Monday, May 11, 2015

HOW TO EMBRACE YOUR PREGNANCY

 photo pregnancyglow-by-alodita4_zpsixanu0zd.jpgUntuk sebagian wanita, masa-masa kehamilan adalah masa yang sangat menyenangkan, tapi juga tidak sedikit yang beranggapan bahwa masa kehamilan adalah mimpi buruk. Kaki yang bengkak, perubahan bentuk dan berat badan, morning sickness hingga tidak bisa ke kantor, stretch marks, leher yang menghitam, kulit wajah yang kusam dan berjerawat merupakan beberapa hal dari sekian banyak hal yang dikeluhkan ibu hamil.

Saya juga mengalami beberapa keluhan di atas seperti berat badan yang naik secara drastis, kulit yang sempat bruntusan saat trimester pertama hingga masalah kaki bengkak selama sebulan terakhir.

Tapi bagi saya pribadi, masa kehamilan adalah masa-masa paling menyenangkan dan sejauh ini sangat saya nikmati. Toh perubahan fisik yang saya sebutkan hanya sementara kok. Jika saya #LihatLebihDekat seperti perubahan badan hingga betapa susahnya mencari posisi tidur di trimester terakhir, hal tersebut merupakan sebuah proses alami dan indah yang saya nikmati. Semua yang saya rasakan selama masa-masa kehamilan merupakan salah satu hadiah terbaik yang pernah Tuhan berikan dan patut disyukuri selamanya.

Tapi jika kamu bermasalah dengan perubahan badanmu saat masa kehamilan, berikut tips dan cara untuk belajar mencintai tubuhmu saat hamil.

Stay Active
Olahraga dan tetap beraktiftitas bukan hanya membuat tubuh menjadi lebih sehat dan segar, tapi juga membantu para calon ibu sibuk dengan hal-hal yang positif. Selain itu, olahraga juga membantu ibu hamil dan bayi dalam kandungan agar tetap sehat dan kuat. Sebelum memilih olahraga yang akan dilakukan selama masa kehamilan, ada baiknya konsultasikan dulu dengan dokter masing-masing. Kalau malas berolahraga, masih banyak cara untuk tetap menyibukkan diri seperti jalan-jalan ke mall hingga bersih-bersih rumah.

 photo pregnancyglow-by-alodita3_zps43ceap5e.jpg

Get A Support
Berada di lingkungan yang supportif dapat membuat diri kita merasa lebih nyaman dan percaya diri.  Jangan mendengarkan komentar orang lain tentang perubahan fisikmu. Selain itu, jangan banding-bandingkan perubahan tubuh selama hamil dengan bentuk badanmu sebelum hamil.

Eat Healthy Food
Mengkonsumsi makanan yang sehat tentunya juga akan menghasilkan pikiran dan tubuh yang sehat. Pilih makanan-makanan yang bergizi dan bernutrisi, jangan skip mengkonsumsi prenatal vitamin dan suplemen. Untuk menghindari kenaikan berat badan yang terlalu drastis atau mual-mual, coba untuk makan lebih sering dengan porsi yang lebih kecil.

Educate Yourself
Selalu luangkan waktu untuk mengedukasi diri sendiri dan keluarga, seperti mengikuti kelas hypnobirthing, kelas EdukASI dari AIMI, parenting class dan berbagai kelas lainnya. Sempatkan untuk mengisi waktu luang untuk membaca buku yang berisi informasi seputar kehamilan hingga newborn baby. Memilih baju bayi yang aman dan sehat juga salah satu cara #LihatLebihDekat yang bisa dipelajari saat masa kehamilan.

 photo pregnancyglow-by-alodita1_zpsywol4yr7.jpg

Wear Something Pretty
Perubahan tubuh yang cukup signifikan kadang membuat ibu hamil malas untuk bergaya. Lupakan ide untuk meminjam sweatpants atau t-shirt suami, tapi coba investasi dengan membeli soft cotton legging atau maternity jeans. Gunakan aksesoris cantik untuk memaksimalkan penampilan.

Taking Care of Your Skin
Jangan malas merawat kulit sejak awal kehamilan. Menggunakan krim anti stretch marks pada daerah perut dan paha, menggunakan pelembab untuk mengatasi kulit kering dan sunblock saat bepergian keluar rumah.

It’s OK to Wear Makeup
Gunakan kosmetik untuk membantu mempercantik diri. Pulaskan blush on pada pipi, lipstik dengan warna bold, hingga memakai false eyelashes agar mata terlihat lebih hidup. Jangan lupa untuk mengecek dan membaca bahan-bahan yang terkandung dalam kosmetik, dan pastikan bahan-bahan tersebut aman untuk digunakan.

*Untuk yang bertanya soal kosmetik atau skincare yang aman untuk ibu hamil, silahkan baca disini.

 photo pregnancyglow-by-alodita2_zpsnmduubai.jpg

Spoil Yourself
Manjakan diri dengan treatment manicure, pedicure, creambath hingga prenatal massage. Kita beruntung tinggal di Indonesia karena treatment-treatment seperti ini mudah didapatkan dengan harga yang affordable. Go to a babymoon, buy a new lingerie, shopping for baby clothes, go to a movie night dan lakukan apa pun yang membuat rileks dan hati senang.

Keep A Positive Mind
Memasuki trimester kedua, semua ibu hamil mempunyai hormon yang bisa membuat rambut dan kulit terlihat lebih glowing dan cerah secara alami. Jadi, berhentilah bertanya-tanya seperti, “Saya hamil tapi kenapa terlihat kusam?”. Tanamkan afirmasi positif sambil di depan cermin seperti, “I’m glowing, I’m pregnant and I’m beautiful!”. Dalam buku Hypnobirthing The Conny Method tertulis bahwa ketika sang calon ibu mengucapkan rasa syukur, gembira, senang dengan emosi dan perasaan yang positif, maka bayi yang dikandungnya juga bisa merasakan bahwa dirinya diinginkan, dicintai, berharga bagi orangtuanya dan perasaan tersebut akan terbawa bahkan ketika bayi tersebut dilahirkan dan tumbuh menjadi dewasa, yang menjadikan pribadi yang baik.

*Artikel ini merupakan bagian dari kampanye Velvet Junior #LihatLebihDekat (www.velvetjunior.com). Velvet Junior is the only baby clothes maker in Indonesia that meets the nation’s safety and health standards, tested and certified by Oeko-Tex Standard 100 and SNI. However all opinions are completely my own. All photos by Sabila Anjani.

Read more: Sharing Housework with Husband

 photo x-andra4_zps7f1083c1.jpg

20 comments:

  1. So true.. Dl kehamilan pertama serba ngerasa lusuh, gendut, dll. Di kehamilan kedua, i'm trying to embrace every changes, rajin dandan, menyibukkan diri dengan si kakak..hasilnya kata orang2 glowing bgt, kliatan cantik.. Dikira hamil beda gender dr yg pertama, padahl sama2 hamil anak cowo. Jd ga ada hubungannya ke-glowingan bumil dengan gender si baby. Soo, semua kembali ke qt, menganggap hamil itu tugas atau anugrah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi mba, thanks for inspiring me with your words 'tugas atau anugrah'. Totally agree with you! Thank you ya :))

      Delete
  2. Thank mbak.. sangat membantu sekali 😍

    ReplyDelete
  3. Tetep harus rajin merawat wajah dan badan yah, Mbak.. Apalagi abis melahirkan.. :D

    Dulu Mama ku katanya tersiksa banget karena ngga bisa tidur, semua posisi serba salah.. Ah.. Jadi pengen peluk-peluk Mama :'D

    ReplyDelete
  4. Sepertinya yang paling penting bagi ibu hamil adalah menjaga diri dari pikiran negatif ya Kak, olahraga dan merasa cantik luar dalam serta support keluarga kayaknya sangat membantu seperti yang aku lihat pada Kak Alo yang selalu happy selama masa kehamilan ini. Baby Kak Alo pasti ikut happy di dalam sana :)

    ReplyDelete
  5. Bukunya yg dipegang bagus tuh!! Hihihihi!!! Tengkyuu yaaak!! ❤️❤️❤️

    ReplyDelete
  6. Keren banget postingannya, jadi lebih tenang dan nyaman setelah baca ini. Thank you for sharing this info :) God bless

    ReplyDelete
  7. Keren banget postingannya, jadi lebih tenang dan nyaman setelah baca ini. Thank you for sharing this info :) God bless

    ReplyDelete
  8. Dear kak Alo,

    I agree with you 100%. Kuncinya selama hamil adalah berbahagia dan bersyukur. Karena bila sudah berbahagia dan bersyukur you can do anything. You will be in a very good mood. Meskipun mual2, cape, pegel, pusing, sakit punggung, berat badan naik dengan drastis, kaki bengkak dan lain2, ga akan terasa sebagai beban. Dannnn bila kita merasa berbahagia otomatis kita merasa cantik dan semangat melakukan apapun. Yg mual2 tetep semangat maksa makan :D , yg merasa kusam jadi semangat merawat kulit, yg merasa cape semangat untuk merawat diri (cari cara untuk refleksi, memanjakan diri, bersenang2 dengan suami, teman atau keluarga, mendengarkan musik, yoga atau berenang dll). Dan bila kita berbahagia, otomatis aura kita pun keluar. You will be a glowing and beautiful mommy. And i can see it from you kak Alo. Your smile, your spirit and your passion can tell me everything. But two things for sure are you surely happy and grateful... Thank you kak Alo for sharing this. I appreciate it. Meski kak Alo lelah tp krn happy dan semangat, selalu saja sempat ya menulis artikel di blog. Salute pokoknyaaaa... semangat dan happy terus ya kak...

    ReplyDelete
  9. betuuull.. emang hamil itu keren banget,, semenjak masuk trimester akhir ini kulit mukaku sama sekali ga bisa dikasih kosmetik atau produk perawatan kulit apapun.. kalo dikasih dikit langsung gatel2 semua.. tapi alhamdulillah kulitnya ga kering atau jerawatan.. terus tanamkan afirmasi positif :)

    semoga lancar terus ya kak alo sampai persalinan :)

    ReplyDelete
  10. makin cantik aja nih mba meskipun lagi hamil :)
    semoga sehat terus ya mba dan bayinya :))

    ReplyDelete
  11. Hi Kak Alo yang makin shining <3

    First of all, thank you banget meskipun lagi "hamil tua" tapi kak Alo masih aktif blogging and you just can't stop sharing to all of us. Belakangan blog post-nya seputar pregnancy and baby stuffs, buatku kayaknya kepagian banget untuk baca semuanya, tapi aku seneng karena aku bisa persiapan sejak awal untuk bisa menghadapi kehamilan dengan positif dan tetep happy. Sometimes I wonder how people (like you!) can stay positive all the time and spread that loves hahaha. Thank you Kak Alo! Aku doain tetep sehat dan lancar sampai proses persalinan. Cheers! xoxo

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Jane, aku juga ngerasain hal yang sama waktu baca-baca blognya blogger favoritku waktu mereka hamil. Rasanya kagok, aneh, ngga nyambung hahaha. Tapi setelah hamil, jadi sangat berguna karena mereka (terutama para famous bloggers) ngga pelit untuk sharing ilmu dan pengalaman saat mereka hamil. Jadi aku sebagai pembaca ngerasa lebih aman dan punya temen hihihi. Well, aku juga gak selalu positive all the time tapi ya harus belajar terus :) capek kalau kelamaan stres atau mikir-mikir negatif hihihi. Thank you ya dear!

      Delete
  12. Salam kenal, Andra. Saya suka sekali blog kamu, terutama sharing tentang pregnancy nya. Saya juga pasien dr.Handi Suryana, dan pernah lihat kamu beberapa kali di RS PIK pas saya lagi jadwal kontrol juga :) Saya juga baru aja sharing tentang dr.handi di blog saya. Haha... Memperbanyak review buat dokter kita :p Sehat2 selalu ya, Andra and baby.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello Neitneit, wah lain kali kalau ketemu jangan lupa tegur yaa :) biar bisa kenalan langsung, seneng banget kalau ketemu pasien Dr. Handi juga karena aku puas banget sejauh ini setiap konsultasi dengan beliau :) thank you ya!

      Delete
  13. Kandunganku baru berusia 3 bulan dan ia mukaku kering, kusam, dan bruntusan. Kadang sebel si liatnya, kadang juga kelepasan ngeluh tapi ia secara keseluruhan aku bahagia banget dan menikmati proses tersebut~

    ReplyDelete
  14. Seneng deh ngeliat Andra yang selalu cantik!

    Kalau aku lagi jerawatan banget nih padahal masih perawatan seperti biasanya, pengaruh hormonnya terlalu kuat :D

    ReplyDelete
  15. Halooo mbak.. baru pertama kali mampir ke sini dan langsung jatuh cinta sama posting yg ini. Kebetulan aku jg lagi hamil anak kedua di saat aku lagi ngambil sekolah spesialis kulit.. kebayang di saat temen2 aku kebanyakan oke2, cantik2..skg aku harus kuliah dg muka yg rasanya kucel sejak hamil dan badan yg makin lama makin gendut..hiks. Awal2nya smpet minder..tp makasih ya mbak udh bikin tulisan yang bagus bgt ini. Penyemangat banget! Keep writing and keep inspiring :)

    ReplyDelete
  16. Love your post. Share dong skin care yang digunakan saat hamil.

    ReplyDelete