Wednesday, April 29, 2015

MARI MENGENAL MUSUH LEBIH DEKAT

 photo VJ-alodita3_zpsor5keif1.jpg
Dua bulan terakhir ini, saya sedang sibuk-sibuknya menyiapkan segala persiapan untuk si kecil sambil membagi waktu dengan mengerjakan beberapa creative project dan juga menulis blog. Walaupun sibuk, sharing di blog harus tetap jalan terus dong hihihi. Berhubung saya sedang mengandung anak pertama dari hasil program bayi tabung yang penuh perjuangan, saya jadi lebih kritis dan banyak belajar dalam memilih produk-produk untuk si kecil. Pokoknya selalu ingin yang terbaik, terbaik dan terbaik deh. Saya jadi lebih rajin membaca sebelum membeli suatu produk atau merek, bahkan jadi lebih cerewet bertanya dengan teman-teman yang sudah lebih berpengalaman. Salah satunya adalah saat memilih pakaian untuk si kecil nanti, ternyata memilih pakaian itu ngga selalu urusan gemes, lucu atau gengsi karena pakai merek tertentu loh, tapi masalah aman dan sehatnya bahan pakaian tersebut.

Saya sangat beruntung bisa ‘diperkenalkan’ dengan produk Velvet Junior saat memasuki trimester kedua, pas banget sebelum saya sempat berbelanja kebutuhan newborn baby. Saya sampai bela-belain pergi ke sebuah toko bayi di dekat rumah orang tua saya, karena penasaran dengan bahan pakaian Velvet Junior dan ingin melihat langsung sertifikasi yang tertera di pakaiannya. Minggu lalu saya dikirimkan hampers dari Velvet Junior, yang begitu saya buka ternyata isinya banyakkkkk banget dan sangat beragam. Thank you, Velvet Junior!

Sedikit cerita tentang Velvet Junior..

Pada tahun 2003, Velvet Junior berkomitmen untuk menyediakan pakaian yang sehat, nyaman dan aman bagi bayi dan batita. Tidak hanya memberi janji, Velvet Junior membuktikannya dengan semua produk yang sudah disertifikasi OEKO-TEX® Standard 100 kelas 1 dari Testex, di Zurich, Switzerland. Produk Velvet Junior bebas dari bahan atau kandungan yang dilarang oleh hukum, yang dapat membahayakan kesehatan anak. Selain OEKO-TEX®, Velvet Junior juga dilengkapi dengan sertifikasi SNI Perdana.

Ngomongin soal harga, produk-produk Velvet Junior termasuk murah dengan kualitas seperti yang saya jelaskan di atas. Bayangin aja, kita bisa membeli pakaian anak/batita dengan harga yang friendly padahal untuk mendapatkan sertifikasi OEKO-TEX® saja udah sangat mahal.

Soal model baju, Velvet Junior menawarkan berbagai macam pilihan model pakaian – mulai dari baju lengan pendek, celana pop, piyama, jumper dengan kancing depan sampai kaos oblong. Motif dan warnanya juga beragam sekali, malah kadang sampai bingung mau beli yang mana hihihi. Kemarin saya juga sempat dapat beberapa feedback dari para ibu-ibu muda, yang melaporkan bahwa baju Velvet Junior awet dan tidak melar biarpun dicuci. Malah dari beberapa Instagram followers saya juga menyarankan untuk mencoba detergen Cloud, dari Velvet Junior .

 photo VJ-alodita4_zpsxex8hqqb.jpg
Apa itu OEKO-TEX® Standard 100?
Sebuah lembaga pengujian dan sertifikasi independen yang berkantor pusat di Zurich, Switzerland. OEKO-TEX® menjamin bahwa seluruh bahan dasar dan material yang digunakan oleh Velvet Junior  seperti kain, benang, kancing, bahan pewarna, label merek, karet dan bahan printing atau sablon – pasti aman untuk bayi. Informasi lebih lanjut bisa baca disini.

Kenapa pakaian bayi harus aman dan sehat?
Saya yakin banyak yang tergoda dengan pakaian yang warnanya lucu-lucu atau printing yang menggemaskan. Tenang, saya pun awalnya begitu. Tapi ternyata, zat perwarna yang terkandung dalam pakaian bayi tidak semuanya aman. Apalagi jika kita perhatikan, bayi sering sekali mengemut pakaiannya. Selain itu, dalam tekstil biasanya terkandung zat formaldehyde atau yang lebih kita kenal dengan formalin, sebuah zat yang jika melebihi kadarnya bisa menyebabkan pakaian mudah terbakar. Inilah yang menjadi alasan utama kenapa memilih pakaian bayi sangat penting, bukan hanya sedekar harganya yang murah atau gambarnya yang lucu.

Dimana saya bisa mendapatkan Velvet Junior?
Sejauh pengalaman saya, ada di berbagai toko bayi seperti Suzanna Baby Shop. Untuk yang malas ribet atau kena macet, Velvet Junior juga bisa dibeli secara online di Bilna.

 photo VJ-alodita1_zpsifmrnv9v.jpg
Kain bedong dari Velvet Junior, bahannya nyaman, dingin dan tentunya aman. Motif barunya gemesin ya!

Tips for Buying Baby Clothes:

1. Beli secukupnya, tidak lebih tidak kurang. Berbelanja pakaian bayi terlalu banyak ujung-ujungnya malah tidak terpakai. Jika belum yakin dengan jenis kelamin bayi yang sedang dikandung, pilihlah warna-warna netral.

2. Pilih yang praktis, mudah dipakaikan dan dilepaskan dari badan bayi. Apalagi jika bayinya aktif. Pilihlah pakaian basic yang simpel dan praktis dari produsen yang terpercaya.

3. Beli satu ukuran lebih besar. Bayi cepat sekali tumbuh dan berkembang. Agar lebih irit dan dipakai lebih lama, pilihlah baju dengan satu ukuran lebih besar.

4. Kreatif dengan mix and match. Tidak semua baby girl harus didandani dengan warna pink dari ujung kepala hingga ujung kaki, dan tidak semua baby boy harus didandani dengan motif mobil balap atau army. Sama seperti fashion orang dewasa, cobalah untuk mix and match beberapa motif dan warna agar bayi terlihat lebih stylish.

5. Pilih yang memiliki sertifikasi. Hal ini sangat penting karena kulit bayi yang baru lahir sangat lembut dan sensitif, selain itu bayi mudah sekali mengemut pakaian, sehingga para orang tua harus memilih pakaian yang aman, sehat dan tentunya tidak memiliki kandungan yang berbahaya di dalamnya.

***
Jadi, haruskah saya memilih produk Velvet Junior?
I will say 100% YES! Velvet Junior satu-satunya produsen baju bayi dari Indonesia yang mempunyai dua sertifikasi yaitu SNI Perdana dan OEKO-TEX® Standard 100 yang menyatakan bahwa produk-produknya telah lulus tes uji materi tekstil. Ini artinya semua pakaian yang diproduksi Velvet Junior bebas dari kandungan AZO (rantai kimia karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker), zat formaldehyda dan logam terekstraksi.

Terima kasih Velvet Junior untuk segala komitmennya dalam memproduksi pakaian bayi dan anak-anak yang aman dan sehat untuk Indonesia!

*Artikel ini merupakan bagian dari kampanye Velvet Junior #LihatLebihDekat. Velvet Junior sent this hampers for the purpose of this review, however all opinions are completely my own.

 photo x-andra4_zps7f1083c1.jpg

14 comments:

  1. iih lucu-lucuuuuu!! jahitannya juga bagus ya kak?

    sehat-sehat ya kak alo sekeluarga :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jahitannya bagus dan rapi, agak ngga nyangka sih udah kualitasnya super bagus, dijualnya tetep murah lagi :) amin thank you yaa!

      Delete
  2. Wah, motif-motifnya lucu ya. Aku belum berencana untuk segera punya anak sih, tapi bermanfaat banget infonya! Thanks ya Kak Alo! :)

    ReplyDelete
  3. Wwaahh bagus nih buat hadiah ponakan atau sodara πŸ˜πŸ‘ΆπŸ‘¦πŸ‘§

    ReplyDelete
  4. makasih kak alo atas infonya... semoga sehat-sehat ya kak..

    ReplyDelete
  5. Yup, sangat recommended ! Velvet merk baju bayi langganan aku sejak Kenzie bayi sampai skrg umur 1 tahun. Sekedar saran baju bayi jgn dicuci pakai mesin cuci ya biar lebih awet pakai tangan sdh cukup :) Good luck untuk persalinannya nanti ya Kak Alo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Annisa, thank you infonya! Berarti keringinnya juga diangin-angin ya? Soalnya aku belum sempat nyuci semua pakaian newborn buat si baby hihihi. Makasih ya..

      Delete
  6. Iya cukup diangin anginkan saja, trs jgn dikasih pewangi ya kata dokter aku bisa bikin bilirubin bayi naik, nanti bisa kuning bayinya. Seru kan, jd mommy wanna be? Hehe :D

    ReplyDelete
  7. Omg kak Alo...

    Serem banget yaaaa tau kenyataan dibalik semua pakaian2 bayi itu. Merinding bangettttt bacanya. Ga hanya bisa membuat iritasi kulit atau penyakit kulit lainnya, tp bahaya kanker jg mengintai ya. Thanks to Kak Alo karna sudah bahas masalah ini dengan sangat detil. Aku cuma sekedar dengar saja tadinya. Tau detilnya dari artikel kak Alo. Ga tau klo separah ini. And i believe a lot mommies and or moms to be outside there will thankful and grateful for your article. Ga banyak yang tau masalah ini. Dan aku setuju banget kita harus jeli dan teliti ya sama pilihan kita. Be a smart buyer. Apalagi ini buat anak kita sendiri kan ga boleh coba2 hehehe... setuju jg sama tips2nya kak Alo. Bener ga usah beli banyak2 bajunya hehe. Beli secukupnya dan beli 1 ukuran lebih besar. Trust me, bayi itu cepet gedenya hahaha... dan aku jamin kak Alo, apalagi liat dede bayi kak Alo gendut dan sehat dr hasil usgnya, pastiiii dari bayi sampe gedenya, tiap beli baju harus lebih besar 1 atau 2 thn dari umur sebenernya karna ga akan kerasa, setelah 2 atau 3 bulan baju udah sesak semua hihi. Well that happens to Renata, my daughter too. It will save your budget too. Makasih banyak ya kak Alo, ilmunya bermanfaat banget. Terimakasih udah nyempetin waktunya. I appreciate that. Please take care too ya kak Alo. Jangan kecapean. Salam dr Renata buat tante Alo dan dede bayi.

    ReplyDelete
  8. ka... kebetulan usia kandungan kita hampir sama, setiap tulisan ka alodita ngebantu banget buat aku, di anak pertamaku, aku jalaninnya sendiri karna ibuku sudah meninggal dan mertuaku di jogja, jadi buat ngejaga bayiku aku banyak-banyak baca dari internet dan masukan dari yang sudah berpengalaman, tapi yang ada mala ketakutan sendiri karna kebanyakan gak boleh ini dan itu, tapi beberapa bulan ini ka alo sering share tentang kehamilan, mulai dari prodak skii sampe perabotan bayi seperti ini, sebelum aku nanya ka alo mengenai sk ii aku takut banget makainya, beli dari awal hamil sampe usia kandungan 6 bulan gak perna aku pakai, sampe aku yakin dengan penjelasan ka alo dan mulai memakainya, dan sekarang wajahku gak kusam lagi, sebelumnya semua bilang anakku laki-laki karna wajahku penuh jerawat dan kusam banget, padahal hasil USG insaallah anakku perempuan.

    ka... makasi banyak ya atas share nya yang selalu bermanfaat, sukses terus buat ka alodita dan keluarga, terutama babynya, semoga sehat, dan jadi bayi yang membawa kebahagiaan dimanapun dia berada, aminnnnn ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Fitri, iya betul, kebanyakan nanya atau baca (apalagi kalau isinya kurang kompeten) jadi malah takut ini itu. Setiap ibu punya caranya masing-masing, pakai saja cara yang sesuai dengan kemampuan dan apa yang kita percaya aja :D

      Sehat-sehat juga ya Fitri, thank you!

      Delete
  9. Wah makasih Mbak postingan kali ini aku banyak belajar ^^ Semenjak tau kalo lagi hamil aku suka stalking baju-baju bayi di IG yang dijual perlusin, lucu, dan murah >.< Duh harus selektif nih membelinya

    ReplyDelete
  10. Terima kasih buat rekomendasinya, kak Alo. Langsung browsing Bilna.com dan harganya affordable banget, gak kalah dengan yang branded. Bisa jadi rujukan kalau nanti punya baby.

    ReplyDelete