Thursday, April 30, 2015

WHY ARE HEALTHY SNACKS ARE IMPORTANT?

 photo blog-soyjoy-IMG_1041_zpscc64wmyq.jpgSaya yakin ngemil atau snacking pasti disukai banyak orang dari berbagai kalangan usia. Mulai dari ngemil saat terkena macet, ngemil sambil bekerja, ngemil sambil nonton TV, ada juga yang sampai punya kebiasaan ngemil sebelum tidur. Tapi ngemil terlalu berlebihan dapat menyebabkan tubuh tidak sehat, obesitas, diabetes, dll.

Sudah saatnya kita lebih sadar dan memperhatikan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuh kita. Ngemil sehat atau healthy snacking sebetulnya adalah cara efektif agar asupan nutrisi dan gizi dalam tubuh kita tetap terjaga. Tapi, bagaimana sih cara memilih cemilan sehat?

Mengendalikan Nafsu Makan
Snacking dapat membantu menjauhkan kita dari rasa kelaparan dan kekenyangan. Nafsu makan terkendali, berat badan pun lebih stabil. Jangan lupa untuk selalu healthy snacking di antara makan pagi, makan siang dan makan malam untuk menghindari makan yang terlalu berlebihan.

Gula Darah Terjaga
Healthy snacking dapat menjaga tingkat gula darah dalam tubuh, apalagi jika kita selalu konsisten healthy snacking setiap harinya. Hal ini sangat penting terutama untuk yang menderita diabetes atau obesitas.

Asupan Nutrisi
Cemilan sehat yang dikonsumsi rutin dapat mencukupi asupan nutrisi dalam tubuh, selama kita smart dalam memilih cemilan-cemilan yang sehat seperti kacang-kacangan, sayur-sayuran, buah-buahan, susu rendah lemak dan gandum.

Siapkan Sendiri Cemilan Sehatmu
Menyiapkan, membuat sendiri dan bereksperimen dengan cemilan sehat dengan bahan-bahan yang fresh bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan. Cobalah beberapa alternatif untuk membuat cemilan sehat favoritmu di rumah.

Healthy Snacking Tips
1. Makan secara perlahan-lahan
2. Pilih cemilan yang fresh, bukan yang mengandung bahan pengawet
3. Pilih cemilan yang kaya protein dan mineral
4. Hindari cemilan yang mengandung garam
5. Minum air mineral yang cukup
6. Atur porsi cemilanmu
7. Hindari ngemil sambil beraktifitas karena membuat kita tidak fokus dengan apa yang kita konsumsi

Cemilan Favorit
Sudah satu tahun saya membiasakan diri saya untuk healthy snacking agar tubuh selalu dapat asupan nutrisi dengan baik dan berat badan tetap terjaga. Selama hamil pun, saya semakin rajin mengkonsumsi cemilan sehat karena saya mudah merasa lapar.

Berikut daftar cemilan sehat favorit saya:
- Pisang
- Almond milk (sweetened)
- Roti gandum dengan almond butter
- Granola dengan low-fat yogurt, ditambah dried cranberries dan pumpkin seeds
- Alpukat
- Potongan buah apel dengan cashew butter
- Jeruk Honey Ponkan
- Almond milk smoothie dengan campuran pisang dan chia seeds
- SOYJOY Banana

 photo blog-IMG_8053_zps4uyucrcd.jpg
Baru-baru ini saya juga sempat tes darah untuk mengecek tingkat gula darah dalam tubuh saya (saat itu saya sedang hamil  dengan usia kandungan 28 minggu). Hasil tes gula darahnya bagus dan saya langsung ingat dengan SOYJOY yang menjadi cemilan favorit saya selama masa kehamilan karena praktis saat bepergian, dan manfaatnya baik untuk kesehatan.

Kedelai dalam SOYJOY mengandung nutrisi penting seperti protein, serat, vitamin dan mineral. SOYJOY dibuat dengan tepung kedelai, dipadu dengan buah-buahan yang dikeringkan. Selain itu manfaat SOYJOY sudah terbukti oleh saya sendiri, yaitu dapat mengontrol nafsu makan, menurunkan gula darah dan mengurangi resiko diabetes. SOYJOY BANANA merupakan rasa favorit saya, selain itu buah pisang memiliki kandungan serat, zat besi serta vitamin A, B1, B2, B6 dan E. Kandungan vitamin B6 dapat menjaga kestabilan gula darah dalam tubuh. Kandungan potasium dan kalium pada pisang juga dapat mengontrol detak jantung dan tekanan darah. Gula alami seperti fruktosa, glukosa dan sukrosa dalam buah pisang juga berperan penting untuk pembentukan energi dalam tubuh.

Saat ini SOYJOY mempunyai lima varian rasa yaitu Banana, Peanut, Hawthorn Berry, Strawberry dan Raisin Almond. Gara-gara rajin ngemil sehat, berat badan saya sewaktu hamil juga bisa tetap terkontrol.

Apa cemilan sehat favoritmu? Do share your thoughts here :)

Photos by Abenk Alter.

10 comments:

  1. Hi Kak Alo,

    Aku suka banget ngemil tapi masih suka ngemil yang nggak sehat sih :p mau mulai ngemil sehat dengan coba soyjoy tapi kata dokterku kalo lagi program hamil ga boleh konsumsi kedelai :(
    Ada saran atau pandangan lain nggak kak tentang ini?

    By the way thank you for all your stories ya kak… I've been your silent reader since I knew you from cotton ink as their photographer ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Rietsi,

      Ah iya, waktu aku program hamil, aku juga diminta dokter untuk mengurangi konsumsi kedelai. Aku nurut aja sih waktu itu. Tapi sewaktu hamil, dokterku di Jakarta ngga kasih pantangan sama sekali :)

      Jadi lebih baik nurut sama dokter aja, atau lakukanlah yang paling nyaman untuk kamu. Setiap orang kan kondisi kesehatannya berbeda-beda. Lagi pula, ngemil 1 bungkus SOYJOY sehari tentunya ngga akan jadi masalah kok :)

      Delete
  2. SoyJoy varian ini memang lebih enak daripada yang lain, tapi memang dasar bumil bawaannya beda-beda, aku sukanya ngemil bener-bener buah segar :)
    Udah nyoba Soyjoy ini tapi masih aja berasa ada yang kurang, dasar bumil *tutup muka*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha iya bener, aku sering bawa SOYJOY kalau pergi-pergi sama sering makan kalau kelaperan tengah malam karena malas ke dapur :D dulu sih waktu sebelum hamil, biasanya sebelum nge-gym makan SOYJOY dulu. Tapi emang sih kalau lagi hamil enakan makan yang seger-seger kayak buah potong atau rujak! ;p

      Delete
  3. Ah ini favorit aku banget. Aku paling suka sama pisang, diapain aja enak, pasti harum2 gitu hehe. Pas tau soyjoy ngeluarin varian pisang, langsung gak sabaran pengen beli hehehe. Dulu2 banget aku gak doyan soyjoy, tapi begitu dimakannya pelan2, baru tau ternyata enak dan ketagihan :p
    Anyway, you look younger day by day ka alo :)

    ReplyDelete
  4. Ahhh ini salah satu racun yg berhasil kak Alo sebar hahahaha....
    Gara2 postingan soyjoy kak Alo di IG yg pertama kali itu, iseng2 beli dan coba. Pas krn lg ga sempet sarapan dan perut udah melolong2 hahahaha, ehhhh ya ampun enakkkkk hahaha... jadi kenyang. Apalagi makannya setelah setengah jam abis minum honeylemonshot, pas banget. Meski jam2 berikutnya teriak2 lg perutnya minta diisi. Tp emang pas banget lho si soyjoy ini buat SOS atau cemilan di kondisi mayday2 hahahaha...
    Makasih ya kak Alo udah sharing cemilan2nya. Sehat semuaaaa... aku jg suka alpukat. Dulu suka alpukat dikasih susu coklat atau gula aren. Tp skrg lebih suka tanpa itu semua krn lebih sehat :)
    Take care kak Alo. Makasih ya artikel kerennya :)

    ReplyDelete
  5. Kak Alo kalo boleh tau cashew sama almond butternya beli di mana? Thanks a bunch!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Ineke, biasanya aku beli di Namaste Organic :)

      Delete
  6. aku suka banget sama soyjoy rasa pisangnya. Berasa kayak pisang asli :)

    Ternyata snack yang kita makan juga berpengaruh pada kesehatan kita. Mulai cobain deh ngemil yang sehat-sehat. Makasih atas posting nya :)

    Would you mind to visit my blog
    novemberflower.blogspot.com

    Thanks :)

    ReplyDelete
  7. kak, lipstiknya ini apa yaaa? thank you :') oya kak udah coba lipstik estee lauder kah? bagus mana yah dengan YSL? thanks ;)

    ReplyDelete