Tuesday, December 30, 2014

PERSIAPAN BAYI TABUNG (IVF)

 photo ivf-prep_zpsac501aba.jpg
Saya dapat banyak banget pertanyaan seputar IVF (In-Vitro Fertilization) atau Bayi Tabung, mulai dari persiapan dan makanan apa yang harus dikonsumsi selama IVF. Berikut tips-tips apa yang harus dilakukan dari selama dan sesudah IVF menurut pengalaman saya. Tentunya aku akan update terus panduan dan tips, jadi kalau mau, silahkan baca dan buka kembali artikel ini ya! Jangan lupa minta pasanganmu untuk baca juga, supaya bisa saling mengingatkan. Happy reading! :)

DO SOME RESEARCH
Sebelum menentukan untuk treatment dimana dan dengan dokter siapa, lakukan research sebanyak-banyaknya. Saya berhutang banyak dengan Google, karena saya banyak membaca tentang pengalaman bayi tabung dengan dokter saya melalui blog dan forum yang saya temukan via Google.

Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum memilih dokter untuk IVF treatment:
- Usahakan pilih dokter yang mudah dihubungi (melalui e-mail maupun sms)
- Pilih dokter yang antriannya 'normal'. Antri 2-3 jam di setiap konsultasi hanya akan membuat kamu letih dan kesal.
- Jarak antara tempat tinggal dan tempat praktek dokter. Saya sendiri capek sekali dengan kemacetan lalu lintas dan antrian panjang obgyn-obgyn di Jakarta. Makanya saya pilih ke Penang, agar fokus dengan treatment yang saya jalani.
- Pilih dokter yang membuat kamu dan pasangan nyaman. Pastikan doktermu mau menjawab semua pertanyaanmu, mendengarkan dan memberikan solusi terhadap keluhan dan kekhawatiran kamu.
- Cari dokter dengan reputasi yang baik.

TALK TO YOUR FAMILY
Diskusikan tentang rencanamu untuk melakukan IVF kepada suami dan keluargamu. Hal ini bisa sangat membantu pada saat-saat yang sulit, karena kita butuh support dari keluarga. Pengalaman saya bercerita kepada teman-teman saya, kurang berhasil karena di umur saya (27 tahun saat itu), IVF itu bukanlah sesuatu yang familiar bagi teman-teman saya. Bercerita dengan orang yang salah tentunya juga bisa membuat kecewa, sedih dan merasa tidak diperhatikan. Lebih baik, carilah dukungan dari orang-orang yang juga pernah atau sedang menjalankan IVF treatment. Akhirnya, saya berkenalan dengan beberapa Instagram user yang juga menjalani IVF. Selain lega, senang rasanya punya teman baru! Jangan ragu untuk mendapatkan dukungan lebih melalui support group atau dari social media, jika kamu merasa kurang dengan dukungan keluarga.

BUDGETING
IVF Treatment bukanlah sesuatu yang singkat dan murah. Di Jakarta sendiri, biayanya sekitar 70 juta rupiah sedangkan di Penang biayanya sekitar 50-60 juta (RM 15.000,-). Belum lagi kalau kita harus menjalani operasi sebelum treatment dimulai. Diskusikan hal ini dengan pasanganmu, lakukan budgeting mulai dari biaya obat-obatan, biaya transport dari rumah ke klinik, hingga siapkan dana untuk biaya tak terduga selama treatment.

ASK FOR HELP
Jangan sungkan untuk meminta donasi atau bantuan dari keluarga atau sahabat-sahabat terdekat untuk membantu IVF treatment. Mintalah pasanganmu untuk menyuntik obat-obatan setiap pagi atau mengingatkan Anda untuk minum obat/vitamin.

TREAT YOURSELF LIKE A PREGNANT WOMAN
Mulai dari suntikan pertama, perlakukan dirimu layaknya seorang wanita yang sedang hamil. Konsumsi makanan yang bergizi, hindari makanan mentah, banyak istirahat, tidak merokok, olahraga ringan, selalu berpikir positif dan happy-happy saja. Hindari juga mengkonsumsi seafood yang mengandung merkuri. Jangan membawa barang yang terlalu berat. Jangan sungkan untuk meminta cuti sementara dari kantor atau perusahaan tempat kamu bekerja.

ENJOY YOUR TIME
Untuk Anda yang bisa cuti kerja atau berhenti kerja selama IVF treatment, I must say you're very lucky! Sekaranglah saatnya Anda menikmati quality time dengan diri Anda sendiri. Nikmatilah setiap momen selama treatment. Jika perlu, simpan journal yang dapat membantu Anda menuangkan perasaan-perasaan Anda selama treatment. Bacalah buku-buku yang berhubungan dengan kehamilan atau novel yang ringan, agar tetap membantu Anda rileks dan fokus dengan hal-hal yang positif.

 photo IMG_8399_zps219741e5.jpg
Cemilan selama IVF, Kiwi SunGold dan Alpukat

EAT AVOCADO
Konsumsi buah alpukat selama treatment berlangsung. Menurut research, mengkonsumsi alpukat dapat membantu wanita dalam menjalani proses fertility treatment. Alpukat mengandung lemak sehat, protein, vitamin dan mineral. Untuk baca lebih lanjut tentang manfaat alpukat untuk IVF, bisa baca disini dan disini.

IS IT PAINFUL?
Pengalaman saya selama Ovam Pick-Up (OPU) dan Embryo Transfer (ET) itu tidak sakit sama sekali, tapi saya merasa perut saya kembung selama beberapa hari. Sakit atau tidak, itu tergantung oleh masing-masing pasien. Enjoy the process, jangan pikirkan masalah sakit atau tidak. Pada akhirnya, jika kamu berhasil maka semua proses tersebut sangat priceless dan worth it.

WE NEED QUALITY, NOT QUANTITY
Banyak atau sedikitnya jumlah telur yang dihasilkan setelah OPU bukanlah tujuan utama dari IVF. Tapi yang dibutuhkan adalah kualitas embryo. Kualitas embryo juga ditentukan oleh kualitas sperma pasanganmu. Jadi tak perlu khawatir jika telur yang kamu hasilkan sedikit, atau terlalu berbahagia jika telur yang kamu hasilkan banyak sekali. Saat ET, dokter dan timnya akan memasukkan embryo dengan kualitas yang paling tinggi.

WHAT SHOULD I DO AFTER EMBRYO TRANSFER?
Dokter saya menyarankan untuk bedrest selama 2 hari dan tidak melakukan aktifitas yang berat. Tidak perlu bedrest sampai dua minggu atau selama Two Week Wait (2WW). Aktifitas ringan diperbolehkan selama 2WW.

AVOID HARMFUL CHEMICALS DURING IVF
Selama treatment, sebaiknya menghindari bahan-bahan kimia yang berbahaya. Saya sendiri memakai kosmetik, skincare dan produk-produk mandi yang aman bagi tubuh - yaitu yang tidak mengandung paraben, mineral, dll. Hindari juga polusi, asap yang berasal dari pembakaran sampah, cat tembok, dll. Beberapa produk yang saya pakai bisa lihat disini.

WHAT TO WEAR DURING OVARIUM PICK UP (OPU) & EMBRYO TRANSFER (ET)
Pakailah pakaian yang longgar dan nyaman, hindari celana atau rok yang terlalu ketat. Lupakan dulu high heels sejenak, pakailah sepatu flats atau sendal yang nyaman. Hal ini dikarenakan efek setelah OPU dan ET yang terkadang membuat pasien kembung atau mual.

WHAT TO AVOID DURING OPU & ET?
- Jangan memakai kosmetik, deodoran dan parfum (berlaku untuk kedua pasangan)
- Hindari merokok dan minum alkohol
- Hindari makanan pedas, berminyak dan junk food
- Jangan membawa/menggunakan barang-barang berharga
- Hindari pikiran-pikiran negatif dan juga orang-orang yang membawa aura negatif

THE SOONER, THE BETTER
Persentase keberhasilan IVF juga ditentukan oleh umur calon ibu. Semakin muda, tentunya juga semakin besar kesempatan calon ibu untuk berhasil dalam IVF treatment. Jangan menunda-nunda sampai tahun depan jika kamu ingin hamil, apalagi harus melalui IVF treatment.

BE HAPPY AND POSITIVE!
Menjaga mood untuk tetap tenang, bahagia dan berpikir positif menurut saya adalah hal yang paling menantang dalam semua proses IVF. Belajarlah untuk bermeditasi, yoga, membaca buku inspiratif, perbanyak komunikasi dan dekatkan diri dengan Tuhan. Apa pun hasilnya, yang paling penting kamu sudah berusaha sekuat tenaga dan semaksimal mungkin! :)

***

WHAT TO DO DURING THE TWO WEEK WAIT (2WW)?
Jauh hari sebelum 2WW, saya membuat list apa saja yang akan saya kerjakan selama 2WW. Hal ini sudah saya siapkan karena saya selalu mendengar bahwa 2WW adalah dua minggu terlama dan yang paling stressful selama treatment. Akhirnya saya berjanji pada diri saya sendiri dengan mantra, "I will not the Two Week Wait take over my life!", artinya saya gak mau stres sendiri dan saya memilih 'sibuk' dengan aktifitas saya. Saya memilih berdiam diri di rumah, menghabiskan waktu dengan nonton film dan menulis blog. Saya juga sibuk mempelajari hal-hal baru dengan membaca blog-blog orang lain. Tak lupa membaca buku doa dan self-improvement agar selalu positif. Saya juga sempat bertemu dengan teman-teman dekat dan menghabiskan waktu bersama mereka.

Perasaan saya selama 2WW justru tidak emosional. Justru saya sangat tenang, kalem dan tidak banyak mengeluh. Setiap merasa tidak enak, saya tersenyum, berdoa dan bersyukur pada Tuhan. Just do what makes you happy! 

Note: Selama 2WW saya berada/istirahat di Jakarta dan kembali ke Penang untuk melakukan tes kehamilan. Dokter meminta saya untuk tes kehamilan melalui darah, bukan lewat test pack.

Ide-ide menarik untuk menghabiskan waktu saat 2WW:
- 50 Things To Do In The Two Week Wait (2ww) by BabyMed
- Two Week Wait Activity List – Surviving the Two Week Wait

***

Baca juga mengapa saya 'terpaksa' harus menjalani IVF Treatment: part 1 and part 2. Yang mau tanya-tanya soal IVF, bisa tinggalkan comment dibawah artikel ini ya.. Thanks for reading!

 photo 2016_new-sign_zpsmxppxjue.jpg

31 comments:

  1. selama proses IVF, minum susu ibu hamil itu sebetulnya perlu gak sih Alo?

    ReplyDelete
  2. Ka Alo, biaya 50-60jt itu udah total selama ivf treatment? Makasi

    ReplyDelete
  3. mbak alo mo tanya 50-60 juta udah termasuk biaya hidup di penang gak? mksh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama biaya hidup sama transport selama 21 hari kira-kira total 80-100jt :)

      Delete
  4. Andraaa... bener banget, 2WW justru jadi kayak 'downtime' buat yang kerja full time kaya aku, karena malah bisa explore hobi dan melakukan hal-hal yang 'gak sempet' dilakukan di hari biasa. Aku juga dapat banyak pelajaran (ciyehh hehe) dari semua proses IVF kemarin: usaha, sabar, ikhlas, dan jadi gak terlalu 'ngoyo' supaya gak stress. Walopun IVFnya belum berhasil, tapi seneng dan lega karena udah nyoba... Makanya baca cerita kamu tuh kaya baca story yang happy ending gituuu...

    Thanks for sharing all yaah, Ndraa... Enjoy your pregnancy *hugs & love*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan hihihi.. 2WW aku malah super gak berasa. Emang ternyata pinter-pinternya kita aja ngatur waktu ya :)

      Jangan patah semangat Des! Aku doain cepat2 ke Penang, Insya Allah karena disana harus dikuret dulu jadi chancenya lebih tinggi ya :) (plus disana no macet, no pollution) dan rata-rata isinya pasien Indonesia jadi bisa saling menyemangati *hugs*

      Delete
    2. Iyaah, amiiin amiinn!! Thank you yaah:)))

      Delete
  5. Love this post kak Alo! Semua postingan tentang IVF journey sangat mudah dipahami dan bener-bener seperti mendengar kak Alo cerita sendiri. You wrote just the way you are.. Aku baca semua postingan kak Alo soal perjalanan IVF dari awal kenapa kak Alo memutuskan untuk IVF sampai Alhamdulillah sukses. Seneng banget denger kabar gembira ini.

    Semoga sehat-sehat selalu ya kak.. Salam kenal! :)

    ReplyDelete
  6. WHAT TO AVOID DURING OPU & ET?
    ......
    ......
    ......
    - Hindari pikiran-pikiran negatif dan juga orang-orang yang membawa aura negatif

    Bener banget ini mba, setiap hari mah kalau poin ini hehe xx

    ReplyDelete
  7. Dear jeng Alo, salam kenal ya.. Hari ini tepat umur 10 minggu kehamilan IVF ku juga, senengnya berlipat-lipat deh. Instagram dan blog-mu ini menjadi salah satu teman buat 'me time', seneng ngikutinnya. Saking excited nya baca blog mu ini jadi pengen kembali nge-blog, selama ini nulis IVF jurnalnya hanya di FB. Itu pun masih aku set private ;) Entah kenapa belum berani untuk share, antara masih pamali dan belum berani open. But later on aku akan buat jurnal mirip2 kamu ini, agar calon2 ibu lainnya kian bersemangat untuk memiliki buah hati..

    Sejak OPU Oktober 2014 kemarin, lanjut ET November 2014 (delay 1 bulan karena telur yang fertilized sebelumnya kondisi immature), aku cuti kantor sampai akhir Februari 2015. Karena mau fokus ke kehamilan ini dan mau fokus ke anak (serta my own fashion business) aku akan resign dari kantor efektif 1 Maret 2015 ini. WIsh me luck yo dear, dan aku doakan kamu dan baby juga sehat sampai lahiran..

    Keep share your lovely story....

    Btw kalau boleh tau, untuk ngeblog ini kamu pakai apa? Mau dong sharenya juga.

    Salam,
    :: Yeyen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Mba Yeyen, selamat ya atas kehamilannya! Ikut senang juga kalau tau ada pasien IVF yang berhasil hamil :) Biasanya mulai 'pengumuman' di bulan ke 3 atau ke 4, Mba. Karena kondisinya janin sudah kuat. Menurutku kalau share ke orang banyak lebih baik, karena aku yakin banyak yang butuh 'teman' dan juga inspirasi di luar sana :)

      Oh iya, aku buat blog ini pakai blogspot.com :)

      Delete
    2. Dear Andra, ternyata belum rezekiku. Janinku tidak berkembang, sehingga hari Senin kemarin harus dikuret 😥😓😭. Kemarin sudah dimakamkan di TPU Tanah Kusir. Semoga anak kami menjadi pembuka pintu surga bagi orang tuanya, aamiin yaa rabbal 'alamiin 🙏

      Kudoakan semoga Andra dan baby sehat terus sampai lahiran, insyaAllah kian banyak berkahnya 💙

      xoxo,
      :: Yeyen

      Delete
  8. Happy to read your blog mbak..
    Btw OPU itu bukan Ovarium Pick Up mbak, tp Ovum Pick Up (Petik sel telur, bukan petik pabriknya)...
    Biar ibu2 pd gak takut aja bacanya...enjoy your pregnancy mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah makasih ralatnya, hehe terlalu excited sampai kebalik2 nih istilahnya :)

      Delete
    2. Kak Alo.. Salam kenal..
      Saya sudah satu tahun setengah menikah tapi belum juga hamil. Rencananya di 2016 nanti, saya berniat untuk menjalani IVF. Tapi karena saya berumur masih 26 tahun, tidak ada seorangpun dari teman saya yang bisa diajak sharing mengenai IVF. Senang sekali melihat kakak berhasil menjalani IVF treatment ini dan saya berharap saya juga begitu nantinya. Doakan saya ya kak..

      Delete
  9. Hai ka alo.. Salam kenal.. Aku salah satu yang akan mengikuti program ivf. Usia ku masi muda, baru 24 taun. Aku ga banyak share dengan keluarga karena menurut mereka ivf itu d peruntukan bagi org yang ga bisa hamil dan image mreka seperti manusia buatan.. Susah untuk merubah paradigma mreka. Ahirnya ak putuskan bahwa hanya aku dan suami yang tau.
    Banyak pertanyaan yg menganjal d benakku kak.. Secara aku baru akan melakukan ivf bulan mei di malaysia juga..
    Yang pertama, setelah kita melakukan ivf, kan kita d perbolehkan pulang ke indo, bagaimana perjalan waktu itu. Apakah aman naik pesawat? Tidak mengganggu program yang sedang kita jalani waktu itu? Lalu setelah kita d nyatakan positif hamil, bagaimana kaka bisa tau kalau janin yang d kandungan itu kuat dan kita tetep bisa beraktifitas seperti biasa?
    Dan , setelah kaka di nyatakan hamil, kemana kaka kontrol kehamilan setiap bulannya? Ke dokter rujukan dari penang kah? Atau kaka sendiri yang memilihnya?
    Apa saja yang harus d list sebelum berangkat ivf kak?
    Makasi atas bantuannya kak.. Semoga kita tetep bisa saling menyemangati..

    ReplyDelete
  10. Hai mba alo aku jg rencananya mo melakukan program bt di sby.tolong doanya ya semoga berhasil amin

    ReplyDelete
  11. waaah selamat ya mbak Alodita (baru baca lagi blognya nih hehe). Semoga mommy and babynya sehat sampai lahiran ^^

    ReplyDelete
  12. Halo mba Andra.. salam kenal..
    Nama saya Vie.. saya juga lagi proses IVF di penang.. untuk pertemuan di bulan ke dua.. kita stay di penang 2 mingguan ya untuk proses IVF? Atau cuma beberapa hari..? pengen prepare buat cuti kerja hehee.. kalo di pertemuan di bulan pertama ini kan cuma 3 hari.. makasi ya mba sebelum nya.. semoga mba Andra sehat selalu.. :)

    ReplyDelete
  13. Senang sekali membaca pengalaman ivf mbak andra... Saya kmrn jg sempat menjalani ivf tp sayangnya blm berhasil... Mgkn krn saya terlalu berharap sehingga dalam 2 ww penantian itu terasa lama banget dan emosi saya naik turun... Buat temen2 yg lagi berusaha tetep semangat ya

    ReplyDelete
  14. Halo mba Andra! Selamat yah proses IVF nya berhasil dan sudah lahir. Aku sudah baca-baca post nya mba... selama mens mba selalu sakit gak? Apa itu tanda2 usus lengket dg tubafalopi yah? Saya juga lagi mau program hamil mba.

    ReplyDelete
  15. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  16. Kami melayani penginapan di dekat rumah sakit Penang Malaysia untuk pasien yang akan mengikuti program IVF di Lam wah Ee Penang. Penginapan kami jenis apartemen, sangat dekat dengan RS Lam Wah Ee. Fasilitas AC, tv, wifi, tersedia juga dapur lengkap, kulkas, oven, rice cooker. Harga kamar mulai dari 45 ringgit per hari. Hubungi kami di no hp +60165632642 atau bisa via BBM 5151E859 Dan Whatsapp +60143498217

    ReplyDelete
  17. Salam kenal buat ibu2 pejuang ya..
    Saya elis. Di sini ada yg ivf di malaka kah?
    Rncn april saya mau maju. Mohon share nya ya mba2..

    ReplyDelete
  18. Halo kak @alodita ..salam kenal.. saya jg pejuang IVF... saya ditangani oleh Dr.Collin lee dari Alpha clinic fertility centre di Kota Damansara KL malaysia... bulan... Okt 2015 adl IVf saya yg pertama. Sdh sampe tahap embrio transfer. Tp hsl nya belom sesuai dgn harapan. ...sedih sekali rasanya... nah saat ini. Aku lg jalanin ET yg ke dua.. tp.kali ini.. yg di transfer 2 blastosyst sekaligus... doain ya.. kaka.oh ya... ad whatsap atau.. line? Aku mau tanya tanya..hehehe

    ReplyDelete
  19. Halo kak @alodita ..salam kenal.. saya jg pejuang IVF... saya ditangani oleh Dr.Collin lee dari Alpha clinic fertility centre di Kota Damansara KL malaysia... bulan... Okt 2015 adl IVf saya yg pertama. Sdh sampe tahap embrio transfer. Tp hsl nya belom sesuai dgn harapan. ...sedih sekali rasanya... nah saat ini. Aku lg jalanin ET yg ke dua.. tp.kali ini.. yg di transfer 2 blastosyst sekaligus... doain ya.. kaka.oh ya... ad whatsap atau.. line? Aku mau tanya tanya..hehehe

    ReplyDelete
  20. hy kak ,aku akhir bulan ini IVF kedua kali,yang pertama hcg aku hanya 14,5 aja yang artinya ga berhasil sedih bgt. aku nakal shy kak masi makan mie goreng Setelah ET . dan ini aku pikir mungkin ini salah satunya yg membuat gagal. yg aku mau tanya kak kk masi make makeup merk apa yah yg aman,parfum masi boleh ga ka?aku pake skII boleh ga shy kak?kok beberapa org ada yg bilang ga boleh ini itu. makasi kak

    ReplyDelete
  21. hy kak ,aku akhir bulan ini IVF kedua kali,yang pertama hcg aku hanya 14,5 aja yang artinya ga berhasil sedih bgt. aku nakal shy kak masi makan mie goreng Setelah ET . dan ini aku pikir mungkin ini salah satunya yg membuat gagal. yg aku mau tanya kak kk masi make makeup merk apa yah yg aman,parfum masi boleh ga ka?aku pake skII boleh ga shy kak?kok beberapa org ada yg bilang ga boleh ini itu. makasi kak

    ReplyDelete