Monday, June 16, 2014

JAMU WORKSHOP BY NJONJA MENEER x BOBOBOBO

 photo jamu_ws3_zps4b151e1f.jpg Kalau ingat jamu tuh pasti kebayang mbok-mbok jamu yang dulu waktu aku masih kecil suka lewat di depan rumah. Tapi sayang sekarang udah jarang banget mbok-mbok jamu, bahkan nyari jamu aja udah susah.

Belajar bikin jamu adalah salah satu impian aku sejak rajin minum Honey-Lemon Shot, tapi belum kesampaian dan belum sempat cari informasi ttg belajar membuat jamu. Makanya agak surprise juga waktu baca ttg workshop Njonja Meneer di www.bobobobo.com, langsung excited & lucky me, aku dapet free seat dari Bobobobo.

Di Herbal Elixirs Workshop ini para peserta diajarkan cara menyiapkan dan membuat jamu yang sudah menjadi warisan Ibu Meneer selama 95 tahun. Jamu sendiri merupakan warisan dari nenek moyang kita, yang sebenarnya sudah ada eksistensinya diatas relief-relief Candi Borobudur, Candi Prambanan, Candi Sukuh, dll. Dari jaman penjajahan Belanda, resep jamu juga sudah ada di buku-buku kedokteran yang dibuat oleh orang-orang Belanda. Jadi resep-resep jamu ini harus dilestarikan, khususnya oleh kita yang masih muda-muda. Di workshop ini kami belajar untuk membuat easy-to-make-at-home herbal remedy dari bahan-bahan natural dasar asli Indonesia!

 photo jamu_ws1_zpsde486f68.jpg  photo jamu_ws2_zpsb9c46758.jpg  photo jamu_ws5_zps0a723eaf.jpg Disetiap meja sudah disediakan macam-macam bahan untuk proses pembuatan jamu, dari mulai kunyit, jahe, sereh, daun jeruk, pulosari, pandan, gula aren, kayu manis, secang, dll.

Kami juga diajarkan untuk membuat Jamu-Stres-Macet karena ya tau sendiri kan, tinggal di Jakarta ngga mungkin kalau ngga stres. Resepnya gampang banget ternyata.
 photo jamu_ws4_zps378e55e2.jpgJAMU STRES MACET
2 buah daun jeruk
2 lembar daun pandan
3 batang sereh
Gula aren (secukupnya/sesuai selera)
Bisa juga ditambah polo, untuk mencegah susah tidur/insomnia

Satukan semua bahan-bahan, lalu ditumbuk kasar. Masukan bahan-bahan yang sudah ditumbuk ke dalam teko/panci, lalu rebus hingga mendidih. Setelah mendidih, diamkan selama 5 menit sebelum diminum (jangan lupa disaring dulu ya). Tambahkan gula aren atau madu sesuai dengan selera.
 photo jamu_ws6_zps3ade43f6.jpg Selain Jamu-Stres-Macet, kami juga diajarkan untuk membuat Jamu Centil untuk menjaga kecantikan dan kesehatan. Namanya kenapa Jamu Centil? Katanya sih karena warnanya pink hahaha!

JAMU CENTIL
500 gram sirsak
10 buah strawberry
4 buah extract Njonja Meneer temulawak/Awet Ayu
2 ons gula - dilarutkan dalam air
1-2 gelas es batu sesuai selera

Masukkan semua bahan-bahan tsb ke dalam blender, hingga semua halus kayak smoothie gitu jadinya.
 photo jamu_ws7_zps8c09473a.jpg
Menurut aku pengalaman belajar buat jamu ini seru banget, tapi 1,5 jam itu kurang lama buat aku. Kayaknya aku perlu belajar selama 1 minggu penuh deh hihihihi. Thank you so much Bobobobo & Njonja Meneer for the herbal elixirs workshop! Can't wait for the second class!

SPECIAL THANKS TO BOBOBOBO
TOP / RANJANA BLOUSE BY GEULIS
ALL PHOTOS BY MEIZA KATARAM

3 comments:

  1. andra, thank YOU for this jamu posting. really worth to try!!!

    ReplyDelete
  2. Haii kak andra. Telat banget nih aku baru baca postingan yang ini, sy mau tanya dong.. Kalau jamu centilnya boleh diminum bumil gak yah ? Terimakasih :)

    ReplyDelete