Monday, September 29, 2014

GROWING THE EGGS #1

 photo blog-IMG_7642_zps512d503b.jpg
Hello semua, akhirnya aku “mood” juga duduk di depan laptop untuk sharing cerita tentang IVF (lagi). Untuk yang follow aku di Instagram mungkin tau kalau beberapa hari yang lalu, aku habis operasi kecil untuk mengeluarkan cairan di rahim aku supaya indung telurnya “bersih”. Ternyata cairannya cukup banyak, sekitar 200ml. Katanya masih ada cairan di atas rahim tapi dokter cukup membersihkan seperlunya saja. Dari kemarin aku teler banget karena gak tau akan dibius total walaupun cuma sekitar 20-30 menit aja. Yang menarik adalah pengalamanku masuk ruang operasi (lagi) tapi kali ini dengan kondisi badan yang sangat fit, pikiran tenang dan positif hehehe.. Terakhir masuk ruang operasi aku lemes banget karena dikasih obat pencahar sama dokter, karena mules-mules dan tegang mau operasi besar jadi gak inget apa-apa. Ya hampir kritis juga sih karena kehabisan darah cukup banyak, hehe jadi gak inget.

Nah, kemarin pas masuk ruang operasi, dari proses pendataan sampai masuk ke ruang operasi itu kira-kira aku nunggu hampir dua jam. Sendirian, suami nunggu di luar. Sambil nunggu, ada seorang ibu-ibu warga Penang ngajak aku ngobrol. Orangnya baik dan suaranya kalem banget, ngingetin aku sama ibu mertua aku. Kebetulan si ibu mau operasi katarak untuk kedua kalinya, lalu kami sharing pengalaman tentang beberapa RS di Penang, sampai akhirnya, aku cerita soal kondisi aku. Seperti biasa, orang-orang biasanya kaget pas tau aku harus IVF, “..but you’re too young!”

“Yes I know. I’m not even 30.”

Makanya aku sempet stress gak punya teman yang ngerti, sedang atau udah pernah IVF treatment. Karena memang yang seumuranku jarang banget sampai harus IVF. Thank God, akhirnya ketemu teman-teman baru yang ternyata sesama user Instagram (you know who you are girls!).

Long story short, aku merasa nyaman pas nunggu selama di operasi, bahkan ketiduran pas nunggu giliran masuk hahaha (asli nyantai abis). Sepanjang nunggu, aku dzikir terus sampai ketiduran dan memang situasinya gak setegang seperti dua operasi sebelumnya. Dokter dan staff yang bertugas hari itu keliatan lebih santai juga pas menangani aku. Ntah kenapa hari itu suasana ruang tunggu operasi terasa nyaman dan tenang. Pas mau surgery juga aku masih bercanda sama Dr. Devindran, terus aku dikasih obat bius – yang aku kira biusnya cuma bius lokal. Dokter bilang, “you will sleep shortly” terus aku masih nengok kiri-kanan terus bangun-bangun mataku udah berat banget. Hahahah dodol abis. Karena ini “hanya” minor surgery, aku hanya dirawat di day care. Sehabis operasi perut rasanya agak gak enak, aku gak berani gerak-gerak dan duduk. Lima jam setelahnya aku diizinkan pulang dan bawa pulang suntikan Menopur (suntikan pemecah telur).

Hari ini adalah hari keempat setelah operasi kecil, aku masih bleeding sedikit (seperti menstruasi). Setiap pagi jam 10.15, aku suntik Suprefact dan Menopur di perut. Totalnya sih udah dua minggu ini setiap pagi disuntik Suprefact, tapi untuk Menopur baru empat hari. Suamiku yang suntikin, sengaja gak mau suntik sendiri biar kami punya “aktifitas” bersama hahaha. Ternyata gak sakit sama sekali, beda sama yang aku bayangkan. Habis disuntik agak kembung perutnya tapi gak masalah kok. So far, so good! :D

Aku juga bacain semua doa dan support via Instagram, blog dan email – tapi maaf aku belum sempat balas satu-satu. Terima kasih semuanyaaa! I’ll be back with my makeup reviews later.. :*

Have a great day everyone!

14 comments:

  1. nggak tau mau komentar apa.
    karena bertahun2 cuma jadi pembaca aja, tapi kali ini mau ikutan komentar juga, semoga bisa ngasih semangat kak andra. :)

    yang pasti juga mau mendoakan dan kasih semangat buat kak andra & kak abenk.
    semoga semua usaha yang dijalanin berbuah manis seiring dengan semangat dan doa.. :)

    ReplyDelete
  2. indeed with hardship comes ease kak alo

    ReplyDelete
  3. semangat sayang...kami selalu berdoa untuk kelancaran proses IVFnya..
    semoga Allah swt senantiasa memberikan rahmatNya.

    Aamiin yaa Rabb,
    peluk dari kuhhh

    ReplyDelete
  4. Semoga cepat pulih kak Alo, aku juga pejuang TTC meskipun baru setahun menikah.. I feel you..

    Tetap semangat, semoga Allah selalu memudahkan usaha kak Alo..

    Amin

    ReplyDelete
  5. kalo boleh tau, operasi kecil untuk "bersihin" indung telur itu apakah semacam hydrotubasi?
    waktu program IVF bulan Juni kemarin malah aku suntik sendiri, suami gak tega nyuntiknya.. ikut nyiapin dan beresin jarum2nya aja.. :)

    stay strong ya Andra..

    ReplyDelete
  6. Setelah baca, aku jadi terharu dan pengen nangis. Mungkin karena keingat 30 Oktober nanti juga mau operasi pengangkatan endometriosis kista Cokelat sebesar 7cm, padahal baru nikah 7 bulan. Mungkin gak seberat kakak, tapi i feel you so much. Tetap semangat kak! Kadang apa yang kita inginkan nggak sesuai dengan apa yang kita dapatkan, mungkin ini supaya kakak Alo bisa jadi berkat dan sharing ke wanita manapun. :') Lancar semua ya kak :)

    ReplyDelete
  7. Andra i didn't know you were going through IVF! Be strong - I've got a couple of friends who have successfully gone through IVF this year. It was definitely a grueling process but hopefully it'll help you fall pregnant. Best wishes Ndra!

    ReplyDelete
  8. Semangat ya kakak.
    Btw kamu di Penang ke dokter mana kk?

    ReplyDelete
  9. Kak andra,, i'm your new reader.. Ngebaca blognya kak Andra bikin aku teringat salah satu film yang dibintangi Acha Septriasa, tentang keinginannya memiliki anak, dan harus patah hati tiap bulannya karena hasil testpack yang negatif. Dari film itu, dan baca perjuangan kakak, aku merasakan kak gimana strugglingnya kakak menempuh cara untuk mendapat keturunan. Aku doakan semoga kakak programnya berhasil, aku pasti turut senang!

    Aku share link kakak di IG dan socmedku buat temen-temenku yang masih juga ada yang belum memiliki keturunan. Kakak sungguh menginspirasi aku, dan semoga mereka juga terinspirasi dengan perjuangan kakak dan bermindset positif seperti yang kakak sebarkan.

    ReplyDelete
  10. Dear andra, in sya Allah ivf nya lancar terus dan positive ya amiin.. semoga Allah memberikan dirimu dan suami baby yang sehat dan lucu..semangatt.. diriku juga menunggu 4th lebih akhirnya Allah SWT memberikan kami keturunan..

    ReplyDelete
  11. Hai andra..
    Awalnya aq baca blog kamu krn search ttg Dr.Devindran dan yg menarik membahas ttg Dr.Devindran selain Putri Kansil.. Blog kamu.. aq sebenarnya sudah pernah IVF April 2013 di Alpha Fertility Centre (AFC) dengan Dr.Colin Lee dan berhasil hamil .. Tetapi bayi ku lahir premature 7 bulan kehamilanku dan hanya bertahan hidup 6 hari.. so sad tapi aq harus ikhlas..bayiku laki2 dan tgl 23 okt yang lalu tepat setahun kepergiannya.. Bulan feb 2014 lalu aq IVF ke 2 dengan sisa 3 frozen embrio.. Sebelumnya IVF pertama juga di tranfer 3 embrio day 3.. Jd total embrio ada 6. hasil thaw cycle aq gak berhasil hamil .. Makinn sedihh krn gak ada cadangan embrio lg.. Jadi aq harus usaha dari awal lg jika ingin IVF lg cuma aq mau istirahat dulu ketika dokter sarankan utk coba lagi... Selain memang butuh dana besar utk mulai dari awal lg.. Krn disana lumayn mahal sekitar 30.000-35.000 ringgit biaya IVF blm termasuk biaya hidup sebulan disana krn aq nunggu sampai hasil test darah. Sekitar bulan Juli lalu aq ke Penang.. Nemenin ortu check up rutin ke RS. Loh. Guan Lye.. Jadi aq sekalian nyari second opinion ke Dr.Devindran.. Dan ternyta sarannya juga aq sebaikknya secepatnya Bayi Tabung lg.. Dia sarankan seharusnya kalo aq mau bulan oktober ini udah bisa mulai program tapi krn aq belum yakin maka aq blm balik lg ke sana sampai sekarang.. Krn aq masih mencari keyakinan dengan melihat dan membaca pengalaman orang yg pernah berhasil hamil program IVF dengan Dr.Devindran.. so kalo gak keberatan .. Gimana kabar program IVF nya andra? Berhasil positive? mudah2an kamu positive ya .. aminnnn

    ReplyDelete
  12. mau tanya itu suntikan suntik sendiri atau gimana? thnaks.

    ReplyDelete