Monday, April 28, 2014

MY HEALTHY JOURNEY TO A BETTER LIFE


Ngga kerasa, sudah hampir 3 bulan aku fokus menjalani hidup sehat dan ikut program ISHAPEINDO. Walaupun baru 3 bulan, cukup banyak cerita suka duka dibalik 'perjalanan'ku ini. Dari mulai susahnya cari makan sehat di Jakarta, diremehkan orang, pengeluaran bulanan 'meledak' karena belanja bahan-bahan makanan organik, sampai pernah mau nangis karena mendadak craving Nasi Uduk Kebon Kacang di tengah malam! 



Buat yang kenal aku cukup lama, pasti tau banget kalau aku itu doyaaaaaaan banget makan dan pemakan segala! Tapi seperti yang aku ceritakan di post aku sebelumnya, aku 'mendadak' mengubah lifestyle karena takut kena cancer seperti ibu dan tante-tanteku, dan memang ngga mau sakit-sakitan (khususnya kalau lagi musim pancaroba). Selain itu, penyebab utama aku hidup sehat karena aku sedang mencoba untuk hamil selama hampir satu tahun. Baru-baru ini aku sadar, walaupun belum di'kasih' tapi aku harus mempersiapkan mental dan juga fisik aku, makanya sekarang makan-makan yang sehat dan olahraga teratur.

Tapiiiii selama perjalanan ini, satu hal yang cukup mengagetkan.. Aku ngga nyangka bisa melewati proses-proses seperti ini :)


Dalam dua bulan terakhir, ukuran badanku menjadi Small dari Medium dan aku sudah hilang 7cm dibagian perut. Body age aku juga lebih muda dibandingkan dengan 3 bulan yang lalu, body age aku justru 5 tahun lebih muda sekarang. Selain itu, aku menyiapkan makananku setiap hari, cardio 3x seminggu dan tidak makan junk food lagi. Sayuran dan makanan yang tadinya aku ngga suka, sekarang justru malah aku suka banget dan begitu juga sebaliknya, yang dulu aku suka banget, malah eneg liatnya. 


Kalau lagi grocery shopping, aku juga jadi rajin bacain bahan-bahan makanan yang mau aku beli. Kalau terlalu banyak ingredients, aku ngga berani beli/makan. Apalagi makanan kaleng atau makanan-makanan yang mengandung bahan pengawet/pemanis buatan.


Ada cerita lucu lagi.. Banyak orang yang terkadang suka tidak bermaksud 'meremehkan' tapi sebenarnya bisa bikin aku patah semangat. Mereka suka ketawa atau sengaja ngeledekin aku untuk makan fried food atau apa pun yang ngga sehat. Atau misalnya kalau aku pamit dari meeting karena aku mau workout di gym, pastiiiii ada aja yang nahan-nahan. Kalau niatnya ngga kuat, pasti bubar dehhhh hahaha. Tapi senangnya, aku juga ketemu dengan teman-teman lama yang juga lagi menjalani hidup sehat, seperti Harumi. Dan untungnya, Coach aku (Itai) baik banget dan he's really supportive! Jadi enak kalau lagi cranky atau craving sama sesuatu ada yang motivasi supaya tetap stick to my healthy eating!


Once again, I'm not doing this for weight loss tapi untuk lebih bersyukur dengan apa yang Tuhan berikan, lebih sehat, lebih positif dan lebih bahagia :)


Apa ada yang punya cerita mirip dengan healthy journey aku atau baru mau memulai? :)


Love,

Andra
**

Disclaimer: All opinions and thoughts on everything featured on this blog are entirely my own. Please consult a physician before going on any diet or detox plans.  

23 comments:

  1. Halo mbak andra.. Seneng bgt ngeliat perjalanan hidup sehatnya!! Sama seperti mbak, aku juga lagi coba menjalani hidup sehat. Bukan sekedar mau ikutan trend yang emg lg happening sekarang, tp simply karena ingin hidup lebih sehat setelah mengalami keguguran di usia kandungan 5 bulan (krn bayiku mengalami hydrops fetalis, yg kata dokter mungkin ada pengaruh dari mutasi gen, yang disebabkan oleh zat-zat kimia). Semenjak juli 2013, aku coba hidup sehat dengan metode food combining dengan mengkombinasi makanan2 organik. Selain itu aku coba untuk self healing dengan olahraga lari dan yoga. Apa hasilnya??? Hidup bahagia dan lebih energetik dengan bonus penurunan berat badan sekitar 18 kg ( tadinya 68 kg lalu sekarang relatif stagnan di angka 49 -50 kg).

    Stay healthy and keep up the good work!! Enjoy reading your blog! Semoga selalu inspiratif ya mbak!! Salam :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, thanks for your comment! Aku yang sekarang malah jadi terinspirasi untuk membuka 'rahasia' sebenarnya kenapa aku hidup sehat. Justru karena aku belum hamil-hamil (padahal aku & suami tidak menunda), jadinya aku mengubah pola hidup aku.

      Sedih banget kalau dengar cerita ttg keguguran, ngga kebayang jahatnya zat-zat kimia dan polusi yang masuk ke tubuh kita setiap hari. Dan memang ya, hidup sehat itu bikin kita lebih happy, positif & energik. Stay healthy juga untuk kamu & keluarga!

      Love,
      Andra

      Delete
    2. Setuju banget sama mba! Belajar menghargai segala sesuatu termasuk tubuh sehat yang masih kita miliki.. Jangan sampai menyesal dikemudian hari.. Stay healthy! Semangat mba!

      Delete
  2. baca tulisan ini jadi bikin motivasi lagi nih mbak! abis kayak mba andra bilang, godaannya buanyaakkkk!!! hehehehe .. i think i have to start over now! right now! not tomorrow! thank you for sharing, mbar!! all the best buat hidup sehatnya selaluuuuu :)

    ReplyDelete
  3. SETUJU! Hidup sehat memang banyak rintangannya di jalan. Adaaa aja godaannya.
    Aku pribadi sih semaksimal mungkin nerapin food combaining, tp masih suka bolong- bolong. Punya temen yg satu visi jelas membantu banget.
    Btw, ngitung body age gmna/dmna sih? hehehe :)
    Keep healthy Kak Andraaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Dian, aku ngitung body age, muscle mass, dll pakai timbangan coach aku :)

      Delete
  4. Aku juga coba menjalani makan sehat hampir setahun. Memang biaya hidup jd lenih mahal buat makan aja. Tapi menurut saya lebih baik spending uang untuk makanan dari pada bayar ongkos rumah sakit krn badan sakit

    ReplyDelete
  5. Kak Alodita, aku sama banget sama kakak.
    Mau mulai itu rasanya susah bgt, Tp tulisan kak Alodita bikin aku makin semangat buat hidup sehat :)

    ReplyDelete
  6. Aku juga lagi coba hidup sehat ni. Ak termotivasi dari ka Andra :), tp 1 masalahku ak msh males dan susah banget untuk workout. Ak cuma jaga asupan makanan aja. Udah hampir 1 bulan ini ak mengurangi nasi dan gorengan.

    ReplyDelete
  7. Hai Andra, thanks for the post :)
    Aku juga sudah 1.5 tahun belum hamil, sekarang mulai melihat lagi pola makan & olahragaku sangat nggak terjaga... Mulai bulan lalu memperbanyak sayur & buah, dan baru berencana daftar fitness heheheh... Postingannya bikin aku makin semangat, karena tau ada juga orang2 yang lagi berjuang.. for the sake of better health & better future, yayy!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Tiananda, wahhh semangat ya! Aku juga nih, biarpun udah rajin olahraga sama makan sehat, hehe belum dikasih juga :) mungkin masih kecapekan terus. Stay healthy yaaa! x

      Delete
  8. Hi Andra, ini Chica sepupunya Ria (sekilas info kurang penting, hehe). Kalo beli sayuran organik gitu di Jakarta di mana? Soalnya aku perhatikan ada bahan-bahan yang gak tumbuh di Indonesia, rada penasaran, kalau kayak Kale, blueberries, dll gt apakah impor?

    Anyhow, turut mendoakan semoga Andra and Abenk bisa diberikan bayi lucu dan sehat pada waktu terbaik yah... Amin YRA.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hello, untuk sayuran import aku biasanya beli di Ranch Market & Food Hall :) thank you ya doanya.. Amien!

      Delete
  9. hai mba andrĂ ,
    salam kenal yaa.. aku donna, sdh 3.5thn usaha utk punya baby msh blm jg.. sm udh gonta ganti obgyn semuanya saranin utk hidup sehat & olhraga sampai akhirnya skrg berhasil melewati rasa males olhraga aplg buat ga mkn junkfood (kadang2 colongan jg jajan gorengan dll) hehehe.. tapi demi sehat mau ga mau hrs dijalanin..

    tetep semangat yah, rejeki baby ga kemana… :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Donna, aku sarankan kalau ada waktu dan rezeki lebih, coba checkup ke Penang, Malaysia :)

      Aku sudah bolak balik ganti dokter di Jakarta ngga ada yang cocok (secara treatment dan komunikasi). Kalau mau tanya-tanya soal dokterku di Penang, bisa email ke aku ya. Thanks :)

      Delete
  10. Sering buka blog kamu tp biasanya yg dibaca ttg beauty reviewnya, baru skr baca postingan ini. Dan jd memotivasi aku untuk mulai kembali hidup yang lebih sehat. Sama spt kamu, aku jg masih nunggu, skr udah 3,5thn. Thn 2013 kmrn aku mulai merubah pola hidup, rutin ngejus dan sesekali olahraga, walaupun sering on-off. Februari 2014 kmrn alhamdulillah positif hamil, walaupun di bulan maretnya harus kehilangan lg krn keguguran. Ud lama off dr hidup sehat nih, harus dimulai lagi nih. Thanks utk postingan yg memotivasi lg yaaa. Smg kamu segera dikasih keturunan yaa. Semangaaaat :) *sorry komennya jd panjang kayak curhat :p*

    ReplyDelete
  11. Hi Andlaa,,,dari dulu aku udah rajin banget liat blog kamu.. aplg ttg motret2 nya. Im your biggest Fan (hihi,, kedengeran lebay ya tapi beneran). Krn baca postingan ini aku jadi jadi pengen share juga. Aku udah nikah Maret tahun lalu dan belum sempet dikasih keturunan. Mungkin klo bukan orang deket. Ga akan tau ada apa dibalik kenapa belum dikasih juga. 5 bulan stlh nikah aku iseng cek ke Obgyn, dan ternyata aku ada kista, sempet shock banget luar biasa, karena aku ga pernah ngerasain keluhan apa2. 'menstruasi' pun selalu lancar, ga pernah telat atau kecepetan, sesuai dengan siklus nya. sampe aku shock ternyata ada Kista. dan aku baru tau dari dokter itu krn pola makan yg ga bener. Pdhl aku makan banyak sayuran, dan aku baru 'ngeh' dari junkfood, akirnya Kista aku pun diangkat, (karena klo ga diangkat akan menghambat kehamilan, dan udah besar juga Kistanya)

    Alhamdulillah, selang 2 bulan kemudian aku pun hamil,, sampe menginjak kehamilan sekitar 8 (atau 10 minggu gitu lupa) aku harus sedih lagi, karena harus kehilangan baby nya, (Blighted Ovum) dan aku pun terus2 an mengalami pendarahan. dan di kuret..hikssss ;'(

    Karena sedikit trauma, aku baru cek ke dokter lagi 2 bulan kemudian ke dokter yang waktu itu operasi kista aku, (krn pas kuret beda dokter) aku ceritain kondisi dan kronologisnya, sampe aku tanya apa harus cek darah TORCH atau pengecekan yg lainnya, jawaban dokternya cuma satu.

    Ubah pola makan. hidup sehat, olahraga, dan bukannya banyak makan, apa aja makanan masuk,

    tapii... banyak makanan bergizi, hihi.... makanya setiap liat blog atau postingan kamu di Instagram jadi bikin aku semangat untuk menjaga pola makan, paling tidak mengurangi makanan yang kurang dan tidak baik...

    keep inspiring & keep healthy dan tetap semangat ya Andla- =) maaf jadi curhat di blognya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Sussan, so sorry to hear that :(

      Ikut sedih juga karena aku tau kira-kira kondisi kamu seperti apa. Memang makanan gak sehat itu jahat banget, apalagi untuk kita, perempuan. Makanya harus jaga banget makanan dan kondisi badan supaya sehat & Insya Allah kalau hamil, babynya pun sehat sampai lahir dan besar nanti.

      Thank you udah sharing ke aku, very inspiring! Semangat terus yaaa :)

      Delete
    2. dunno y, all these comments always made my day....
      Tfs semuanya #TGIF

      ~ xoxo

      Delete
  12. hai, kak Andra! aku baru memulai perjalanan hidup sehat dengan makanan pas masuk usia 31 tahun, which was last June :-D merasa banget telat, but i will give myself a shot. i kind of experiencing the same things, too. pengeluaran membengkak :D dan, aku pikir, soal "diremehkan" cuma aku yang mengalami; ternyata kak Andra juga. di lingkungan tempat tinggalku, bahkan hal kecil seperti menyimpan sampah bekas snack di tas karena kebetulan tidak ada tempat sampah saja diolok-olok, seolah aku ini alien karena sampah sekecil itu saja di sayang-sayang. belum lagi kalo belanja di supermarket pakai tas sendiri dan nolak kantong plastik. atau, kebiasaan bawa tempat makanan pas dine-out biar kalau ngga habis bisa dibawa pulang tanpa ekstra bungkusan dari rumah makan. dan juga, pilihan makanan-makanan yang "ngga banget" bagi mereka. kadang merasa "sendirian". grateful that i "found" someone like you, kak Andra! keep inspiring ^_^

    ReplyDelete
  13. Salut banget dgn perjuangan kakak untuk mengubah pola hidup menjadi pola hidup yang lebih sehat. Ya, pola hidup sehat itu adalah investasi jangka panjang hidup kita. Aku juga baru beberapa minggu ini mengubah pola hidup aku yg tadinya asal2an menjadi lebih baik. Alasan pertama karena kulitku jelek banget. Tp sejak menjaga pola makan dan rajin workout min 2x sehari, kulit jadi lebih sehat. Nah selain itu ada 3 faktor lain yg membuat aku semakin semangat untuk menjaga pola hidup sehat, yaitu: 1. Mamaku punya kolesterol tinggi. Ngerinya punya kolesterol itu bisa memicu stroke, jantung koroner dan gagal ginjal. Mamaku akhirnya fight untuk diet sehat. Ga makan2 lagi yg berlemak2 seperti daging sapi dengan lemak, kalo makan ayam dibuang kulitnya, ga makan kuning telur, lebih banyak makan ikan. Bahkan kepiting dan udang itu besar sekali kolesterolnya. Alhamdulillah mama jauh lebih sehat. Nah dibandingkan dengan almarhum nenek dr papa, justru sampe meninggalnya ga pernah sakit2 parah, sakitnya paling cuma kecapean, pegel2 dan flu. Karena makannya lebih banyak protein nabati dan sayur2an juga buah2an serta rajin olahraga. Makanya sampe tuanya tetep lincah dan gesit dibandingnkan dengan temen2 atau ibu2 seusia beliau. Jadi bener pola makan itu berpengaruh banget. Oh ya mamaku punya list makanan2 mana yg punya kolesterol tinggi dari dokternya. Nanti aku minta mamaku ya kak. Aku sharing disini juga ke emailnya kak Alo :) 2. Sahabatku pernah terancam diangkat rahimnya krn ada banyak kista. Harus diangkat rahimnya supaya perutnya ga sakit2an hampir tiap harinya. Nah tp keluarganya memutuskan untuk menjalani pengobatan herbal dan alhamdulillah sembuh sampe si dokternya takjub sendiri. Jadi selama 2 tahun berobat ga boleh makan ayam broiler karena bisa mempengaruhi hormon. Kan ayam broiler disuntik hormon suapaya besar hehe. Nah hormonnya itu bahaya ke hormonnya sahabatku. Lalu ga makan2 junkfood termasuk makanan siap saji. Tidak makan makanan yg mengandung msg dan pengawet. Dan disarankan untuk minum kopi tubruk (bukan kopi instan). Beneran deh sekali lagi makan dengan pola makan sehat itu berpengaruh banyak pada kesehatan 3. Pernah liat di TV, jadi ada ada semacam test, potongan daging dr kanker dimasukan dalam baskom isi air, dia berenang2. Lalu saat dikasih sosis daging, dia semakin membesar. Nah saat dikasih kopi atau teh tubruk malah jadi menciut. Jadi ternyata kopi atau teh tubruk bagus untuk menghambat pertumbuhan sel kanker dalam tubuh kita. Kan termyata setiap manusia itu pasti punya sel kanker ya. Nah pengaruh pola makan itu ternyata pengaruh jg ya pada sel kanker ini. Seperti apakah pola makan kita itu menghambat atau malah membantu pertumbuhan sel kanker itu. Nah jadi kesimpulannya:
    1. Sepertinya kita harus mengurangi makan2an seperti daging dan seafood. Boleh makan tp ga sering2. Dan kalo kita makan di resto or cafe better kita minta tanpa msg saat pesan
    2. Lebih banyak makan sayur dan buah2an. Terlalu banyak makan sayur2 hijau juga pengaruh ke asam urat ya seperti kangkung, kacang panjang, kol dll. Mungkin bagusnya dicombine ya, hari ini kangkung, besok bayam, besoknya lagi waluh, besoknya toge, besoknya lagi brokoli dan seterusnya 3. Tidak mengkonsumsi makanan2 yg mengandung pengawet dan msg. Terutama pengawet ini yg bahaya seperti baso, sosis, chicken nugget atau makanan beku lainnya. Better masak sendiri sekalian belajar masak. Masak sendiri lebih terjamin kehigienisannya dan juga gizinya. Nah masalahnya makanan2 barusan yg disebutkan kan ga ada nutrisinya jg, udah gitu ada pengawetnya lagi. Ga recommend diberikan pula ke anak2 yg waktunya butuh nutrisi penting bagi tubuh 4. Kalo makan ayam, buang kulitnya kali ya lebih save hehe 5. Udah mulai mengurangi porsi asupan karbo sperti nasi putih dan roti. Bagusnya sekali2 kita combine dengan nasi merah, lalu kalo mau makan roti better makan roti gandum,6. Mengurangi yg manis2, seperti soda dll 7. Rajin olahraga
    Aku juga mau belajar dari pola hidup sehatnya Kak Alo. Makasih ya kak Alo udah berbagi ilmu bermanfaatnya. Semangat ya kak Alo, sehat terus

    ReplyDelete
  14. Hindari makan-makanan instan di supermarket. Meskipun makanan tersebut instan, namun tidak memiliki banyak nutrisi.

    Jika Anda ingin makan diluar pun harus berhati-hati sebab banyak yang menjual Tray Makanan yang berbahaya bagi kesehatan tubuh. Seperti styrofoam, plastik, dll.

    ReplyDelete
  15. informasinya sangat membantu sekali gan

    ReplyDelete