReplyDelete