Wednesday, April 15, 2015

PREGNANCY POST: 28 WEEKS

 photo blog-IMG_9731_zpsvxymfrfp.jpg
Hello, semoga yang baca tulisan ini kondisinya lagi sehat, penuh syukur dan bahagia. Soalnya saya happy banget karena minggu ini sebenarnya sudah memasuki 29 weeks, tapi berhubung minggu lalu lagi capek-capeknya jadi baru bisa update sekarang. Seperti pregnancy posts lainnya, kehamilan saya tergolong smooth banget dan menyenangkan. Tapi akhir-akhir ini saya mulai merasakan perubahan yang cukup signifikan terutama masalah fisik. Apa aja sih yang saya rasakan bulan ini?

Pregnancy Brain
Belakangan saya sering sekali lupa, mengulang-ulang pembicaraan dan terkadang malah suka salah memilih kata-kata. Mau ngomong apa, yang keluar dari mulut apa. Teman-teman dekat saya pun hanya bisa tertawa-tawa melihat tingkah saya. Untungnya banyak orang yang memaklumi hal ini.

Low Energy
Semakin hari, saya semakin mudah capek. Minggu lalu saya juga sempat radang tenggorokan dan flu berat, akhirnya saya bedrest saja selama 4 hari. Alhamdulillah, langsung sehat lagi walaupun ngga boleh terlalu capek. Perut terasa semakin berat dan saya mulai susah berkonsentrasi. Tapi di satu sisi, saya juga nggak bisa diam kalau sedang istirahat di rumah. Kalau biasanya saya suka menghabiskan waktu untuk baca buku, browsing atau menulis untuk blog, sekarang ini saya lebih suka bersih-bersih rumah. Ada saatnya saya terobsesi membersihkan seluruh kamar mandi di rumah sampai belanja dan mencoba beberapa macam alat pembersih kamar mandi. Ada saatnya juga saya tiba-tiba membongkar seluruh isi lemari pakaian hanya untung mengatur ulang tata letaknya.

Pregnancy Weight
Setiap saya bertemu teman-teman, pasti komentarnya, “Kok hamilnya kecil banget sih? Udah naik berapa kilo?” Saya suka bingung mau bereaksi apa, yang jelas saya bingung karena saya merasa sudah naik berat badan cukup banyak. Selama 7 bulan ini saya sudah naik kira-kira 12 kilogram, pokoknya yang penting saya dan bayinya sehat. Amin!

 photo blog-IMG_9423_zpsfhsvoxqz.jpg

Shopping for Newborn
Kalau ngomongin belanjaan untuk sang bayi, bisa dibilang 90% kebutuhan si kecil sudah saya lengkapi karena dari sejak usia kandungan 6 bulan, saya sudah mulai mencicil keperluan bayi. Ada dua alasan mengapa saya cukup sigap untuk urusan yang satu ini. Pertama, pengalaman saya bolak-balik operasi dan menginap di rumah sakit membuat saya terbiasa untuk lebih menyiapkan barang-barang. Kedua, perkiraan tanggal melahirkan saya itu jatuh pada bulan puasa. Kebayang akan ribet sekali kalau saya tiba-tiba kurang ini atau kurang itu, belum lagi menjelang Lebaran pasti jalanan lebih macet dan toko-toko pasti banyak yang tutup. Jadi barang-barang yang biasanya suka terlupakan oleh calon ibu seperti baju tidur dengan kancing depan, breast pump, botol susu, thermometer, penyedot hingus, breast pads, dry shampoo, kaos kaki untuk di rumah sakit dan lainnya, sudah saya siapkan. Stroller dan infant car seat juga sudah terbeli di minggu ini. Saya jadi merasa makin bersyukur dulu pernah keluar-masuk rumah sakit hihihi. Anyway, banyak yang request ke saya untuk sharing soal produk-produk yang saya siapkan untuk lahiran nanti – sebisa mungkin akan saya post sebelum lahiran nanti, tungguin aja yah hihihi.

Stretch Mark Prevention & Soothing Lotion
Di awal kehamilan saya rajin sekali mengoleskan natural oils pada seluruh badan, tapi sudah dua minggu terakhir badan saya selalu menolak natural oils alias jadi gatal-gatal. Akhirnya saya sekarang hanya pakai Buds Organic Stretch Mark Prevention Cream dari Baby Empire, salah satu webstore favorit saya. Nanti saya akan review tentang cream ini ya, yang jelas saya suka banget karena cream ini ngga lengket di kulit. Akhir-akhir ini kulit saya juga jadi lebih sensitif. Di malam hari saya sering gatal-gatal tanpa sebab, kaki saya juga sering merah, gatal dan bentol-bentol jika digigit serangga. Akhirnya saya memakai Buds Super Soothing Rescue Lotion dan gatal-gatal pun mudah teratasi dengan cepat.

Hypnobirthing Class
Operasi laparotomy ternyata meninggalkan trauma untuk saya, hingga akhirnya saya kapok-kapok kalau nanti harus operasi lagi saat melahirkan. Saya dan suami memutuskan untuk ikut kelas Hypnobirthing dengan Ibu Lanny Kuswandi (private class). Kami baru mengikuti kelas pertama dan merasa kelas yang diberikan Ibu Lanny sangat bermanfaat. Sebelum tidur juga saya suka mendengar panduan Hypnobirthing yang saya simpan di iPod saya.

 photo blog-IMG_9717_zpsatyzd5qs.jpg

Loose Dresses
Sebelum hamil saya memang lebih sering pakai jeans atau legging, karena saya merasa lebih nyaman bergerak. Tapi sejak hamil besar, saya semakin malas pakai celana. Jadi sehari-hari pakai dress terus, di rumah juga pakai sleepwear yang seperti daster supaya nyaman. Foto di atas, saya sedang memakai dress yang super nyaman dari Petite Cupcakes (walaupun bukan dress untuk ibu hamil).

Rockabye Baby!
Sudah dua minggu terakhir saya tidak bisa berhenti mendengarkan album-album Rockabye Baby!. Favorit saya adalah Lullaby Renditions of Coldplay dan Lullaby Renditions of Bob Marley. Album Rockabye Baby! bisa dibeli secara online di Baby Empire.

Cloth Diapers vs Disposable Diapers
Beberapa minggu yang lalu, saya seakan-akan terobsesi mencari segala informasi tentang cloth diapers di internet. Di antara teman-teman saya sendiri, hanya ada 1-2 orang teman yang menggunakan imported cloth diapers ke anaknya, sisanya rata-rata pakai disposable diapers. Saya sendiri akhirnya memilih untuk mencoba keduanya atas saran teman saya. Kira-kira nanti saya akan memilih pakai yang mana ya? We'll see!

Almond Milk
Salah satu minuman yang selalu rajin saya minum dan saya rasakan manfaatnya adalah Almond Milk. Biasanya saya beli di Bless Nature’s Best di Terogong, tapi minggu ini saya menemukan Almond Milk ang juga ngga kalah enak dari Ala.Me. Waktu itu saya sempat gak rutin minum Almond Milk  lalu seorang teman bercerita tentang manfaat almond selama ia hamil – buang air besar lebih lancar! Langsung dong saya tergoda, akhirnya jadi rutin minum Almond Milk dan memang khasiatnya bagus sekali. Selain itu saya juga rajin ngemil potongan buah apel dengan Cashew Butter dari Namaste Organic.

 photo x-andra4_zps7f1083c1.jpg

20 comments:

  1. hai mbaa...

    aku yg pernah post comment tentang uda 5 th berjuang punya baby akhirnya hamil alami... aku sekarang 25w >0<. Amaze with every baby movement inside my womb.. hehe.. pertama kali merasakan soalnya.
    aku tunggu nih postnya lebih jauh tetang persiapan untuk persalinan dan babynya... apa aja yang harus kita siapin untuk ibu dan baby yg kudu juga penting di bawa ke RS bersalin. :)

    aku juga lagi mau cari baju terusan kaos kaya mba alo... hehehe.. thx udah share ya... xoxoxo
    uda merasa mulai gerah.. mau cari baju yg simple tp nyaman :)

    aku juga kaya mba alo lagi cari tau tentang cloth diapers sama disposable diapers.. belum putusin sampe sekarang... :( masih mempertimbangkan...

    soal hamil kecil.. aku juga dibilang kecil mba :(.. aku baru naik 4.5 kg ini... badan ga gitu berubah, tapi perut aja membuncit.. hehehe... tapi kalo ke dokter berat si baby sesuai umur dan sehat kata dokternya :) jadi... keep positive... biar baby juga sehat terus di dalam...

    aku juga mengalami kendala sama sepatu... kadang bisa bengkak kakiku kalo terlalu banyak jalan atau menggantung... akhirnya aku nyerah ke sepatu olah raga... hehehe... sepatu ternyaman selama hamil... untung kantor ku ga masalah ;p soalnya ga tau kenapa jadi ga gitu suka pake sepatu teplek.. pergelangan kaki lebih cepet pegal,,, malah lebih sering bengkak.. tapi sejak pakai ganti sepatu olah raga.. so far ga pernah bengkak lagi..

    lalu soal almond milk mba... aku ga gitu brani minum... boleh ya mba? biasa aku suka buat sendiri... kan dari almond mentah ya.. aku agak takut... tapi kalo baca-baca emang bagus...jadi aku suka bingung sendiri... mau minum atau nggak :(

    woaa.. jadi panjanggg comment ku >.<.. jadi numpang share juga deh di blog mba alo. hehehe.. maaf ya mba... aku seneng baca blog nya mba alo.. walaupun kita ga pernah ketemu.. tapi lewat apa yg mba alo suka share dan cara mba alo menyampaikan di blog itu bikin yang baca tuh kayanya deket sama mba alo... :)

    sehat terus ya mbaaa mom and baby nyaaaa

    ReplyDelete
  2. Halo alo boleh share merk dry shampoo nya dan beli dimana ? Many thanks n keep healthy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, aku selalu pakai Oscar Blandi. Bisa beli online di Sociolla.com :)

      Delete
  3. haha jadi inget waktu hamil aku well pragnancy-brained banget, bahkan hp pun ilang gara-gara lupa... semangat

    ReplyDelete
  4. Alo, jangan lupa beli maternity pad yaa, sama bisa sambil direncanakan perawatan tubuh semasa nifas (kunci tubuh cepet pulih sehabis turun mesin) soalnya ibu-ibu suka kelupaan :D
    sehat - sehat terus yaa

    ReplyDelete
  5. halo Alo.. aku juga lagi hamil udah masuk 24weeks. dan mengalami hal yang sama.
    tengah malem gatel2 di bagian perut. tapi cuma tengah malem doang hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hihihi iya sama gatel banget. Katanya gatel itu efek kulit kita stretching karena membesar :D

      Delete
  6. Semoga selalu sehat dan bahagia ya, Mbak.
    Itu akan sangat berpengaruh pada buah hati yang berada dalam kandungan Anda.
    Saya mengikuti blog ini, tetapi tidak terlalu mengikuti kontennya. I'm a man anyway.

    Warm regards.

    ReplyDelete
  7. Andraaa, kalo kamu mulai hobi beberes, it means you're nesting! Setiap perempuan hamil pasti nesting gila-gilaan, deh. Dulu aku parah banget, sampe ngepel pake tisu dan nyuci semua baju-baju bayi sendiri... pake tangan! I really didn't know why, gila kali hahahaha.

    Trus, dulu aku juga Hypnobirthing sama Ibu Lanny. Akhirnya di aku nggak gitu ngaruh sih, pas kontraksi bhay banget. Tapi di temenku super, super ngaruh. She had a peaceful, calm, painless birth experience. Goodluck ya Andra Abenk!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha itu aku banget tuh obsess nyuci baju bayi sendiri plus pake tangan! Soalnya udah mulai gak kuat kerja dan mikir terlalu berat jadi mending aku beberes aja deh ;D

      Moga-moga hasil Hypnobirthing ngaruh nih Lei di aku, aku coba praktekkin terus soalnya.. Thank you Laila!

      Delete
  8. Hai Mbak Alo.. Kalo boleh tau, cloth diapersnya beli dimana & merk apa ya? aku juga lagi hamil 27weeks nii.. browsing2 seputar cloth diapers bingung sendiri karena banyak bgt dan belum tau review nya gmn, thanks mbak.. =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, aku belinya coba-coba semua sih dari mulai merek lokal sampai impor. Sejauh ini yang udah aku beli itu Pokado, Rumparooz, Charlie Banana, Smart Kid's. Mau coba semuanya dulu biar tau bedanya apa hehehe, soalnya kalau baca review orang kan beda-beda :)

      Belinya di www.littlehannahshop.com, www.thinkaboutbaby.com dan www.clodistore.com :)

      Delete
  9. ga bosen - bosen liatin pwetty momma-to-be ini :)
    29 weeks and glowing, ndra :)

    ReplyDelete
  10. I guess this song suites you well: Through the Rain :)

    Now you're carrying your rainbow all the time ^_^

    ReplyDelete
  11. Hi mba.. Sy jg pke clodi. Mau sharing dikit aja ktnya kn ga bgus klo 100% dispo-diapers jd klo pagi-sore sy pke clodi klo mlm bru yg dispo. Cb merk gladbaby mba, import taiwan/HK gt klo ga slh. Enk, ga bulky ky clodi lain. Cb googling aja, bntuknya beda ☺ semoga mmbntu infonya
    Btw, klo boleh tau pake strollernya apa ya mba Alo? Lgi mau huntimg jg soalnya, hehe. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you tipsnya :) strollerku Bugaboo Bee 3

      Delete
  12. Semoga sehat terus yah, Mbak.. :D

    ReplyDelete
  13. Waaaaaah, ngiler ngeliat semua perlengkapan bayinya :D
    Aku belom belanja apa-apa nih, masih baca-baca review Andra :)
    Sehat dan lancar sampai persalinan tiba ya!

    ReplyDelete
  14. Mbak Alo boleh tau nggak, tulisan bag nya yang model apa ya? aku juga lagi mau beli yg bisa multifungsi as baby bag.. tapi modelnya look similar semua hehe.. thank you mbak sebelumnya =)

    ReplyDelete