Thursday, July 10, 2014

EASY WAYS TO HAVE FLAWLESS & GLOWING SKIN NATURALLY

 photo DSC_5978_zpsced7af71.jpg
Banyak banget yang tanya sama aku bagaimana cara untuk mendapatkan kulit yang sehat dan glowing tanpa harus bergantung dengan produk skincare atau perawatan kulit yang mahal. Aku sering sekali berbagi tips, tapi satu hal yang perlu diingat: untuk mendapatkan sesuatu yang diimpikan, tentunya perlu usaha dan waktu untuk mewujudkannya.

Rata-rata sih dari riset aku terhadap teman-teman di sekitarku, banyak yang malas untuk menikmati proses untuk mendapatkan kulit sehat dan glowing secara alami. Dulu aku juga malas sih, tapi akhirnya kapok sendiri dan merasa sangat rugi karena kulit aku sempat breakout parah dan akhirnya terselamatkan oleh produk SK-II. Tapi gak berenti sampai disitu saja loh, kalau kita tidak merawat kulit dari ‘dalam’ tentunya hasilnya tidak ada signifikan.

Walaupun awalnya aku sangat terbantu dengan perawatan dari SK-II selama tiga tahun terakhir, kondisi kulitku juga terbantu oleh kebiasaan dan rutinitas kecil yang selalu aku jalankan setiap hari. Lewat post ini aku akan berbagi cara-cara untuk mendapatkan kulit sehat dan cerah secara alami versi Andra Alodita. Artikel ini juga akan aku update jika aku menemukan trik baru untuk merawat kulit. Happy reading!

LEMON IS YOUR BEST FRIEND
Hampir setiap pagi aku minum Honey-Lemon Shot, tapi sekarang aku modifikasi sedikit dengan menambahkan “healthy shot” dari Indahati Organic Shot (IDR 180.000,-) yang terbuat dari apple cider vinegar, garlic, ginger, lemon, honey – lalu aku campur lagi dengan 1 sendok madu. Indahati Organic Shot ini berguna untuk detoks, antioksidan dan memperbaiki imun tubuh, tapi aku juga merasa kulitku lebih sehat. Jangan lupa untuk minum air yang banyak.

NO HOT SHOWER
Sejak menikah, aku selalu mandi air dingin kalau di rumah. Paling mandi air hangatnya kalau lagi di gym. Air dingin membantu kulitku tetap lembab, terutama kulit muka. Selama hamil aku juga hanya mencuci muka 1x dalam sehari (sewaktu membersihkan wajah pada malam hari) agar kulit tetap lembab.

NO AIR CONDITIONER
Hampir semua orang yang aku ceritakan soal hal ini bilang, “Gak mungkin tidur tanpa AC di Jakarta!” Menurutku sih, mungkin aja kok! Awalnya aku tidur tanpa AC karena udara Jakarta yang sangat dingin saat musim hujan. Tapi efeknya justru luar biasa. Badan lebih fresh, kulit gak gampang kering dan aku udah gak alergi bersin-bersin setiap pagi. Salah satu cara memulai untuk tidur tanpa AC, nyalakan AC di kamar tidur sampai dingin lalu pasang timer agar saat kita tidur, AC langsung off secara otomatis.

NATURAL OILS
Salah satu cara merawat kulit agar tetap lembab dan kenyal adalah menggunakan natural oils setiap pagi dan malam. Aku selalu memakai natural oils setiap pagi dan malam untuk seluruh tubuh agar kulit tidak mudah kering. Kenapa natural oils? Karena body lotion udah ngga mempan untuk kulit tubuhku yang kering. Selain itu natural oils juga lebih alami dan aman untuk kulit. Beberapa produk natural oils yang aku pakai adalah L’Occitane Almond Supple Skin Oil, Wangsa Jelita Coconut Oil dan Blue Stone Botanicals Body Oil.

EAT MORE FRUITS AND VEGGIES
Memang terdengar klise, tapi makanan yang berlemak dan berminyak itu secara tidak langsung bisa membuat kulit wajah jadi kusam, berjerawat dan lebih mudah terlihat tua. Hindari makanan yang digoreng (terutama deep fried), makanan berpengawet dan makanan yang terlalu banyak mengandung gula dan garam. Buah-buahan yang menjadi bagian dari rutinitas kulit sehatku adalah manggis, jeruk honey ponkan, pepaya dan pisang.

MINERAL WATER TO CLEAN YOUR FACE
Air mineral yang dijual dalam kemasan botol bukan hanya untuk diminum saja loh, tapi juga sangat baik untuk membersihkan wajah. Kenapa sampai harus repot-repot menggunakan air mineral untuk cuci muka? Karena air kran di Indonesia rata-rata mengandung besi dan ada kandungan mineral yang kurang baik untuk kulit wajah. Aku sarankan untuk pakai cara ini untuk yang kulitnya sedang bermasalah seperti berminyak atau berjerawat. Jangan lupa menggunakan handuk khusus wajah untuk merawat kulit yang sedang bermasalah.

TREAT YOUR NECK & CHEST LIKE YOUR FACE
Kulit pada bagian leher dan dada juga harus diperhatikan dengan bagian kulit wajah, terutama kulit leher yang membutuhkan perhatian lebih. Jadi jangan ragu menggunakan produk skincare dari wajah, leher dan dada. Berikan pijatan halus supaya skincare lebih meresap dengan baik.

DON'T BE AFRAID OF SWEATING
Olahraga adalah salah satu cara yang sangat efektif untuk mendapatkan kulit sehat dan glowing, karena disaat berkeringat, racun-racun di tubuh kita akan keluar dengan sendirinya.

FIND THE PERFECT SKINCARE FOR YOU
Mencari produk skincare yang tepat hampir sama susahnya dengan mencari jodoh hehehe. Pengalamanku untuk mendapatkan skincare yang sangat cocok dengan kondisi kulitku, aku harus benar-benar mengenali kondisi kulit wajahku yang ternyata tipe kulit kombinasi (kering tapi kadang berminyak). Lalu tahap berikutnya adalah banyak bertanya, membaca review dan mencoba produk yang aku sukai. Perlu waktu yang cukup lama untuk menemukan the perfect skincare. Intinya sih, jangan pernah takut untuk mencoba!

BE HAPPY & POSITIVE!
Merasa bahagia dan selalu mempunyai mindset positif merupakan kunci utama untuk mendapatkan kulit sehat dan cerah dari dalam. Hal ini memang tahap yang paling sulit untuk sebagian orang, karena gaya hidup di kota yang penuh tuntutan dan lingkungan yang sering menyerap energi positif dalam tubuh kita. Hindari gossip dan social vampires, isi hari-harimu dengan energy positif, karena cantik dan sehat itu akan terpancar dari dalam.

Good luck!

Photo by Ricko Sandy. Makeup by Lizzie Parra. Hair-do by Olyvia Awuy.

18 comments:

  1. Mba andra, aku nanya dong kalo olive oil yg biasa mba pakai merk apa ya? Waktu itu aku pake sasso gold, itu juga krn anjuran dokter gigi aku yang kulitnya glowing banget. Awal make sih kulit lembab, cuma aku pake hampir 2 mingguan jatohnya ada bintik2 kecil kaya butiran2 kalo kita kerumutan di sekitar idung. Wajar ga sih mba? Apa aku yg salah pake ya? Thanks before mba andra :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Marina, aku pakai virgin olive oil yang untuk masak. Aku lupa merknya.

      Biasanya kalau memang ga cocok dgn produk/treatment tertentu, kulit pasti kasih 'efek samping'. Memang ga semua anjuran aku cocok untuk semua orang, karena pasti jenis kulitnya berbeda-beda.

      Kalau memang ga cocok, jangan diteruskan ya :)

      Delete
  2. Hi Alo. Mau tny klo pake Olive oil apa msh bs tetap pake eye cream & night cream? Klo iya mana duluan yg harus kita pake dulu ya... Thanks for sharing :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belum pernah sih kalau dicampur skincare. Soalnya setiap pakai olive oil tuh pasti pas keadaan darurat aja :)

      Delete
  3. Hi Alooo,
    daerah leher & dada biasanya pk produk apa :)

    Betul banget, karena perempuan py payudara jadi byk lipatan kulit yg bisa bikin jerawatan di sekitar dada tengah & kadang kita missed utk ngebersihinnya dari keringet & sisa bedak.






    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, aku pakai SK-II untuk leher sama dada. Kadang pakai beauty oil juga :)

      Delete
  4. Hai Kak andra, thanks for sharing ya. jadi nambah info kesehatan banyak bgt :)
    Mau tanya kak untuk pemakaian olive oil nya digunakan setiap hari (malam hari) atau ada waktu tertentu? Misal seminggu sekali?
    Mau sharing aja nih sebulan ini mulai nerapin minum honey lemon shot dan bnr2 berguna bgt. Biasanya aku setiap minggu pasti kena flu dan badan drop banget krn memang kondisi fisik aku yg lemah. Aku mulai rutin minum honey lemon shot dan bener aja aku sebulan ini bnr2 ga pernah kena flu sama sekali walaupun kondisi badan lagi lelah bgt. Thanks buat ilmunya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Priscilla, aku pakai olive oil untuk wajah kalau kulitku lagi kering banget (biasanya kalau lagi traveling atau lagi sakit). Atau sebelum photoshoot/shooting. Ngga ada waktu tertentu, malah jarang banget pakai olive oil. Tapi olive oil adalah penolong pertamaku kalau kulitku bermasalah :)

      Good luck ya x

      Delete
  5. pantesan kak alo tetep cantik setiap saat :D
    olive oil bikin jerawatan gak sih kak?
    aku penasaran banget buat make olive oil dibagian wajah, tapi sayangnya wajahku ini tipikal wajah berminyak dan rentan jerawatan. jadi aku agak was-was gitu mau aplikasiin ke wajah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Karina, sejujurnya aku ngga tau. Semua tergantung dengan kondisi dan jenis kulit masing-masing. Aku cuma pakai kalau lagi kering aja, dengar2 sih, Olive Oil lebih cocok untuk yang kulitnya kering :) Good luck!

      Delete
  6. ka Alo, Untuk HoneyLemonShot bisa diganti apa selain madu apa memang harus madu?Madu yang murah atau mahal sama sajakah?

    Terima kasih;)

    ReplyDelete
  7. Thanks ka Infonya, aku hampir setiap hari jg minum perasan lemon sekitar 1 sloki, enak bgt ke badan, sekarang mau coba dimix dg madu juga ah :)) biar bisa kece kaya kaka hihi :D

    ReplyDelete
  8. I love the honey lemon shot! Indeed, more veggie and fruits will make our skin more clean!
    Please visit my blog as well, I share things about skincare and makeup too! :)

    http://pretty-healthy-happy.blogspot.com

    ReplyDelete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Hi Andra,

    Ada tips buat membaca review dan menemukan skincare yang tepat? Karena seringkali semakin baca, malah tambah bingung. Hehe.. Boleh sharing waktu breakout dulu, sampai kulitnya pulih, waktunya berapa lama?
    Aku lagi breakout dan bingung harus nerusin atau ganti produk setelah sudah hampir 2 bulan.

    Thanks before :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, sebenarnya cari skincare yang tepat itu seperti nyari jodoh. Susaaaah banget. Betul-betul harus dicoba satu-satu, kadang si A cocok pakai skincare ini, tapi pas kita coba malah sangat gak cocok. Jadi benar-benar harus dicoba satu-satu. Penting juga untuk tau kondisi kulit kita yang sebenarnya (bisa cek di counter-counter SK-II, IOMA atau Menard) -- untuk mempermudah pencarian skincare yang cocok. Semoga jawabannya membantu yaa! :)

      Delete