Saturday, March 14, 2015

PREGNANCY & PARENTING BOOKS #1

 photo blog-IMG_7593_zpsh0mmjc3r.jpg
Hi, I’m back with my book reviews! Kali ini saya mau sharing tentang buku-buku yang saya baca dari awal kehamilan hingga second trisemester, yang ternyata cukup banyak dan semuanya dibaca hingga selesai. Ini belum seberapa karena di rumah masih ada ‘antrian’ panjang buku-buku tentang pregnancy dan parenting yang dipinjamkan oleh ipar dan mertua saya. Buku-buku ini kebanyakan saya baca sendiri, lalu saya kasih tanda dengan post-it atau stabilo agar suami juga bisa ikut baca. So far, buku-buku ini sangat berguna bagi mental dan pengetahuan saya seputar kehamilan – mungkin gara-gara baca buku-buku ini juga lebih percaya diri, santai dan bahagia selama hamil.

 photo blog-IMG_7605_zpsppmrl3yq.jpg
What to Expect Before You’re Expecting – Heidi Murkoff & Sharon Mazel 
Sebelum memulai program bayi tabung, saya sudah menabung ilmu seputar kehamilan dengan buku ini. Buku ini sangat helpful karena berisi informasi dari mulai apa saja yang harus disiapkan sebelum hamil (mulai dari fisik dan mental – termasuk pemeriksaan apa saja yang harus dilakukan sebelum hamil), fertility dan informasi tentang program bayi mulai dari menghitung tanggal hingga inseminasi dan bayi tabung. Seperempat akhir buku ini diisi dengan Your Fertility Planner, jadi kita bisa keeping track dengan segala sesuatu sebelum masa-masa kehamilan. Saya sangat merekomendasikan buku ini untuk dibaca oleh teman-teman yang sedang trying to conceive.

What to Expect When You’re Expecting (New 4th Edition) – Heidi Murkoff & Sharon Mazel 
Seperti buku-buku seri What to Expect lainnya, buku ini kaya dengan informasi seputar kehamilan. Saya cukup beruntung bisa menemukan buku ini di Jakarta karena buku ini sudah direvisi dan lebih update. Dalam buku ini kita bisa mendapat informasi mulai dari sebelum kehamilan (tapi tidak selengkap buku What to Expect Before You’re Expecting), masa-masa kehamilan yang dibahas setiap bulannya, persalinan hingga post-partum. Dua bagian favorit saya di buku ini yang pertama ada satu bab yang khusus untuk dibaca oleh para dads-to-be, yang kedua bab tentang bagaimana agar tetap sehat selama masa kehamilan. Buku ini benar-benar buku panduan saya selama hamil, informasinya yang lengkap juga membuat saya lebih tidak was-was terhadap situasi-situasi tertentu. A must-read book!

 photo blog-IMG_7609_zpsfgvnjl0s.jpg
Hypnobirthing The Conny Method – Conny Widya Hermina & Agus Wirajaya
Buku pertama tentang hypnobirthing yang pernah aku beli, sangat berguna untuk saya dan suami – apalagi saya ingin sekali menjalankan persalinan secara alami. Buku ini dituliskan oleh sepasang suami dan istri, Agus & Conny, dimana keduanya berbagi tentang pengalaman dan informasi bagaimana menjalani kehamilan yang sehat, nyaman dan menyenangkan dengan teknik hypnobirthing. Lewat buku ini, saya dapat banyak hal mulai dari cara meningkatkan kualitas komunikasi atau bonding dengan suami dan janin dalam kandungan, menjalani kehamilan yang menyenangkan, tenang, penuh percaya diri hingga menjalani proses persalinan dengan mudah dan bebas nyeri. Selama baca buku ini saya benar-benar merasa dapat edukasi tentang persalinan, yang selama ini dianggap mengerikan tapi ternyata banyak loh orang-orang yang bersalin dengan mudah karena ikut terapi hypnobirthing. Salah satu bagian yang selalu saya ingat-ingat, dimana sang penulis menyinggung tentang emosi dan ucapan yang keluar pertama kali saat wanita mengetahui bahwa dirinya hamil, sangat berpengaruh dengan sang bayi. Jadi ketika sang calon ibu mengucapkan rasa syukur, gembira, senang dengan emosi dan perasaan yang positif, maka bayi yang dikandungnya juga bisa merasakan bahwa dirinya diinginkan, dicintai, berharga bagi orangtuanya dan perasaan tersebut akan terbawa bahkan ketika bayi tersebut dilahirkan dan tumbuh menjadi dewasa, yang menjadikan pribadi yang baik. Saya sangat, sangat merekomendasikan buku ini, bukan hanya yang ingin persalinan secara normal tapi juga lahiran c-section – karena buku ini penuh dengan informasi dan inspirasi yang wajib dipraktikkan sehari-hari.

Multitasking Breastfeeding Mama: Tips & Trik Menyusui – Nia Umar
Informatif, dikemas secara menarik dengan layout yang simpel dan dilengkapi ilustrasi yang manis. Buku ini adalah buku wajib untuk para multitasking mother yang ingin memberikan ASI eksklusif dan kembali beraktifitas. Pas baca buku ini rasanya seperti ikut dalam kelas laktasi, gak heran sih karena buku ini juga buku rekomendasi AIMI (Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia). Recommended!

Mommies Daily Pregnancy Checklist Book
Buku ini super handy dan berguna untuk membantu membuat daftar kehamilan dan melahirkan. Berisikan dengan daftar-daftar belanja dan apa yang harus dipersiapkan untuk menyambut buah hati, buku ini mudah dibawa-bawa saat berbelanja perlengkapan bayi karena isinya benar-benar checklist dan tips-tips informatif.

 photo blog-IMG_7614_zpsqsp1j8jf.jpg
Bumpology: The Myth-Busting Pregnancy Book for Curious Parents-to-be – Linda Geddes
Sejujurnya saya agak menyesal beli buku ini, karena isinya kurang signifikan dan kurang pas untuk dibaca oleh calon ibu yang tinggal di Asia. Berisi tentang mitos-mitos seputar kehamilan yang akhirnya terjawab oleh hasil riset, tapi tetap aja pas baca saya kurang puas dengan kontennya. Lebih baik baca atau browsing di internet dari pada baca isi buku ini.

Bringing Up Bébé – Pamela Druckerman
Banyak yang bilang buku ini adalah salah satu buku parenting terbaik dan memang isinya seru banget! Buku ini bercerita tentang seorang jurnalis asal Amerika Serikat yang membandingkan parenting style ala French dan American. Menariknya, French parenting terkesan simpel dan rileks. Saya baca buku ini berkali-kali karena menurutku semua bagian dari buku ini memang seru banget, apalagi kalau melihat parenting style di Indonesia. Buku ini sangat menghibur, baca review lengkap aku disini.

 photo blog-IMG_7617_zpszbmwnain.jpg
BabyCenter Pregnancy: From Preconception to Birth
Buku ini cukup informatif, tapi masih kalah informatif dan lengkap sih menurut saya kalau dibandingkan sama seri What to Expect. Tapi yang saya suka dari buku ini, masa-masa kehamilan dibahas per minggunya dan juga dilengkapi oleh foto, ilustrasi dan diagram. Untuk yang gak terlalu suka membaca buku (atau gampang bosan karena yang dilihat hanya tulisan semua), saya sarankan untuk beli buku BabyCenter Pregnancy dibandingkan dengan What to Expect When You’re Expecting.

Artikel ini akan saya update sesuai dengan kebutuhan saya nanti, thanks for reading!

14 comments:

  1. Replies
    1. Hai kak Alo, bener nih yg dibilangin Noona, The Baby booknya Dr Sears (William Sears, M.D. dan Martha Sears, R.N. bersama Robert Sears, M.D. dan James Sears, M.D) bagus banget utk setelah melahirkan. Sharing ya kak, ada 5 buku isinya. Buku wajib tentang perkembangan bayi. Bukunya tentang bagaimana merawat dan cara menanggapi kebutuhan bayi yg tepat. Penjelasan dan kiat2 yg diberikan untuk membuat pengasuhan bayi menjadi jauh lebih mudah dan menyenangkan. Buku ini juga berisi pengetahuan dan keahlian merawat, memberi makan, mengatur nutrisi, melesatkan perkembangan dan mengatasi masalah kesehatan yg lazim terjadi pada bayi. Buku ini juga menekaknkan konsep pengasuhan penuh cinta (attachment parenting), pendekataj lembut dan masuk akal atas pengasuhan yg menekankan ikatan batun dengan bayi, tanggapan terhadap isyaratnya, menyusuinya, memopokinya, tidur bersamanya dan mentapkan batasan2 yg tepat. Pokoknya ini keren banget deh. Kayak kamus hehe... selama mengasuh bayi baru lahir sebagai anak pertama apalagi jauh dr keluarga, buku ini sangat2 membantu sekali menjawab semua pertanyaanku sebagai ibu. Good luck ya Kak Alo cantik

      Delete
    2. Thank you infonyaaaa! Wahhhh penting banget nih, aku masukin wish list aku deh kalau begitu. Makasihhh :)

      Delete
  2. Btw kak Alo, di buku terakhir kak Alo mentioned di atas, si Baby Center, ada aplikasinya jg lho di Android (My Pregnancy Today dan My Baby Today) dan Apple (Babycenter First Class) ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya BabyCenter aku juga jadi panduan sehari-hari aku, tapi memang aku anaknya lebih suka yang berbentuk buku dibanding gadget hihihi

      Delete
    2. Ahh toss kak Alo, me too (julukan hingga kini si nerd LOL. Harus pegang buku. Kalo ga rasanya ga sah ya Kak Alo hahahaha...

      Delete
  3. Dear Andra, sebagai informasi lengkap tentang menyusui, kamu bisa dapetin di "Buku Pintar ASI & menyusui" karyanya mba Fatimah Berliana Monika. Aku udah baca dan bukunya lengkap sekali, kamu juga bisa follow fbnya mba Monik yang isinya tentang menyusui di https://www.facebook.com/fbmonika?fref=ts

    Semoga lancar-lancar ya hamil dan melahirkannya, semoga nanti bisa kasih ASI ekslusif juga buat anaknya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Dyah, ah iya nih aku baru inget aku mau beli buku itu! Tapi belum sempat ke Gramedia lagi. Thank you remindernyaaa :D

      Delete
  4. Kak Alo, coba baca Mom's & The City-nya Nadya Mulya & Joy Roesma, menurutku asik bukunya, pembahasannya santai tapi berbobot. Lengkap juga, dari ngebahas permasalahan kesehatan bumil sampai ke masalah fashion-nya. Semoga lancar yah Kak, doain aku cepa menyusul :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello! Iya buku itu juga masuk wish list aku, cuma belum sempet beli aja. Aku doakan cepat nyusul yaaa, sending you baby dust! :)

      Delete
  5. Dear Alo...aku juga sangat merekomendasikan the baby books- nya Dr Sears karena emang helpful bgt utk masa2 2 tahun pertama anak kita. Buku ini jadi kitab suci aku selama 2 th pertama anakku. aku jadi lebih pede dan tau apa yg harus dilakukan saat mengasuh anakku... Termasuk memilih co-sleeping meskipun orang2 disekitarku tidak merekomendasikan. I think you should read this one and hopefully you'll find it useful as much as i do. Love - ucik (ig @lovelyaletta)

    ReplyDelete
  6. coba juga baca bukunya bidan yessie mba (www.bidankita.com) judulna "Gentle Birth Balance: Persalinan Holistik Mind, Body, and Soul" oleh Yesie Aprillia, S.Si.T., M.Kes, banyak ilmunya, aku sdih juga ktemu buku ini stelah 3x mlahirkan c-section :(. rekomen banget. smoga lancar kehamilannya ya, ibu dan bayinya sehat.. aamiinn

    ReplyDelete
  7. Waah senangnya buku eike direkomendASI sama bumil cantiik ini ��❤️ Makasiih yaaa.. �� nanti kalo mau konsultASI colek2 aja yaaa �� semoga persalinannya lancar!! Happy breastfeeding with lots of love ❤️

    ReplyDelete