Friday, June 27, 2014

COLBY'S FARM, HOMEMADE ORGANIC NUT MILK

 photo colbys4_zpsc8d0ce08.jpgTepatnya dua minggu yang lalu, sebuah workshop mempertemukan aku dan Tantri, salah satu owner dan creator Colby's Farm. Kebetulan sekali, aku duduk bersebelahan dengan Tantri, lalu Tantri nanya aku habis operasi apa. Ntah kenapa, aku menjelaskan cukup detail kenapa aku harus melakukan big surgery kepada Tantri (padahal kami baru kenal). Esok harinya Tantri whatsapp aku dan menawarkan tester nut based milk kreasinya, yang paling buat aku menarik perhatian ketika Tantri menjelaskan produk Colby's Farm yaitu Black Bean Milk. Yang katanya bisa membantu program kehamilan (secara aku lagi hidup sehat supaya cepat hamil), ibu hamil hingga wanita menopause. 

Begitu aku dapat paket dari Colby's Farm, awalnya pesimis lihat stiker bertuliskan 'Chocolate' dan liat warna susu Black Bean Milk. Eh dasar ya memang don't judge book by its cover, ternyata susu yang aku kira Almond Milk Chocolate itu ternyata adalah Cashew Milk yang rasanya enak dan tidak terlalu manis! Black Bean Milk yang jadi andalan Colby's Farm juga ternyata tidak pahit seperti warnanya, enak dan tentunya sehat!


Berikut obrolan aku dengan Tantri via e-mail, semoga berguna untuk teman-teman yang lagi mau mulai hidup sehat, ingin hamil maupun yang ingin lebih menjaga kesehatan :)



Hi Tantri, bisa cerita sedikit tentang Colby's Farm? 

"Brand Colby's Farm baru mulai beroperasi bulan Maret 2014 yang lalu, tapi sebenarnya kegiatan membuat nut based milk ini sudah dimulai dengan membuat almond milk sejak pertengahan tahun 2013 lalu.

Awalnya aku dan ketiga temanku (Will, Jess dan Rose), memiliki masalah kesehatan karena kehidupan kita yang amat sangat tidak teratur. Sebagai lawyer, consultants dan banker, kami berempat hampir setiap hari makan junk food, jarang olahraga, apalagi tidur cukup. Alhasil setelah beberapa tahun bekerja, aku dan Will mulai jadi obese, Rose jadi gampang alergi sedangkan Jess yang memang sedari dulu lactose intolerant tidak bisa mengkonsumsi dairy milks yang “katanya” baik untuk kesehatan.

Kami berempat akhirnya bertekad untuk mengubah gaya hidup demi kualitas kesehatan yang lebih baik. Aku dan Will mencoba menyelipkan agenda kegiatan olahraga sore sebelum pulang kantor. Sedangkan Rose dan Jess mulai mencari alternatif makanan yang lebih sehat. Dari situ, kami mulai tertarik dengan almond milk. Tapi sayang mencari almond milk di Jakarta (saat itu) tidak mudah. Produk homemade almond milk yang ada di pasaran, belum ada yang sesuai dengan selera kami. Soal rasa, jujur, yang paling enak adalah ready to drink almond milk impor yang dijual dalam karton. Tapi saat kami baca ingredients-nya, ternyata almond adalah bahan yang disebutkan terakhir dalam list of ingredients, yang berarti almond adalah bahan yang paling sedikit digunakan dalam almond milk karton itu! Belum lagi bahan-bahan kimia yang bahkan kami tidak bisa eja. Menyeramkan!

Karena aku suka masak, Will, Jess dan Rose kemudian menantang aku untuk membuat almond milk yang enak tapi juga sehat. Ternyata, walaupun banyak resep almond milk di internet, membuat yang sesuai selera itu tidak mudah. Setelah countless trial and error akhirnya aku menemukan komposisi yang disukai Will, Jess dan Rose (yes, they are picky eaters!)

Beberapa bulan berjalan, aku dan will berhasil menurunkan berat kami (aku 5kg, will 20kg!). Rose berkurang alerginya dan Jess sekarang bisa sarapan pagi dengan “susu”.

Setelah kami berempat sudah merasakan manfaatnya, teman dan keluarga terdekat kami mulai tertarik dengan almond milk ini. Respon yang kami dapatkan sangat baik dan karenanya kami memberanikan mengemas produk nut milks yang kami nikmati selama ini secara lebih professional dan menawarkannya kepada masyarakat Jakarta dan sekitarnya yang mungkin memiliki masalah kesehatan yang sama dengan kami.

Saat ini Colby's Farm menawarkan “susu” dari 3 jenis kacang, yaitu Almond, Blackbean & Cashew dengan varian rasa: original (unsweetened), vanilla, matcha dan chocolate.

Kedepannya Colby's Farm akan mengemas nut milks kami dalam penyajian yang berbeda, supaya lebih banyak orang yang tertarik dan merasakan manfaat dari nut milks seperti yang kami dapatkan :)."

Tahan berapa lama sih susunya?

"Karena seluruh produk Colby's Farm menggunakan bahan alami dan tanpa bahan pengawet, susu Colby's Farm hanya bertahan 3-4 hari jika disimpan didalam kulkas."

 photo colbys1_zps4ddd4ca8.jpg
Sekarang kan banyak banget nih yang bisnis nut based milk, tapi baru kali ini aku tau ada Black Bean Milk & Cashew Milk. Ceritain sedikit dong.. Dan apa benefitsnya?

"Setelah “berhasil” menemukan komposisi almond milk yang enak, kami semakin penasaran dengan bahan-bahan lain yang sebenarnya sehat tapi belum popular di masyarakat. Kami yakin banget kalau selain almond pasti banyak bahan-bahan alami lain yang memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan.

Bahan pertama yang kami temui adalah kacang Mede alias Cashew. Ternyata, berbeda dengan pendapat dalam masyarakat selama ini, cashew ternyata memiliki kandungan lemak yang jauh lebih rendah dibandingkan kacang tanah. Lemak yang dikandung pun adalah monounsaturated fat yang dapat membantu mengurangi kadar triglyceride dalam darah. Selain rasanya yang enak, berikut ini beberapa manfaat cashew yang membuat kami jatuh cinta dengan cashew:

1. Cashew juga mengandung copper yang merupakan komponen penting dari banyak enzym yang berfungsi untuk memproduksi energi, antioksidan, dan juga melanin untuk pigmen kulit dan rambut. Jadi cocok banget buat breakfast.
2.  Most interesting about cashew, cashew itu mengandung magnesium yg befungsi untuk membalance calcium sehingga dapat merileks kan saraf dan otot. Jadi dpt mengurangi migrain, ashma, keram otot,  pola tidur yg tergangu bagi wanita yg sedang proses menopause. Berbeda dengan cashew yang relatif mudah diolah, kisah kami dengan blackbean lebih seru. Saat berpikir mau buat susu apalagi, Rose cerita kalau mamanya sempat mengalami Post Menopause Syndrome. Beliau menjadi sangat lemah, mengalami vertigo, tidak bisa berdiri terlalu lama, tidak bisa jalan di keramaian, juga menjadi gampang sekali panik.  Sekilas mengenai Post Menopause Syndrome, gejala yang dirasakan masing-masing orang bisa berbeda, ada yang mengalami hot flashes, insomnia, osteoporosis hingga gangguan jantung.

Satu kerabat beliau kemudian menyarankan untuk mencoba makan sup kacang hitam atau black bean. Beberapa kali makan sup black beans, beliau merasa jauh lebih baik. Tapi sayang rasanya amat sangat ga enak. Bahkan ibu-ibu yang biasanya lumanyan toleran dengan makanan enak seperti jamu-jamuan saja bilang kalau black bean itu ga enak.

Pertama kali Rose kasih aku black bean, aku pesimis. Baunya saja ga enak banget! Tapi karena ingat benefitnya yang luar biasa, rasanya sayang kalau blackbean ini kurang dapat exposure di masyarakat. Ohya, kita pakai blackbean fresh yaa.. bukan blackbean kalengan yang buat campuran burrito :p

Awalnya aku coba buat blackbean ini raw seperti almond dan cashew milk, tapi ternyata bau dan rasanya tajam sekali. Sempat pusing juga berpikir bagaimana supaya rasa blackbean ini bisa enak karena kami bertekad bahwa produk Colby's Farm harus sehat (menggunakan bahan-bahan alami) dan rasanya harus enak. Setelah beberapa kali eksperimen, akhirnya aku coba masak dan tambah beberapa bahan alami untuk mengimbangi baunya yang kuat. Ternyata Will, Jess dan Rose sukaa!

Sedikit intermezzo, saat melakukan research tentang black bean, kami menemukan bahwa dalam buku pengobatan tradisional Cina, black bean memang telah diakui khasiatnya untuk wanita, bukan saja untuk wanita yang mengalami post menopause syndrome, tapi juga wanita hamil. Berikut ini adalah beberapa manfaat blackbean:

1.     Blackbean mengandung magical combination of protein and fiber (tinggi protein dan tinggi serat) kombinasi ideal ini tidak bisa ditemukan di buah-buahan, sayuran, daging, dairy products, kacang-kacangan, biji-bijian,  seafood, atau grains. Sehingga blackbean ini sangat bagus untuk pencernaan juga sebagai sumber protein.
2.     Tinggi antioksidan dan nutrisi anti-inflammatory sehingga dapat menguragi resiko kanker.
3.     Blackbean sangat bagus untuk pregnant lady dan wanita menopause, karna mengandung tryptophan (harus dikonsumsi karena tubuh kita tidak memproduksi zat ini). Tryptophan ini dipakai untuk membuat niacin dan serotonin yang berfungsi untuk menstabilkan mood dan promote good sleep.
4.     Kaya akan mineral molybdenum yang berfungsi untuk detox. Selain itu molybdenum ini dapat mengurangi resiko impoten pada pria yang sudah lanjut usia.
5.     Salah satu yang unik dari black bean ini adalah ia mengandung folid acid. Tubuh kita memerlukan folid acid ini untuk terus memproduksi sel yg sehat. khususny untuk wanita yg ingin hamil, folid acid ini sangat penting untuk menghindari cacat pada bayi.

Saking dasyatnya manfaat blackbean, blackbean masuk dalam satu dari 31 Healtiest Food of All Time versi Time Magazine."
***

Thank you Tantri udah jelasin panjang lebar tentang Colby's Farm, plus dengan manfaat-manfaatnya untuk kesehatan! Which flaver of Colby's Farm nut based milk do you want to try? 


COLBY'S FARM
order@colbysfarm.com
+ 6281293612847

No comments:

Post a Comment