Wednesday, February 18, 2015

PRENATAL YOGA AT HOME

 photo katie-appleton_zpsxqugy2p4.jpg
Memasuki usia kehamilan ke 21 minggu, badanku mulai ‘rajin’ pegal-pegal dan kadang back pain pun nemplok ngga mau lepas-lepas. Baru sadar kalau ternyata aku sudah absen lumayan lama dari olahraga. Belum lagi betisku suka kram pas tengah malam, yang akhirnya bikin aku kesakitan dan terpaksa membangunkan suami untuk membantu meluruskan kaki aku. Di saat yang bersamaan aku juga ingat kalau teman baikku, Tara Amelz, pernah menulis artikel tentang prenatal yoga di blognya.

Langsung aja aku cari video-video prenatal yoga tersebut, coba praktekin dan ternyata membantu banget walaupun aku yoga di rumah. Aku sengaja latihan di rumah supaya aktifitas ini menjadi kebiasaan rutin setiap pagi, baru deh kalau badannya sudah terbiasa aku berencana mencoba beberapa kelas prenatal yoga di daerah Jakarta Selatan. Anyway, yoga bukan sesuatu yang asing lagi untuk aku walaupun aku memang udah lama absen kelas yoga. Sejak tiga tahun lalu sewaktu aku ingin menjalani hidup sehat, aku rajin yoga 2-3x seminggu sampai akhirnya aku bosan karena lebih suka olahraga yang high impact dan energik seperti Body Compat dan Zumba.

Manfaat prenatal yoga:
  • Melatih dan menguatkan stamina dan otot-otot tubuh
  • Mempersiapkan fisik dan melatih pernafasan untuk melahirkan
  • Memperlancar aliran darah, supaya tidak ada kram atau cedera saat hamil
  • Back pain sangat berkurang
  • Relaksasi, selain itu tidur juga lebih nyenyak
  • Membangun koneksi antara ibu dan bayi yang dikandung

Aku secara personal suka banget dengan video-video Katy Appleton karena gerakannya sangat mudah diikuti, step-by-step-nya jelas dan suaranya enak didengar. Berikut video-videonya:







Setelah dua minggu terakhir ini aku rajin prenatal yoga hampir setiap hari (minimal 15 menit setiap pagi), aku ngerasa jauh lebih fresh dan fit! Untuk kamu yang sedang hamil, silahkan dicoba juga ya. Namaste :)

Read more about my pregnancy stories here.

 photo x-andra3_zps78b9e633.jpg

12 comments:

  1. sip! siap ikut nyobain .. berenang juga bagus katanya, ndra ...
    aku sendiri banyakan jalan pagi secara di sini kan habbitnya jalan kaki ke mana - mana juga ;)
    enjoy your pregnancy :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya aku berenang juga walaupun belum rajin, jadi niatnya mau rajin yoga dulu deh biar kebentuk kebiasaan olahraganya. Obgynku cuma pesen aku harus aktif dan banyak gerak hihihi. Kamu sehat-sehat juga yaaa :*

      Delete
  2. Dear Alo, coba deh ikutan prenatal yoga di rumah yoga, lamandau, deket SMUN 70. Dulu aku di sana, instrukturnya namanya mba Tia Pratignyo, enak banget! Mba Tia sangat informatif kasih info dan sharing soal hamil dan mellahirkan. Kalau mau liat websitenya di http://www.prenatalyogajakarta.com/

    Semoga lancar ya kehamilannya :)
    -Dyah Ayu Amallia-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Dyah, thank you sarannya! Okay aku coba hubungi Rumah Yoga nanti. Makasih yaaa :)

      Delete
    2. Kak alo, coba yang prenatal yoga routine with lara dutta juga deh...

      Delete
  3. Andraaa, kalo dulu aku rutin prenatal yoga sama Mbak Tina Maladi, dulu di sebuah studio di Kemang. Dari jaman aku 16 mingguan sampe brojol. Aku sih suka bangeet. Let me check kalo Mbak Tina masih di studio itu yaa... Atau kalo studio itu masih ada kelas prenatal yoga nya. mungkin lebih deket dari Cipete hehe :)

    Kalo di studio-studio lain emang banyak sih prenatal yoga, salah satunya Rumah Yoga itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aahh iya aku nyari yang deket-deket rumah nih, Cipete sih enak banget deket! Thanks Laila, bisikin dong contactnya Mbak Tina :D

      Delete
  4. Hi Kak Alo,

    Very informative postingannya. Langsung cari channelnya Katty Appleton di youtube dan suka. Bakalan kepake tahun ini kalo hamil lagi... makasih yaaa kak Alo udah sharing. Oh ya kak Alo ikutan senam hamil juga ga di Rumah Sakit atau di tempat lain? Sehat terus ya Kak Alo dan babynya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Chica, belum ikutan kelas-kelas nih. Dua minggu terakhir cuma pregnancy yoga di rumah aja biar badannya lebih rileks. Bulan depan rencananya mau ikut kelas-kelas :D thanks dear

      Delete
  5. hai andra mau tanya kmu di obgyn mana ? :)

    ReplyDelete
  6. Hi andra, mau follow up akhirnya kemarin ikut kelas prenatal yoga dimana? Thank you yaaa :)

    ReplyDelete
  7. Hi Andra, saya mau nanya, kamu beli maternity work out or yoga pants dimana yah? Thank you!

    ReplyDelete