Thursday, March 19, 2015

PREGNANCY POST: 24 WEEKS

 photo 24weeks-3_zpsjblmhfxx.jpg
Ah gak berasa banget usia kehamilanku udah masuk ke 24 minggu, yang artinya aku udah melewati setengah perjalanan. Hooray! Setiap hari rasanya sangat menyenangkan, aku gak berhenti bersyukur karena bayi yang aku kandung sangat kooperatif dan gak rewel – mengingat banyak teman-teman yang hamil dari bayi tabung tapi gak bisa beraktifitas dan harus bedrest total.

Aku sendiri, sering dibilang bumil nekat terus sama sahabat-sahabatku karena aku cukup aktif sejak masuk ke trimester kedua, dan masih suka nyetir sendiri kemana-mana. Aku nyetir dari Cilandak-Senen-Thamrin-Cilandak, berangkat jam 6 pagi dan pulang baru jam 10 malam, pokoknya masih seneng nyetir sendiri deh walaupun ngga setiap hari. FYI, aku ngga suka pernah suka disupirin kecuali kepepet banget. Tapi seminggu terakhir ini, staminaku secara perlahan menurun dan akhirnya memutuskan untuk lebih banyak di rumah. Walau selama ini memang lebih banyak kerja di rumah, semakin sedikit waktu produktifku karena aku cepat capek. Akhirnya ya udah deh, saatnya bersantai-santai dulu karena ini kesempatan satu-satunya untuk bersantai – sebelum kembali ke aktifitas seperti dulu.

 photo theraline-by-alodita1_zpshp1ju07d.jpg
Theraline Maternity Pillow
Sejak trimester kedua awal, aku sering merasa pegal saat bangun tidur. Lucky me, Little Hannah Shop mengirim Theraline Maternity & Nursing Pillow supaya tidurku lebih nyaman seiring bertambah besarnya perutku. I love Theraline karena sangat multifungsi dan bisa digunakan untuk menyusui nanti.

Kick Count!
Memasuki usia kehamilan ke 20 minggu, beberapa buku menyarankan untuk mulai menghitung baby kicks setiap hari di jam yang sama. Kebetulan ada aplikasi BabyCenter di smartphone aku, jadi langsung praktekin deh! Aku juga udah hafal jam-jam bayiku bergerak, jadi sangat mudah untuk menghitung tendangannya setiap hari. Kata dokter, semakin sering bayi bergerak menandakan bayi yang sehat dan aktif. Lucunya, akhir-akhir ini aku sering ketawa sendiri pas lagi kerja karena tendangannya mulai terasa geli di perutku. Bayiku juga sangat responsif. Kalau aku mengelus perut dengan gerakan memutar dan mengajak ngobrol, gak lama ia akan merespon balik dengan tendangannya. Gemes ya!

Balanced Diet
Berat badanku sempat naik dratis yaitu 5 kilogram dalam 1,5 bulan, sampai akhirnya aku ikut Balanced Diet Catering dari Ayi @kelincitertidur selama 10 hari. Walaupun namanya Balanced Diet, tapi porsinya lebih dari cukup dan rasanya bukan yang hambar atau gak enak – justru enak banget! Selama ikut Balanced Diet Catering ini aku memantau berat badanku juga lebih stabil, badan juga berasa lebih sehat dan buang air jauh lebih lancar dibandingkan sebelumnya. Semua menu yang ditawarkan oleh Ay's Catering ini menarik-menarik dan patut dicoba :)

4D Ultrasound Scan
Minggu ini aku USG 4D di RS Pantai Indah Kapuk untuk melihat dan mengecek semua organ-organ dan wajah bayiku. Alhamdulillah.. Semua organ tubuhnya sehat dan lengkap. Grafik juga menunjukkan bahwa bayiku kondisinya normal dengan berat 765 gram. Sayangnya, si baby malu-malu waktu mau dilihat mukanya. Hidungnya mancung dan dagunya lancip, persis seperti bentuk wajah mamaku. Tapi posisi tidurnya persis banget kayak suami aku hihihi.

 photo DSCF7475_zpsoieykhqx.jpg
Java Jazz Festival
Awal bulan Maret ini, pertama kalinya aku pergi ke music festival selama hamil. Biasanya aku menghindari pergi-pergi yang terlalu jauh, ramai dan bising supaya gak terlalu capek. Java Jazz Festival tahun ini sangat spesial untuk suamiku, karena disana Abenk pertama kali bernyanyi di JJF setelah resmi bersolo karier. Aku nonton ramai-ramai bareng my in-laws plus ponakanku, Lulla.

Lulla
Keponakanku, Lulla, jadi nempel terus sama aku sejak aku hamil. Kalau aku lagi main ke rumah Lulla, maunya dicebokin sama Yayo (“Yayo” itu panggilan Lulla ke aku, karena dulu belum bisa ngomong “Malo” atau “Mama Alo” akhirnya keterusan manggil “Yayo”), mandi sama Yayo, pake baju sama Yayo, dikit-dikit cari Yayo, pokoknya seringnya sama Yayo lagi, Yayo lagi. Padahal dulu waktu bayi hingga usia dua tahun, Lulla ngga pernah nyariin atau betah lama-lama sama aku – justru mau nempelnya sama suamiku hihihi. Belum lagi Lulla suka mengelus-ngelus perutku sambil bilang, “Nanti Baby Yayo kalau keluar jump-jump ya (Nanti kalau bayinya udah keluar, lompat-lompat ya sama Lulla).”

 photo DSCF7526_zpsnhxh0tng.jpg
Baby Shopping List
Kalau kata orang dulu, pamali kalau belanja keperluan bayi sebelum hamil 7 bulan. Tapi itu sih percaya gak percaya kan? Buat aku sendiri, harus menunggu sampai 7 bulan rasanya akan merepotkan sekali untuk berbelanja karena masih banyak lagi persiapan yang harus dilakukan. Akhirnya mulai minggu lalu, aku menyicil membeli perlengkapan-perlengkapan untuk bayi. Berbeda dengan orang lain, aku justru belum belanja baju dan aksesoris sama sekali. Hal pertama yang aku beli adalah toiletries! Setelah toiletries lengkap, aku mulai menyicil beli diapers, kaos kaki, selimut, nose cleaner dll – semuanya aku beli secara online mulai dari Bilna, Babyzania, Blibli, hingga Mothercare. Aku juga sempat membeli perintilan di H&M Pondok Indah Mall dan Baby Empire di Pantai Indah Kapuk. Sejauh ini aku sangat terbantu oleh shopping list yang dibuat oleh temanku, Tara Amelz.

Swollen Feet
Kemarin saat aku sedang pergi dengan mama aku, tiba-tiba kaki terasa panas dan pas aku nengok, “Loh, kok bengkak?!” Mendadak jari-jari kaki terlihat sedikit kemerahan dan membengkak, begitu juga dengan jari-jari tangan yang terlihat mulai menggemuk. Aku coba rendam dengan air garam yang dicampur essential oil tapi beberapa temanku bilang nanti kempes setelah tiga hari. Hihihi lucu deh kalau liatin jari-jari kakiku yang bengkak.

Kira-kira begitu deh update bulan ini, buat teman-teman yang juga lagi hamil, stay healthy and happy ya!

Photo by Sabila Anjani

 photo x-andra4_zps7f1083c1.jpg

21 comments:

  1. Semoga sehat terus Kak Alo, juga semoga lancar2 lairannya :D
    Nice story as always :)

    ReplyDelete
  2. Hi Kak Alo :) aku selama ini selalu jadi silent reader blognya Kakak. Seneng bgt ngeliat perkembangan kehamilan kak Alo :D Cuma mau sharing pengalamanku aja kak. Dulu aku waktu hamil sering bgt dibawelin sama Mama untuk minum kacang ijo. Tp karena suka males&eneg, jdnya aku suka minum air rebusannya aja. Ternyata efeknya bikin kaki&jari tanganku ga terlalu bengkak. Tetap membesar sih, tapi masih wajar.. kalau sampai bengkak karena kecapean, biasanya aku suka kasih beberapa bantal di kaki aku waktu lg rebahan. Lumayan berhasil ngilangin bengkaknya. Semoga bermanfaat ya Kak. Sehat selalu&semoga lancar terus sampai lahiran nanti :)

    ReplyDelete
  3. Hai Alo, seneng deh liatnya i feel the same way bcs we're both an expecting moms with 24w pregnancy, kayanya kita due datenya deketan ya :) semoga sehat selalu ya Alo. aku juga mulai belanja & gak tahan bgt beli perintilan meskipun belum 7bulan malah udh beli stroller! Aku boleh liat list yg dibutuhkan lg ngga Alo if u dont mind?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Karina, aduh kamu beli stroller apa? Aku masih bingung soal stroller hahaha :D

      Anyway kalau list-nya Tara kan enak yah ada nama brand-brandnya juga, aku belum nemu list lain sih yang sedetail itu. Tapi dua checklist ini aku ikutin juga hanya untuk referensi seru-seruan aja:

      - Newborn checklist - Today's Parent
      - Motherhood Mondays: What to register for your new baby

      Stay healthy juga ya, Karina! :))

      Delete
    2. Pilihanku Jatuh ke Stokke Scoot, Alo. kemarin sempet pingin bugaboo krn review beberapa yg bilang bugaboo lebih handy & ringan, kalo travelling juga lebih enak, cuma pas liat aslinya stokke scoot yg lebih kokoh dan seat nya tinggi dan bs dari newborn gak perlu carrycot jd tergoda deh, emang sih lebih berat tp suamiku lbh yakin sama si scoot! ah thank you yaa link nya :)

      Delete
    3. Hi Karina, wah gak berat yah? Stokke aku justru dari awal biasa-biasa aja, suamiku malah suka. Pertimbanganku cuma beratnya itu loh :D

      Anyway, high chairnya Stokke yang kayu juga menggiurkan yaaa minta dibeli hahaha ;D

      Delete
  4. hai kak alo, biasanya sy slalu jd silent reader kakak.. sy jg sedang hamil dan beda 2 minggu dgn kak alo.. sy slalu semangat baca review2 soal kehamilan kak alo.. kebetulan sy sdg nemenin suami yg kerja d luar negeri, jd ga ad org tua atau sodara yg bisa sy tanya2 terus, plg cuma bs lwt telpon... kdg bingung dan takut tp lihat kak andra yg slalu positif dan semangat sy jg jd semangat hehe :) untuk baby kicking sama sperti kak alo, kalau sy elus dgn gerakan memutar bayinya jg balas nendang, dan kalau suami sy lg ada sy lgs kasih suami pegang perut sy dan dia ikut semangat krn si baby nendang2.. untuk shoping list mmg sih kata org blm 7 bln pamali, tp sy sndr mgkn akan belanja sblm usia 7 bln krn mmg hny skrg2 ini sy dan suami yg ada wkt nya.. semoga sehat dan lancar sampai lahiran ya kak :) tetap semangat!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello.. Iya gapapa kok belanja dari sekarang, aku juga berpikiran yang sama. Nanti kalau udah 7 bulan lebih banyak yg harus diurus, jadi dicicil aja dikit-dikit biar pas sudah mau lahiran tinggal santai-santai aja. Stay healthy ya! :)

      Delete
  5. Kak Alo,
    Kata temen aku yang dokter, diperhatiin klo perlu catat jam-jam si Baby "aktif" ato "melek" waktu masih dalam Belly.
    Nanti biasanya jam-jam tsb gak jauh beda dengan jam si Baby melek pas udah lahir nanti.
    Dan pas Baby dia lahir, ternyata bener. FYI aja. Semoga berguna.
    Sehat selalu Mommie and Baby.

    ReplyDelete
  6. Bener bener gemesin sama respon si bayi hihi love loveeee!

    ReplyDelete
  7. andraaa.. its nice to see you and your baby bumps agaiiinn hihihi... sudah ketauan jenis kelaminnya dong ya ndraaa.. kamu lahiran dimana rencananya? iihh pengen bgt meet up sesama bumil nihh sebelum km melahirkan, seruuu pgn sharing2.. aku email2 yah sayang :) sehat2 cantiiikk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Talithaaaa, yuk ketemuan. Aku tunggu emailmu, kamu juga sehat-sehat yaaa! Happy for you too :D

      Delete
  8. Thank you mba Informatif sekali apalagi soal website untuk belanja kepeluan bayi, semoga lancar dan sehat selalu yaa ibu dan anak :)

    ReplyDelete
  9. Aku ikut seneng deh Kak bacanya. Semoga seeterusnya dilancarkan ya kak. Amin

    ReplyDelete
  10. Huhuhu terharu baca artikel yang ini kak Alo... so happy for you... salut sama kak Alo, meski lagi hamil gede tapi tetep semangat, energik dan produktif. Patut dicontoh ini. Karena kalo ibunya rajin selama hamil, insya Allah anak salam kandungan juga rajin hidupnya, aminn... soal persiapan, aku pun begitu kak Alo, di 5 bulan (yang penting udah lewat trimester pertama), udah mulai nyicil2. Repot kalo udah hamil tua hehe... soal dede bayi yg suka nendang2, aduh gemesinnnnn hihihi, dedenya exciting banget ya ngajakin mama main ya... she/he surely happy to have someone like you... about Lulla, akkk so sweet banget deh, manja banget sama kak Alo. She feels warm and comfort around you. Anyway kak Alo, sehat terus ya. Salam untuk dede bayi. And congratulation for kak Abenk for his 1st debut di java jazz festivalnya. Sukses terus untuk kalian semua yaaa...

    ReplyDelete
  11. 24 wek itu berarti udah 6 minggu ya berarti sekitran 3 bln-an lagi melahirkan, wah sama donk saya juga lahir bulan juni...
    semoga melahirkan dengan selamat sentosa, dan gak di cesar, kalo di cesar soalnya butuh biaya, dlu kk saya di cesar habis 10 jt, 2004, trs nama anaknya nnti dikasih nama apa.

    www.enasnasrudin.com

    ReplyDelete
  12. my first visit and I love it :)..selamat untuk kehamilannya dan semoga lancaar yaaa..love to know you still enjoy your activities despite the pregnancy :)

    ReplyDelete
  13. Wah.. Uda mulai keliatan gede yah, Mbak.. Semoga kehamilannya lancar dan sehat.. Aamiiin :D

    Btw, tetep stylish yak. Hihihi :P

    ReplyDelete
  14. seneng banget ngeliat ka Alo hamil, aura ibunya makin kelihatan kalau difoto )

    ReplyDelete
  15. Huwaw, update kegiatan selama kehamilan, Salam kenal kak, semoga sehat dan lancar persalinannya. :D

    ReplyDelete
  16. Dear mb alodita..
    Sharing dong makanan/minuman yg dikonsumsi selama hamil.
    Terutama waktu hamil muda.
    Makasih

    ReplyDelete