Thursday, February 19, 2015

PREGNANCY POST: 21 WEEKS

 photo jellybean-21weeks_zps65mhlp2d.jpg
Terakhir update soal kehamilan, usia kandunganku masih 14 minggu (baca disini). Gak kerasa, usia kandungan aku sudah masuk ke 21 minggu atau 5 bulan! Baby bump pun baru muncul dua minggu yang lalu di usia kandungan 19 minggu, sebelumnya semua orang yang aku temui gak akan ‘ngeh’ kalau aku lagi hamil. Beberapa cerita menarik juga menghiasi masa-masa kehamilanku sampai hari ini. Seperti biasa, terlalu sayang kalau cerita-cerita tsb hanya disimpan sendiri.. Happy reading!

Baby Boy or Baby Girl?
Berbeda dengan obgyn-obgyn lainnya, Dr. Handi Suryana sudah menebak jenis kelamin sejak usia kehamilan 14 minggu! Beda sama teman-temanku yang baru tau jenis kelamin bayinya saat usia kandungan memasuki bulan kelima. Awalnya aku dan suami masih percaya-gak-percaya, sampai akhirnya kami cek lagi di usia kehamilan 21 minggu dan ‘tebakan’ Dr. Handi selama 3 bulan berturut-turut masih sama. Kami belum mau kasih bocoran soal gender bayi kami kepada orang-orang, kecuali keluarga dan sahabat-sahabat dekat.

Baby Names
Dari sebelum menikah dulu, suami sudah menyimpan beberapa nama calon anak baik untuk perempuan dan laki-laki. Aku lumayan maksa agar nama anak kami depannya huruf ‘A’ – karena aku dan suami nama panggilannya juga huruf ‘A’ (walaupun suami nama aslinya jauh dari huruf ‘A’). Lucunya, nama bayi kami akhirnya kami dapatkan berkat suami mengigau saat tidur – for your information, suamiku memang sering mengigau ‘kreatif’ saat tidur dan biasanya aku catat semua hasil mengigaunya untuk inspirasi kami berkarya. Pagi itu aku terbangun seperti biasa untuk buang air kecil, tiba-tiba suami mengigau, “Sayang, gimana kalau nama anak kita ‘ini’?” Aku langsung cepat-cepat mengambil smartphone untuk mencatat nama tersebut. Namanya pas banget karena kami sedang mencari first name dan juga nama panggilan. Jadi dapat sepaket deh! Paginya aku bilang sama suami soal kejadian subuh-subuh itu, tapi suami gak inget sama sekali. Akhirnya kami mencari nama tengah, dan jadilah nama baby kami di hari yang sama! Aku juga cerita hal ini ke beberapa teman, katanya sih, anak itu memang bisa memilih namanya sendiri – dan kami dapat nama anak kami lewat suamiku yang mengigau saat tidur. Lucu sih kalau dipikir-pikir :D

Food Love
Setiap ditanya ngidam apa, jawabannya cuma satu: INDOMIE!!! Aku pencinta Indomie sejati, walaupun sebelum hamil itu makan Indomie atau mie instan lainnya cuma 2-3 bulan sekali. Sekarang pas hamil, bawaannya setiap weekend mau makan Indomie – yang akhirnya aku jatahin cuma boleh 1 bulan sekali aja. Setiap jatah makan Indomie datang, aku gak tanggung-tanggung langsung minta diantar ke warung Indomie dekat rumah mertua yaitu Wiwied Fatmawati. Selain itu aku juga ngidam sop kaki kambing, akhirnya suami berbaik hati nganterin makan sop kambing di Bang Anen, Jl. Raya Fatmawati. Habis makan, rasanya puas banget! Selain dua makanan tersebut, aku juga jadi ‘rajin’ makan ice cream padahal sebelum hamil udah jarang banget makan ice cream.

Body & Skin Changes
Di awal kehamilan aku sudah belanja beberapa bra baru karena payudara yang membesar, sekarang payudara malah tambah membesar dan bra-bra dengan ukuran baru pun rasanya sesak. Akhirnya aku memutuskan untuk beli bra extenders di Wacoal dan H&M. Kulitku udah ngga sekering dan segatal waktu awal hamil karena aku jaga terus pakai natural body oil. Selain itu, aku juga mulai ngerasa pegal-pegal dan backpain kalau jalan, duduk atau tidur terlalu lama.

Leg Cramps
Beberapa kali aku terbangun pas tengah malam dan merintih kesakitan karena betisku kram. Akhirnya bangunin suami di tengah malam karena aku gak bisa ngelurusin kaki sendiri, setelah dibantu suami langsung kramnya hilang. Kram sendiri disebabkan oleh kontraksi otot. Hal ini sering terjadi saat hamil, karena kaki kita menopang berat ekstra saat mengandung dan sirkulasi darah yang kurang lancar. Oleh karena itu, aku mulai rajin stretching setiap pagi dan duduk sambil mengangkat kaki untuk mengurangi serangan kram kaki saat tidur.

Vitamins
Dr. Handi Suryana membekali aku Folamil Genio dan Ossoral 800mg untuk kebutuhan kalsium. Selain itu aku mengkonsumsi satu buah jeruk setiap hari untuk menambah vitamin C atas saran seorang teman untuk mencegah flu.

Baby's Movement
Berbeda dengan teman-teman yang lain, aku sudah bisa merasakan gerakan bayiku saat usia kehamilan 14-16 minggu – walaupun gerakan kecil sekali dan hanya terasa saat posisi telentang. Dua minggu terakhir, gerakan si kecil mulai sering dan ‘pamer’. Saat USG terakhir, babynya langsung nyundul-nyudul keras seakan-akan pamer ke dokter dan ayahnya kalau dia sedang aktif. Gemes!

Normal or C-Section?
Pengalaman operasi sebanyak tiga kali dan perjuangan recovery dari operasi laparotomy bikin aku takut operasi lagi. Operasi terakhirku meninggalkan bekas yang cukup besar dan panjang, yaitu jahitan sepanjang 12 sentimeter dan vertikal. Aku sudah berdiskusi dengan obgynku perihal keinginanku yang sangat kuat untuk melahirkan secara normal. Kalaupun terpaksa harus C-Section, obgynku juga akan membuka perutku secara vertikal seperti bekas jahitan yang dulu. Dr. Handi sendiri bilang luka operasi secara vertikal sangat sakit dan lebih lama untuk sembuh.

Selain itu, Dr. Handi juga cukup surprise dengan keinginanku untuk melahirkan normal, karena biasanya kehamilan lewat bayi tabung itu rata-rata sih C-Section karena bayinya sangat berharga dan resiko kenapa-kenapanya lebih rendah dibanding lahiran normal. Sejauh ini aku sudah menyiapkan diri untuk lahiran normal dengan menguatkan fisik, olahraga dan rencananya akan ikut kelas hypnobirthing.

Prenatal Yoga at Home
Karena sudah terbiasa olahraga high-impact sebelum hamil, badanku agak kaget saat absen cukup lama dari olahraga. Dua bulan terakhir aku mulai prenatal yoga di rumah minimal 20 menit per hari, untuk latihan pernafasan, relaksasi dan mengurangi pegal-pegal. Prenatal yoga juga bermanfaat untuk melatih komunikasi dengan bayi di dalam perut, dan kalau dilakukan rutin juga bisa membantu tidur lebih nyenyak.

Bonding With Our Unborn Child
Setelah proses bayi tabung selesai dan aku tau kalau aku hamil, aku mulai sering berkomunikasi dengan bayi dengan cara mulai dari bercerita, bernyanyi, menari kecil dan kadang-kadang juga aku minta suami untuk ajak ngobrol. Komunikasinya pun bermacam-macam, aku suka bilang sekarang aku lagi nonton video USGnya atau sedang browsing untuk mencari referensi nursery room. Hal yang paling sering dilakukan adalah berterimakasih dan bersyukur kepada bayi yang aku kandung karena selama ini kehamilanku sangat smooth, karena selama proses menjalankan bayi tabung aku ada aja masalah-masalah yang dapat menghambat proses treatment. Aku juga berkomunikasi lewat berenang dan prenatal yoga. Saat aku prenatal yoga, ada juga gerakan-gerakan untuk bonding dengan bayi yang sedang dikandung. Aku sangat bahagia dan bersyukur, karena sejak janinnya tumbuh di dalam rahim aku mulai ajak ngobrol dan cerita soal perjuanganku untuk mendapatkan malaikat kecil. Aku juga suka merespon gerakan-gerakan kecil dengan mengelus perut dan mengajak bicara. Hal ini bukan hanya saja menenangkan sang bayi, tapi juga menenangkan diri sendiri.

Read more: Prenatal Yoga at Home

Untuk para calon ibu di luar sana, please enjoy your pregnancy.. Sehat-sehat juga ya dan semoga lancar semuanya, I hope I can inspire you all! Good luck!

Dress by Michael Kors, cardigan by Uniqlo. Photos by Abenk Alter.

 photo x-andra4_zps7f1083c1.jpg

24 comments:

  1. Ah kak Alo glowing banget! Aku selalu salut sama bumil yg tetep memperhatikan penampilan, mulai dr cara pake baju, makeup dan rajin rawat badan. Wolopun masih agak jauh mikirin kehamilan, but I onced telling myself buat jaga penampilan pas hamil nanti hihi.

    Sehat-sehat ya kak Alo, your baby is gonna proud of having mom like you♥
    Be blessed! :D

    ReplyDelete
  2. Serunya pengalaman kehamilannya, selalu inspiring banget perjuangannya Kak :)

    ReplyDelete
  3. Semoga bisa lahiran normal kak...
    Semangaaaddd... (*'▽'*)♪

    ReplyDelete
  4. Waah Alo seneng deh baca ceritanya.. Soal Indomie emang deeeh itu juara banget ngidamnya,aku dulu sebelum hamil uda jaraaang bgt makan Indomie,eh pas hamil maunya itu terus,akhirnya dijatah deh 1 bulan 1.. Dan untuk hypnobirthing itu asli ngebantu proses persalinan bgt,mau normal atau c section hypnobirthing ngebantu banget. Kebetulan aku dulu terpaksa c section tapi berkat hypnobirthing sama sekali ga takut mengadapi operasi besar spt itu,bawaannya rileks dan happy..

    Semoga sehat dan lancar terus sampai lahiran yaa Alo :)

    ReplyDelete
  5. Jumuah barokah, postingan ini just made my day Kak....even sedang hamil muda dan rada bermasalah pun minggu ini adalah minggu terpasrahku. Apa yang terjadi aku yakin itu lah jalan terbaik dariNya.
    Terimakasih karena sudah membuatku bahagia diawal hari Jumat ini, stay healthy mommy & baby ^^

    ReplyDelete
  6. Hai, Kak Alo :)

    Aku meng-highlight bagian Kak Alo ingin mengikuti kelas hypnobirthing. Kebetulan skripsiku kemarin tentang hypnobirthing, walaupun hanya membahas tentang komunikasi terapeutiknya. Tapi aku banyak dapat pelajaran disitu dan berencana jika aku hamil nanti akan ikut kelas hypnobirthing :D
    Aku dukung niat Kak Alo untuk ikut kelas hypnobirthing! Karena salah satu narasumberku kemarin adalah seorang Ibu yg baru saja melahirkan secara normal setelah sebelumnya ikut sesi hypnobirthing yg private. Katanya dia ga masih bisa tenang bahkan saat sudah bukaan ke-5, biasanya kan Ibu-ibu lain suka udah pada heboh. Dokternya aja amaze karena dia masih kalem, paling ngerasa nyeri-nyeri sedikit.
    Terus katanya melahirkannya pun lebih tenang dan relaks. Aku perhatikan saat kelasnya (aku ikut kelasnya lho) memang Ibu-Ibu itu didorong untuk melahirkan secara normal bila kondisi fisik memungkinkan, namun kata terapisnya juga, hypnobirthing berguna banget untuk yg akan menghadapi operasi C-section, karena Ibu cenderung ga tenang saat menghadapi operasi dan jadi parnoan. Dengan mengkuti sesi hypnobirthing itu, Ibu bisa lebih tenang.
    Mungkin Kak Alo sudah mendapatkan penjelasan yg lebih komprehensif ya dari dokter dan terapis tentang hypnobirthing, hehe.
    Aku gatau tempat hypnobirthing di Jakarta, tapi kalau Kak Alo ingin coba di luar kota, ada Galenia Mom and Child Center di Jl. Badak Singa, belakang taman Dago. Nama terapisnya Dokter Aviasti.
    Mungkin Kakak mau coba suasana baru :D
    Semoga mama dan babynya sehat dan semuanya lancar sampai persalinan ya, Kak :)

    Love,

    Melissa Ayu P.

    ReplyDelete
  7. aaww, seneng baca cerita update tentang kondisi kehamilannya >.<
    orang hamil itu yang penting happy, karena kalau hatinya seneng, bakal ngaruh banget sama kondisi bayi juga, dan kalau ngeliat foto foto instagram emang keliatan happy banget!
    semoga lancar sampai persalinan ya kak, mudah-mudahan berhasil normal, bayi dan ibunya sehat-sehat selalu :)

    ReplyDelete
  8. awwww~~ sama, aku juga udah masuk 21 minggu.. ^^ sehat terus ya kak..

    ReplyDelete
  9. wiii sudah keliatan baby bumpnyaaa.. you're trully glowing ndraaa! cantik bangett ngett.. kebetulan banget aku baru tahu kalo aku ternyata hamil lagi hihi.. tp rasanya agak beda dari yang sebelumnya. Nursery yang paling nyaman itu di Kokas ndra.. the best deh luas dan nyaman banget. Kapan2 kalo main kekokas kita ketemu2 yah :). Lancar2 ya bumil sampe hari H..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Talitha, congrats on your pregnancy yaaaa! Hihihi iya glowing yah? Bahagia banget karena perjuanganku selama ini berhasil :))

      Thank you juga infonya soal Nursery di Kokas, kapan-kapan harus berjumpa nih kita. Wish you a smooth pregnancy, Talitha! x

      Delete
  10. Kak Alo rinci dan perhatian sekali, ya!
    Ikut berbahagia, semoga sehat dan diberkahi selalu ^^

    ReplyDelete
  11. Hai kak Alo salam kenal ya...
    Tanya soal skin care yg di gunakan pd saat hamil skrg apa aja,bbrp blog nya udh sy baca siih.Boleh tau ga mulai usia kehamilan ke brp boleh pake skincare.
    thank u for sharing 😍kakak
    Wish u keep healthy pregnancy 😇

    ReplyDelete
    Replies
    1. Skincare yang digunakan hanya dari SK-II saja, aku dari awal hamil sampai sekarang gak pernah berhenti pakai skincare :)

      Delete
  12. ndra, cepet yaaa udah 21 minggu! wiiiiiiii ;)
    tapi emang bener sih perubahan perutnya lumayan significant ya pas kita 20 mingguan, mendadak ditawarin tempat duduk di MRT lho aku sekarang, ..

    lucu yaaa kalo tiba2 si dede bergerak2, perut aku kadang kayak jelly bean hihihi .. paling lucu kalo bapaknya ajak ngobrol eh langsung bereaksi, gerak2 ga mau berenti, yang ada maminya kegelian hahaha .. kita deketan nih, i'm coming to 24 weeks this week :)

    satu lagi, indomie emang ajib abisss, .. hahaha .. bener2 harus ngejatahin yaaa .. enak banget sih! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih, gak kerasa deh! Agak gak rela sih cepet-cepet gede hahaha.. Ntah kenapa sejak hamil aku juga selalu suka makan makanan yang berkuah, rasanya langsung anget badannya. Iya kita deketan hihihi seneng bisa tukeran pengalaman dan cerita nanti! :)

      Delete
  13. Hai mbak alo, happy to following ur pregnancy story. Aku baru ngelewatin koas di obgyn, dan so far sih calon ibu dgn kasus spt mba (anak mahal) bakalan dikasih prosedur sectio krn ga mau ambil resiko, have you read anything about it yet?(iam sure u did thou). But i must say u're pretty brave. How do u convince yourself to do a normal labor? Selamat berproses ya mba. Keep healthy!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, iya dokterku bilang hal yang sama :) tapi aku udah pernah ngerasain operasi laparotomy jadi pas dokter bilang akan dibuka vertikal lagi, malah takut. Soal berani atau ngga berani tergantung perjalanan si calon ibu sih menurutku, aku justru nonton cara lahiran normal dan gentle birth terus.. Akhirnya yakin bgt mau normal. Makanya lagi melakukan segala cara supaya bisa normal nanti. Thanks ya dear! x

      Delete
  14. Hai Kak Alo,

    So happy for you dan salut banget sama tekad bulat kak Alo untuk melahirkan normal. Ketawa deh waktu kak Alo cerita soal pemberian nama bayi hihi...lucu dan unik. Ahhh selalu terharu baca2 postingan kak Alo soal kehamilan ini. Semoga Tuhan memberikan kekuatan dan kelancaran saat proses persalinan nanti. Semoga Kak Alo dan babynya sehat...amin... Aku jg dulu sama dikasih sama Obgynnya folamil genio. Bagus karena mengandung DHA untuk nutrisi otak pada janin. Aakkk aku juga raving indomie melulu. Apalagi klo mual parah. Indomielah penyelamatnya :D. Sehat terus ya kak Alo dan baby. Luv you kak Alo :-*

    ReplyDelete
  15. Hai kak Alo , saya sangat terkesan dengan kakak yang masih sangat peduli dengan penampilan walaupun hamil , kelak nanti anaknya akan menjaga penampilan supaya tetap cantik / tampan. Semoga nanti pas lahiran diberikan kekuatan dan kesehatan prima agar proses lahirannya jadi lancar , Amin.
    Oh iya kak kalau nanti mau belanja perlengkapan bayi atau aksesories bayi bisa di cek di <a href="http://www.alikolo.com>alikolo.com</a> kak. God Bless You & Family :)

    ReplyDelete
  16. Hello Andra seneng banget bisa baca crita kehamilannya...
    sehat sehat terus ya sampai dan dilancarkan proses kelahirannya. Semangat buat rencana kelahiran normalnya ya yg penting positif thinking kalau bisa ngejalanin dan dapat support dr obgyn dannorang orang terdekat.

    Sekedar share krn ketika lahiran anak pertamaku krn kembar jd diputuskan secara SC, nah kehamilan kedua kemarin aku pingin bgt ngerasain lahiran normal dan krn ada yg bilang jahitan kedua setelah SC akan lbh sakit semakin ngebuletin tekad,untung suami,mamah dan obgyn smuanya full ngedukung. pas juga sampai minggu minggu trakhir posisi bayi gak bermasalah, yg sempet kelilit pusar di bulan ke tujuh pas cek di minggu ke 36 udah nggak, aritma jantung yg sempet kumat di bulan keempat dan bkin dokter mw nyaranin SC dinyatalan aman menjelang kelahiran... Dan obgyn nyaranin sering duduk di Gym ball dan digoyang untuk lebih ngarahin bayi ke panggul. dan duduk di gym ball itu juga aku lakuin waktu mulai kontraksi dan ngebantu aku ngurangin sakit kontraksi dan mempercepat proses pembukaan. karena dr pembukaan dua sampai lahiran jaraknya 4jam saja. Dan gak nyangka bisa ngelahirin normal bayi dengan berat 3,9...
    So..tetep semangat ya Ndra 💪💪😘😘😘

    ReplyDelete
  17. Hihihihiii.. Aku juga lagi hamil nih, dan sama bgt pas di umur 15 minggu dokter udah bisa tau jenis kelamin baby aku. Skrg udah USG 3 kali dan perkiraan jenis kelaminnya masih sama. Biasanya kalo cepet ketauan gitu babynya cowok hihihihi.. Anyway congrats ya Kak Alo :3

    ReplyDelete
  18. Anyway, skrg aku udah hamil 21 minggu...dan semua yg Kak Alo mention kok sama bgt sama aku (kecuali suami yg tidur ngiggau, hehehe..). Vitaminnya juga sama, trus ngidamnya juga sama bgt Indomie Kari Ayam sama Sop Kaki Kambing. Hahahaha.. Malahan aku lg batuk ini gara2 kebanyakan makan es krim hehehe.. Cuma skrg aku lg stop pake lotion gitu2, soalnya ga kuat nyium bau yg wangi2. Pake shampoo aja skrg yg merk bayi. Kalo udah nyium bau parfum suami lgsg muntah2.. Hahahaha...
    Aaahh happy deh kalo nemu sesama bumil yg punya karakter yg sama hihihi.. Sehat2 terus yaa Kak :)

    ReplyDelete
  19. Halo, Alo.. Seneng banget hearing and following your pregnancy journal. Saat hamil tahun lalu aku juga pernah mengalami leg cramps tapi alhamdulilah cramps ini gak pernah muncul lagi sejak aku rutin relaksasi pergelangan kaki. Jadi kamu cukup duduk dengan kaki diluruskan, lalu pergelangan kakinya melakukan gerakan memutar searah jarum jam, lalu berlawanan arah jarum jam, pelan-pelan aja, cukup 3x sebelum tidur. I hope it works for you, too.

    ReplyDelete