Friday, January 2, 2015

PREGNANCY POST: THE FIRST TRIMESTER (1-3 MONTHS)

 photo blog-DSCF5249_zpsb80227c3.jpg
Hello everyone! Hehe akhirnya ini adalah post pertama tentang kehamilan pertamaku, setelah bulan lalu aku mengumumkan bahwa aku hamil setelah melewati 1 cycle IVF. Lumayan banyak yang nanya soal perasaan, pengalaman, dan apa aja yang aku rasain selama 3 bulan pertama kehamilan, jadi aku pikir, tulis di blog aja supaya nanti aku bisa baca-baca lagi (dan anakku bisa baca pas udah besar hihihi)

1. Sensitif dengan segala macam bau dan wangi-wangian
Memang benar bahwa indra penciuman ibu hamil sangat tajam. Karena gak tahan dengan bau-bau gak enak atau pun terlalu wangi, aku juga berhenti pakai deodorant dan parfum.
Solusi: Menggunakan produk-produk yang tidak berbau. Menghindari tempat-tempat yang baunya sangat tajam, seperti restoran steak atau seafood, pasar, salon dan toko parfum.

2. Mual
Frekuensi mualku bisa dibilang sangat sedikit, hanya seperti eneg saja, gak sampai muntah atau jackpot. Dulu sebelum hamil, paling deg-degan ngebayangin kalau nanti aku jackpot seharian seperti teman-teman yang lain. Ternyata, aku mual hanya di saat-saat tertentu yaitu saat terlalu lapar atau saat terlalu kenyang. Memang hal ini jarang terjadi, karena sudah 6 bulan terakhir aku selalu makan 5x sehari. Plus, aku juga jarang kembung dan mual sejak mengurangi konsumsi dairy products.
Solusi: Makan setiap dua-tiga jam sekali dengan porsi kecil, bawa cemilan kemana pun aku pergi, minum air hangat setiap saat.

3. Kulit kering tapi berjerawat
Kulitku yang biasanya kombinasi, berubah jadi sangat kering, mengelupas tapi berjerawat. Aneh kan? Di saat-saat tertentu malah keluar beruntusan. Aku sudah coba pakai apa saja untuk mencegah jerawat-jerawat besar, tapi hormon ternyata mengalahkan segalanya.
Solusi: Cuci muka dengan sabun muka 1x sehari, selebihnya hanya cuci muka dengan air. Gunakan minyak khusus pada wajah sebelum tidur, seperti Argan Oil dari Spoil Organics. Untuk bagian tubuh seperti perut, payudara, bokong dan paha aku menggunakan Wangsa Jelita For Mom setiap sehabis mandi.

4. Belanja bra baru
Dua minggu setelah tau bahwa aku hamil, payudara langsung nyeri luar biasa karena aku terbiasa pakai bra dengan kawat. Langsung ke mall terdekat untuk beli bra-bra tanpa kawat dan satu ukuran lebih besar dari ukuran sebelumnya. Setelah ganti bra selama 1-2 minggu, nyeri pada payudara lantas hilang.
Solusi: Jangan ragu membeli bra baru untuk investasi, karena akan terpakai hingga masa menyusui. Beli minimal 2 potong.

5. Celana mulai sempit
Memasuki minggu ke 13, perutku mulai membesar dan rasanya begah, terutama sehabis makan. Kebetulan saat itu aku lagi nemenin suami ke Grand Indonesia, langsung meluncur ke H&M karena H&M jual beberapa produk untuk maternity. Aku beli dua legging hitam khusus maternity, karena harganya yang affordable dan aku merasa belum saatnya untuk shopping baju hamil.
Solusi: Kalau ada teman yang menawarkan baju hamilnya, jangan sungkan untuk menerima atau membeli barang-barang preloved dari temanmu. Baju hamil dipakai hanya sebentar, tapi tidak ada salahnya beli maternity clothes dengan kualitas yang bagus dan tahan lama untuk kehamilan selanjutnya.

6. Moody
Selama hamil, bawaannya ngantuk dan lemas terus. Bahkan aku gak kuat pergi-pergi lebih dari 6 jam dalam sehari. Mood juga gampang sekali berubah.
Solusi: Jangan sungkan bilang ke suami, keluarga, teman atau rekan kerja tentang kondisi kita selama hamil. Jika merasa lelah, istirahat sejenak atau tidak usah pergi-pergi.

7. Ngidam
Ngidam itu wajar, untungnya ngidamku gak aneh-aneh dan semua makanan yang bikin ngidam bisa langsung dibeli. Ngidamnya standar ibu hamil, sop kaki kambing, Indomie dan nasi padang.
Solusi: Makan 5-6x sehari supaya gak terlalu cravings. Makan apa pun aku mau tapi porsinya sangat dibatasi.

8. Flu berat
Di usia kehamilan 12 minggu, aku ketularan flu dari mertua. Beneran flu berat plus kecapean karena lagi ngejar kerjaan yang berjibun sebelum libur Natal, alhasil tepar selama seminggu. Suami super khawatir karena aku gak bertenaga sekitar dua hari, sampai akhirnya enakan di hari ketiga. Udah gitu, pakai ngotot pula dan kekeuh gak mau minum obat karena memang aku udah berhenti minum obat (obat pusing, flu, obat masuk angin - udah berhenti semua).
Solusi: Istirahat dan tidur yang cukup. Kalau memilih caraku yaitu gak minum obat, bisa bikin obat tradisional yaitu Honey-Lemon-Ginger Syrups. Kalau flunya udah parah banget, bisa fisioterapi kok.

Yang ingin share tentang pengalamannya selama trimester pertama silahkan ya, pasti lucu-lucu dan seru deh! :D

Artikel ini terinspirasi oleh artikel yang ditulis Fifi AlviantoPhoto: Abenk Alter

37 comments:

  1. cantiknya ih :) sehat sehat terus kak :))

    ReplyDelete
  2. Dear kak Alo,
    I am feeling sooooo happy when i found out that there is a little life in your belly.
    Congratulations to you and Kak Abenk. I hope everything will be okay.
    Once again, take care Kak Alo

    xoxo,
    khaira

    ReplyDelete
  3. I really love your posts!
    Thank you for being an inspiration for all of us! :)


    ReplyDelete
  4. kak Andra makin cantikk bgt . anaknya cewe nih kayanya haha

    ReplyDelete
  5. Kak Alooo~~
    Cantik banget kak! :* Oh iya, aku pernah dengar soal penggunaan make up atau produk perawatan tubuh pada ibu hamil, katanya sebaiknya ibu hamil tdk menggunakan make up/produk perawatan krn takut bahan2 kimia dr produk2 tsb memengaruhi janin. Benarkah kak?
    Sehat selalu utk kak Alo, calon bayi, dan suami yaa.. :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, thank you ya! Gak semua skincare atau makeup mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk ibu hamil dan bayinya. Dan tentunya, semua skincare dan kosmetik yang aku pakai terbuat dari bahan alami :) lebih baik beli yang mahal sedikit tapi terjamin kualitasnya.

      Delete
    2. Next time mungkin bisa review produk yg aman utk bumil kak. Atau kalau sudah pernah nge-review, bisa dishare lagi linknya. Hehehe. ;)

      Delete
    3. Tinggal dibaca aja di bagian "Beauty" atau klik di link-link yang tertera di artikel. Sudah beberapa kali kok dibahas, tinggal dibaca aja.

      Delete
    4. Sip! Thank you kak. Sekali lagi, sehat2 selalu yaa.. :)

      Delete
  6. Boleh kasih saran dr pengalamanku yaa alo hehe
    1. Beli bra ga perlu bra khusus menyusui/nursing bra. Selain mahal (700-800 di mothercare),modelnya juga 'emak2' banget. Km beli lace bra yg ga ada cup nya aja (depannya soft lace semua),nanti nyusuinnya tinggal geser aja lace itu.. Modelnya lbh anak muda kan triangle bra gitu. Ada di cotton on or hnm
    2. Celana bumil juga jangan tergoda beli di babystore.. Km beli merk new look atau mamalicious;itu waistbandnya kenceng. Selain enak dipake (ga melorot2),bisa tetep dipake sampe nanti udah lahiran kan.. Klo jeans khusu bumil kan pinggangnya bahan kaos trus diserut gitu ya.. Ibu2 banget hehehe
    3. Ngidam apapun hayuk dimakan aja hihi ga ada pantangan utk bumil asal semuanya in moderation.. Ga mungkin juga kan kita makan indomi sepanci atau duren setoples gede :D
    Selamat ya Alo atas kehamilanmu

    Much love
    S

    ReplyDelete
  7. Andlaa,, sehat2 selalu ya selama mengandung, diberikan kemudahan dan kesehatan selalu. Seneng ih bacanya, semoga aku cepat menyusul juga..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sussannn, aku doain cepat menyusullll hihihi. Hamil itu masa-masa menyenangkan sekaliiii :D

      Delete
  8. Kak Alodita, aku seneng banget bacanya. Semoga selalu diberkahi kesehatan dan kebahagiaan. Sehat selalu yaa untuk kak Alodita, suami, and the little baby. :-)

    Sincerely,
    Indira Diandra.

    ReplyDelete
  9. Selamat ya Kak Alo.. :) kulitnya bening amat hehehe

    Aku juga sama ngga sampe jackpot dan sempet eneg dikit sama nasi. Aku udah feeling hamil anak lelaki krn aku jadi tahan banting dan rada2 slengek-an hihi..dan ternyata benar hamil anak lelaki.

    Katanya kalo makanannya banyaknya protein.. jdnya cowo.. tapi wallahualam juga sih. :)

    ReplyDelete
  10. makin cantik, sehat2 terus buat baby dan ibunya...aamiin ^^

    ReplyDelete
  11. hai kak andra, kebetulan aku juga lagi mengalami trimester pertama. dan bener banget aku juga mengalami mual kalau terlalu lapar haha. aku kira itu ga wajar, tp setelah baca blog mu aku legaaa hehe. btw kalo ada boleh tolong share makanan apa aja yg baik dan kurang baik selama kehamilan ya kak. thank you so much :)

    ReplyDelete
  12. Hi Mba Andra, kenalkan saya salah satu dari sekian banyak pembaca setia blog mu ..
    Selamat atas kehamilannya, turut bersukacita, keep healthy ☺

    liza aditya.

    ReplyDelete
  13. Congrats kak Alo atas kehamilannya. Really happy for you and your baby. Sehat terus ya kak sampai nanti kelahiran. Keep inspiring!

    ReplyDelete
  14. Andra, kita berdua turut bahagia baca berita ini. Didoakan segalanya lancar sampai proses kelahiran. Sehat selalu, Ndra! Semangat! -Lukman&Dilla-

    ReplyDelete
  15. Hi Alo,

    Congrats for your pregnancy, enjoy every moment :)

    ReplyDelete
  16. mbaaa alooo senangnya udah hamil, sampe ikutan terharu bacanya. huaaaa aku kapan ya udah 2 tahun blm juga nih hamil2 hiks. smg ya aku cpt menyusul. amin.....lancar dan sehat trs ya mbaa :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello! Aku doain yaa cepet hamil hihihi amin amin *kirim baby dust* menyenangkan sekali loh hamil :) thank you yaa!

      Delete
  17. Dear Alo,

    point 1 samaan mbak, padahal sebelum hamil barengan sama suami beli parfum baru, ternyata sensi banget sama parfum, sampe suami pun saya larang pake parfum.. Dia baru pake parfum 4 bulan terakhir, saat baby sudah 6 bulan ke atas, hihi...

    Sabun mandi pun saya pilih-pilih, selama hamil hanya doyan sabun sereh, yang wanginya nenangin banget, pas udah lahiran sih gak doyan lagi, hehe..

    Sehat2 selalu mba Alo dan calon baby nya, boleh cek2 ig saya @fitrianamalik for baby spam, hihi..

    ReplyDelete
  18. Maaf mbak alo kalo berkenan boleh saya tau baju garis2 di foto 14 weeks nya merk apa dan beli dimana? Sebelumnya terima kasih yaa mbak alo dan semoga kehamilan mbak alo sehat selalu lancar hingga persalinan.. Aamiin :)

    ReplyDelete
  19. Hai ka!

    its so happy to read your blog!
    Espescially this one, aku pun sdg mengusahakan memiliki si anugerah kecil itu
    wish us luck ya kaa������
    ����
    sehat selalu untuk ka alodita!

    Salam hangat
    indi

    ReplyDelete
  20. Terakhir aku baca blog ini pas masih IVF treatment,
    eh sekarang udah hamil aaaa :D Congrats yaaaaah!

    Turut seneng :)

    Stay healthy, kak Andra :)

    ReplyDelete
  21. kak alooooo. alhmdulillaah. aduuuh hatiku rasanya meletus saking senengnya baca kabar ini. alhmdulillaah kak alo dikasih rejeki sama tuhan.
    trimester pertama kmrn ngeflek 2 kali ditambah kram perut hebat ditambah bolak balik bedrest, kak. tp tetep seneng. tetep aktif kesana kemari pake motor. skrg usia kandungan 20 minggu lebih. si kecil ud aktiff banget nendangin perut ibunya
    sehat2 ya kak. insya allah disumbang doa dari sini~~

    ReplyDelete
  22. Hallo kak ..
    Tolong tanya dong saat jerawatan pake sabun muka dan cream perawatannya merk apa ya? Ini aku lg hamil 9 weeks katanya nga bole pake cream jerawat dari dokter jadi bingung gimana cara ngatasin jerawat ini..
    Thanks banget info nya ya kak
    Salam kenal :))

    ReplyDelete
  23. Dear andra..
    Waktu hamil, shampoo + conditioner ,lotionnya pake apa yg aman ?.. thank you ndraaaa "kiss

    ReplyDelete