Saturday, July 26, 2014

BRAND NEW ME

 photo photo-bfrafter_zps88f9cd00.jpg
Beberapa malam yang lalu, aku dan suami lagi iseng-iseng cari foto lama kami berdua. Gara-garanya, tiap ketemu teman, pasti kami berdua dibilang kurus banget. Nah pas nemu foto di atas (foto tengah), aku kaget sendiri! HAHAHA! Gak nyangka dulu aku chubby banget! Aduh itu lengannya berisi banget!

Sebenarnya sehabis operasi, aku belum berani olahraga lagi - karena olahraga yang aku suka semuanya high impact. Tapi benar-benar ngga nyangka, malah beratku dan badanku makin mengecil! Sempat mikir-mikir apa ini karena lemon? Apa memang benar ya, berat badan itu bisa turun kalau pola makan kita benar?

Jadi, sejak awal tahun 2014 aku memang sudah niat banget mengubah pola makanku dan aktifitasku yang aku sebut dengan "healthy habits". Motivasi awalnya adalah karena ibu aku terkena Lymphoma Cancer, beliau adalah orang keempat dari delapan saudara kandung yang terkena cancer (ibu aku divonis kanker pada Agustus 2013 dan dinyatakan sembuh pada Januari 2014 setelah menjalankan 6x kemoterapi).

Serem kan?

Sejak itu, orang tuaku mengubah pola makan. Kulkas dan dapur selalu penuh dengan buah-buahan antioksidan seperti beet, manggis, lemon, dll. Ayahku juga 'memaksa' aku mengkonsumsi honey-lemon shot setiap pagi. Pokoknya diingetin dan ditagih terus, "minum lemon ngga tiap pagi?" 

Karena di'teror' terus akhirnya honey-lemon shot jadi asupan wajib setiap pagi hingga sekarang. Begitu juga aku terbiasa mengkonsumsi satu buah kiwi dan sepiring pepaya di pagi hari.

Motivasi kedua adalah karena aku ingin cepat hamil. Belum lagi ada masalah perlengketan usus ke tuba falopi yang aku pikir bisa disembuhkan dengan makanan sehat. Tapi ternyata tetap harus dioperasi besar. Tapi aku happy banget habis operasi, kayak hilang gitu bebannya. Malah makin semangat untuk IVF.
 photo coolduty_zpse51ae72e.jpg
OK aku mau cerita apa saja yang aku lakukan selama 7 bulan ini, berikut tips-tips sehat ala aku!

LEMON IS YOUR BEST FRIEND
Setiap bangun tidur aku selalu minum honey-lemon shot. Setelah itu, aku pasti makan buah dulu, paling sering sih makan 1 buah Kiwi dan semangkuk pepaya. Breakfastnya kadang smoothie, roti gandum, muesli atau granola.

EAT MORE FRUITS. YES, FRUITS!
Aku selalu pilih buah untuk cemilan sore. Dari pepaya, apel, semangka atau jus buah. Pokoknya buah-buahan. Dan biasanya sebelum nge-gym aku makan pisang supaya nambah tenaga.

NEVER SKIP MEALS & USE A SMALL PLATE
Jujur aja aku ga pernah ngerti sama yang diet terus cuma makan 1x sehari. Oh my, itu namanya menyiksa diri sendiri. Selama 7 bulan ini, aku makan 4-5x dalam sehari dengan porsi yang kecil. Jadi aku tiap 2-3 jam selalu ngunyahhhhhh hahaha keliatannya kayak orang rakus tapi sebenarnya makan dengan porsi kecil itu sangat membantu kita untuk mengurangi lapar yang berlebihan. Kalau makan di restoran, aku suka pesan yang porsinya kecil.. atau aku cuma makan setengah porsi dan sisanya dibawa pulang.

DON'T EAT HEAVY MEAL AFTER 5 PM
Iya, aku udah jarang makan malam kecuali weekend. Kalau pun kelaperan tengah malam, aku pilih cemilan sehat seperti buah, cranberries, minum segelas almond milk atau makan muesli.

EAT FRESH
Hindari makanan berlemak/santan atau makanan yang terlalu diolah. Jauh-jauh deh sama makanan yang banyak pengawet, minuman botol/kaleng atau makanan yang diproses. Pilih makanan yang fresh dan tidak banyak diolah. Lebih baik kita mengolah makanan sendiri.

COOK FOR YOURSELF
Masak di rumah itu bukan hanya lebih hemat, tapi kita juga bisa mengukur apa yang kita makan. Jadi setiap hari aku selalu menyiapkan breakfast dan cemilan-cemilan untuk seharian. Karena aku menyiapkan makanan sendiri, aku jadi jarang jajan-jajan ga sehat.

DRINK LOTS OF WATER
Choose water as your drink. Not Teh Botol or Coca Cola!

FOCUS ON LIFESTYLE CHANGES
Banyak yang ingin mengubah pola makan biasanya hanya terfokus karena ingin kurus. Kurus tapi ngga sehat? NO WAY! Fokuskan pikiran dan niatmu untuk hidup sehat, bukan hanya karena ingin mendapatkan berat badan ideal sesaat. Selama ini aku fokus banget untuk sehat, jadi berat badan turun itu hanya bonus. Bonus lainnya: ngga gampang flu, badan dan pikiran lebih fresh, berat badan turun banyak.

EXERCISE
Aku selalu olahraga 2-3x seminggu. Aku dulu sempat yoga beberapa bulan, terus bosen. Ternyata aku lebih suka olahraga yang banyak gerak, seperti Zumba dan Body Combat. Akhir tahun lalu, aku ketemu dengan salah satu instruktur Zumba bernama Lynne. Awalnya aku kapok-kapok karena baru Zumba 10 menit sama Lynne, pasti mau muntah. Tapi justru karena liat staminanya Lynne aku jadi tergila-gila sama dia. Aku selalu ikut kelas Zumbanya Lynne karena menurutku, cara ngajar zumba versi Lynne beda banget sama instruktur lain. Lynne ngajarnya ngga pakai basa-basi, terus selama di kelas, kita ngga dikasih jeda istirahat hahahhaaha! Nah staminaku terlatih gara-gara Zumba yang high impact ini, banyak gerakan lompat, nendang plus dicampur belly dance. Dengan pola makan sehat dan olahraga, badanku jadi cepat banget "mengecil"nya!

EAT SUPERFOODS
Ini pentingggg banget! Superfoods banyak banget benefitsnya. Yang biasa aku konsumsi: almond milk, beets, alfalfa sprouts, chia seeds, flax seeds, garlic (I love garlic!), kale, kiwi, spinach. Contoh Superfoods lainnya lihat disini.

READ INSPIRATIONAL BOOKS
Aku banyak baca-baca buku tentang healthy life dan sering browsing resep-resep sehat. Dengan membaca atau mencari tau tentang pola hidup sehat, otomatis aku termotivasi untuk lebih meningkatkan kualitas hidup.

DO IT NOW! NOT TOMORROW!

 photo 9ffb2af28539554cec45929e5a11e42a_zps06bba9d7.jpg
Tips-tips aku mungkin keliatannya super gampang tapi pada prakteknya susah banget untuk yang baru mulai hihihi. Tapi harus niat, karena kamu ngga akan nyesal. Remember, your body will thank you!

Aku sering banget dengar cerita teman-temanku yang kaget karena makanan-makanan sehat itu MAHAL! Memang mahal, aku pernah cerita kan sejak hidup sehat pengeluaranku naik jadi 3x lipat? Hihihi tapi sakit itu jauuuuuh lebih mahal :)

Have a lovely weekend everyone! I hope my story inspires you! :)

 photo x-andra3_zps78b9e633.jpg

25 comments:

  1. Wah aku juga tertarik zumba. Di mana ya yg bagus :) kalau boleh tau kamu di mana hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku zumba di Celebrity Fitness :) yang terkenal sih yang di SANA Studio, Pangpol

      Delete
  2. tapi ka andra masih makan nasi kan?? apa mengurangi nasi juga?? hanya buah2an dan sayuran saja??

    ReplyDelete
  3. What an inspiring blog entry Andra. Thank you for sharing. And yes, aku juga punya masalah kolesterol. So I am planning and slowly applying a more healthier lifestyle. Maybe we should share a lot. I need a guidance from a 'senior'. :)


    Have a great day!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, thank you juga :)

      Ayoooo pasti bisa kok pelan-pelan. Justru jangan langsung berubah drastis, nikmatin aja prosesnya. Mudah-mudahan malah jadi habits sampai tua :)

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  4. Super inspiring. Thankyou ya udah sharing :) bikin semangat:)

    ReplyDelete
  5. Keren bgt ka andra! Pengen bgt dicoba. Ada saran ga ka biar dgn pola makan yg seperti itu tp dgn waktu kerja kantor yg cukup menyita, berangkat pagi bgt pulang malem? Thanks ka.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you :)

      Aku sih biasanya bawa bekal kalau harus pergi seharian, supaya makannya terkontrol. Atau ya pilih aja makanan seperti sayur-sayur dan kurangin yang berminyak. Nasinya juga hrs dikurangin. Good luck yaaa :)

      Delete
  6. Hi Andra, hopes your mom doing fine. You may access kalahkanker.com for further info. Thank you for the lemonshot tips, very useful for hipersensitive person like me :)

    ReplyDelete
  7. kak andra benar2 tidak makan daging sama seklai?

    ReplyDelete
  8. Kak Alo, terima kasih karena sudah menjadi inspirasi aku untuk hidup lebih sehat. Semua gara-gara Instagram-mu! Keluarga ibu aku pun punya riwayat kanker, dari lima bersaudara, ibuku dan tiga lainnya sudah meninggal karena kanker hanya tinggal satu tante yang masih sehat. Aku jadi mulai mikir untuk menjaga makan dan jaga kesehatan. Sejak aku mulai coba hidup sehat dari bulan Mei, berat badan aku udah turun 7 kg :) Thanks ya udah menjadi inspirasi untuk orang lain, kudoakan yang terbaik untukmu ya :)

    ReplyDelete
  9. Hai ka andra aku mau nanya dong yg ka amdra sebut honey lemon shot itu lemon nya brp buah trus madu nya brp sendok ? Thanks in advance :)

    ReplyDelete
  10. Halo kak alo.. utk kale and chia seed nya beli dimana ya?

    ReplyDelete
  11. Pagi kak. Baru aku baru mau memulai healthy habits nih:) Biasanya beli mueslinya dimana ya kak?

    ReplyDelete
  12. Jadi inget kata-kata instruktur yoga aku dulu, "sehat itu harus, kurus itu bonus."
    Sejak saat itu ga mau deh aku bentar-bentar liat timbangan. Yang penting badan rasanya makin segar dan gak gampang sakit :))

    ReplyDelete
  13. Mba aku mau tanya dong mba andra sehari makan nasi merah nya berapa kali? Yang mba andra bilang makan bisa sampe 5 kali itu makan berat kayak nasi lauk sayur atau termasuk makan buah juga? Makasih mba :)

    ReplyDelete
  14. halo kak andra, thanks for sharing your lifestyle, aku juga dalam proses menerapkan hidup sehat dan pola makan yang sehat, banyak sekali godaannya, belum lagi kalo malam kelaparan dan masih suka ngemil, but after i read your story jadi terinspirasi untuk terus maju, thankyou kak

    btw, kalo malam lagi kelaparan gitu apakah gak apa2 makan buah ? karena ada temanku yang bilang malah kalo malam jangan makan apa2 ..
    thankyou kak andra :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Christy, thanks for your lovely comment :) aku sih biasanya ngemil buah kalau malam (kalau kelaperan banget). Dari pada ngemil chips, aku tetep lebih milih ngemil buah hihihi

      Delete
  15. salam kenal ka Andra..
    aku baru baca blog ka Andra hari ini.. so amazing..
    suka banget sama lifestlye ka andra.. so positif, so healty..
    aku juga lagi coba menerapkan hidup sehat.
    semoga blog ka andra selalu glowing juga ya seperti kk.. ^_^
    thanks for inspiring me..*kiss*

    ReplyDelete
  16. Hi kak alodita, aku suka baca-baca blog kamu. ci aku mau tanya, makanan yg sehat itu termasuk sayur dan buah-buahan organik ya? kl buah sm sayur biasa itu sehat juga ga ci? soalnya terasa bagnet di budgetnya kl harus dari sayur2an organik :(
    thank you ci )

    ReplyDelete
  17. Inspiring banget Kak Andra, terima kasih sudah memotivasi untuk mengubah gaya hidup jadi lebih sehat. :)

    ReplyDelete
  18. Love banget dg artikel ini.. Jadi motivasi banget... Thanks kak alodita...

    ReplyDelete